• Home>
  • Review>
  • Bedah All New Honda Brio, City Car Favorit Masyarakat Indonesia
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Bedah All New Honda Brio, City Car Favorit Masyarakat Indonesia

Dilihat 3589
Iman Firman
18 Mar 2021, 21:49
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 4

Otoloka.id - Honda Brio pertama kali di Indonesia pada tahun 2012, dan langsung meraih volume penjualan yang sangat baik di Indonesia serta respon positif dari konsumen. 

Pada tahun 2016, MMC Brio hadir dengan tampilan baru pada bagian wajah. Lampu kombinasi belakang, dan desain dasbor yang memberikan tampilan lebih modern dan mewah. 

Honda juga memperkenalkan Honda Brio RS sebagai varian mobil baru dengan karakter sporty dan menjadi model dengan level teratas di kelasnya untuk konsumen yang berjiwa muda.

Sejak pertama kali diluncurkan hingga saat ini, Honda Brio telah meraih total penjualan sebesar 237.272 unit di Indonesia. Dengan Harga Mobil Honda tersebut Penjualan Honda Brio di Indonesia bahkan mencapai 58% dari total penjualan Honda Brio di seluruh dunia.

Bahkan pencapaian itu menjadikan Indonesia sebagai “leading country” untuk pengembangan city car andalan Honda itu.

Perjalanan Honda Brio

Memasuki tahun 2018, Honda R&D Asia Pacific Co, Ltd (HRAP) yang berfokus pada penelitian dan pengembangan mobil di wilayah Asia & Oseania, mulai mengembangkan Honda Brio generasi ke-2 dengan peningkatan pada semua aspek yang ada di generasi pertamanya. 

Tim R&D melakukan survei pasar yang luas meliputi kota-kota besar dan daerah pedesaan untuk mendapatkan lebih banyak wawasan dan memahami kebutuhan konsumen, demi menciptakan mobil dengan desain dan fungsi yang ramah pengguna dan sesuai dengan kondisi lalu lintas setempat.

Hasilnya, All New Honda Brio dikembangkan sebagai solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pembeli mobil pertama dan keluarga di kota-kota kecil. Sejalan dengan komitmen Honda untuk menghadirkan produk terbaik bagi konsumen di Tanah Air.

Berlanjut di Februari 2021 lalu, HPM meluncurkan Brio RS Urbanite Edition. Produk edisi spesial dari Honda Brio, yang menawarkan nuansa sporty dalam sentuhan two-tone dan penambahan berbagai body kit di eksterior. 

Baca juga: Spesifikasi Honda City Hatchback RS, Kenali Dulu Sebelum Beli

Tampilan sporty pada New Honda Brio RS Urbanite Edition tampak dari desain baru pada Front Under Spoiler dan Rear Under Spoiler yang dilengkapi dengan Diffuser. 

Selain itu, juga terdapat Black Side Under Spoiler dan Black Side Door Mirror yang dilengkapi dengan LED Turning Signal dan Black Door Handle. Dengan begitu, setidaknya mampu meningkatkan tampilan jadi lebih sporty.

Menyesuaikan dengan karakternya yang sporty dan enerjik, New Honda Brio RS Urbanite Edition hadir dalam dua pilihan warna, yaitu Phoenix Orange Pearl dan Carnival Yellow. Kedua warna tersebut menampilkan konsep two-tone, dengan paduan warna hitam pada bagian atap mobil, handle, spion, dan side skirt. 

Eksterior All New Honda Brio

Dengan menggabungkan desain yang dinamis dan matang untuk mengekspresikan konsep "Proud Over Class,". Tampilan depan Honda Brio teranyar menekankan pusat gravitasi yang rendah, serta bentuk bodi yang lebar untuk menghasilkan pengendalian yang lebih stabil. 

Honda juga memberikan penyegaran pada tampilan eksterior dengan Strong Sporty Nose yang agresif dan desain garis yang memanjang dari pilar C. Untuk penampilan lebih dinamis dan berkarakter. 

All New Honda Brio juga menyajikan desain yang kokoh di bagian depan, diperkuat dengan garis berkarakter yang menyambungkan Front Grille ke Headlights yang terlihat sporty.

Wheelbase kini pun jadi lebih panjang, untuk menambah ruang di kursi belakang, serta dilengkapi stabilitas kemudi yang lebih baik dan kenyamanan berkendara lebih baik. 

Selain itu, Tailgate dan Spoiler baru dengan desain sporty juga membantu pengemudian yang lebih aman dan performa aerodinamis yang lebih baik.

Semua grade dari All New Honda Brio dilengkapi dengan LED Position Light Guides untuk pencahayaan lebih terang, mengurangi konsumsi bahan bakar dan hawa panas sekaligus memberikan kesan premium.

Sedangkan lampu belakang yang dilengkapi reflektor didesain melebar hingga bagian tepi mobil untuk kesan Honda Brio yang lebih lebar, dilengkapi lampu eksternal berwarna merah di bagian belakang dan lampu rem memperkuat kesan tersebut.

Bagian lampu belakang dan lampu rem didesain terpisah untuk visibilitas yang lebih baik pada malam hari sekaligus mencerminkan identitas Honda. Bentuk yang aerodinamis juga mengoptimalkan aliran udara di sekitar mobil.

Sedangkan spoiler sporty dengan LED High-Mount Stop Lamp menawarkan desain premium, visibilitas yang jernih, dan kinerja aerodinamis yang lebih baik dengan mengoptimalkan aliran udara di permukaan atas.

Pelek aluminium 15 inci (untuk tipe RS) mengekspresikan kesan premium dengan Piano Black Design yang dibuat menggunakan mesin secara halus dan akurat.

Baca juga: Lebih Dekat Dengan New Honda Brio RS Urbanite, Anak Muda Banget!

Sementara velg aluminium 14-inch (untuk tipe E) menawarkan kesan sporty dengan Triple Dynamic Design. Tiga jari-jari yang lebih besar menguatkan tampilan yang solid dengan desain 3D, sedangkan velg 14 inch (untuk tipe S) menawarkan desain double-layer yang dinamis.

Konsep warna eksterior untuk All New Honda Brio terdiri dari “Dynamic” (vivid tone) dan ”Mature”(deep tone). All New Honda Brio tersedia dalam tujuh pilihan warna eksterior yaitu Taffeta White, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, Crystal Black Pearl, Rallye Red, dan Carnival Yellow (tersedia untuk pertama kalinya untuk Honda di kawasan Asia & Oceania).

Warna Phoenix Orange Pearl with Black Top Roof sebagai warna utama untuk kelas RS, hadir dengan sentuhan energik dan sporty untuk konsumen berjiwa muda.

All New dikembangkan dari Small RS Concept yang tampil pada tahun 2018 di ajang IIMS, dengan menonjolkan aspek sporty dari sebuah mobil kompak. Warna Phoenix Orange Pearl dirancang eksklusif untuk All New Honda Brio RS dengan Black Roof Top, Side Sill Garnish, Gloss Black Front Grille, Tailgate Spoiler, Sporty Rear Diffuser Spoiler, dan 15-Inch Alloy Wheels untuk mengekspresikan DNA sporty Honda.

Interior All New Honda Brio

Dengan mengusung kombinasi warna beige yang cerah dengan warna hitam yang kuat. Warna interior All New Honda Brio terasa cukup menarik. 

Panel berwarna silver (untuk tipe E) dengan interior hitam memberikan kesan premium, berkualitas tinggi dan menawarkan visibilitas yang lebih besar.

Konsep desain interior untuk model All New Honda Brio RS menekankan semangat sporty Honda. Interior hitam dengan aksen oranye membuat penampilan semakin sporty dan dibuat dengan kualitas tinggi. 

Bahan yang halus dengan pola geometrik kecil membuat penampilan lebih memukau serta halus saat disentuh.

All New Honda Brio menyediakan ruang kabin yang lebih nyaman dibandingkan generasi sebelumnya. Bagian wheelbase telah diperpanjang 60 mm untuk menyediakan ruang yang lebih lega di jok belakang. 

Ruang ekstra yang lebih panjang dan besar untuk mendukung aktivitas keluarga muda. All New Brio juga mempertahankan bentuk bodi yang kompak untuk memudahkan manuver ditengah padatnya lalu lintas perkotaan.

Tak hanya itu saja, ruang bagasi diperluas hingga 90 mm untuk menyediakan kapasitas lebih besar (terbaik di kelasnya), yang dapat digunakan untuk menampung kereta bayi dan barang bawaan lainnya dengan mudah untuk memenuhi kebutuhan keluarga muda di Indonesia.

Generasi kedua Honda Brio juga memudahkan penumpang untuk masuk dan keluar kendaraan dengan memperluas ruang di baris kursi kedua sekaligus meningkatkan performa keselamatan saat terjadi tabrakan dari samping.

Jok All New Brio memiliki kursi yang lebih tebal berlapis kain dengan tekstur yang halus. Untuk semua grade, sandaran kepala di baris kursi kedua dirancang terpisah untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan. Tidak hanya itu, nuansa warna yang berbeda pada kursi depan memberikan kesan lebih lega.

Untuk varian RS, seluruh joknya didesain dengan jahitan oranye untuk tampilan yang lebih premium, serta memiliki sandaran kepala terpisah di baris kursi pertama.

Tampilan spidometer yang diterangi warna putih dengan latar belakang hitam menguatkan kesan canggih dan premium. Indikator meter terdiri dari berbagai informasi seperti tachometer, speedometer, waktu dan rentang perjalanan.

Struktur dan jenis AC telah diubah untuk meningkatkan performa, mempercepat waktu untuk mencapai suhu nyaman dan bobot AC yang lebih ringan.

Desain pintu belakang All New Honda Brio telah berubah dari panel kaca besar menjadi tailgate. Tidak hanya mempertahankan visibilitas belakang yang sangat baik, desain tailgate yang baru juga menawarkan keamanan yang lebih baik.

Mesin All New Brio

Mesin 1.2L i-VTEC 4 silinder terdiri dari katup tunggal dengan ekspansi di bagian rasio katup (exhaust delay) yang disempurnakan untuk konsumsi bahan bakar lebih baik dengan mengurangi gesekan di setiap bagian mesin. 

Jantung pacu ini juga memiliki pola zig-zag yang ditingkatkan pada struktur piston untuk proses intake yang lebih ringan serta dilengkapi cam chain lebih ramping, chain-tensioner dan auto-tensioner belt tambahan serta menggunakan oli berkualitas untuk mengurangi gesekan.

Honda juga telah meminimalisir emisi dengan mengkombinasikan exhaust manifold dengan kepala silinder, dan menempatkan catalytic converter langsung dibawah exhaust manifold untuk meningkatkan pendinginan di ruang pembakaran.

Tenaga maksimum dari mesin i-VTEC 1.2L adalah 90 PS /6.000 rpm untuk transmisi manual dan CVT. Torsi maksimum telah mencapai 110 Nm/4.800 rpm untuk transmisi manual dan CVT.

All New Honda Brio menawarkan efisiensi bahan bakar dan pengalaman fun-to-drive yang sangat baik. Mesin i-VTEC 1.2L dipadukan dengan transmisi yang menghasilkan performa mesin terbaik serta didukung oleh suspensi yang telah disempurnakan.

Transmisi CVT dengan akselerasi yang halus dan kuat, serta memiliki beberapa fitur yang berkontribusi terhadap peningkatan efisiensi bahan bakar: sebuah pompa oli dengan daya gesek rendah untuk konsumsi bahan bakar yang efisien, belt, dan katrol; sistem creep control dengan sensor kemiringan; dan berbagai sensor kontrol lainnya. 

Efisiensi bahan bakar ditingkatkan dan bobot dikurangi dengan rentang rasio yang diperluas dan daya gesek yang dikurangi.

Dengan G-Design Shift yang secara efektif mengoperasikan kontrol pada CVT, throttle dan sistem kontrol hidrolik, pengemudi dapat merasakan perpindahan gigi yang responsif. Akselerasi dari G-Design Shift telah ditingkatkan dan dipertahankan untuk memberikan pengalaman berkendara yang halus dan sporty.

Mesin bensin dengan transmisi manual 5 percepatan menghasilkan konsumsi bahan bakar yang hemat dan performa tinggi dengan pengurangan bobot yang signifikan. Transmisi ini menawarkan kenikmatan mengemudi yang hanya dapat ditawarkan oleh transmisi manual.

Gimana sekarang sudah tahukan All New Honda Brio secara mendalam? Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian.

 


  • Suka 4
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Honda Brio
    Honda Brio
    Honda Brio
    Angsuran mulai dari:Rp 2,74 Jt/Bln
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya