• Home>
  • Review>
  • Bedah Fitur yang Dikandung Toyota Raize, Lengkap Banget
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Bedah Fitur yang Dikandung Toyota Raize, Lengkap Banget

EKO
24 Jan 2022, 10:08

Otoloka.id- SUV crossover memang menjadi jenis mobil yang sedang diminati di pasar global. Bodinya yang mungil, harga yang terjangkau, dan kemampuannya untuk dibawa menjelajah lebih mumpuni ketimbang mobil berjenis hatchback maupun sedan.

Di indonesia, ada banyak produsen otomotif yang menghadirkan SUV crossover, dan salah satu yang fenomenal adalah Toyota Raize. Mobil tersebut hadir bersama dengan saudara satu platformnya, yaitu Daihatsu Rocky yang memang menyasar pada kaum urban perkotaan.

Kaum urban dikenal lebih selektif ketika membeli mobil, segala aspek yang dikandung mengenai kelebihan dan kekurangan selalu digali, termasuk dalam fitur. Toyota Raize selaku SUV crossover kaum urban menawarkan beberapa fitur yang jadi daya tarik. Apa saja itu? Simak terus.

Bodi Kompak

Toyota Raize mengadopsi platform arsitekur TNGA atau Toyota New global Architecture yang dikembangkan bersama dengan Daihatsu. Platform tersebut biasa digunakan untuk kei car di Jepang untuk kendaraan komersil maupun niaga.

Platform TNGA sangat memperhatikan setiap detil dalam pembuatannya, entah itu dari segi biaya, efisiensi, ukuran, dan berat. Tak heran kalau mobil yang menggunakan platform ini lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar, namun performanya meningkat.

Dengan pengadopsian Toyota Raize, membuat SUV crossover tersebut memiliki dimensi yang kompak, yaitu panjang 4.030 mm, lebar 1.710 mm, dan tinggi 1.630 mm. Selain itu, mobil tersebut memiliki jarak sumbu roda sebesar 2.525 mm dengan ground clearance sebesar 200 mm.

Tampilan Dinamis

Meski dimensi bodinya lumayan kompak, namun Toyota Raize masih mengakomodir muatan di dalam kabinnya yang mampu menampung hingga 369 liter. Akomodasi tersebut bisa diperluas dengan melipat kursi di baris belakang. Fungsional!

Di antara bodi yang kompak, Toyota Raize hadir dengan tampilan yang agresif nan dinamis. Hal itu terlihat dari bentuk grill trapesium yang berukuran besar, di sekitarnya sudah disematkan lampu depan LED, ada lampu kabut, dan untuk varian tertingginya sudah dibekali dengan Daylight Running Light.

Tampilan dinamis juga menghiasi sisi samping mobil, karena sudah disematkan fender yang berbentuk bulat. Di bagian pilarnya, jendela mobil menyatu antara pilar A sampai C, sementara pilar D jendelanya menyatu dengan jendela pintu belakang.

Bagian buritan SUV ini juga dinamis mengikuti desain tampilan depan, dimana banyak garis-garis di bagian bumpernya. Ada juga aksen rear diffuser yang di tengahnya terdapat reflektor. Sementara lampu belakangnya menggunakan LED kombinasi yang menyatu dengan pintu belakang.

Toyota Raize memiliki dua varian, yaitu bermesin 1.0 liter turbo dan 1.2 liter n/a. Keduanya menerapkan ukuran velg yang berbeda, yaitu alloy 17 inci untuk varian mesin 1.0 liter dan alloy 16 inci untuk varian bermesin 1.2 liter.

Mengenai pilihan warna, Toyota Raize menawarkan tujuh varian warna yang dapat dipilih sesuai dengan kepribadian. SUV ini juga dibekali dengan penggunaan dua warna, dimana bagian atapnya akan dikelir berwarna hitam.

Interior Ciamik

Masuk ke bagian dalamnya, Toyota Raize menyuguhkan bagian dalam kabin dengan nuansa serba hitam yang elegan sekaligus sporty. Apalagi, disematkan juga kursi semi bucket dengan upholstery kombinasi antara kulit dan fabric.

Di bagian kemudinya, sudah disematkan setir dengan tombol audio yang pada varian tertinggi sudah dibenamkan paddle shift. Di depannya terdapat Multi Instrument Display tft berukuran 7 inci yang informatif.

Bagian dashboard tengahnya disematkan layar sentuh floating berukuran 8 inci untuk varian standar. Sementara varian tertinggi mendapat layar sentuh berukuran 9 inci. Layar tersebut tak hanya untuk kebutuhan hiburan saja, namun juga berfungsi sebagai penampil kamera parkir.

Di bawah layar, terdapat pengaturan pendingin udara secara digital yang futuristik, sebelahnya terdapat tombol start/stop untuk varian tertinggi. Sisanya dasboard bagian tengah diisi tombol-tombol dan beberapa konsol.

Mesin Cukup Mumpuni

Salah satu performa yang menjadi indikasi dari sebuah mobil adalah jantung pacu alias mesinnya. Toyota Raize saat ini dibekali dengan dua pilihan mesin, yaitu 1.0 liter dengan turbo, dan mesin 1.2 liter naturally aspirated.

Untuk mesin 1.0 liter turbo, kubikasi tepatnya adalah 987 cc tiga silinder berteknologi DOHC Dual VVT-I berkode 1KR-VET. Meski kubikasinya kecil, namun punya keluaran tenaga yang lumayan besar, yaitu sebesar 97 daya kuda, dengan torsi mencapai 140 Nm. Tak heran kalau varian bermesin ini menjadi flagship dari Toyota Raize

Sementara mesin 1.2 liter meski bukan varian flagship, namun tenaganya juga cukup mumpuni. Hal ini berkat disematkan mesin WA-VE tiga silinder 1.198 cc berteknologi dual VVT-i. mesin ini mampu menghasilkan tenaga puncak sebesar 87 daya kuda, dengan torsi 112 Nm.

Setiap pilihan mesin yang ditawarkan oleh Toyota Raize, akan diberi pilihan lagi berupa dua sistem transmisi, yaitu manual lima percepatan atau transmisi otomatis CVT. Keluaran tenaga yang disalurkan dari mesin, lalu disalurkan lagi melalui sistem transmisi, dan nantinya akan menggerakkan roda depan alias FWD.

Sistem Keselamatan Terjamin

Meski statusnya sebagai SUV crossover di kelas entry level, Toyota Raize tak pelak menghapus sistem keselamatan bagi penumpang maupun mobil itu sendiri. Sebagai bawaan standar di setiap varian, Toyota Raize dibekali dengan alarm dan penggunaan kunci immobilizer.

Selain itu, ada juga fitur pengereman ABS, EBD, dan BA yang disematkan pada Toyota Raize. Kerennya setiap varian juga mendapat fitur Hill Start Assist yang membantu saat menanjak dan Vehicle Stability Control dengan kemampuan anti tergelincir.

Airbag juga disematkan pada SUV crossover ini, untuk varian standar disematkan sebanyak dua buah saja di kursi depan. Sementara pada varian tertinggi airbag yang disematkan sebanyak enam buah, yang berada di depan, pintu samping dan jendela.

Pada varian tertingginya, Toyota Raize sudah dibekali dengan Toyota Safety Sense (TSS) sebagai sistem bantuan pengemudi. Di dalamnya terdapat beberapa fitur seperti Rear Cross Traffic Alert, Front Departure Alert, Pre Collision System, Lane Departure Assist, Pedal Misoperation Control, dan Adaptive Cruise Control. Canggih kan?

Daftar varian Toyota Raize dan harganya

Toyota Raize 1.0 T G MT one tone            : Rp 245.250.000,-

Toyota Raize 1.0 T G MT two tone            : Rp 247.850.000,-

Toyota Raize 1.0 T G CVT one tone           : Rp 260.150.000,-

Toyota Raize 1.0 T G CVT two tone           : Rp 262.750.000,-

Toyota Raize 1.0 T GR CVT one tone         : Rp 273.350.000,-

Toyota Raize 1.0 T GR CVT two tone         : Rp 275.950.000,-

Toyota Raize 1.0 T GR CVT TSS one tone : Rp 294.850.000,-

Toyota Raize 1.0 T GR CVT TSS two tone : Rp 297.450.000,-

Toyota Raize 1.2 G MT one tone                : Rp 225.950.000,-

Toyota Raize 1.2 G CVT one tone               : Rp 240.750.000,-

Ikuti media sosial kita:
  • Dilihat 4503
  • Suka 0
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Simulasi KreditSimulasi Asuransi
    *Tipe mobil
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan(Tahun)
    Silahkan pilih masa cicilan
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Hitung
    Reset
    Dapetin info terbaru otomotif dalam 1 langkah, pastiin push notif aktif ya!