OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Benarkah Konsumsi Bahan Bakar Toyota Agya Irit?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Benarkah Konsumsi Bahan Bakar Toyota Agya Irit?

Dilihat 3224
EKO
1 Okt 2021, 07:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

toyota agya 2021

Otoloka.id- Pada 2013 silam, Toyota Agya lahir. Kehadiran mobil ini sebagai wujud Toyota Astra Motor (TAM) selaku agen pemegang merk untuk mengikuti peraturan pemerintah Indonesia terkait program mobil LCGC.

LCGC merupakan singkatan dari Low Cost Green Car, dimana pemerintah Indonesia mengeluarkan regulasi penghapusan pajak barang mewah kendaraan, dan kendaraan rendah emisi.

Sasaran dari mobil LCGC merupakan masyarakat kelas menengah ke bawah yang ingin memiliki mobil namun dengan harga yang terjangkau.

Oleh karena itu, harga yang dipatok pada mobil LCGC seperti Toyota Agya tidak dijual melebihi batas regulasi pemerintah, yaitu 200 juta rupiah.

Terjangkaunya harga Toyota Agya, membuat mobil ini diminati oleh masyarakat Indonesia. Tak heran, kalau Agya berhasil meraih penjualan sebanyak 841.572 unit dalam kurun waktu 2013 sampai 2020.

Sudah pasti dengan harga yang murah, membuat masyarakat Indonesia menjatuhkan pilihan pada Toyota Agya.

Selain harga, bahan bakar juga menjadi hal yang penting, karena kendaraan yang ramah lingkungan akan membuat udara di bumi makin bersih, berkat emisi gas buang yang dikeluarkan tak terlalu banyak.

Bahan bakar beroktan 92 menjadi standar dari asupan mobil-mobil LCGC. Hal ini diharapkan agar konsumsi bahan bakarnya lebih irit, dan efisien.

Salah satu spesifikasi dari kendaraan LCGC adalah, konsumsi bahan bakar yang tidak boleh lebih dari 20 km per liter.

Toyota Agya pun menerapkan regulasi pemerintah tersebut, makanya mobil ini punya konsumsi bahan bakar yang terbilang sangat irit.

Tapi, sebelum lebih jauh membahas mengenai konsumsi bahan bakar Toyota Agya, kita berkenalan dengan mobil ini dulu yuk.

toyota agya merah tampak belakang

Spesifikasi Toyota Agya

Eksterior

Toyota Agya merupakan salah satu mobil yang laris di pasaran. Bersaing dengan saudara kembarnya, yaitu Daihatsu Ayla yang sama-sama mengisi pasar di segmen mobil LCGC.

Mengadopsi model hatchback dalam bentuknya, tak heran kalau Toyota Agya terlihat mungil. Mobil ini punya dimensi panjang 3.660 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 1.520 mm. Bobot kosong mobil ini hanya sekitar 800 kilogram yang membuat Agya lincah untuk digunakan di jalanan perkotaan.

Selain lincah, mobil tersebut juga punya desain eksterior yang menawan. Saat ini, Toyota Agya sudah rilis dengan versi terbarunya, yang mendapat beberapa penyegaran dibanding model terdahulu. Contohnya seperti penggunaan lampu depan LED, dan lampu belakang berdesain baru yang lebih atraktif.

Pada Toyota Agya, terdapat tujuh pilihan warna yang dapat disesuaikan dengan kepribadian. Pilihan warna tersebut yakni; Red, Orange Metallic, Yellow, White, Silver Metallic, Gray Metallic, dan Black.

Interior

Bicara soal interior, meski termasuk dalam mobil kelas menengah ke bawah, tak membuat Toyota Agya lantas membenamkan fitur terkini.

Contohnya seperti pada bagian dashboard, Agya menyematkan head unit yang dilengkapi dengan layar sebagai fitur hiburannya. Kemudi dengan tombol yang disebut Audio Steering Switch juga terbenam di setiap tipe Agya.

Seperangkat fitur keamanan untuk pengemudi dan penumpang juga terdapat pada Toyota Agya, seperti adanya fitur Dual SRS Airbags, dan Side Impact Beam.

Fitur pengereman Anti-Lock Braking System (ABS) juga tersedia pada Toyota Agya, yang berfungsi untuk mengurangi mobil tergelincir akibat pengereman mendadak.

dasbor toyota agya

Tipe-tipe Toyota Agya

Saat ini, ada lima tipe yang terdapat pada Toyota Agya, yaitu tipe G 1.0 liter M/T, G 1.2 liter M/T, G 1.2 liter A/T sebagai tipe standar. Jika menginginkan Toyota Agya beraura balap, hadir Toyota Agya varian GR (Gazoo Racing) 1.2 liter dengan pilihan transmisi manual dan matic.

Untuk tipe G 1.0 liter merupakan varian dari Toyota Agya yang paling dasar, karena kubikasi mesinnya hanya 1.000cc saja. Tetapi fitur keselamatan, teknologi hiburan, dan kenyamanan sudah cukup mumpuni pada tipe ini.

Pada tipe G 1.2 liter, ditawarkan dua opsi transmisi, yaitu manual dan matic. 

Terdapat peningkatan fitur pada tipe ini, seperti pengaturan Air Conditioner (AC) dengan sistem digital, dan spion yang diatur secara elektrik. Tentunya tipe G 1.2 liter dipilih sebagai opsi performa dari Toyota Agya yang lebih bertenaga.

Sementara penyematan tampilan yang lebih baik lagi ada pada tipe GR 1.2 liter A/T dan M/T. Terbukti dari penyematan spoiler pada bumper depan, spoiler bumper belakang, side skirt, dan dipasangnya spoiler belakang.

Bagian interior pada tipe GR 1.2 liter juga mengalami perubahan. Seperti head unit layar sentuh, tombol engine start/stop, dan AC yang diatur secara digital.

Baca juga Tipe-tipe Toyota Agya 2021

Konsumsi Bahan Bakar Toyota Agya Berdasar Kapasitas Mesin       

Berbicara mengenai irit, sudah pasti mengacu pada mesin yang dipakai. 

Pada spesifikasi mobil LCGC, kapasitas mesin dibatasi mulai dari 998cc sampai 1.200cc. 

Saat ini, ada dua pilihan tipe mesin yang ada pada Toyota Agya, yaitu mesin 1.0 liter dan 1.2 liter.

Sudah pasti, tiap kubikasi mesin, konsumsi bahan bakarnya berbeda. 

Pada mesin 1.2 liter memang lebih boros dibanding varian dengan mesin 1.0 liter. Namun, mesin dengan kubikasi lebih tinggi menawarkan performa yang lebih bertenaga.

Mesin 1.0 liter

Untuk varian 1.0 liter, mesin yang dibenamkan adalah mesin tiga silinder DOHC VVT-i 12-katup. Tenaga yang dihasilkan sebesar bertenaga 67 PS per 6.000 rpm dan torsi 9,1 Kgm di 4.400 rpm. Khusus untuk varian mesin 1.0 liter, tidak ada pilihan transmisi lain selain manual lima percepatan.

Sesuai hasil uji atau tes bahan bakar yang pernah dilakukan, Toyota Agya 1.0 liter memiliki tingkat konsumsi BBM memuaskan, yaitu mencapai  22 km/liter dengan kecepatan konstan.

Angka tersebut didapat karena Toyota Agya sudah mengadopsi sistem pengabutan bahan bakar injeksi. Apabila fitur ECO dihidupkan, konsumsi bahan bakar mobil ini akan lebih efisien.

Mesin 1.2 liter

Pada varian 1.2 liter, Toyota Agya menggunakan mesin empat silinder DOHC Dual VVT-i 16-katup 1.197cc. Bertenaga 88 PS per 6.000 rpm dengan torsi 11 Kgm di 4.200 rpm. Konsumsi BBM Toyota Agya 1.2 liter mencapai 20 km/liter berdasarkan konsumsi rata-rata dengan kecepatan konstan.

Jika menggunakan fitur ECO, konsumsi bahan bakar pada Toyota Agya 1.2 liter akan lebih irit lagi.

Khusus untuk mesin 1.2 liter, terdapat dua pilihan transmisi, yaitu manual 5 percepatan, dan otomatis empat percepatan.

Baca juga Biaya Service Toyota Agya

Kesimpulan

Toyota Agya merupakan mobil yang memenuhi tiap-tiap spesifikasi yang diatur dalam regulasi pemerintah terkait mobil LCGC. Yaitu dengan menawarkan bodi yang kompak, dengan harga yang terjangkau.

Konsumsi bahan memang menjadi yang utama dalam pengembangan mobil ini. Dengan pilihan dua mesin dengan teknologi terkini, membuat konsumsi bahan bakar pada Toyota Agya menjadi irit. Toyota Agya bisa lebih irit lagi apabila pengemudi menggnakan fitur ECO yang sudah terbenam.

Selain itu, menjaga putaran mesin agar tidak terlalu tinggi juga membuat konsumsi bahan bakar lebih irit. Dan selalu menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi mesin Toyota Agya, yaitu Bensin beroktan 92.

Baca juga

Daftar Harga Mobil Penumpang dibawah 150 Juta

10 Mobil Sedan Terbaik di Indonesia 

10 Mobil MPV Favorit Keluarga Terbaik di Indonesia

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya