• Home>
  • Review>
  • Berikut Alternatif MPV Premium Selain Alphard yang Patut Dipertimbangkan

Berikut Alternatif MPV Premium Selain Alphard yang Patut Dipertimbangkan

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
EKO
2 Des 2021, 19:56
  • Suka 15

Otoloka.id- Toyota Alphard memang menjadi salah satu mobil MPV premium yang laris di pasaran Indonesia. Hal itu terbukti dari banyaknya public figur atau pejabat, yang menggunakan mobil tersebut sebagai kendaraan sehari-hari.

Tak heran kenapa Toyota Alphard banyak dipilih oleh masyarakat kelas atas Indonesia, pasalnya mobil tersebut memberikan kemewahan dan keleluasaan di dalam kabinnya. Belum lagi, tampilannya yang keren juga membuat mobil tersebut banyak dibeli.

Pamor Toyota Alphard dalam kemewahan nyatanya tak berhenti untuk kalangan pribadi saja, perusahaan taksi seperti Blue Bird Group, menjadikan Toyota Alphard sebagai armada di kelas bisnis dan eksekutif.

Sejak tahun 2008 diboyong oleh Toyota Astra Motor (TAM) ke Indonesia, penjualan Toyota Alphard terbilang laris manis. Karena saat pertama kali diluncurkan sampai Januari 2020, Toyota Alphard laku sebanyak 25.421 unit. Gokil!

Baca juga: Pilihan Mobil Keluarga yang Patut Dimiliki saat Tahun Baru

Populasi yang banyak, membuat Toyota Alphard seperti kacang goreng. Hal itu juga yang membuat orang lain berpikir ulang untuk membelinya. Karena memang sudah sifat manusia yang tak ingin disamakan. Apalagi kasusnya Toyota Alphard juga dipakai buat armada taksi.

Nah, apabila ingin membeli mobil MPV premium, tapi bukan Toyota Alphard, kami rangkum beberapa MPV premium sejenis yang mewah dan nyamannya tak kalah dengan Toyota Alphard. Berikut pilihannya! 

Hyundai Staria

Hyundai Staria menjadi salah satu MPV premium yang baru hadir di pasar Indonesia. Dalam debutnya, mobil tersebut langsung mendapat sambutan baik di pasar Indonesia lantaran memiliki tampilan yang tak biasa, dengan mengedepankan futuristik.

Cerminan masa depan tak hanya terlihat dari eksteriornya saja, namun bagian dalamnya juga disematkan banyak fitur, seperti sunroof, moonroof, dan kursi penumpang yang dapat diatur sedemikian rupa.

Menyoal keselamatan pengemudi dan penumpang, Hyundai sudah menyematkan Hyundai SafetySense pada Staria. Fitur tersebut merupakan gabungan sistem bantuan pengemudi aktif yang membuat perjalanan semakin aman dan nyaman.

Hyundai Staria untuk dapur pacunya menggunakan mesin diesel 2.200 cc yang mampu menghasilkan tenaga 177 daya kuda, dan torsi 430 Nm. Tenaga tersebut disalurkan pada penggerak roda depan, dengan sistem transmisi otomatis delapan percepatan.

Hyundai Staria Signature 9: Rp 888 juta

Hyundai Staria Signature 7: Rp 1,02 milyar

Lexus LM 350

Lexus merupakan brand otomotif di bawah naungan Toyota, namun pabrikan ini lebih berfokus pada kendaraan premium. Salah satu lini produk premium Lexus adalah model LM, yang menggunakan platform berbasis Toyota Alphard.

Walau menggunakan platform yang sama, namun Lexus memiliki standar kualitas tersendiri dalam memproduksi mobil. Jika dalam kabin Toyota Alphard saja sudah mewah, kabin dari Lexus LM 350 ini lebih mewah lagi.

Baca juga: Mau Beli Mitsubishi New Xpander 2022? Simak Dulu Simulasi Kreditnya

Contohnya adalah varian dari LM 350 4 seater, yang hanya menampung sebanyak empat penumpang saja. Di depan kursi penumpang, terdapat layar dan paket hiburan, pengaturan bagian dalam interior serba tombol sentuh, dan kursi captain yang ekstra nyaman.

Bagian mesinnya, Lexus LM 350 menggunakan mesin bensin 3,5 liter dengan konfigurasi V6. Mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga sebesar 297 daya kuda, dengan torsi mencapai 361 Nm, yang disalurkan melalu transmisi otomatis delapan percepatan.

Lexus LM 350 7 seater: Rp 2,423 miliar

Lexus LM 350 4 seater: Rp 3,063 miliar

Mercedes-Benz V-Class

Kalau bicara soal ‘Mercy’ sudah pasti lekat banget dengan image mobil mewah. Meski lebih dikenal dengan sedan-sedannya, namun pabrikan asal Jerman tersebut menghadirkan juga mobil mewah dalam bentuk MPV dalam lini produk V-Class.

Mercedes-Benz V-Class menawarkan kemewahan di kabin, melalui penyematan captain seat di baris kedua dengan segala perangkat penunjangnya. Bagian dalam kabin mobil ini juga dapat diatur sesuai kebutuhan, untuk membawa muatan atau bertualang.

Mobil tersebut menggunakan mesin bensin 2.0 liter turbocharger, yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 211 daya kuda dengan torsi mencapai 350 Nm. Tenaga mesin disalurkan melalui sistem transmisi otomatis 7G-Tronic.

Selain kenyamanan, tentunya mobil Eropa punya keunggulan dalam keamanannya. Pun dengan V-Class yang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur keselatan dan sistem bantuan pengemudi aktif, yang tergabung dalam Mercedes-Benz Intelligent Drive.

Mercedes-Benz V 260 LWB: Rp 1,56 miliar

Mercedes-Benz V260 XLWB: Rp 1,6 miliar

Baca juga: 6 Mobil yang Pakai Sunroof di bawah Rp 500 juta, Apa Saja?

Nissan Serena

Nissan Serena menjadi salah satu pelopor mobil MPV premium di Indonesia, yang telah hadir sejak tahun 90an. Sejak generasi kedua, mobil tersebut dirakit di Indonesia sampai menginjak generasi ke empat.

Barulah pada generasi ke lima yang saat ini dihadirkan Nissan, merupakan produk yang diimpor langsung dari Jepang. Sebagai mobil keluarga premium, Serena bisa dibilang memiliki banyak kelebihan, apalagi soal harga yang tak lebih dari 550 juta Rupiah.

Dengan harga tersebut, fitur yang diberikan oleh Nissan Serena meliputi sistem bantuan pengemudi, perangkat keselamatan pasif, dan tentunya bagian interior yang kebanyakan dilapis dari bahan kulit. Namun, ada bagian pada generasi terbaru ini yang dihilangkan, yaitu penyematan sunroof.

Nissan Serena yang berpenggerak roda depan ini, ditenagai oleh mesin bensin 2.0 liter yang memiliki tenaga puncak 147 daya kuda, serta torsi yang mencapai 195 Nm. Mesin tersebut hanya menyalurkan tenaganya ke sistem transmisi otomatis CVT.

Nissan Serena X: Rp 465,15 juta

Nissan Serena Highway Star: Rp509,95 juta

Toyota Vellfire

Sama seperti Lexus LM 350, Toyota Vellfire juga merupakan model satu platform Alphard yang telah dikembangkan. Jika Alphard menawarkan kemewahan, maka Vellfire menawarkan sentuhan futuristik dan sporty.

Makanya, bentuk dari fascia depan Vellfire berbeda dengan Alphard karena menggunakan dua buah lampu depan yang bertumpuk. Penambahan lower bumper dan side skirt juga mengesankan kalau MPV premium ini mengedepankan unsur sporty.

Selain itu, bagian interiornya juga diberi aksen yang berbeda, dengan balutan kulit dan aksen kayu yang berwarna gelap. Penyematan captain seat juga menjadi salah satu daya tarik mobil ini, yang sebenarnya juga ditawarkan oleh mobil premium lain.

Toyota Vellfire menggunakan mesin 2AR-FE 2.494 cc sebagai dapur pacunya. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 178 daya kuda, dengan torsi mencapai 234 Nm. Toyota Vellfire juga dibekali dengan sistem bantuan pengemudi Toyota Safety Sense, dan sistem keselamatan pasif.

Toyota Vellfire 2.5 G: Rp 1,284 milyar

Baca juga: Perbandingan Mitsubishi Xpander dan Daihatsu Xenia, Beda Gaya Beda Rasa

Kia Grand Carnival

Alternatif terakhir MPV premium selain Toyota Alphard adalah Kia Grand Carnival. Dari bentuknya saja sudah berbeda, karena MPV ini justru malah terinspirasi dari bentuk SUV yang menjadikan mobil ini punya atap rendah.

Meski tinggi mobil ini hanya 1.750 mm, namun punya panjang 5.155 mm yang didalam kabinnya, mampu menampung hingga 11 penumpang. Di dalam kabin, penumpang akan disuguhi dengan atap moonroof.

Selain itu, ada juga fitur keselamatan mutakhir yang terbenam pada Kia Grand Carnival berupa Advance Driver Assistance System (ADAS), Parking Assist, Surrond Camera Monitor, dan kumpulan Electronic Brake Control.

Kia Grand Carnival hadir di Indonesia dengan menyematkan mesin diesel 2.2 liter berteknologi SmartStream, yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 199 daya kuda, dan torsi yang mencapai 440 Nm.

Kia Grand Carnival Premiere: Rp 886,8 juta 

Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan