• Home>
  • Review>
  • Biaya Servis Toyota Agya, Terjangkau di Kelas LCGC
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Biaya Servis Toyota Agya, Terjangkau di Kelas LCGC

Dilihat 4964
EKO
2 Okt 2021, 22:41
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 1

Otoloka.id- Sebagai mobil yang menyandang status Low Cost Green Car (LCGC), tentunya harga Toyota Agya yang terjangkau menjadi suatu daya tarik. Apalagi, konsumsi bahan yang irit juga menjadi nilai jual dari mobil tersebut.

Tak heran kalau Toyota Agya mendapat predikat sebagai mobil LCGC dengan penjualan terbanyak. Terhitung dari peluncurannya di tahun 2013 sampai tahun 2020, mobil tersebut sudah laku terjual sebanyak 841.572 unit.

Namun, apakah harga terjangkau dan bahan bakar yang irit, juga menjamin dari terjangkaunya biaya perawatan dari mobil hatchback Toyota tersebut?

Sebelum lebih jauh membahas rincian biaya servis Toyota Agya, ada baiknya kita mengetahui dulu mesin yang digendong mobil tersebut. Karena, biaya servis mengacu dari mesin yang digunakan.

Varian Mesin Toyota Agya              

Toyota Agya saat ini, mengadopsi dua pilihan tipe mesin, yaitu mesin 1.0 liter dan 1.2 liter. Sudah pasti, tiap kubikasi mesin, konsumsi bahan bakarnya berbeda.

Pun nantinya dengan biaya perawatan. Meski mengadopsi teknologi yang sama, namun kedua mesin tersebut pasti memiliki perbedaan jumlah suku cadang yang diganti.

Mesin 1.0 liter

Sesuai hasil uji atau tes bahan bakar yang pernah dilakukan, Toyota Agya 1.0 liter memiliki tingkat konsumsi BBM memuaskan, yaitu mencapai  22 km/liter dengan kecepatan konstan.

Untuk varian 1.0 liter, mesin yang dibenamkan adalah mesin tiga silinder DOHC VVT-i 12-katup 998cc, yang menghasilkan tenaga sebesar 67 PS pada 6.000 rpm dan torsi 9,1 Kgm di 4.400 rpm.

Khusus untuk varian mesin 1.0 liter Toyota Agya, tidak ada pilihan transmisi lain selain manual lima percepatan.

Mesin 1.2 liter

Khusus untuk mesin 1.2 liter pada Toyota Agya, terdapat dua pilihan transmisi, yaitu manual 5 percepatan, dan otomatis empat percepatan.

Tentunya, dengan pilihan transmisi berbeda, beberapa bagian yang diganti juga beda interval waktunya. Seperti kampas kopling pada transmisi manual lebih cepat habis dibanding dengan matik.

Pada varian 1.2 liter ini menggunakan mesin empat silinder DOHC Dual VVT-i 16-katup 1.197cc. Bertenaga 88 PS per 6.000 rpm dengan torsi 11 Kgm di 4.200 rpm.

 Konsumsi BBM Toyota Agya 1.2 liter mencapai 20 km/liter berdasarkan konsumsi rata-rata dengan kecepatan konstan.

 

Jika sudah mengenali jenis mesin yang dipakai pada Toyota Agya, mari kita lanjut ke biaya perawatan.

Interval dan Biaya Servis Berkala Toyota Agya

Saat ini, biaya perawatan bukan lagi dihitung dengan jangka waktu tertentu. Ada baiknya melakukan servis berkala jika mobil sudah mencapai jarak tertentu. Seperti 10.000 km misalnya.

Meski Toyota Agya punya dua tipe mesin, namun kali ini kita membahas yang bermesin 1.2 liter saja sebagai patokan. Karena pada tipe 1.0 liter, kita tinggal menyesuaikan saja mengenai jumlah komponen yang perlu diganti.

Biaya Servis 10.000 km Agya

Pada interval servis ini, penggantian komponen meliputi oli mesin Toyota Motor Oil (TMO) 0W-20 (4 liter), filter oli, gasket oli, dan balancing roda. 

Total biaya yang dikeluarkan untuk spare parts Rp 766.000. sebagai catatan, bahwa pihak Toyota memberikan gratis jasa mekanik untuk servis 10.000 km sampai 50.000 km.

Biaya Servis 20.000 km Agya

Penggantian komponen meliputi oli mesin Toyota Motor Oil (TMO) 0W-20 (4 liter), filter oli, gasket oli, balancing roda, dan busi (4 buah). Total biaya yang dikeluaran untuk spare parts Rp 874.000.

Biaya Servis 40.000 km Agya

Interval ini penggantian parts meliputi oli mesin Toyota Motor Oil (TMO) 0W-20 (4 liter), filter oli, gasket oli, balancing roda, busi (4 buah), dan minyak rem. Total biaya yang dikeluaran Rp 924.000 untuk transmisi matik.

Biaya Servis 60.000 km Agya

Pada kilometer ini, servis yang dilakukan meliputi penggantian oli mesin Toyota Motor Oil (TMO) 0W-20 (4 liter), gasket oli, filter oli, balancing roda, busi sebanyak 4 buah, serta diambah jasa mekanik.

Sebagai informasi, lama pengerjaan servis di atas 40.000 km atau hingga 80.000 km cukup lama, yakni sekitar dua jam karena banyak komponen yang perlu dicek dan diganti oleh pihak bengkel.

Total biaya yang dikeluarkan pada servis ini adalah Rp1,27 juta.

Biaya Servis 70.000 km Agya

Mirip seperti servis 60.000 km, servis 70.000 km meliputi penggantian komponen seperti oli mesin Toyota Motor Oil (TMO) 0W-20 (4 liter), gasket oli, filter oli, balancing roda, serta jasa mekanik.

Untuk biaya secara keseluruhan, dikenai Rp1,136 juta.

Biaya Servis 80.000 km

Servis ini meliputi penggantian oli mesin Toyota Motor Oil (TMO) 0W-20 (4 liter), gasket oli, filter oli, balancing roda, busi (4 buah), minyak rem, serta ditambah jasa mekanik.

Perlu diketahui, Toyota Agya transmisi manual perlu diganti dengan oli transmisi tipe TGTO Toyota (2 liter) seharga Rp138 ribu. Total biaya yang dikeluarkan adalah Rp1,622 juta untuk transmisi manual.

Pada Agya transmisi matik, perlu diganti oli transmisi tipe Dextron 3 (2 liter) seharga Rp180 ribu, sehingga total biayanya Rp1,664 juta.

Biaya Servis 90.000 km

Pada servis ini, dilakukan penggantian komponen yang meliputi oli mesin Toyota Motor Oil (TMO) 0W-20 (4 liter), gasket oli, filter oli, balancing roda, serta ditambah jasa mekanik.

Total biaya yang dikeluarkan adalah Rp1,136 juta.

Biaya Servis 100.000 km

Servis ini dilakukan penggantian komponen yang meliputi oli mesin Toyota Motor Oil (TMO) 0W-20 (4 liter), gasket oli, filter oli, busi (4 buah), balancing roda, dan dirambah jasa mekanik.

Total biaya yang dikeluarkan pada servis ini Rp1,274 juta.

Sebagai catatan, biaya servis Toyota Agya yang dicantumkan ini dapat berubah sewaktu-waktu. 

Untuk mengetahui informasi yang lebih jelas dan detail, dapat menanyakan secara langsung di diler Toyota terdekat.

Biaya Tune Up Agya

Selain servis berkala, Toyota Agya juga perlu ditune up. Memang ada sedikit perbedaan antara servis berkala dengan tune up. Karena pada tune up, mobil akan diperiksa lebih jauh.

Namun, untuk melakukan tune up, biasanya dilakukan berbarengan dengan jadwal servis rutin. Misalnya ketika mobil sudah menempuh jarak di atas 40.000 km, 80.000 km tergantung dengan kondisi mobil.

Karena mobil akan diperiksa lebih jauh, maka biaya yang dikeluarkan saat mobil diservis berkala sekaligus tune up akan lebih besar.

Ini karena pada tune up selain mengganti beberapa suku cadang, mekanik akan melakukan penyetelan pada beberapa bagian, termasuk membersihkan bagian dalam mobil.

Beberapa hal yang dilakukan saat tune up meliputi: pembersihan filter udara, pengecekan busi, dan pembersihan throttle body; pembersihan injektor; pembersihan ruang bakar; scanning sistem injeksi; pembersihan & penyetelan rem; penyetelan klep, dan pembersihan filter AC.

Dalam beberapa kasus, mekanik bengkel tidak hanya melakukan pembersihan saja, jika diperlukan, maka akan dilakukan penggantian dari suku cadang yang sudah rusak.

 

Kesimpulan

Toyota Agya selain irit bahan bakar dan punya harga yang terjangkau, biaya untuk servisnya pun terbilang tidak mahal.

Jika ditotal dari 10.000 km sampai 100.000 km, biaya servis yang dikeluarkan sebesar 9 jutaan rupiah saja. Tentunya harga tersebut sebagai perkiraan, kondisi mobil dan kenaikan harga komponen suku cadang bisa saja membuat perbedaan biaya servis.

Intinya, agar kondisi mobil tetap prima, pemilik Toyota Agya haruslah rutin servis kendaraan sesuai dengan buku petunjuk. Pun tak lupa melakukan servis di tempat yang disarankan, seperti bengkel resmi yang pasti terjamin keaslian suku cadangnya. 

  • Suka 1
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Datsun GO
    Datsun GO
    Datsun GO
    Angsuran mulai dari:Rp 2,03 Jt/Bln
  • Honda Brio
    Honda Brio
    Honda Brio
    Angsuran mulai dari:Rp 2,74 Jt/Bln
  • Toyota Agya
    Toyota Agya
    Toyota Agya
    Angsuran mulai dari:Rp 2,63 Jt/Bln
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya