• Home>
  • Review>
  • Biaya Servis Toyota Alphard, Patut Diperhitungkan Biar Nggak Kaget ke Depannya
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Biaya Servis Toyota Alphard, Patut Diperhitungkan Biar Nggak Kaget ke Depannya

Dilihat 4832
Amanda
1 Nov 2021, 13:18
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Bagi para calon pembeli, mengetahui biaya servis Toyota Alphard tentu sangat diperlukan. Biaya servis memang biaya yang akan kita keluarkan sebagai konsumen untuk jangka panjang.

biaya servis toyota alphard

Toyota Alphard sendiri sudah terkenal sebagai model mobil MPV premium. Mobil yang satu ini pertama kali masuk ke pasar otomotif Indonesia secara resmi pada tahun 2002. 

Segera setelah diluncurkan, mobil ini menarik banyak perhatian karena ketika itu belum banyak MPV premium yang dipasarkan di Tanah Air.

Awalnya, Toyota Alphard ini dibuat khusus untuk pasar domestik Jepang. 

Tetapi karena konsumen dari negara Asia lain menunjukkan banyak ketertarikan terhadap mobil ini, Alphard kemudian dipasarkan di beberapa negara Asia lainnya. Sebut saja Bahrain, Bangladesh, Belarusia, China, Hong Kong, India, Indonesia, Oman, Filipina, Rusia, Singapura, Malaysia, Taiwan, hingga Thailand.

Kali ini, kita akan kupas habis tentang biaya servis Toyota Alphard

Dengan mengetahui biaya servisnya, para konsumen akan dapat mempersiapkan dana yang dibutuhkan sebelum membeli Toyota Alphard.

Tentang Toyota Alphard

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang biaya servis Toyota Alphard, ada baiknya jika kita mengenal lebih jauh tentang mobil MPV yang satu ini terlebih dahulu. 

1. Desain Eksterior dan Interior Toyota Alphard

Pada generasi terbarunya, Toyota Alphard bisa langsung dikenali dari desain head lamp dan grilnya. Melihat bagian wajahnya, mobil ini menggunakan empat buah head lamp LED yang sudah terintegrasi dengan lampu kabut.

Desain head lamp menyipit ini menjadi inspirasi dan digunakan juga pada beberapa model Toyota lainnya, seperti Voxy dan Avanza. Sedangkan untuk grilnya, Alphard menggunakan gril berbentuk trapesium berukuran besar.

Pada bagian grilnya, bisa kita lihat adanya penggunaan aksen krom yang menampilkan kesan mewah dan elegan.

Beralih ke bagian interiornya, mobil ini menawarkan kenyamanan dan kemewahan yang bisa kita lihat pada mobil limousine. Kursi-kursinya menggunakan mobil captain seat yang lengkap dengan leg rest bergaya ottoman.

Desain interior yang dimiliki Alphard ini juga tidak kalah mewah dengan bagian eksteriornya. Pada bagian kabinnya, bisa kita lihat adanya penggunaan aksen kayu dan fitur panoramic sunroof yang menambah kesan mewah.

2. Mesin Toyota Alphard

Bicara soal mesinnya, Toyota Alphard mengandalkan mesin 4 silinder berkode 2AR-FE dengan kapasitas 2,5 liter (2.494 cc). Mesin mobil berpenggerak roda depan (Front Wheel Drive) ini dikawinkan dengan sistem transmisi CVT.

Baca juga: 10 Mobil MPV Favorit untuk Keluarga, Mana Pilihanmu?

Di atas kertas, mesin yang digendong Toyota Alphard ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 178 HP pada putaran mesin 6.000 rpm. Sedangkan torsinya sendiri bisa mencapai 234 Nm pada putaran 4.100 rpm.

Selain mesin berkapasitas 2,5 liter, Alphard juga tersedia dalam pilihan mesin 3,5 liter (3.456 cc). Mesin tersebut merupakan mesin 6 silinder V-Type berkode 2 GR-FKS yang dipadukan dengan sistem transmisi otomatis 8 percepatan.

Mesin dengan kapasitas lebih besar ini bisa menghasilkan tenaga 298 HP pada putaran 6.200 rpm. Sedangkan torsinya bisa mencapai 360 Nm pada putaran 4.700 rpm.

3. Fitur Toyota Alphard

Sebagai MPV premium, Toyota Alphard tentunya sudah dibekali dengan fitur yang lengkap. 

Pada varian tertingginya, mobil ini sudah dilengkapi fitur hiburan berupa head unit dengan 8 buah speaker yang memiliki fungsi DVD/CD/MP3 Player, AUX-IN, USB Port, Bluetooth, serta Navigasi.

Beralih ke fitur keamanannya, mobil ini sudah dilengkapi dengan fitur Engine Immobilizer yang terintegrasi dengan Anti Theft Alarm System. Sedangkan untuk keselamatan pasifnya, mobil ini dilengkapi dengan 7 SRS Airbags, Adjustable Seatbelts, serta pengaturan kursi ISOFIX.

Lalu untuk fitur keselamatan aktifnya, Alphard dibekali dengan Anti-lock Braking System, Brake Assist, Electronic Brake Distribution, Uphill and Downhill Assist Control, serta Vehicle Stability Control System. Untuk kemudahan parkir, ada pula fitur Parking Sensor dan Rearview Camera.

Baca juga: Review & Harga Toyota Alphard

4. Varian dan Harga Toyota Alphard

Pada bagian terakhir sebelum kita masuk ke pembahasan mengenai biaya servis Toyota Alphard, kita akan melihat varian dan harga dari mobil ini. 

Di Indonesia sendiri, ada tiga varian Toyota Alphard yang ditawarkan, dan berikut ini adalah rincian varian beserta harganya masing-masing.

VARIAN

HARGA

Toyota Alphard 2.5 X AT

Rp 1.115.000.000

Toyota Alphard 2.5 G AT

Rp 1.270.000.000

Toyota Alphard 3.5 Q AT

Rp 1.543.000.000

Biaya Servis Berkala Toyota Alphard

Sekarang kita masuk ke pembahasan utama kita, yakni biaya servis berkala mobil Toyota Alphard. Melihat harga jualnya yang tinggi saja, kita sudah bisa perkirakan bahwa biaya servis mobil ini akan lebih tinggi dibandingkan dengan biaya servis mobil pada umumnya.

Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Biaya servis Toyota Alphard yang cukup tinggi ini dipengaruhi oleh banyaknya komponen-komponen dengan harga yang tinggi pula pada mobil ini.

Untuk servis 10.000 km, Alphard membutuhkan servis yang meliputi ganti oli mesin, analisa dan pengecekan performa mesin, sistem rem dan ban seperti tekanan, rotasi, dan balancing roda depan. Servis ini menghabiskan biaya sekitar Rp782.000.

Biaya servis Toyota Alphard untuk servis 20.000 km, 30.000 km, dan 50.000 km kurang lebih sama, yakni Rp772.000. 

Pada tahap ini, akan dilakukan servis rutin yang ditambah dengan analisa dan pengecekan fuel supply system, sistem kemudi dan suspensi kendaraan, serta ganti oli mesin dan pengecekan sistem ren dan ban.

Pada servis tahap 40.000 km, kenaikan harga mulai terlihat karena dibutuhkan servis rutin yang disertai ganti busi, ganti oli (transmisi dan diferensial), ganti minyak rem dan saringan udara, ganti saringan bahan bakar serta pengecekan erta pengecekan charcoal canister. Biaya yang dibutuhkan adalah sekitar Rp1.270.000

Kemudian servis pada tahap 60.000 km membutuhkan biaya sebesar Rp1.920.000. Pada tahap ini, servis rutin akan dilakukan, ditambah dengan analisa dan pengecekan fuel supply system, sistem kemudi dan suspensi kendaraan.

Biaya servis untuk Toyota Alphard pada tahap 70.000 km dan 90.000 km kurang lebih sama, yakni Rp1.790.000. Pada tahap ini servis rutin dilakukan dengan tambahan ganti oli mesin, analisa dan pengecekan performa mesin, sistem rem dan ban seperti tekanan, rotasi, dan balancing roda depan.

Sama seperti tahap 40.000 km, tahap 80.000 km juga mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Pada tahap ini servis rutin ditambah dengan ganti busi, ganti oli (transmisi dan diferensial), ganti minyak rem dan saringan udara, ganti saringan bahan bakar, dan pengecekan charcoal canister, dengan total biaya sekitar Rp4.600.000.

Pada tahap servis 100.000 km, biaya servis Toyota Alphard adalah sekitar Rp4.160.000. Pada tahap ini, servis rutin dilakukan dengan adanya tambahan analisa dan pengecekan fuel supply system, sistem kemudi dan suspensi kendaraan.

Untuk melihat rincian biaya servis Toyota Alphard, mari kita lihat pada tabel berikut ini.

JARAK TEMPUH

BIAYA SERVIS

10.000 km

Rp 782.000

20.000 km

Rp 772.000

30.000 km

Rp 772.000

40.000 km

Rp 1.270.000

50.000 km

Rp 772.000

60.000 km

Rp 1.920.000

70.000 km

Rp 1.790.000

80.000 km

Rp 4.600.000

90.000 km

Rp 1.790.000

100.000 km

Rp 4.160.000

TOTAL BIAYA KESELURUHAN

Rp 18.628.000

Dari tabel di atas, bisa kita lihat bahwa biaya servis yang dibutuhkan Toyota Alphard dari 10.000 km hingga 100.000 km adalah sebesar Rp18.628.000. 

Biaya ini tentu saja masih merupakan estimasi dan bisa berubah tergantung dengan keadaan kendaraan saat dilakukan servis.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya