OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Biaya Servis Toyota Camry Konvensional dan Hybrid, Mana yang Lebih Mahal?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Biaya Servis Toyota Camry Konvensional dan Hybrid, Mana yang Lebih Mahal?

Dilihat 2651
Amanda
30 Sep 2021, 21:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Biaya servis Toyota Camry adalah salah satu hal yang seringkali dipertanyakan oleh para calon konsumennya. Terkenal sebagai mobil pejabat di Indonesia dan para eksekutif muda (eksmud), Camry ini memang dibanderol dengan harga yang cukup fantastis. 

Karena itulah, banyak konsumen yang memperkirakan bahwa biaya servis Toyota Camry pasti mahal.

Toyota camry

Generasi terbaru Toyota Camry hadir dalam tiga varian; 2.5 V A/T, 2.5 G A/T, serta Hybrid A/T. Ketiga varian ini dibanderol dengan harga masing-masing sekitar Rp 649,25 juta, Rp 682,55 juta, dan Rp 849,5 juta.

Dengan harga setinggi itu, tentu para pecinta otomotif jadi semakin penasaran dengan biaya servis sedan mewah ini. 

Langsung saja kita simak informasi tentang biaya servis Toyota Camry berikut ini.

Tentang Toyota Camry

Sebelum mengetahui secara detail tentang biaya servis Toyota Camry, sebaiknya kita kenalan lebih jauh dulu dengan sedan premium yang satu ini. 

Camry merupakan model sedan terlaris di pasar otomotif Amerika Serikat, mulai tahun 1997 hingga tahun 2002.

toyota camry tampak depan

Di Indonesia sendiri, Toyota Camry pertama kali hadir pada tahun 1998. Sejak saat itu, mobil ini pun banyak dipercaya untuk menjadi kendaraan para petinggi di Indonesia. 

Bukan hanya karena desain yang elegan, Camry juga hadir dengan berbagai fitur canggih dan mewah yang siap memanjakan para penumpangnya.

Generasi terbaru Toyota Camry diketahui memiliki ruang kabin yang cukup luas. 

Sedan mewah pabrikan jepang ini memiliki panjang 4.850 mm, lebar 1.825 mm, serta tinggi 1.470 mm. Wheelbase atau jarak sumbu rodanya sendiri mencapai 2.775 mm, dengan ground clearance setinggi 160 mm.

Demi memberikan kenyamanan dan kestabilan berkendara, Camry sudah dibekali dengan sistem suspensi andal. 

Suspensi depannya menggunakan MacPherson Strut, sedangkan suspensi belakangnya menggunakan Dual-Link.

Toyota Camry tampak samping

Bukan itu saja, fitur keselamatan aktifnya juga sudah canggih. Mobil yang satu ini sudah dibekali fitur standar Anti-lock Braking System, Electronic Brake Distribution, serta Brake Assist.

Bicara soal mesinnya, Toyota Camry tipe G dan V dibekali dengan mesin 4 silinder segaris berkode 2AR-FE dengan kapasitas mesin 2.494 cc atau 2,5 L. Mesin ini dipadukan dengan sistem transmisi otomatis 6 percepatan Sequential.

Sementara itu, Toyota Camry varian hybrid menggunakan mesin hybrid 4 silinder segaris berkode A25A-FXS dengan kapasitas 2.487 cc. Berbeda dengan model konvensional, mesin yang satu ini dikawinkan dengan transmisi otomatis CVT.

Di atas kertas, Camry dengan mesin konvensional bisa menghasilkan tenaga dan torsi masing-masing 181 Hp pada putaran 6.000 rpm dan 239 Nm pada putaran 4.100 rpm. 

Sedangkan mesin hybrid-nya bisa menghasilkan tenaga sebesar 176 Hp pada 5.700 rpm dan torsi 220,6 Nm pada putaran 3.600-5.200 rpm.

Biaya Servis Toyota Camry

Perbedaan harga yang dimiliki Toyota Camry bermesin konvensional dengan yang bermesin hybrid memang membuat banyak orang beraggapan bahwa biaya servis dari kedua tipe mobil ini berbeda jauh. 

Toyota camry hybrid render

Tetapi menurut Anton Jimmi Suwandy selaku Marketing Director PT Toyota Astra Motor, biaya servis Toyota Camry jenis hybrid maupun konvensional tidak memiliki perbedaan yang jauh, baik dari segi harga, waktu servis, maupun komponen yang diganti.

Seperti mobil pada umumnya, Toyota Camry memiliki beberapa komponen yang harus diganti secara berkala. Misalnya saja oli mesin dan filter oli yang diganti setiap 10.000 km.

Kemudian ada pula busi yang harus diganti setiap 20.000 km. Sedangkan filter udara harus diganti setiap 40.000 km. Sama seperti busi, komponen filter AC dan kanvas rem pada Toyota Camry juga harus diganti setiap 20.000 km.

Untuk penjelasan yang lebih detail tentang biaya servis Toyota Camry, mari kita lihat pada tabel berikut ini.

JARAK TEMPUH

BIAYA SERVIS TOYOTA CAMRY NON-HYBRID

BIAYA SERVIS TOYOTA CAMRY HYBRID

10.000 km

Rp 637.500

Rp 684.500

20.000 km

Rp 637.500

Rp 684.500

30.000 km

Rp 637.500

Rp 684.500

40.000 km

Rp 1.161.500

Rp 1.120.500

50.000 km

Rp 637.500

Rp 684.500

60.000 km

Rp 2.062.700

Rp 2.109.700

70.000 km

Rp 1.859.100

Rp 1.906.100

80.000 km

Rp 4.950.800

Rp 4.218.800

90.000 km

Rp 1.895.100

Rp 1.906.100

100.000 km

Rp 4.803.700

Rp 5.190.700

110.000 km

Rp 1.895.100

Rp 1.906.100

120.000 km

Rp 2.739.400

Rp 2.698.400

130.000 km

Rp 1.859.100

Rp 1.906.100

140.000 km

Rp 2.062.700

Rp 2.109.700

150.000 km

Rp 1.859.100

Rp 1.906.100

TOTAL

Rp 29.626.300

Rp 29.716.300

Bisa kita lihat dari data di atas bahwa biaya servis Toyota Camry untuk varian non-hybrid hingga servis 150.000 km membutuhkan dana sebesar Rp 29.626.300. Sementara itu, untuk varian hybrid-nya, mobil ini membutuhkan dana sebesar Rp 29.716.300.

camry tampak samping

Memang, biaya servis Toyota Camry hybrid lebih mahal daripada varian konvensionalnya. Tetapi, perbedaan yang dimilikinya tidak terlalu besar, hanya sekitar Rp 100 ribuan saja. 

Biaya servis di atas juga tentu bisa berubah-ubah tergantung dengan keadaan mobil saat diservis, harga spare part, dan lain sebagainya.

Dilansir dari laman resmi diler Toyota Astrido, secara umum ada dua masalah utama yang paling sering ditemukan pada sedan Camry ketika dilakukan servis berkala. 

Pertama adalah pada bagian kaki-kakinya, di mana fungsinya akan terus menurun akibat dipakai terlalu lama sehingga membutuhkan penggantian. Biasanya, untuk servis ini akan dibutuhkan biaya sekitar Rp 1 juta hingga Rp 2 jutaan.

toyota camry putih

Selain itu, masalah lainnya juga yang kerap ditemukan ada di bagian dasbor. 

Banyak kasus di mana dasbor sedan Camry lama-kelamaan menjadi bergelombang. Hal ini disebabkan oleh faktor usia pemakaian dan juga karena perawatan yang minim pada bagian dasbor. 

Selain itu, masalah ini juga bisa terjadi akibat adanya paparan sinar matahari langsung pada mobil, biasanya karena mobil sering diparkir di luar ruangan.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya