• Home>
  • Review>
  • Bingung? Intip Perbedaan Honda Mobilio dengan HRV
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Bingung? Intip Perbedaan Honda Mobilio dengan HRV

Dilihat 2798
EKO
7 Okt 2021, 14:24
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

perbedaan honda mobilio dan honda hr-v

Otoloka.id- Honda memang menjadi salah satu merek kendaraan di Indonesia yang diperhitungkan. Pasalnya, Honda Prospect Motor (HPM) yang menjadi agen pemegang merek tersebut, selalu menghadirkan model-model yang disenangi oleh masyarakat Indonesia.

Beberapa modelnya banyak yang laris di pasaran, seperti contohnya Honda Mobilio dan Honda HR-V. Kedua mobil tersebut memang punya segmentasi pasar yang berbeda, peruntukannya pun juga berbeda.

Mobilio sebagai mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) didesain untuk mampu menampung kapasitas lebih, namun dengan harga yang terjangkau. Sedangkan untuk yang bergaya aktif, tak perlu menampung terlalu banyak orang, pilihan yang tepat adalah HR-V, yang mengadopsi model Sport Utility Vehicle (SUV).

Berikut perbandingan sepesifikasi antara Honda Mobilio dengan Honda HR-V

Honda Mobilio

Honda Mobilio merupakan mobil di kelas Low Multi Purpose Vehicle (MPV). Saat ini, Honda Mobilio yang hadir di Indonesia merupakan generasi ke dua, dan sudah mengalami facelift. Mobil keluarga yang diperkenalkan pada tahun 2013 tersebut memang punya bentuk muka yang menyerupai model Honda lain, yaitu Honda Brio, namun dengan dimensi yang lebih panjang.

Sebagai mobil keluarga, Honda Mobilio didesain untuk menampung sebanyak tujuh orang. Dengan dimensi panjang 4.386 mm, lebar 1.683 mm, dan tinggi 1.603 mm, juga membuat mobil tersebut terasa luas. Apalagi, bagasi yang dapat menampung 223 liter membuat mobil keluarga ini cocok untuk bepergian di dalam maupun luar kota.

Mesin irit, dan bertenaga

Honda Mobilio merupakan jajaran model Honda yang dijual dengan harga yang terjangkau, dan hal tersebut juga sejalan dengan konsumsi bahan bakarnya yang irit. Menurut beberapa percobaan yang dilakukan oleh PT HPM, Honda Mobilio diklaim mampu berjalan 28 kilometer hanya dengan satu liter bensin saja.

Konsumsi bahan bakar yang irit berkat dibenamkannya mesin 1.5L i-VTEC, yang mampu menghasilkan tenaga 118 PS pada 6.600 rpm. Bisa dibilang, mesin tersebut merupakan mesin yang terbesar di kalangan mobil Low MPV lain, yang membuat berkendara semakin responsif dan nyaman.

Terdapat dua pilihan transmisi pada Honda Mobilio, yaitu manual lima percepatan, dan transmisi otomatis CVT. Hebatnya, pada transmisi otomatis Honda Mobilio, dibenamkan teknologi Earth Dreams yang membuat perpindahaan giginya semakin halus dan lebih responsif.

Dalam pengembangannya, Honda Mobilio sudah melakukan uji tes tabrak yang dilakukan di Honda Real World Crash Test Facility di Tochigi, Jepang.

Selain penyematan fitur ABS dan EBD, Honda Mobilio juga mengadopsi struktur rangka G-CON atau G-Force Control. Rangka ini mampu meredam dan menyalurkan energi yang merata ke seluruh bagian mobil saat terjadi tabrakan. Plus dengan Advance Compatibility Engineering (ACE) dan Side Impact Beam yang mampu meredam tabrakan dari samping.

Varian Honda Mobilio

HPM memberikan tiga varian pada Honda Mobilio, diantaranya varian S, E, dan RS. Khusus untuk varian S, karena diplot sebagai varian yang paling dasar, maka pilihan transmisi yang tersedia hanya manual saja. Tenang, fitur keselamatan tak ada yang dihilangkan pada varian ini.

Pada varian E terdapat banyak penambahan fitur dan aksesoris, contohnya seperti lampu depan yang diberi lis LED sebagai lampu DRL, penambahan lampu kabut, dan keyless entry. Pada varian ini juga menawarkan dua pilihan transmisi, yaitu manual dan otomatis.

Varian tertinggi pada Honda Mobilio adalah RS, yang juga menawarkan dua pilihan transmisi dan penambahan aksesoris supaya lebih sporty. Pada varian RS, fitur ditingkatkan lagi, seperti layar head unit 8 inci, dan sistem pendingin udara otomatis. Fitur bantuan pengemudi Hill Start dan Vehicle Stability Assist juga tersedia di varian ini.

Menurut data Gaikindo, Honda Mobilio sekarang ini sudah mengalami penurunan penjualan di segmen Low MPV. Dari berbagai varian yang ditawarkan, kalau ditotal mobil tersebut hanya laku terjual sebanyak 4.423 unit selama Januari hingga Agustus 2021. Untuk harga, Mobilio dibandrol mulai dari Rp 197.600.000 sampai Rp 250.000.000.

Honda HR-V

Honda HR-V merupakan salah satu model mobil Honda yang bergenre SUV atau crossover yang tampil stylish dan modern. Banyak konsumen Indonesia terutama kaum muda menjadikan HR-V sebagai kendaraan mobilitas. Memang, selain tampilan yang menawan mobil tersebut juga tangguh untuk dikendarai di dalam maupun luar kota.

Hadir di Indonesia pada 2014 lalu, Honda HR-V sudah memasuki generasi kedua, yang secara keseluruhan dirakit di negeri ini. Selain meramaikan pasar dalam negeri, mobil tersebut juga diekspor ke beberapa negara, seperti Amerika Utara, Australia, Jepang dan beberapa negara Asia lain.

Sebagai mobil SUV, tentunya HR-V didesain untuk menjelajah berbagai macam kondisi jalan. Oleh karena itu, kendaraan tersebut menawarkan dua pilihan mesin yang dibagi menjadi beberapa varian atau tipe sesuai dengan kebutuhan.

Mesin 1.5 liter

Pada mesin ini, Honda HR-V memakai mesin 1.5L VTEC empat silinder yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 120 Ps pada 6.600 rpm, dengan torsi maksimal 145 Nm di 4.600 rpm. Mesin 1.5 liter ini juga sudah lulus standar EURO 4, yang emisi gas buangnya lebih rendah.

Mesin 1.5 liter Honda HR-V ternyata lumayan irit bensin untuk sekelas SUV, pasalnya dengan satu liter bensin, mobil ini mampu menjelajah sejauh 17 kilometer untuk rute tol, sementara untuk berkendara dalam kota yang stop and go, seliter bensin bisa dipakai untuk menjelajah sejauh 13 kilometer.

Varian Honda HR-V

Tipe S merupakan varian yang paling dasar pada HR-V. Pada varian ini, tersedia pilihan transmisi, yaitu otomatis dan manual. Sebagai bawaan, pada varian ini terbenam fitur Hill Start Assist dan Vehicle Stability Control berikut pengereman ABS dan EBD. Airbag 6 buah juga terpasang di HR-V tipe S.

Setingkat di atas tipe S ada tipe E yang hanya tersedia dalam transmisi otomatis CVT Earth Dreams. Pada tipe ini dibenamkan beberapa peningkatan fitur, seperti one push start button, head unit dengan layar 8 inci, dan pengaturan pendingin dengan layar sentuh. Pada tipe E ada varian Special Edition, di mana kursinya berlapis kulit asli, dan mengadopsi layar head unit mengambang.

Mesin 1.8 liter

Jika performa mesin HR-V masih kurang responsif, ada varian lain yang menawarkan pilihan mesin lebih besar, yaitu 1.8 liter VTEC empat silinder. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga sebesar 139 Ps di 6.600 rpm dengan torsi sebesar 169 Nm di 4.300 rpm.

Mengenai konsumsi bahan bakar, tentunya varian 1.8 liter lebih boros ketimbang 1.5 liter. Mesin 1.8 liter menghabiskan bensin seliter untuk menjelajah sejauh 16 kilometer, kalau di dalam kota menjadi 11 kilometer dalam menghabiskan satu liter bensin.

Varian tipe

Pada mesin 1.8 liter, varian yang tersedia hanyalah tipe Prestige yang memakai transmisi otomatis CVT Earth Dreams. Pada varian tertinggi ini, dibenamkan beberapa fitur mutakhir, contohnya seperti head unit 8 inci dengan kamera parkir, pendingin udara yang diatur otomatis, lampu kabut, kursi berlapis kulit, panoramic sunroof, dan penyematan airbag di bagian samping dan jendela.

Dari berbagai macam varian, Honda HR-Vdijual dengan harga Rp 294.700.000 untuk varian paling rendah, dan Rp 409.800.000 untuk harga varian Prestige 1.8 liter.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya