• Home>
  • Review>
  • Bingung Pilih All New Avanza atau All New Veloz? Ini 7 Perbedaannya!

Bingung Pilih All New Avanza atau All New Veloz? Ini 7 Perbedaannya!

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
Ismet
27 Nov 2021, 10:10
  • Suka 17

Otoloka.id- Toyota Avanza dan Veloz terbaru menjadi buah bibir penggemar otomotif Tanah Air yang belum lama ini diluncurkan. Dengan mengusung tampilan yang benar-benar baru, kedua model ini dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang berbeda.

Seperti diungkapkan beberapa waktu lalu oleh Henry Tanoto selaku Wakil Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor (TAM), “Avanza dikembangkan sebagai kendaraan multifungsi, sementara Veloz lebih menitikberatkan pada sisi emosional dengan tampilan stylish dan kaya fitur”.

Lalu, apa yang menjadi kekuatan All New Avanza dan All New Veloz 2022? Salah satunya adalah transformasi platform dengan mengusung penggerak roda depan (Front Wheel Drive/FWD). 

Tak hanya itu, baik sisi eksterior dan interior juga mengalami penyempurnaan demi kenyamanan pengemudi dan penumpangnya.

Lalu, apa saja perbedaan antara Avanza dan Veloz 2022? Berikut ulasannya.

1. Desain Eksterior Veloz Lebih Mewah

Jika pada generasi sebelumnya kedua mobil ini cukup sulit melihat perbedaan tampilan luarnya, kali ini tidak pada Avanza dan Veloz terbaru. Terutama pada bagian grill, meski mengusung desain heksagonal, tapi detailnya berbeda.

Baca juga : Ketahui All New Avanza 2022 Lebih Detail, Apa Saja yang Baru?

Grill All New Avanza menggunakan desain garis horizontal yang diapit dua foglamp dan aksen berwarna hitam.

Sementara untuk All New Veloz, tampil lebih gagah dengan detail grill nya mempunyai lubang yang menyerupai sarang tawon. Secara dimensi, ukurannya juga sedikit lebih kecil. Terdapat pula foglamp yang dibalut dengan aksen krom. 

Sebagian orang berpendapat jika muka All New Veloz mirip dengan Toyota Corolla Cross.

2. Interior Avanza dan Veloz Terbaru

Toyota membenamkan desain dasbor baru untuk All New Veloz yang dikombinasikan dengan panel instrumen digital New TFT MID 4,2 Inch. Sementara pada All New Avanza panel instrumennya masih analog namun desainnya baru dari generasi sebelumnya.

Selain itu, terdapat pula New Illuminating Start/Stop Button yang memberikan kenyamanan bagi pengemudi saat mengoperasikan mesin kendaraan, bahkan dalam kondisi gelap.

Selanjutnya, All New Avanza juga hadir dengan fitur New Tilt Telescopic Steering with Audio & MID Switch (1,5 G) untuk memudahkan pengaturan posisi kemudi, audio, dan MID melalui sentuhan sederhana di sisi setir.

Pada desain jok juga sekarang lebih ergonomis dan juga memiliki pengaturan yang fleksibel, dengan fitur pelipatan yang bisa rata. Jok baris ketiganya pun ketika dilipat akan bisa rata lantai, sehingga memudahkan untuk membawa barang berukuran besar. 

Untuk material jok juga berbeda antara Avanza dan Veloz generasi ketiga ini. Pada All New Avanza, joknya masih berbahan kain atau fabric dengan motif yang menyerupai jok Innova. Sementara pada All New Veloz, joknya kombinasi antara fabric dan kulit sintetis. 

3. Pilihan Mesin Avanza dan Veloz FWD

Perbedaan dari Toyota Avanza Vs Veloz terbaru juga terdapat di pilihan mesin. Kalau Avanza tersedia dalam dua opsi: 1.300 cc dan 1.500 cc. Sementara Veloz cuma 1.500 cc.

Bagi konsumen yang menginginkan mesin Avanza 1.300 terbaru, transmisinya hanya ada manual 5-percepatan. Sementara versi 1.500 cc, punya dua opsi, selain manual tersedia pula tranmsisi CVT. Hal ini juga berlaku untuk Veloz.

Spesifikasi Toyota All New Avanza 1.5L 
Mesin

2NR-VE 1.5L 4 silinder segaris 16 katup DOHC

Kapasitas

1.496 cc

Tenaga

106 hp / 6.000 rpm

Torsi 

137 Nm / 4.200 rpm
TransmisiManual 5-percepatan / CVT
Sistem penggerakFront wheel drive 
P x L x T (mm)4.395 mm x 1.730 mm x 1.700 mm
Suspensi Depan/BelakangMacPherson Strut / Torsion-Beam
Rem Depan/BelakangVentilated Disc / Drum

4. Fitur Veloz Lebih Lengkap

Meski keduanya memiliki fitur yang cukup menggiurkan, Veloz masih lebih unggul dengan sejumlah fitur yang lebih lengkap. wireless charger, auto AC, panel instrumen TFT besar, illumination light, kamera 360 hingga layar entertainment untuk penumpang belakang.

Sedangkan untuk Avanza, Toyota melengkapinya dengan head unit layar sentuh 9 inci sayangnya tanpa ada kamera mundur, start stop engine button, dan AC digital seperti layaknya Veloz.

Baca juga : Toyota Avanza dan Veloz Terbaru Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Rp 200 Jutaan

Spesifikasi Toyota All New Veloz 1.5L 
Mesin

2NR-VE 1.5L 4 silinder segaris 16 katup DOHC

Kapasitas

1.496 cc

Tenaga

106 hp / 6.000 rpm

Torsi 

137 Nm / 4.200 rpm
TransmisiManual 5-percepatan / CVT Sequential Mode
Sistem penggerakFront wheel drive 
P x L x T (mm)4.395 mm x 1.730 mm x 1.700 mm
Suspensi Depan/BelakangMacPherson Strut / Torsion-Beam
Rem Depan/BelakangVentilated Disc / Disc

Untuk fitur keselamatan, khusus varian tertinggi untuk keduanya sudah punya Toyota Safety Sense (TSS). Fitur keselamatan aktif terintegrasi pre collision system (PCS), Pedal Misoperation control, blind spot monitoring (BSM), Lane Departure Assist, Front dearture alert, dan rear crossing traffic allert (RCTA).

5. Fitur Pengereman Lebih Canggih Veloz

Saat masuk ke dalam kabin, terlihat Veloz sudah pakai rem parkir elektrik dengan fitur auto brake hold yang membuat pengemudi lebih nyaman saat berada di kemacetan. Ditambah lagi untuk cakram, di Veloz fitur itu hadir di keempat roda.

Sementara Avanza, cakram cuma ada di rem depan dan roda belakangnya masih pakai rem tromol. Lalu bicara rem tangan juga belum elektrik alias pakai model tarik yang konvensional.

6. Pilihan Warna Avanza dan Veloz

Toyota memberikan pilihan lebih banyak untuk warna All New Avanza. Total ada lima pilihan warna, yakni Purplish Silver, Gray Metallic, Black Metallic, Silver Mica Metallic dan White.

Sedangkan untuk All New Veloz hanya tersedia tiga pilihan warna, ada Black Metallic, Silver Metallic, serta Platinum White Pearl.

7. Avanza Dijual Lebih Murah dari Veloz

Untuk Toyota Avanza varian 1.3 E M/T dijual dengan harga Rp206,2 juta, varian 1.5 G M/T Rp228,5 juta, varian 1.5 G CVT Rp241,4 juta, serta varian 1.5 G CVT TSS Rp264.4 juta.

Sementara untuk Veloz varian M/T dijual Rp251,2 juta, varian Q CVT Rp272,1 juta, dan varian Q CVT TSS Rp291,5 juta.

Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan