• Home>
  • Review>
  • Bukan Cuma Soal Jumlah Silinder, Ini Perbedaan Mesin Rocky 1.2L dan Sigra 1.2L
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Bukan Cuma Soal Jumlah Silinder, Ini Perbedaan Mesin Rocky 1.2L dan Sigra 1.2L

Dilihat 1930
Amanda
10 Okt 2021, 11:22
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Seperti yang kita tahu, Daihatsu Rocky yang pertama kali meluncur di Indonesia pada bulan April 2021 lalu ini menawarkan dua jenis mesin; 1.0L Turbo dan 1.2L NA (non-turbo).

Mesin Rocky 1.2 L ini kabarnya merupakan mesin baru dan diklaim bisa lebih irit bahan bakar dibandingkan dengan mesin besutan Daihatsu berkapasitas 1.2L lainnya seperti yang digunakan Sigra. 

Selain itu, mesin ini pun disebut lebih bertenaga dibanding pendahulunya tersebut.

Audi Tarantini selaku R&D Testing Department Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengungkapkan bahwa mesin yang digendong Daihatsu Rocky 1.2 L ini berbeda dengan yang digunakan Sigra 1.2 L. 

Baca juga: Review Daihatsu Rocky: SUV Lawas yang Hidup Kembali Menjadi Modern 

Mesin WA-VE Rocky 1.2 L diklaim pabrikan sebagai hasil riset dan pengembangan baru dari Daihatsu.

Mesin Rocky 1.2L Lebih Bertenaga dan Irit

Ia juga mengungkapkan bahwa mesin Daihatsu Rocky 1.2 L bukan berasal dari basis mesin yang sudah ada. Selain itu, ada beberapa perbedaan di antara mesin tersebut dengan yang digunakan Sigra 1.2 L.

Daihatsu Rocky 1.2 L menggunakan konfigurasi mesin 3 silinder, sementara Sigra 1.2 L menggunakan konfigurasi 4 silinder.

Jumlah silinder yang lebih sedikit ini diklaim merupakan usaha untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Dengan bidang luas ruang silinder yang lebih kecil, secara otomatis BBM yang dibakar juga menjadi lebih sedikit.

Baca juga: Test Drive Rocky 1.2L di Markas Daihatsu, Hasilnya Cukup Bikin Takjub

Bukan hanya lebih irit BBM, mesin Daihatsu Rocky 1.2 L juga ternyata memiliki keluaran tenaga yang lebih besar dibandingkan Sigra 1.2 L. 

Hal ini disebabkan adanya dua injektor dalam satu port untuk setiap silindernya, sementara pada mesin Sigra 1.2 L hanya terdapat satu injektor dalam satu port.

daihatsu rocky 1.2L

Audi menerangkan bahwa dengan konfigurasi mesin yang seperti ini, suplai bahan bakar menjadi lebih cepat, dan optimalisasi tenaga bisa meningkat. 

Mesin ini juga didukung dengan dengan high tumble port yang sudut kemiringannya dirancang memberikan efek pusaran agar bahan bakar bisa terbakar secara menyeluruh.

Pengurangan jumlah silinder ini juga ternyata memiliki pengaruh terhadap konstruksi mesin yang menjadi lebih kompak dan ringan. 

Mesin Rocky 1.2L yang juga digunakan di Raize ini juga sudah dirancang lebih presisi dan rigid sehingga tidak lagi membutuhkan balancer shaft.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya