• Home>
  • Review>
  • Chevrolet Spark, City Car Idola Mahasiswa
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Chevrolet Spark, City Car Idola Mahasiswa

Dilihat 163
Guntur Hanggara
22 Ags 2020, 11:21
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Mobil seperti Chevrolet Spark, dengan kapasitas dan berdimensi kecil membuat mobil-mobil semacam ini banyak digemari di Indonesia. Biasa disebut city car, mobil semacam ini mulai muncul di tahun 2004 dimana Honda Jazz pertama kali muncul sebagai pelopornya. Memiliki dimensi yang cukup kecil membuat mobil ini tidak memakan space terlalu banyak ketika digunakan. Pada akhirnya menjadi salah satu mobil favorit para anak kuliahan. 

Untuk memenuhi permintaan pasar terhadap mobil city car, Chevrolet membawa Spark untuk pasar Indonesia. Berikut paparan review dari Otoloka mengenai Chevrolet Spark.

Sejarah Chevrolet Spark

Mengikuti jejak Honda Jazz, Toyota Yaris, Nissan March, Mitsubishi Mirage, Chevrolet Spark menjadi mobil city car yang terakhir muncul dan merupakan produk dari pabrikan Amerika. Dengan mesin berkapasitas 1,4 liter dapat menghasilkan daya sebesar 98 Ps pada putaran 6.200 rpm dan torsi 128 Nm pada putaran 4.400 rpm. Jauh lebih kecil ketimbang city car lainnya. 

Sudah ada sejak generasi pertama di Indonesia, generasi ketiga Chevrolet Spark muncul pada Maret tahun 2017. Hanya memasukkan generasi pertama dan ketiga, generasi kedua chevrolet spark absen untuk masuk ke tanah air. 

Merupakan hasil rebranding Daewoo Matiz, Chevrolet spark memunculkan prestise dari desainnya yang berani. Karakternya yang bertenaga, lincah, dengan gaya agresif cocok untuk kaum remaja dan jiwa muda yang membutuhkan mobilitas. Bahkan all new chevrolet spark hanya tersedia dalam satu varian, yaitu LTZ.

Dengan jenis hatchback, gayanya yang agresif mengadopsi desain muscle car milik Chevrolet Camaro. Bahkan Chevrolet Spark Spark ikut memakai bahasa desain generasi terbaru dari Chevrolet yaitu Signature Dual Port Grille.

Ditawarkan dengan harga yang lebih mahal ketimbang model-model lainnya buatan merek Jepang, Chevrolet Spark dijual di harga Rp 200 jutaan, sedangkan untuk Honda Brio atau Suzuki Ignis punya banderol harga di bawahnya. Hal itu terjadi karena chevrolet spark yang masuk ke tanah air merupakan tipe yang tertinggi. Meskipun bentuknya yang kecil dan tenaga mesinnya tidak terlalu besar, tetapi insinyur Chevrolet memang sangat fokus dalam hal keamanan bagi pengemudi dan penumpang didalam mobil ini. 

Beberapa fitur utama seperti Dual Airbags, lalu Electronic Stability dan Hill Start Assist sangat membantu pengemudi untuk mengendarai mobil ini hingga sampai titik tujuan. Berbekal dibekali beragam fitur yang terbaik seperti penggunaan lampu proyektor, DRL dan lampu kabut. Ini membuat desain Chevrolet Spark punya gaya yang maskulin dan kekinian. 

Terdapat juga fitur canggih lainnya, seperti Low Speed Forward Automatic Braking. Teknologi yang membuat Chevrolet Spark bisa mengerem secara otomatis ketika mendeteksi objek di depannya dengan kemungkinan menabraknya.

Eksterior Chevrolet Spark  

Dengan desain ala Signature Dual Port Grille yang mengusung gaya aerodinamis dan tidak lagi kaku, Chevrolet Spark generasi ketiga punya proporsi lebih ramping. Ciri khas dari desain Chevrolet Spark ini memiliki dua bagian gril yang terpisahkan oleh logo. Grill-nya berbentuk huruf X melebar yang dilengkapi dengan honeycomb di bagian tengah lengkap dengan badge dari Chevrolet. Digunakan sebagai alur angin masuk ke bagian mesin menjadi fungsi grill bagian atas. Berbeda dengan gril bagian bawah digunakan untuk mengalirkan udara pendingin ke bagian radiator.

Lampu depannya atau lampu utama berbentuk lonjong dengan bohlam yang menggunakan Halogen berjenis proyektor,dan sudah memakai model projector headlamp dilapisi dengan DRL yang menggunakan LED. Foglamp dari Chevrolet Spark berbentuk kotak di bagian bemper bawah. Semua itu membuat bagian depan dari Chevrolet Spark terlihat maskulin. Rear combination lamp berbentuk memanjang kebawah dengan lampu berukuran besar dirasa cocok menemani pintu bagasi mobil dan bemper pada sisi belakang Spark. 

Profil Chevrolet Spark terbaru juga lebih tinggi di bodi belakang dan menurun dinamis hingga ke fasia depan, dan juga atap lebih rendah mengurangi tampilan tegak lurus (upright). Profil yang lebih rendah ini menurunkan drag aerodinamis (hambatan angin) dan meningkatkan efisiensi. Bila dibandingkan dengan generasi pertama, Spark kali ini memiliki jarak roda lebih panjang 10 mm, serta tinggi keseluruhan kendaraan yang lebih rendah 45 mm. Velg-nya menggunakan ukuran 14 inci dengan model palang 5, dengan desain yang biasa aja karena hanya bercorak monotone.

Interior Chevrolet Spark

Hampir semua bagian dashboard hingga doortrim memakai bahan yang berasal dari plastik. Walau begitu terdapat juga lapisan kain pada doorteim untuk mengurangi kesan murah dari lapisan plastik. Dashboard plastik ini memanjang luas ke depan memberi windshield cukup besar. Tampilan dashboardnya didukung head unit 7 inch layar sentuh dengan sistem MyLink berlayar sentuh yang memiliki Apple CarPlay dan Android Auto. Termasuk dengan hadirnya Sentuhan Piano Black Accents dan Ice Blue Ambient Lighting. Sedangkan setirnya dilengkapi beberapa tombol pengaturan untuk mengatur volume dan menu pada instrument cluster. 

Terdapat juga fitur keselamatan seperti rem ABS, EBD, dan juga stability control pada Chevrolet Spark membuat pengemudi tetap percaya diri saat melaju kencang. Cruse control yang dihadirkan Chevrolet Spark juga membuat perjalanan jarak jauh tidak lekas pegal. Tersedia juga dual SRS airbag untuk pengemudi dan penumpang depan.

Mesin Dan Performa Chevrolet Spark

Hadir dengan mesin yang bisa dibilang naik kelas liter LV7 ECOTEC dengan VVT yang kapasitas mesinnya melonjak 200 cc jadi 1.4 liter, sehingga tenaga yang dihasilkan naik 15 hp, mesin All New Spark dengan mudah mengalahkan setiap pesaingnya. Daya maksimum Chevrolet Spark bisa mencapai 98 Ps pada putaran 6.200 rpm dan torsi nya 128 Nm pada putaran 4.400 rpm. Karakter mesin yang biasa ditawarkan mobil Amerika yaitu tenaga yang responsif, dan ini juga hadir pada Chevrolet Spark terbaru. Mesin kecil ini tentunya dapat menghasilkan daya yang cukup bahkan untuk melewati kemacetan Wheelbase yang lebih panjang 10 mm menjadikan Spark lebih nikmat dan stabil bermanuver. 

Sesuai dengan spesifikasinya, puncak pada Chevrolet Spark berada di putaran menengah. Hal itu membuat city car lebih menyenangkan untuk highway cruising dibanding menjelajah perkotaan yang macet. Walaupun begitu, Chevrolet Spark masih nyaman untuk digunakan pada kemacetan. Saat mobil sudah melaju, Spark dengan mudah membawa mobil pada kecepatan 100 km/jam meski gas tidak diinjak terlalu dalam. 

Terdapat juga penggunaan transmisi tanpa gigi alias CVT untuk memudahkan kalangan pemula yang baru saja bisa mengendarai mobil. CVT dengan aux gear memberikan efek seperti adanya perpindahan gigi seperti pada transmisi otomatis konvensional. Transmisi CVT milik Chevrolet Spark membuat tarikan di awal terasa smooth meski cenderung berat. Ketika berkendara santai dan putaran mesin mencapai 3.000 rpm, maka akan disimulasikan naik gigi dan membuat mesin menurunkan putarannya. Aux gear pada Chevrolet Spark ini membuat mesin jauh lebih agresif sekaligus meredam gejala menggerung dari sabuk baja ketika kickdown.

Putaran mesin akan jauh lebih cepat naik seperti terjadi downshift saat kita kickdown.
Dengan dimensi yang kecil, membuat Chevrolet Spark lebih mendekati LCGC atau Low Cost Green Car daripada sebuah City Car. Panjang Chevrolet Spark hanya mencapai 3.636 milimeter, lalu lebar 1.595milimeter dengan tinggi 1.476 milimeter

Tipe Mesin 1.4L DOHC, 4-cylinder, VVT
Diameter x Langkah 74mm x 81.3mm
Daya Maksimum 98Ps/6.200rpm
Torsi Maksimum 128Nm/4.400rpm
Sistem Transmisi Continously Variable Transmission (CVT)
Kapasitas Silinder 1.399cc
Sistem Bahan Bakar Multi Point Injection
Bahan Bakar Bensin
Sistem Kemudi Drive by Wire
Panjang Mobil 3.636mm
Lebar Mobil 1.595mm
Tinggi Mobil 1.476mm
Bobot Mobil 1.009kg
Panjang Poros Roda 2.385mm
Jarak Pijak Depan 730mm
Jarak Pijak Belakang 520mm
Kapasitas Tangki 32liter
Kapasitas Penumpang 5orang
Ground Clearance 159mm  

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya