• Home>
  • Review>
  • Daihatsu Ayla dan Honda Brio, Masih Laris Meskipun Bertambah Mahal
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Daihatsu Ayla dan Honda Brio, Masih Laris Meskipun Bertambah Mahal

Dilihat 2304
Arief Yuno
13 Feb 2021, 17:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

samping Daihatsu Ayla

Otoloka.id - Meski harganya tidak lagi semurah saat diluncurkan delapan tahun silam, mobil-mobil Low Cost Green Car (LCGC) masih tetap diminati. Tambahan sejumlah fitur hingga penyegaran tampilan menjadi kompensasi yang menarik seperti pada Daihatsu Ayla dan Honda Brio.

Saat diluncurkan tahun 2013 lalu, Daihatsu Ayla dijual dengan harga hanya Rp76.500.000 untuk varian terendah hingga Rp107.000.000 untuk varian bertransmisi otomatis. Kini harganya membengkak menjadi Rp103.300.000 sampai Rp142.700.000 untuk model bermesin 1,0 liter. Sementara model bermesin 1,2 liter dipasarkan dengan harga mulai Rp137.600.000 hingga Rp161.050.000.

eksterior honda brio

Honda Brio sebetulnya telah dipasarkan di Indonesia mulai tahun 2012 dengan mesin berkapasitas 1,3 liter. Demi memenuhi persyaratan sebagai LCGC, mesin tersebut digantikan dengan mesin baru berkapasitas 1,2 liter dan lahirlah Brio Satya sebagai varian termurah dengan harga Rp106.000.000 – Rp117.000.000.

Kini harga Brio (dan begitu juga dengan mobil-mobil Honda lainnya) semakin jauh meninggalkan rival-rivalnya. Brio Satya S M/T sebagai model termurah dihargai Rp149.000.000. Disusul Brio Satya E M/T (Rp158.000.000), Satya E CVT (Rp173.500.000), RS M/T (Rp188.500.000), dan RS CVT (Rp204.000.000).

Eksterior Daihatsu Ayla dan Honda Brio

Hingga kini Daihatsu Ayla masih belum pernah mendpatkan rombakan total. Perubahan yang diberikan masih sebatas penyegaran ringan di tahun 2017 dan tahun 2020 lalu. Facelift di tahun 2017 meliputi desain bumper dan grille lebih sporty, desain lampu depan dan belakang yang lebih berkarakter. 

Model bermesin 1,2 liter mendapat wajah baru yang diadopsi dari model konsep Daihatsu Ayla Turbo yang dipamerkan di pameran GIIAS 2018. Spion luarnya sudah model retractable dengan bentuk yang sama dengan spion Daihatsu Xenia dan Terios generasi terakhir.

Bagian yang kurang kami sukai adalah lampu belakang bening mirip lampu after market era 2005-an, tempelan stiker Deluxe di panel bodi samping depan, bagian bawah kap mesin yang dibiarkan dengan warna cat dasar, dan desain velg yang serupa dengan Sigra kurang memperkuat unsur sporty. Kami justru lebih suka dengan velg berwarna gelap yang digunakan Daihatsu Agya 1.0 X.

Berbeda dengan model bermesin 1,2 liter, model bermesin 1,0 liter terkesan kurang mendapatkan perhatian. Tampilannya bisa dikatakan masih sama dengan model facelift 2017.

back honda brio

Beralih ke Honda, Brio generasi kedua memiliki tampilan yang sangat jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Tampilannya mirip Mobilio versi hatchback. Desain sporty-nya lebih total mulai dari bagian depan ke belakang sementara Ayla merasa cukup dengan wajah Optimus Prime-nya.

Brio terbaru memiliki panjang 3.800 mm, lebar 1.680 mm, tinggi 1.485mm, dan wheelbase 2.405 mm. Sementara Ayla dengan panjang 3.660 mm, lebar 1.600 mm, tinggi 1.520 mm, wheelbase 2.455 mm.

Interior Daihatsu Ayla dan Honda Brio

Kabin Daihatsu Ayla masih cukup lega dan belum mendesak untuk dimekarkan. Pada Ayla 1.2, bagian tengah dashboard-nya seperti dipinjam dari Daihatsu Xenia dengan warna dasar hitam glossy, head unit dengan layar sentuh dan AC digital. Semetara pada Ayla 1.0 relatif tidak berubah dengan head unit analog dan AC dengan tombol putar.

interior Daihatsu Ayla

Sementara tampilan dashboard Honda Brio lebih driver oriented. Posisi duduk pengemudinya memang tidak setinggi Ayla namun setirnya kini dapat disetel naik-turun. Sandaran kepala di jok depan Brio kini dapat diatur ketinggiannya.

Ruang kaki penumpang di baris kedua sama-sama lega namun Brio lebih nyaman dengan sandaran jok yang tidak terlalu tegak dan telah dilengkapi sandaran kepala untuk penumpang di tengah.

dashboard honda brio

Bagasi Brio terbaru memang lebih luas dibandingkan generasi pertama tapi masih saja lantai bagasinya lebih rendah dari bumper sehingga agak merepotkan ketika menurunkan barang bawaan yang berat. Hal ini tidak terjadi dengan Ayla di mana ketinggian lantainya sama dengan bibir pintu bagasi.

Fitur Keselamatan Daihatsu Ayla dan Honda Brio

Daihatsu telah melengkapi seluruh varian Ayla 1.2L dengan sepasang kantung udara depan.Rem ABS dan EBD hanya ditawarkan pada model 1.2L R ke atas. Sementara pada varian 1.0L hanya dilengkapi dengan sabuk keselamatan saja tanpa tambahan fitur keselamatan canggih.

fitur Daihatsu Ayla

Tidak ada kesenjangan antar varian dalam fitur keselamatan Honda Brio.Mulai dari Satya Tipe S, Satya Tipe E, hingga RS telah dilengkapi dengan kantung udara depan, rem ABS dan EBD, serta konstruksi rangka G-CON + ACE untuk meredam energi benturan bila terjadi tabrakan dan Side Impact Beam untuk meredam benturan saat mengalami tabrakan dari samping.

interior honda brio

Mesin dan Performa Daihatsu Ayla dan Honda Brio

Daihatsu Ayla ditawarkan dengan dua pilihan mesin. Model entry level dilengkapi dengan mesin 3 silinder 998 cc 1KR-DE dengan tenaga maksimal 64 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 86 Nm pada 3.600 rpm.

speedometer Daihatsu Ayla

Sementara varian atas dilengkapi dengan mesin 4 silinder 1.197 cc 3NR-VE bertenaga 87 hp pada 6.000 rpm dan torsi 108 Nm pada 4.200 rpm. Baik model 1.0L dan 1.2L ditawarkan dengan transmisi manual 5 percepatan atau transmisi otomatis 4 percepatan.

Seluruh varian Honda Brio ditenagai dapur pacu yang sama yaitu seri L12B3. Mesin 4 silinder 1.199 cc i-VTEC yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 89 hp pada 6.000 rpm dan torsi mencapai 110 Nm pada 4.800 Nm. Sebagai penerus keluaran mesin ke roda depan, Honda menawarkan transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis CVT.

bagasi honda brio

Meski di atas kertas kemampuan mesin 3NR-VE tidak terpaut jauh dengan L12B3, performa sporty Brio jauh lebih dominan. Pada Ayla dengan transmisi otomatis konvensional perpindahannya lebih kasar dan lebih banyak energi yang terbuang dibandingkan Brio bertransmisi CVT yang memberikan akselerasi yang lebih halus dan putaran mesin stabil.

Setingan suspensi Ayla cenderung empuk untuk mengejar kenyamanan namun membuat body roll kendaraan lebih terasa pada kecepatan tinggi. Sementara suspensi Brio sedikit lebih keras untuk mengejar stabilitas. Ditambah lagi karakter kemudi khas Honda yang lebih “berisi” membuatnya lebih komunikatif saat diajak bermain-main.

Kesimpulan

Daihatsu Ayla varian 1.2L menawarkan tampilan lebih sporty dibandingkan generasi sebelumnya tapi tidak ada perubahan apapun dari setingan mesin maupun transmisinya. Model termahal, Daihatsu Ayla 1.2L R DLX bertransmisi otomatis, dilabeli harga Rp161 jutaan. Hanya sedikit lebih mahal dari Honda Brio Satya E bertransmisi manual. Cukup sesuai untuk keluarga muda yang ingin tampil keren tanpa mengorbankan kenyamanan penumpang dan tabungan keluarga tentunya.

Sementara Ayla 1.0L lebih sesuai sebagai kendaraan komuter yang lebih mengutamakan kelincahan, tarikan mesin responsif di putaran bawah, dan konsumsi bensin lebih irit. Fitur-fiturnya yang lebih minim turut mengurangi bobot kendaraan.

Honda Brio menawarkan pengalaman berkendara yang lebih menyenangkan dengan bonus tampilan menarik dan sebagai kendaraan keluarga yang masih nyaman untuk perjalanan antar kota sekalipun.Kalaupun harganya melebihi daya beli, Anda masih bisa memahami kenapa harganya lebih mahal dari Daihatsu Ayla.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya