OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Daihatsu Luxio Type X vs Suzuki APV Luxury, Low MPV yang Mulai Dilupakan
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Daihatsu Luxio Type X vs Suzuki APV Luxury, Low MPV yang Mulai Dilupakan

Dilihat 2136
Arief Yuno
14 Feb 2021, 19:53
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Daihatsu Luxio Otoloka

Otoloka.id - Kehadiran model-model Low MPV berkabin rendah seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, dan Honda Mobilio secara perlahan mulai menggusur model minibus.

Model-model tersebut menawarkan posisi duduk penumpang yang lebih nyaman mendekati sedan, stabilitas yang lebih baik, dan desain yang lebih beragam membuat minibus seperti Daihatsu Luxio dan Suzuki APV Luxury tidak lagi menjadi pilihan favorit.

Tidak hanya mulai dilupakan konsumen, kedua Low MPV mewah pada masanya ini juga tidak lagi mendapatkan perhatian spesial dari produsennya sendiri dengan minimnya penyegaran yang diberikan. Masih terus dipasarkan dan masih laku namun lebih minim promosi dan penjualannya tidak sedahsyat satu dekade lalu.

Suzuki APV Luxury

Suzuki kini lebih sibuk memasarkan Suzuki Ertiga dan crossover XL7. Sementara Daihatsu lebih fokus pada penjualan Daihatsu Xenia, SUV Terios, dan Daihatsu Sigra.

Harga kedua mininus ini sebetulnya masih lebih terjangkau dengan harga di bawah Rp250 juta. Daihatsu Luxio Type X sebagai varian tertinggi dijual dengan harga Rp224.100.000 untuk model bertransmisi manual dan Rp235.200.000 untuk yang bertransmisi otomatis.

Sedangkan Suzuki APV SGX Luxury R15 ditawarkan dengan harga Rp234.000.000 dan SGX Luxury R17 dilepas dengan harga Rp238.000.000.

Eksterior Daihatsu Luxio Type X vs Suzuki APV Luxury

Daihatsu Luxio memiliki panjang 4.215 mm, lebar 1.710 mm, tinggi 1.915, dan jarak sumbu roda 2.650 mm. Sedangkan Suzuki APV Luxury dengan panjang 4.300 mm, lebar 1.690, tinggi 1.855, dan wheelbase 2.625 mm.

luxio otoloka belakang

Astra Daihatsu Motor memberikan penyegaran terakhir pada Luxio di awal 2014. Luxio Type X sebagai varian teratas tampil dengan grille baru berlapis krom, desaim bumper lebih aerodinamis dengan sedikit aksen krom, lampu kabut, body moulding dengan lapisan krom, retractable mirror dengan cover krom yang dilengkapi lampu sein, dan lampu rem LED pada spoiler belakang.

Suzuki Indomobil Sales tidak mau kalah dengan memberikan penyegaran pada APV Luxury di akhir tahun yang sama. Luxury tampil dengan grille krom dengan dimensi lebih besar dari Luxio, spion luar dengan cover krom namun belum retractable, bumper depan baru dengan aksen krom dan lampu DRL di atas lampu kabut.

Suzuki APV Luxury depan

Sementara Luxio ditawarkan dalam lima pilihan warna, Luxury hanya ditawarkan dengan warna hitam metalik atau putih mutiara. Selain dapat memilih velg 15 inci dengan ban 195/65 R15 (ukuran yang sama dengan Luxio, Suzuki juga menawarkan velg 17 inci dengan ban berukuran 215/50 R17.

Interior Daihatsu Luxio Type X vs Suzuki APV Luxury

Sejak facelift tahun 2014, dashboard Luxio Type X hadir dengan kombinasi warna dark gray di bagian atas dan light gray di bagian bawah. Panel instrumennya masih tidak berubah sementara setirnya serupa dengan setir Xenia varian termurah.

dashboard luxio otoloka

Di bagian tengah dashboard terlihat lebih modern dengan penambahan head unit dengan layar sentuh. Sayangnya semburan AC-nya tidak dapat diarahkan ke kaki untuk mengurangi panas mesin yang sedikit bocor ke ruang kaki pengemudi.

kabin luxio otoloka

Seluruh jok pada Daihatsu Luxio Type X dibungkus material fabrik dengan motif seperti serat kayu. Jok penumpang tengah dan belakang sudah lebih tebal meskipun sandarannya tetap lurus tanpa lekukan. Jok tengah bagian kiri telah menggunakan tuas 1 Touch Tumble yang memudahkan saat melipatnya cukup dengan satu tarikan tuas.

dashboard Suzuki APV Luxury

Dashboard Suzuki APV Luxury relatif tidah berubah termasuk head unit-nya yang tidak dilengkapi touch screen. Setidaknya setingan arah semburan AC-nya lebih lengkap dibandingkan Luxio.Satu-satunya fitur tambahan yang menarik adalah monitor kamera mundur yang terintegrasi dengan kaca spion kabin.

Daya tarik kabin APV Luxury masih pada sepasang captain seat di baris kedua. Lekukan joknya juga lebih nyaman menopang badan dibandingkan Luxio. Seluruh joknya kini telah dibungkus material kulit Eco Leather.

kabin Suzuki APV Luxury

Untuk perjalanan jarak jauh, posisi pengemudi baik di Luxio maupun APV yang tinggi memberikan visibilatas ke depan yang baik. Sayangnya joknya tergolong tipis karena harus mengalah dengan gundukan penutup mesin yang tinggi. Hal ini turut mengurangi kenyamanan.

Lapisan peredam panas dan suara mesin APV Luxury untungnya sedikit lebih baik jika dibandingkan Luxio. Tonjolan rumah roda pada Luxio juga lebih mengganggu posisi telapak kaki saat menginjak pedal gas.

Dimensi kabin Luxio lebih mumpuni saat diperlukan untuk mengangkut barang berukuran besar. Kabinnya lebih lebar dan lebih tinggi dibandingkan APV Luxury, ditambah lagi dindingnya juga relatif rata.Sayangnya jok baris ketiga tidak dapat dilipat rata dengan lantai sehingga mengurangi kemampuan mengangkut barangnya

Performa Daihatsu Luxio Type X vs Suzuki APV Luxury

Daihatsu Luxio didukung mesin 4 silinder 1.495 cc untuk menggerakkan roda belakang. Mesin 3SZ-VE yang dipakai sama dengan mesin Daihatsu Xenia dengan tenaga mencapai 96 hp pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 134 Nm di 4.400 rpm.

mesin luxio otoloka

Daihatsu Luxio Type X ditawarkan dengan transmisi manula 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Perpaduan mesin dan transmisinya menghasilkan tarikan bawah yang kuat. Sangat sesuai untuk mengangkut beban berat dan menaklukkan tanjakan.

Suzuki APV Luxury digerakkan mesin 4 silinder 1.493 cc G15A. Mesin tangguh ini serupa dengan yang digunakan Suzuki Carry Futura. Keluaran mesinnya sedikit dibawah Luxio dengan tenaga maksimal 91 hp pada dan torsi maksimal 126 Nm pada 3.000 rpm.

mesin Suzuki APV Luxury

Sayangnya transmisi otomatis 4 percepatan tidak lagi ditawarkan dan hanya menyisakan transmisi manual 5 percepatan. Rasio gearnya tidak serendah APV generasi pertama yang lebih jago nanjak dan dapat start di jalan datar dengan gear kedua.

Rasio gear transmisi dan final gear yang lebih halus ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan kecepatan maksimalnya di jalan raya. Kini putaran mesinnya tidak setinggi model awal saat dipacu di jalan lurus.

Suzuki APV memiliki satu kelebihan yang membuat mesinnya tidak mudah mogok jika terpaksa melintasi banjir dibandingkan pesaingnya. Posisi air intake-nya cukup tinggi, 101 cm di atas permukaan jalan, sehingga air tidak mudah terhisap ke mesin meskipun ketinggian air sudah setinggi ban.

Tidak perlu khawatir jika Anda bepergian jarak jauh atau tinggal di pelosok daerah. Baik mesin Daihatsu dan Suzuki sama-sama mudah dirawat dan suku cadangnya tersedia di kota-kota kecil sekalipun. Jaringan bengkel resmi kedua merk ini juga tersebar merata di seluruh kota di Indonesia.

Radius putar keduanya tergolong kecil, APV sebesar 5,4 m dan Luxio sebesar 5,2 m, membuatnya lincah saat memutar balik di jalan yang tidak lebar.

Meski suspensinya sama-sama terasa keras jika kabin tidak terisi penuh, bantingan APV Luxury masih sedikit lebih nyaman. Sebagai informasi, suspensi belakang Suzuki APV yang semula menggunakan per daun telah diganti dengan per keong mengikuti jejak Daihatsu Luxio.

Fitur Keselamatan Daihatsu Luxio Type X vs Suzuki APV Luxury

Tidak banyak fitur keselamatan yang disematkan. Daihatsu Luxio sama sekali tidak dilengkapi dengan fitur keselamatan aktif seperti sistem rem ABS dan EBD apalagi kantung udara.

Suzuki APV Luxury sedikit lebih unggul dengan dilengkapi kantung udara depan sejak tahun 2017 meskipun tidak dilengkapi ABS dan EBD.

Kesimpulan

Apapun fitur mewah yang ditambahkan ke dalam kedua MPV ini tetap tidak memberikan peningkatan kualitas pengendaraan yang signifikan kecuali ada revisi pada kaki-kakinya.

Bantingan suspensinya masih terbawa karakter mobil kargo yang diperuntukkan untuk menggendong beban berat dan body roll yang mengganggu pada kecepatan tinggi.

Ruang kaki dan ruang kepala penumpang yang super lega dan kapasitas bagasinya masih menjadi daya tarik yang tidak dimiliki Low MPV sekelas Daihatsu Xenia dan Suzuki Ertiga.

Kabin Daihatsu Luxio yang lebar dan dengan atap yang tinggi masih dapat dioptimalkan untuk mengangkut barang-barang berdimensi besar dan panjang seperti sepeda atau bathtub mungkin jika saja jok baris ketiga dapat dilipat ke samping.

Sementara Suzuki APV Luxury semakin kurang mendapatkan perhatian dari PT Suzuki Indomobil Sales dengan minimnya pembaruan dan hilangnya opsi transmisi otomatis. Mungkin ini saatnya untuk membeli calon minibus retro yang bakal jadi buruan kolektor ketika produksinya nanti dihentikan.

 

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya