• Home>
  • Review>
  • Daya Pikat Suzuki Jimny Generasi Keempat, Bikin Banjir Peminat
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Daya Pikat Suzuki Jimny Generasi Keempat, Bikin Banjir Peminat

Dilihat 439
Alun Segoro
9 Nov 2020, 20:41
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Suzuki Jimny generasi keempat yang penuh daya pikat

Otoloka.id - Pabrikan mobil Suzuki tampaknya akhir-akhir ini gemar menghadirkan produk-produk lawas nan legendarisnya. Sebut saja mobil ikonis Suzuki Jimny. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sengaja meng-update nya, dan tak disangka, animo masyarakat tanah air terhadap varian tersebut lumayan tinggi.

Repotnya, PT SIS sebenarnya harus menyampaikan fakta, bahwa masyarakat yang ingin memiliki Suzuki Jimny harus inden. Tak tanggung-tanggung, inden untuk memiliki produk yang diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 bisa selama 4 sampai 10 tahun. Karena pasar Indonesia cuma mendapat jatah 40 - 50 unit sebulan. 

Kendati begitu, tetap saja pemesanan banyak masuk ke meja SIS. Alhasil SIS harus menghentikan pemesanan kendaraan SUV ini. Jadi dengan berat hati, masyarakat Indonesia yang minat dengan Suzuki Jimny, tak bisa memesannya lagi saat ini.

Harga Suzuki Jimny

Jimny yang didatangkan utuh dari Negeri Sakura untuk wilayah Indonesia dipasarkan dalam empat varian, Single Tone dan Two Tone yang masing-masing terdiri dari varian Manual dan Otomatis. Dimana harga on the road (OTR) per Oktober 2020 berkisar di angka Rp382,5 juta - Rp398 juta. 

Ditawarkan dalam pilihan warna, untuk tipe Single Tone transmisi manual/MT dibanderol harga Rp382,5 juta. Single Tone transmisi otomatis/AT mencapai Rp395 juta. Sementara Jimny varian Two Tone/MT dipatok harga Rp385,5 juta, dan Two Tone AT mencapai Rp398 juta.

Baca juga : Wuih, Legenda Balap Suzuki Yakin Alex Rins Bisa Berjuang Merebut Gelar Juara Dunia MotoGP

Suzuki indonesia menyediakan beberapa pilihan warna yang bisa dipilih calon konsumen Jimny. Yakni warna Superior White, Silky Silver Metallic, Medium Grey, Bluish Black Pearl 3, dan Jungle Green serta two tone yang terdiri dari Kinetic Yellow + Bluish Pearl 3, Brisk Blue Metallic + Bluish Black Pearl 3, dan Chiffon Ivory Metallic + Bluish Black pearl 3.

Adopsi Tiga Generasi Sebelumnya

Kemudian ada sedikit pertanyaan, sebenarnya apa yang paling menarik dari Suzuki Jimny generasi keempat ini? Melongok sisi desainnya, walaupun ada yang mengatakan pada eksterior Jimny, Suzuki mengambil konsep model retro serupa Mercedes Benz G-Class. Namun yang pasti mobil ini memanfaatkan lampu bulat gril tegak, seperti generasi sebelumnya. Dan bemper belakang yang mungil, dengan lampu yang menempel.

Jimny lawas berbaris pada sebuah ajang otomotif

Beberapa bagian eksterior Jimny mengadopsi paras dari tiga generasi pendahulunya, sebut saja diantaranya melihat dari bentuk fog lamp dan headlamp LED Projector terbaru. Kesan klasiknya begitu kental, mengikuti desain Jimny generasi pertama atau LJ80.

Tak hanya itu. Dua garis horizontal di samping kap mesin, mengambil semangat Jimny generasi kedua SJ410. Begitupula bentuk gril depan, yang kalau dipandang-pandang menyerupai Jimny generasi ketiga, yaitu JB77. Jadi desainnya dibuat seolah benar-benar ngangenin masa nostalgia.

Untuk urusan dimensi, Jimny terbaru memiliki panjang 3.265 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.720 mm. Jadi bisa dikatakan, selain kompak, dimensi tersebut diklaim Suzuki mampu mengajak Jimny untuk mengarungi beragam medan. 

Belum lagi dengan sokongan ground clearance 210 mm, serta radius putar 4,890. Setingan tersebut membuat pengendara Jimny generasi keempat mudah dalam mengendalikannya ketika sedang bermanuver.

Bagian interior Suzuki Jimny yang mengusung konsep kekinian

Soal interior, Suzuki Jimny dibuat berdasarkan tujuan kepraktisan dan fungsionalitas. Panel instrumen minimalis dengan bahan antigores. Sementara tombol dan sakelar dirancang untuk dioperasikan dalam kondisi off road, dan penggunaan sarung tangan. Instrumen di dalam interiornya besar dan jelas, memiliki sinar secara permanen sehingga mempermudah penglihatan. Untuk sistem entertainment layar sentuh 7 inci, dipasang pada Jimny versi tertinggi.

Kabin Suzuki Jimny memiliki kapasitas 377 liter ruang bagasi. Sementara tailgate persegi yang dipasang di samping, memudahkan penggunanya ketika membawa barang berukuran besar. Tersedia pula model yang menampilkan kursi belakang dan lantai bagasi berlapis plastik, agar tak mudah kotor oleh sepatu berlumpur maupun cipratan air, ketika dibawa ke lintasan off road.

Fitur Pendukung Off Road

Layaknya mobil SUV, sektor kaki-kaki pada Jimny juga berperan dalam menopang kelincahan gerak sang idola ini. Kaki-kaki Jimny sudah menggunakan sistem suspensi 3 (tiga) link rigid axle, dipersenjatai coil spring serta disangga struktur ladder frame. Sedangkan bagian karet bundarnya menggunakan velg 15 inci berbalur warna dark metallic grey.

"Dengan All Grip Pro dan aplikasi ladder frame yang lebih tahan terhadap tekanan, membuat Suzuki Jimny sesuai untuk pengaplikasian di medan off road. Mampu menaklukkan rintangan, dan menanjak bukit tanpa pengendaranya kuatir bumper atau bagian bawah mobil terkikis," kata Donny Saputra, Direktur Pemasaran 4W PT SIS dalam sebuah kesempatan. 

Baca juga : Rumor Suzuki Wagon R 7 Seater Akan Meluncur Juni 2019

Oh iya, Jimny untuk pasar Indonesia memang langsung diperkuat sistem penggerak 4-wheel drive. Apalagi adanya pilihan sistem penggerak lain, seperti 2H, 4H, dan 4L, yang penyetingannya dapat disesuaikan oleh pengendara profesional.

Bicara jelajah medan mendaki, dan menghindari risiko kendaraan merosot ke bawah, dengan cara menjalankan fungsi rem otomatis penahan mobil selama dua detik, fitur yang ditawarkan pada Jimny mulai dari Hill Hold Control (HHC), dan Hill Descent Control (HDC). 

Plus tambahan perangkat anti-lock braking system (ABS), untuk mempersembahkan pengereman lebih optimal. Selain itu terdapat pula ESP, pedestrian injury mitigation body, dukungan rem sensor ganda, lane depature warning, dan weaving function alert.

Ruang mesin Suzuki Jimny generasi keempat mampu menggelontorkan tenaga sebesar 102 ps atau 100,6 tk pada 6.000 rpm

Mobil Jimny generasi ke-4 memiliki mesin berkode K15B dengan kubikasi 1.500 cc. Mesin tersebut diklaim mampu menggelontorkan tenaga sebesar 102 ps atau 100,6 tk pada 6.000 rpm. Sedangkan untuk torsi yang dihasilkan, sebesar 130 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Topspeed 144 Kilometer per Jam

Sedikit data yang diperoleh perihal akselerasinya, Suzuki Jimny bisa mencapai kecepatan tertinggi 90 mil per jam atau 144 kilometer per jam pada versi gearbox manual lima kecepatan. Adapun Suzuki Jimny dengan transmisi otomatis empat kecepatan hanya mencapai 87mph atau 140 kilometer per jam.

Dengan performa tadi, mesin tersebut mampu melahap bahan bakar 17,6 kilometer per liter pada transmisi manual, dan 15,9 kilometer per liter pada transmisi otomatis. Selain efisien, Suzuki Jimny berdasar pengujian Prosedur Uji Kendaraan Ringan Seluruh Dunia (WLTP) tercatat menghasilkan 178g/km CO2 pada manual, dan lebih tinggi pada otomatis, yaitu 198g/km.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya