• Home>
  • Review>
  • Deretan Mobil Buatan Korea Selatan yang Nggak Kalah sama Mobil Jepang
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Deretan Mobil Buatan Korea Selatan yang Nggak Kalah sama Mobil Jepang

Dilihat 2954
Amanda
9 Nov 2021, 16:25
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Bukan hanya mobil-mobil pabrikan Jepang, mobil buatan Korea Selatan juga ternyata cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Pabrikan mobil asal Korea Selatan yang namanya cukup besar di Indonesia adalah Hyundai dan Kia.

Mobil-mobil Hyundai di Indonesia dipasarkan oleh PT Hyundai Motors Indonesia. Mobil-mobil pabrikan Hyundai memang memiliki ciri khas bodi yang terlihat kokoh dan hadir dengan build quality yang baik.

Sementara itu, mobil-mobil Kia yang ada di Indonesia dipasarkan oleh PT Kreta Indo Artha sebagai agen pemegang mereknya. PT Kreta Indo Artha sendiri merupakan anak perusahaan Indomobil Group yang menggantikan KIA Mobil Indonesia.

Berikut ini adalah deretan mobil buatan Korea Selatan yang dipasarkan di Indonesia. Nah, bagi yang berminat untuk membeli mobil buatan Korea Selatan, langsung intip saja mana mobil yang jadi favorit.

Kia Rio

Kia Rio merupakan model hatchback pabrikan Kia yang pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2017 lalu. Mobil ini diperkenalkan melalui ajang Indonesia International Motor Show.

Kia Rio hadir dengan mesin 4 silinder Kappa D-CVVT dengan kapasitas 1,4 liter. Mesinnya ini hadir dalam pilihan transmisi manual 6 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Kemudian untuk tenaganya, mesin Kia Rio ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 88 HP pada putaran mesin 6.000 rpm. Torsinya sendiri bisa mencapai 133 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Di Indonesia, Kia Rio hanya ditawarkan dalam dua varian. Kedua variannya ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp277,45 jutaan hingga Rp292,7 jutaan.

Kia Picanto

Selanjutnya dalam deretan mobil buatan Korea Selatan ada Kia Picanto. Generasi pertama city car ini pertama kali diperkenalkan dalam ajang Frankfurt Motor Show yang digelar tahun 2003.

Baca juga: Apa Perbedaan Mobil MPV dan SUV? Yuk, Ketahui Sebelum Beli

Soal mesinnya, Kia Picanto mengandalkan mesin Kappa MPI 4 silinder dengan kapasitas 1,2 liter. Mesinnya ini dipadukan dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Mesin yang digendong Kia Picanto bisa menghasilkan tenaga sebesar 85 HP pada putaran mesin 6.000 rpm. Raihan torsinya bisa mencapai 119 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Di Indonesia, saat ini hanya tersedia dua varian Kia Picanto, yakni Picanto GT MT dan AT. Keduanya dibanderol dengan kisaran harga mulai dari Rp221,8 jutaan hingga Rp236,77 jutaan.

Kia Seltos

Kia Seltos merupakan salah satu mobil buatan Korea Selatan yang cukup populer di Indonesia. Mobil SUV yang satu ini pertama kali debut di India pada bulan Agustus 2019 lalu.

Baca juga: Apa Iya Biaya Perawatan Mobil Transmisi Otomatis Lebih Mahal?

Mobil ini mengandalkan mesin 4 silinder Kappa khas Kia berkode G4LD dengan kapasitas mesin 1.4 liter serta teknologi T-GDI dan Dual CVVT. Mesin mobil berbodi bongsor ini menggunakan sistem transmisi otomatis 7 percepatan DCT pada semua variannya.

Soal tenaganya, mesin mobil Kia Seltos ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 138 HP pada putaran 6.000 rpm. Sementara itu, torsinya bisa mencapai 242 Nm pada putaran 1.500-3.200 rpm.

Kia Seltos dipasarkan dalam tiga varian berbeda di Indonesia. Ketiga variannya ini dibanderol dengan kisaran harga Rp300 jutaan hingga Rp360 jutaan.

Kia Sonet

Kia Sonet merupakan mobil yang pertama kali diperkenalkan di India pada bulan Agustus 2020 lalu. Mobil ini diproduksi di negara tersebut, kemudian barulah dikirim untuk dipasarkan di Tanah Air.

Di Indonesia sendiri, Kia Sonet hanya tersedia dalam satu varian mesin, yakni mesin 4 silinder Smartstream Gamma II DOHC dengan teknologi Dual CVVT dan Dual Fuel Injector. Mesin berkapasitas 1,5 liter ini hadir dengan pilihan transmisi manual 6 percepatan dan transmisi Intelligent VT khas Kia.

Pada varian terendahnya, mesin yang digendong Kia Sonet ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 113 HP pada putaran mesin 6.300. Sedangkan torsinya bisa mencapai 144 Nm pada putaran 4.500 rpm.

Ada 11 varian Kia Sonet yang dipasarkan di Indonesia. Mobil ini dibanderol dengan kisaran harga Rp193 jutaan hingga Rp296 jutaan.

Kia Grand Sedona

Satu lagi mobil Kia yang ada dalam deretan mobil buatan Korea Selatan ini adalah Kia Grand Sedona. Mobil yang mengisi segmen MPV premium di Indonesia ini hadir dua varian yang dibanderol dengan harga Rp656,7 jutaan hingga Rp692,4 jutaan.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel, Kenali Biar Paham

Bicara soal mesinnya, Kia Grand Sedona ini sudah dibekali dengan dua tipe mesin, yaitu mesin bensin dan diesel. Mesin bensinnya hadir dengan transmisi otomatis 6 percepatan, sementara mesin dieselnya hadir dengan transmisi otomatis 8 percepatan.

Mesin bensin Kia Grand Sedona merupakan mesin Lambda II 4 silinder berkapasitas 3,3 liter dengan teknologi MPI. Sedangkan mesin bensinnya merupakan mesin R Diesel 4 silinder dengan kapasitas 2,2 liter.

Di atas kertas, mesin bensin Kia Grand Sedona bisa menghasilkan tenaga 268 HP pada putaran 6.400 rpm dan torsi 317 Nm pada putaran 5.200 rpm. Sementara itu, mesin dieselnya bisa menghasilkan tenaga 118 HP pada putaran 3.800 rpm dan torsi 441 Nm pada putaran 1.750 hingga 2.750 rpm.

Hyundai Palisade

Sekarang kita masuk ke mobil-mobil dari Hyundai, dan yang pertama adalah Hyundai Palisade, merupakan mobil buatan Korea Selatan yang mengisi segmen SUV premium di Indonesia.

Baca juga: 10 Mobil Keluarga Termurah di Indonesia, Mau Beli yang Mana?

Mobil SUV yang satu ini mengandalkan mesin R CRDi 4 silinder segaris dengan kapasitas 2,2 liter. Transmisinya sendiri menggunakan transmisi otomatis Shift by Wire 8 percepatan.

Untuk tenaganya, mesin Hyundai Palisade diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 118 HP pada putaran 3.800 rpm. Sedangkan torsinya bisa mencapai 440 Nm pada putaran 1.750 hingga 2.750 rpm.

Di Indonesia, mobil ini ditawarkan dalam 3 varian berbeda. Ketiga varian Hyundai Palisade ini dibanderol dengan harga Rp788 jutaan hingga Rp1,099 miliaran.

Hyundai Santa Fe

Satu lagi mobil SUV buatan pabrikan mobil SUV kenamaan asal Korea Selatan, yakni Hyundai Santa Fe. Mobil SUV yang satu ini dipasarkan dalam 6 varian berbeda dan dibanderol dengan harga yang lebih murah dari Hyundai Palisade, yaitu mulai dari Rp569 jutaan hingga Rp729 jutaan.

Soal mesinnya, Hyundai Santa Fe ini mengandalkan mesin bensin MPI D-CCVT dengan kapasitas 2,4 liter serta mesin diesel CRDi-VGT Turbo dengan kapasitas mesin 2,2 liter. Mesin bensinnya dikawinkan dengan transmisi DCT 6 percepatan, sementara mesin dieselnya menggunakan transmisi DCT 8 percepatan.

Pada varian terendahnya, mesin bensin Hyundai Santa Fe bisa menghasilkan tenaga sebesar 178 HP pada putaran 6.000 rpm dan torsi 232 Nm pada putaran 4.000 rpm. Sedangkan mesin dieselnya sendiri bisa menghasilkan tenaga sebesar 200 HP pada putaran 3.800 rpm dan torsi 440 Nm pada putaran 1.750 hingga 2.750 rpm.

Hyundai Staria

Mobil terakhir buatan Korea Selatan yang akan kita bahas adalah Hyundai Staria. Mobil yang masih hangat di Indonesia ini pertama kali diluncurkan secara virtual pada Agustus 2021.

Baca juga: 10 Mobil Sedan Terbaik di Indonesia, Pilih Mana?

Mobil MPV premium dengan desain futuristik ini dibekali dengan mesin diesel R CRDi 4 silinder berkapasitas 2,2 liter. Mesin ini dipadukan dengan transmisi otomatis Shift by Wire 8 percepatan.

Di atas kertas, mesin dieselnya ini bisa menghasilkan tenaga 175 HP pada putaran mesin 3.800 rpm. Sedangkan torsinya sendiri bisa mencapai 431 Nm pada putaran 1.500 hingga 2.500 rpm.

Di Indonesia, Hyundai Staria hadir dalam 2 varian, yakni Signature 7 dan Signature 9. Kedua variannya ini dibanderol dengan harga yang cukup fantastis, masing-masing Rp1,02 miliar dan Rp888 juta.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya