• Home>
  • Review>
  • Deretan Mobil Keluarga Paling Irit, Value Utama yang Paling Dicari
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Deretan Mobil Keluarga Paling Irit, Value Utama yang Paling Dicari

Dilihat 17582
Amanda
10 Nov 2021, 13:53
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 17

Otoloka.id - Mobil keluarga yang banyak dicari masyarakat Indonesia bukan hanya harus andal, tetapi juga irit. Masyarakat Indonesia memang kebanyakan masih lebih memilih mobil keluarga yang ramah di kantong.

Mobil yang dijadikan mobil keluarga di Indonesia biasanya merupakan model mobil MPV. Hal ini tidak mengherankan, karena mobil MPV memiliki ukuran kabin yang besar dan bagasi yang luas, sehingga lebih fungsional untuk keperluan keluarga di Indonesia.

Tetapi selain itu, mobil keluarga di Indonesia juga harus irit. Bukan hanya dijual dengan harga yang terjangkau, tetapi juga memiliki konsumsi bahan bakar yang efisien.

Di Indonesia sendiri ada beberapa model mobil yang paling cocok untuk dijadikan sebagai mobil keluarga karena keiritannya. Nah, daripada penasaran, langsung saja kita simak informasi tentang mobil keluarga paling irit berikut ini

Suzuki Ertiga

Mobil pertama yang mengisi daftar mobil keluarga paling irit ini adalah Suzuki Ertiga. MPV pabrikan Jepang ini pertama kali diperkenalkan dalam ajang Indonesia International Motor Show yang digelar tahun 2010.

Dua tahun setelah diperkenalkan, barulah Ertiga mulai diproduksi di Indonesia. Seiring berjalannya waktu, mobil ini terus mendapatkan facelift, dan generasi terbarunya hadir dengan desain dan mesin yang baru.

Bicara soal mesinnya, Suzuki Ertiga menggendong mesin 4 silinder DOHC berkode K15B dengan teknologi VVT. Mesin berkapasitas 1,5 liter ini dhadir dalam pilihan transmisi manual dan otomatis.

Di atas kertas, mesin yang dimiliki Suzuki Ertiga ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 102 HP pada putaran 6.000 rpm. Sementara torsinya bisa mencapai 138 Nm pada putaran 4.400 rpm.

Soal konsumsi bahan bakar, generasi terbaru Ertiga memang dikenal sangat irit. Varian transmisi otomatisnya bisa menghasilkan tingkat konsumsi 16,73 km/liter, sedangkan varian manualnya bisa mencapai 18,09 km/liter.

Di Indonesia, ada 7 varian Suzuki Ertiga yang dipasarkan. Mobil ini dibanderol dengan kisaran harga Rp 201,9 juta hingga Rp255,15 juta.

Baca juga: Apa Istimewanya Mitsubishi Xpander Rockford Fosgate Black Edition? Ini Ulasannya!

Toyota Calya

Selanjutnya dalam daftar mobil keluarga paling irit ada Toyota Calya. Mobil MPV pabrikan Toyota ini pertama kali diluncurkan secara resmi pada tahun 2016 lalu.

Sejak diluncurkannya, mobil ini sudah mendapatkan beberapa facelift, dan generasi teranyarnya diluncurkan bersamaan dengan Daihatsu Sigra. Berkat harganya yang terjangkau dan konsumsi BBM-nya yang irit, mobil ini pun digolongkan sebagai LCGC (Low Cost Green Car)

Toyota Calya menggunakan mesin 4 silinder segaris 3NR 16 katup DOHC dengan teknologi dual VVT-i. Mesinnya ini berkapasitas 1,2 liter dan dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan serta transmisi otomatis 4 percepatan.

Konfigurasi mesinnya ini bisa menghasilkan keluaran tenaga sebesar 86 HP pada putaran 6.000 rpm. Raihan torsinya sendiri berada di angka 107 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Untuk penggunaan pada rute dalam kota, Toyota Calya manual dan matic ternyata memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang sama. Keduanya mencatatkan tingkat konsumsi bahan bakar sebesar 13,9 km/liter.

Sementara itu, untuk penggunaan di luar kota, Toyota Calya manual hanya memiliki tingkat konsumsi 17,4 km/liter. Sedangkan varian manualnya bisa mencapai angka 19,2 km/liter.

Sebagai mobil LCGC, tentu Toyota Calya ini dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Keempat varian Toyota Calya ini dipasarkan dengan kisaran harga Rp146,19 juta hingga Rp167,49 juta.

Toyota Sienta

Toyota Sienta pertama kali dihadirkan di Indonesia dalam ajang Indonesia International Motor Show yang digelar pada bulan April tahun 2016 lalu. MPV yang masuk ke dalam daftar mobil keluarga paling irit kali ini memiliki ciri khas bodi dengan desain boxy.

Meskipun secara sekilas bodinya terlihat kompak, tetapi seperti MPV lainnya, mobil ini juga memiliki ruang kabin yang leluasa. Sienta diketahui memiliki dimensi panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.695 mm, serta wheelbase 2.750 mm.

Baca juga: Mengenal Teknologi VVT-i yang Bikin Mobil Irit BBM

MPV pabrikan Toyota yang satu ini mengandalkan mesin 4 silinder 2NR-FE 16 katup DOHC dengan teknologi Dual VVT-i sebagai jantung mekanisnya. Berkubikasi 1,5 liter, mesin ini dipadukan dengan transmisi manual 6 percepatan dan transmisi CVT 7 percepatan dengan Sport Sequential Shiftmatic.

Keluaran tenaganya sendiri bisa mencapai 105 HP pada putaran mesin 6.000 rpm. Sementara torsinya bisa mencapai 140 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Soal konsumsi BBM, ternyata Sienta memiliki tingkat konsumsi yang cukup irit. Mobil ini memiliki tingkat konsumsi mencapai 14,5 km/liter untuk rute dalam kita dan 17,5 km untuk rute luar kota.

Toyota Sienta menawarkan 4 varian berbeda untuk konsumen Tanah Air. Mobil ini dipasarkan dengan harga Rp274,9 juta hingga Rp356,3 juta.

Toyota Kijang Innova

Siapa yang tidak kenal dengan Toyota Kijang Innova? Mobil yang sudah lama berkiprah di Indonesia ini rasanya memang layak untuk dimasukkan ke dalam daftar mobil keluarga paling irit.

Toyota Kijang Innova generasi terbaru hadir dengan desain yang lebih mewah dan fitur-fitur yang lebih canggih. Meskipun kini harganya sudah berada di atas Rp300 jutaan, tetapi mobil ini masih banyak dipilih untuk menjadi mobil keluarga.

Baca juga: Apa Iya Biaya Perawatan Mobil Transmisi Otomatis Lebih Mahal?

Toyota Kijang Innova memiliki pilihan mesin diesel dan mesin bensin. Mesin dieselnya memiliki kubikasi 2,4 liter sementara mesin bensinnya memiliki kubikasi 2,0 liter.

Kali ini, kita akan membahas mesin bensinnya saja, dimana mesin ini digunakan untuk varian terendahnya, yakni tipe G. Kijang Innova Tipe G mengandalkan mesin 4 silinder 1TR-FE 16 katup DOHC dengan teknologi Dual VVT-i yang dikawinkan dengan transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 6 percepatan dengan Sport Sequential Switchmatic.

Mesin bensinnya ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 137 HP pada putaran 5.600 rpm. Sedangkan torsi puncaknya berada pada angka 183 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Bicara konsumsi BBM-nya, Kijang Innova diesel diketahui memiliki tingkat konsumsi yang lebih irit dibanding varian bensinnya. Kijang Innova bensin memiliki tingkat konsumsi 11,6 km/liter sementara varian diesel memiliki tingkat konsumsi 12,5 km/liter.

Saat ini, ada 12 varian Toyota Kijang Innova yang dipasarkan di Tanah Air. Mobil ini dibanderol dengan kisaran harga Rp326,4 juta hingga Rp417,2 juta.

Nissan Livina

Terakhir di daftar mobil keluarga paling irit ada Nissan Livina. Salah satu MPV andalan Nissan ini pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2007 lalu.

Nissan Livina generasi terbaru ini menggunakan platform yang sama dengan Mitsubishi Xpander. Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.510 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.695 mm, serta wheelbase 2.775 mm.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel, Kenali Biar Paham

Mobil yang satu ini mengandalkan mesin 4 silinder segaris 16 katup DOHC dengan teknologi twin VTC (Variable-valve Timing Control). Mesinnya ini kemudian dikawinkan dengan transmisi otomatis 4 percepatan dan manual 5 percepatan.

Bicara soal tenaganya, ternyata mesin Nissan Livina ini bisa menghasilkan tenaga yang cukup baik. Mesinnya ini bisa mengalirkan tenaga sebesar 102 HP pada putaran 6.000 rpm dan 141 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Kemudian untuk konsumsi bahan bakarnya, Nissan Livina bisa menempuh jarak 11,5 km dengan satu liter bensin untuk rute perkotaan. Sementara untuk penggunaan di luar kota, tingkat konsumsinya mencapai 16 km/liter.

Melihat angka konsumsi BBM-nya tersebut, tidak heran jika Nissan Livina disebut sebagai salah satu mobil keluarga paling irit. Saat ini Nissan Livina ditawarkan dalam 3 varian berbeda yang dibanderol dengan harga Rp224,3 juta hingga Rp263,1 juta.

  • Suka 17
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
    Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya