• Home>
  • Review>
  • DFSK Gelora E, Mobil Listrik Asal Tiongkok Untuk Menunjang Bisnis
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

DFSK Gelora E, Mobil Listrik Asal Tiongkok Untuk Menunjang Bisnis

Dilihat 3681
Tri Gusti
27 Jan 2021, 18:30
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Era mobil listrik sudah masuk ke Indonesia sejak tahun 2020 lalu. Salah satunya adalah DFSK Gelora Electric yang diluncurkan pada ajang GIICOMVEC 2020.

PT Sokonindo Automobile memamerkan minibus DFSK Gelora dan Gelora E ketika itu. Kedua minibus ini adalah jagoan baru dari DFSK yang diklaim ramah lingkungan.

"Tekad Pemerintah untuk mempromosikan kendaraan elektrifikasi telah disampaikan secara tegas. Kami yakin ada prospek yang kuat akan perkembangan kendaraan listrik di Indonesia," ujar Alexander Barus selaku CEO PT. Sokonindo Automobile (DFSK) pada saat peluncuran.

Secara dimensi, kedua Gelora sekilas terlihat seperti Daihatsu Gran Max dengan desain berbumbu Ford Transit. Lazimnya kendaraan komersial, desainnya lebih mengutamakan fungsi dengan kabin didominasi material plastik. Kali ini Otoloka akan membahas Gelora E. Apa istimewanya?

Eksterior Gelora E

Seperti sudah dikatakan tadi diatas, Gelora E mirip perpaduan Daihatsu Gran Max dan Ford Transit. Dimensinya sedikit lebih panjang dibandingkan Gran Max, tapi tidak sepanjang Hyundai H1 juga. 

Kedua sisinya sudah mengaplikasikan pintu model sliding door yang memudahkan penumpang naik turun, sementara pintu belakang sudah model swing ke atas.

Seluruh kaca cukup lebar sehingga pandangan baik pengemudi maupun penumpang cukup luas dan tak terganggu. Pada pintu tengah kaca bisa dibuka dengan menggesernya. 

Mesin Gelora E

Sesuai dengan imbuhan E di belakang namanya, MPV yang di RRC dipasarkan dengan nama DFSK EC35 ini menggunakan motor listrik sebagai penggeraknya. Untuk performa, DFSK Gelora E tidak main-main. 

Minibus ini dibekali baterai lithium-ion berkapasitas 42 kWh yang diklaim cukup untuk menempuh jarak hingga 300 kilometer.

Tentu saja besar kecilnya konsumsi listrik juga dipengaruhi oleh gaya mengemudi, beban yang diangkut, dan kondisi jalan. Anggap saja daya jelajahnya hanya separuh dari yang diklaim, itu sudah lebih dari cukup untuk wara-wiri seharian di perkotaan.

Baca juga: Adu Fitur City Car Favorit, Honda Brio dan Mitsubishi Mirage

Untuk memutar roda belakang, MPV ini digerakkan satu unit motor listrik. Tenaganya hanya sekitar 80 dk namun momen puntirnya mencapai 200 Nm. Bandingkan dengan performa mesin bensin 1,5 liter milik Gelora konvensional dengan tenaga 107 dk dan torsi puncak hanya 148 Mm.

Torsi besar khas motor listrik ini sudah terasa sejak pedal gas baru mulai diinjak. Sangat pas untuk kendaraan pengangkut beban yang lebih membutuhkan torsi besar di putaran rendah.

Untuk menghidupkan Gelora E, injak pedal rem dulu sambil memutar kunci kontak ke posisi start. Di spidometer akan tertera tulisan Ready yang artinya mesin listrik sudah siap jalan. 

Pada saat mencoba di area showroom, pada saat pedal gas diinjak Gelora E terasa seperti hendak 'melompat' karena besarnya torsi. 

Oh ya, pengoperasiannya terbilang mudah, untuk transmisi cukup putar ke R atau D seperti model transmisi mobil mewah asal Inggris.

Interior Gelora E

Satu lagi, di kabin Gelora E sudah terpasang headunit monitor yang dilengkapi dengan rear view camera sehingga memudahkan jika hendak mundur. Namun di kabin Gelora bensin justru headunit ini tidak ada dan digantikan dengan headunit biasa.

Soal daya tampung penumpang, ada 2 tipe yaitu 7 seater dan 11 seater. Sedangkan untuk blind van kosong dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Mengenai posisi mesin dan baterai yang ada di bawah jok, sudah sesuai dengan peraturan standar safety IP67, pengetesannya juga dalam posisi terendam air sampai kedalaman 1 meter dan mesin listriknya masih berfungsi aman.

Teknis Gelora E

DFSK Gelora E diklaim lebih hemat energi hingga 48 persen dibandingkan varian bermesin bensin. Konsumsi listriknya hanya sebesar 0,145 kWh/km atau setara Rp 239,- per kilometer. 

Itu artinya untuk menempuh jarak 100 km, hanya menghabiskan daya baterai sebesar 14,5 kWh dengan biaya Rp 23.900,- saja. Sementara model bermesin bensin 1,5 liternya menghabiskan energi sebesar Rp 463,- per kilometer.

Baca juga: Toyota Rush dan Daihatsu Terios Memang Serupa Tapi Tak Sama

Kelebihan lainnya, mobil listrik juga tidak perlu ganti oli maupun penggantian komponen fast moving seperti busi, timing belt, filter oli, filter udara seperti pada mesin pembakaran internal. Dengan lebih sedikit komponen bergerak yang digunakan turut memotong biaya perawatan berkala.

Untuk pengisian baterai, DFSK menyediakan dua mode pengisian baterai. Mode pengisian cepat yang ada di sisi kanan bawah diklaim mampu mengisi baterai dari keadaan kosong hingga terisi 80 persen hanya dalam 80 menit dengan charger khusus. 

Mode kedua adalah pengisian normal cukup dengan listrik di rumah dengan spesifikasi 220V 16A. Untuk jarak tempuh bisa mencapai 300 km dalam kondisi lalin normal klaim dari DFSK.

Sistem kelistrikan Gelora E juga telah dibekali dengan perlindungan isolasi, perlindungan tegangan tinggi, tahan debu dan air (standar IP67) sehingga tak perlu khawatir tersengat listrik atau terjadi korsleting setelah melintasi genangan air.

Harga Gelora E

Harga Gelora E ini nyaris tiga kali lipat dari varian bermesin bensin yang ditawarkan dengan harga Rp 185 juta – 189 juta (Mini Bus) dan Rp 175 juta – 179 juta. DFSK Gelora E yang diimpor utuh dari China ini diperkirakan akan dijual dengan harga Rp 489 juta – 499 juta untuk model Mini Bus dan Rp 469 juta – 479 juta untuk model Blind Van.
Seandainya Gelora E ini bisa dibandrol dibawah Rp 300 jutaan tentu akan lebih menarik. Sebagai info, di negeri asalnya DFSK EC35 dijual dengan harga sekitar 73.000 yuan atau setara Rp 152 jutaan saja.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • DFSK Gelora
    DFSK Gelora
    DFSK Gelora
    Angsuran mulai dari:Rp 3,06 Jt/Bln
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya