• Home>
  • Review>
  • Fitur Keamanan Toyota Avanza, Standar Tapi Penting
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Fitur Keamanan Toyota Avanza, Standar Tapi Penting

Dilihat 3022
Amanda
4 Okt 2021, 11:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Sebagai salah satu MPV terpopuler di Indonesia, fitur keamanan Toyota Avanza memang patut diacungi jempol. 

Kendati dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, Toyota memang tidak pelit menyematkan fitur keamanan pada Avanza.

toyota avanza putih

Memang, dewasa ini para produsen mobil berlomba-lomba untuk menyematkan fitur keamanan yang semakin mutakhir dan lengkap pada mobil pabrikan mereka. Hal ini pun berlaku pada Toyota.

Berbagai peningkatan dilakukan oleh Toyota untuk model Avanza ini. Mulai fitur keselamatan aktif, fitur keselamatan pasif, hingga fitur keamanannya pun diperhatikan betul demi menjamin keamanan berkendara para konsumennya.

Lalu, fitur keamanan dan keselamatan apa sajakah yang telah disematkan pada Toyota Avanza? 

Daripada penasaran, langsung saja kita simak informasinya berikut ini.

Baca Juga: Disebut Irit, Berapa Konsumsi BBM Toyota Avanza 2021?

Tentang Toyota Avanza

Siapa yang tidak kenal dengan Toyota Avanza? Mobil sejuta umat yang sudah berkiprah di pasar otomotif Indonesia sejak tahun 2003 ini memang merupakan salah satu model mobil yang paling banyak kita temukan di jalanan.

toyota avanza

Pasar Indonesia membutuhkan mobil yang bisa mengangkut banyak penumpang dan andal digunakan sebagai kendaraan harian. Tidak heran jika Toyota Avanza kemudian sangat laris di Indonesia.

Selain karena banderol harga yang terjangkau, Avanza juga banyak diminati keluarga di Indonesia karena konsumsi BBM-nya yang cukup irit. Selain itu, tentu saja fitur yang dimilikinya cukup lengkap, membuat mobil ini memiliki value for money yang baik.

Fitur Keamanan Toyota Avanza

Bicara soal fitur keamanan dan keselamatan, Toyota memang diklaim sangat memperhatikan aspek tersebut pada Avanza. 

Pada tahun 2013, Toyota Avanza berhasil mendapatkan rating bintang 4 dari ASEAN NCAP, tetapi nyatanya pencapaian yang cukup besar ini tidak lantas membuat pabrikan mobil asal Jepang ini berpuas diri.

Hingga saat ini, Toyota masih terus mengembangkan teknologi untuk memberikan fitur keamanan dan keselamatan yang lebih bagi Toyota Avanza. 

Misalnya saja, pada Avanza teranyar sudah dibekali dengan struktur bodi Global Outstanding Assessment (GOA).

Teknologi struktur sasis bodi mobil ini akan meredam kerusakan pada bagian kabin mobil dengan meneruskan efek benturannya ke seluruh bagian mobil. 

Hal ini memungkinkan dampak benturan untuk diminimalisir.

Tidak hanya benturan dari bagian depan maupun belakang, Toyota juga sudah mengantisipasi benturan dari bagian samping Avanza dengan menyematkan fitur Side Impact Beam. 

Potongan plat besi dengan kekuatan yang telah disesuaikan sedemikian rupa kemudian ditempatkan pada sisi kiri dan kanan mobil demi menahan benturan.

Tetapi selain dari fitur keamanan yang ada pada bodinya, Toyota Avanza juga masih memiliki banyak fitur keamanan lainnya.

Baca jugaKonsumsi BBM Toyota Avanza 2021

Konfigurasi Keamanan Aktif

Mari kita mulai dengan membahas fitur keamanan aktif dari Toyota Avanza. 

Sebagai fitur standarnya, Toyota Avanza sudah dilengkapi dengan pengereman Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD) yang aktif bekerja tanpa menunggu kondisi darurat. 

Sistem pengereman ini dipadukan dengan penggunaan Disk Brake sebagai rem depan dan Drum/Tromol sebagai rem belakangnya.

toyota avanza fitur

Bagi yang masih awam, ABS ini berfungsi untuk membuat seluruh roda mobil tidak terkunci ketika pengemudi mengerem terlalu dalam saat berada dalam keadaan panik atau kondisi darurat. 

Rem yang mengunci akan membuat ban tidak bisa dikontrol dan digerakkan, sehingga akan sulit bagi pengemudi untuk menghindari objek yang ada di depan. 

Dengan adanya fitur ini, ban mobil masih bisa mencengkram aspal dan tidak kehilangan traksi sehingga masih bisa dikendalikan.

Sementara itu, EBD sesuai dengan namanya berfungsi untuk mengatur distribusi tekanan rem di setiap ban sesuai dengan kebutuhannya. 

Fitur ini bekerja dengan melihat beban yang dimiliki oleh masing-masing roda, karena dalam beberapa kondisi, setiap roda memiliki kebutuhan pengereman yang berbeda-beda.

Jika dikombinasikan dengan fitur ABS, EBD ini bisa menghasilkan sinergi yang membuat pengemudi lebih mudah mengendalikan laju kendaraan, sehingga dapat meminimalisir potensi kecelakaan.

Bukan hanya keamanan saat berkendara, Toyota Avanza juga sudah memiliki fitur yang menjamin keamanan saat pengemudi melakukan parkir, yakni Parking Sensor. 

Fitur yang terletak pada bumper depan dan belakang ini akan membantu pengemudi mengatur posisi mobil saat parkir dengan memberikan sinyal jika ada objek yang terdeteksi terlalu dekat dengan mobil.

Baca jugaPebandingan Toyota Avanza dan Toyota Rush

Konfigurasi Keamanan Pasif

Sebagai fitur keamanan pasifnya, Toyota Avanza hadir standar dengan Dual SRS Airbag untuk penumpang kabin depan. Kedua kantung udara ini tertanam di dalam dasbor sebelah kiri dan pada setir.

Yang menarik, pada Avanza terbaru sudah disematkan fitur keamanan yang disebut dengan Collapse Steering Column. 

Fitur ini berfungsi untuk meningkatkan keamanan bagi para pengemudi dengan membuat tulang kemudi patah saat terjadi benturan yang keras, sehingga bisa meminimalisir cedera pada pengemudi, terutama pada bagian kepala dan leher.

airbag toyota avanza

Setiap kursi pada mobil Avanza sudah dilengkapi dengan 3-point seat belt. 

Mobil MPV ini juga memiliki Seat Belt Warning yang bisa memberi peringatan apabila terdeteksi ada penumpang di barisan pertama dan kedua yang tidak menggunakan sabuk pengaman.

Seringkali digunakan sebagai mobil keluarga, Toyota tidak luput menyematkan fitur keamanan bagi penumpang anak-anak. Sebut saja fitur pengaturan kursi ISOFIX pada barisan kedua, serta Child Safety Lock untuk pintu belakang. 

Tidak hanya itu, seluruh jendela mobil juga sudah memiliki fitur Power Window Jam Protection.

Konfigurasi Keamanan Lainnya

Selain fitur keamanan aktif dan pasif, Toyota Avanza juga dilengkapi dengan beberapa fitur keamanan standar lainnya. Salah satunya adalah fitur Anti Theft Alarm dan Engine Immobilizer.

Perlu diketahui bahwa fitur Engine Immobilizer pada Toyota Avanza sudah terintegrasi dengan Electronic Control Unit (ECU). 

Hal ini membuat mobil tidak dapat dinyalakan menggunakan kunci lain selain kunci aslinya, dan penggunaan kunci lain akan membuat sistem menyalakan alarm.

Baca Juga: Perbedaan Toyota Avanza dan Veloz, Serupa Tapi Tak Sama

Kesimpulan

Secara keseluruhan, fitur keamanan yang disematkan Toyota pada mobil Avanza memang sudah cukup baik. Fitur-fitur keamanan yang penting sudah disematkan pada mobil ini.

Kendati demikian, kita memang tidak akan menemukan fitur keamanan yang terlalu canggih atau mewah pada Toyota Avanza. 

Hal ini pun wajar saja, mengingat banderol harga Toyota Avanza yang sangat terjangkau dibandingkan dengan mobil lain sekelasnya, sehingga fitur yang bisa dihadirkan pada mobil ini pun terbatas.

Baca juga : 

Keuntungan dan Kelebihan Mobil dengan Penggerak Belakang

Modifikasi Toyota Avanza Antimainstream

5 Mobil MPV Paling Irit

Kelebihan Toyota Avanza

Perbandingan Honda Mobilo dan Toyota Avanza

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya