• Home>
  • Review>
  • Fortuner vs Innova, Antara Medium SUV dan MPV Kompak Toyota
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Fortuner vs Innova, Antara Medium SUV dan MPV Kompak Toyota

Dilihat 4831
Arief Yuno
2 Feb 2021, 13:42
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 4

Toyota FortunerOtoloka.id – Segmen medium Sport Utility Vehicle (SUV) masih menjadi incaran para penyuka mobil. Karena model-model di segmen ini lumayan menggemaskan untuk bisa dimiliki. Selain berkesan tangguh, bisa dikendarai di berbagai medan, baik onroad maupun offroad. Disamping itu, mobil di segmen SUV juga kaya fitur unggulan, dan cocok pula sebagai kendaraan keluarga.

Salah satu model di segmen ini adalah Toyota Fortuner, atau yang dikenal juga oleh sebagian orang dengan nama Toyota SW4. Fortuner menjadi salah satu unggulan, serta ujung tombak Toyota dalam menghadapi rival-rivalnya di segmen yang sama.

Toyota mengklaim Fortuner merupakan medium SUV terbaik bagi keluarga, dengan mengedepankan rasa berkendara yang sporty. Toyota Fortuner pertama kali diperkenalkan pada tahun 8 Juli 2005. Kemudian Toyota Fortuner mulai bermain, dan bertarung ke dalam serunya persaingan segmen medium SUV.

innova

Sejarah Toyota Fortuner

Untuk tahap-tahap permulaan, Toyota Fortuner di Indonesia didatangkan dari Negara Gajah Putih, Thailand, dalam bentuk unit CBU. Hadir dengan dua varian, yakni 2.7G trim standar atau ciri khasnya memiliki jok fabric, dan luxury menggunakan jok kulit, serta audio premium. Adapun satu lagi adalah varian 2.7V, yang memboyong penggerak 4x4, dan sayangnya hanya didatangkan lewat pilihan trim luxury.

Dua tahun berselang, tepatnya tahun 2007, varian 2.5G dihadirkan, mengusung sistem penggerak 4x4, dan mesin diesel 2.500 cc. Dan dalam rangka memenuhi pasar roda empat di tanah air, Fortuner pun sudah diputuskan untuk dirakit di Indonesia oleh PT Toyota Astra Motor (TAM).

Mobil ini relatif memiliki postur tubuh yang gambot, sehingga bobot Fortuner cukup berat, dengan kabin yang lumayan lapang untuk berperan menjadi SUV Segmen D. Kemudian memasuki tahun 2014, Toyota Fortuner meluncur dalam tiga pilihan varian, yakni tipe G, V dan TRD Sportivo.

Seiring waktu berjalan, setelah terhitung lebih dari satu dekade, PT TAM lantas kembali merilis Fortuner generasi kedua. Tepatnya bulan Februari 2016, Fortuner generasi kedua tampil melalui tiga varian. Yaitu tipe G Diesel, yang hadir dengan pilihan transmisi manual dan otomatis, dan sistem penggerak 4x2 serta 4x4.

Lalu pilihan varian VRZ Diesel, dengan sentuhan transmisi otomatis, serta sistem penggerak 4x2 dan 4x4. Satu lagi varian SRZ, menggunakan mesin bensin serta sistem penggerak 2WD.
Selanjutnya, varian VRZ dan SRZ secara eksklusif dan istimewa mendapatkan opsional untuk penyematan bodykit TRD Sportivo. Kedua dibuat kian sangar, oleh adanya sejumlah ubahan. Dan keduanya telah diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

Sejarah Toyota Kijang Innova

Lain Toyota Fortuner, lain pula Toyota Kijang Innova. Perlu diketahui, Toyota Kijang Innova adalah bagian dari legenda Kijang, singkatan dari Kerjasama Indonesia Jepang, yang meluncur sejak tahun 1976.

Beberapa waktu ini Kijang Innova diproduksi oleh Toyota di Indonesia dan India. Bisa dibilang Kijang Innova berjalan sendirian di Multi Purpose Vehicle (MPV) segmen D.
Toyota Kijang Innova merupakan kategori mobil titisan legendaris. Pasalnya, mobil Innova yang berkapasitas penumpang 7 (tujuh) orang ini begitu familiar di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Karena kebanyakan dari konsumen ini beranggapan, Toyota Innova didukung performa mesin dan kabin yang nyaman.

Secara spesifik, Kijang Innova hadir di Indonesia sejak tahun 2004. Dengan kata lain, selama kurang lebih 16 tahun kehadirannya di tanah air, sepak terjang Innova telah membuat namanya cukup melekat di hati sanubari konsumen pengguna merek Jepang.

Sedikit menoleh ke belakang, sebelumnya Toyota Innova bisa dikatakan membenamkan mesin diesel kuno, yaitu mesin bertipe 2KD-FTV. Walaupun terbilang irit bahan bakar, namun konsekuensi dari penggunaan mesin tersebut, kendaraan terdengar berisik dan penuh getaran.

Apalagi kala itu pamor Innova bermesin diesel masih bisa dibilang kalah, dibanding salah satu kompetitornya, Isuzu Panther.

Lambat laun, perlahan tapi pasti, konsumen di Indonesia mulai legowo menerima kehadiran Toyota Kijang Innova bermesin diesel tersebut. Caranya, dengan mendiskontinyukan mesin 2KD-FTV, lalu Toyota mengalihkan pada mesin 2GD-FTV. Tepatnya, ketika PT TAM memperkenalkan secara resmi Innova Reborn.

Dimensi Fortuner vs Innova

Medium SUV Toyota Fortuner memiliki dimensi (P x L x T) adalah 4.795 mm x 1.855 mm x 1.835 mm, dan jarak sumbu roda mencapai 2.745 mm. Serta memiliki sejumlah varian antara lain Fortuner 4x2 2.4 G M/T dan A/T DSL, Fortuner 4x2 2.4 VRZ A/T DSL, 4x2 2.4 VRZ A/T DSL TRD. Lalu Toyota Fortuner 4x2 2.7 SRZ A/T BSN, dan 4x2 2.7 SRZ A/T BSN TRD. Kemudian Toyota Fortuner 4x4 2.4 G A/T DSL, dan 4x4 2.4 VRZ A/T DSL.

Sementara itu, Toyota Kijang Innova mempunyai dimensi (P x L x T) yakni 4.735 mm x 1.830 mm x 1.795 mm. Dengan varian G M/T dan A/T Bensin, G M/T dan A/T Diesel. Lalu V M/T dan A/T Bensin, Innova V M/T Diesel, serta Q M/T dan A/T Bensin. Bila melihat dimensinya, maka antara Toyota Fortuner dan Kijang Innova, masih lebih unggul Toyota Fortuner.

Eksterior Fortuner vs Innova

Toyota Kijang Innova mempunyai rangka body-on-frame yang sama dengan pick up Toyota Hilux, bahkan sama dengan Toyota Fortuner. Innova nama pengganti Toyota Kijang di Indonesia. Adapun di negara lain yakni Unser di Malaysia, Zace di Vietnam dan Qualis di India. Popularitas Innova memang mendunia, dimana juga dipasarkan di Jamaika, Brunei Darussalam, Timur Tengah, Thailand, hingga Argentina.

Melihat desain lampu belakang Fortuner lumayan keren, lantaran menyisipkan teknologi LED. Pada lini depan tersemat teknologi Bi-Beam LED. Teknologi ini menghasilkan pencahayaan yang terlihat lebih terang.

Bagian grille dan garnish pada lampu LED dibuat menjadi lebih besar. Pembaruan desain juga tampak pada bumper depan, kisi-kisi grille, lampu kabut LED, dan penambahan ornamen chrome pada lampu kabut, grille dan bumper. Sentuhan baru tersebut disajikan pada semua tipe Toyota Fortuner, keculai Fortuner TRD Sportivo yang disematkan garnish chrome berwarna gelap.

Untuk Toyota Fortuner tipe TRD Sportivo terbaru diperkuat velg 18 inci. Cover kaca spion diberi warna sama dengan bodi. Khusus TRD Sportivo gunakan kelir hitam. Warna hitam juga digunakan pada step, serta step cover TRD Sportivo dan G. Kalau tipe lain aplikasikan warna perak.

Pada bagian belakang, TAM sematkan kombinasi lampu belakang LED baru. Memberi tampilan siluet di malam hari, dan pintu belakang garnish warna chrome. Toyota TRD Sportivo punya tambahan spoiler di bumper, dan pintu belakang garnish kelir black chrome.

Apabila bicara fitur, maka Power Back Door dan Kick Sensor, yang bisa membuka pintu bagasi otomatis, sebelumnya hanya ada di varian TRD Sportivo. Tetapi kini sudah tersedia pula pada Toyota Fortuner tipe VRZ dan SRZ.

Interior Toyota Kijang Innova bila ditilik secara detail, kini mendapat sejumlah sentuhan baru. Mulai dari desain grille baru, penguatan dari sisi warna abu-abu beserta list chrome, velg two tone 16 inci dan lampu sein. Khusus Toyota Kijang Innova varian V, ada penambahan eksterior berupa bumper depan baru dengan lampu kabut LED iluminasi yang baru.

Kemudian adanya lampu belakang kombinasi dengan list hitam, New Day-time Running Light, New Rear License Garnish, dan ornamen lampu belakang terbaru warna hitam. Sementara pada Kijang Innova varian G, ubahan berupa bumper depan terbaru, dengan lampu kabut Halogen.

Pada sisi lain, Kijang Innova New Venturer sajikan tampilan sentuhan premium, lewat ubahan lampu kabut LED iluminasi, New Sleek Rear Spoiler, grille depan Distinctive dengan New Bumper Spoiler Package. Lalu New Day-time Running Light, New Backdoor Ornament Shape dan New Rear License Garnish. Lebih jauh lagi dijelaskan, varian Kijang Innova ini bisa tampil begitu dominan di jalan, berkat adanya velg 17 inci Dynamic terbaru, memperkuat dari sektor dinamisnya.

Interior Fortuner vs Innova

Masuk ke sisi kabin, kesan mewah pada Toyota Fortuner makin kental berkat penyematan material kulit jok warna hitam. Kecuali tipe G, yang menggunakan material fabric warna abu-abu gelap. Tujuh kursi juga dirancang begitu nyaman.

Tersedia Head Unit layar sentuh 9 inci terintegrasi ke sistem navigasi GPS. Lengkap dengan koneksi voice command, Miracast dan SDL, serta Surround Monitor. Khusus Fortuner tipe SRZ, VRZ, dan TRD Sportivo ditambahi fitur koneksi smartphone dan NFC. Multi Information Display (MID) dengan dukungan layar YFY 4.2 inci.

Bagian interior juga memiliki fitur Smart Stop Button, dan Smart Cruise Control pada Fortuner VRZ, TRD, dan SRZ. Semua Fortuner terbaru juga sudah dilengkapi Telescopic Steering dan Steering Wheel ditambah tilt.

Tuas persneling otomatis Fortuner dilengkapi teknologi Sport Sequential Switchmatic. Membuat pengemudi kian nyaman mengajak Fortuner berkendara ke mana saja, khususnya pada Fortuner Matic.

Meter cluster telah dilengkapi fitur baru seperti Power Back Door Switch Status Display, Tire Turning Angle Display, Sport/Eco Mode Display, New TFT Opening Animation, dan Clearance Sonar Detection Status Display. Kabin mendapat wireless charger untuk kemudahan isi ulang baterai smartphone tanpa kabel.

Fitur lain di kabin Fortuner VRZ, SRZ, dan TRD Sportivo, yaitu Electro Chromic Mirror dan Rear Seat Entertainment with Illumination. Kemudian fitur keselamatan terlengkap di kelasnya, mulai dari Hill Start Assist (HSA), Variable Fluid Control (VFC), pada VRZ, dan G. Trailer Sway Control (TSC), Emergency Brake Signal (EBS), Traction Control (TRC) dan Vehicle Stability Control (VSC).
Semua fitur tersebut, tersedia dalam semua varian Fortuner. Kecuali tipe penggerak 4×4, yang mendapat tambahan 7 Airbags dan Limited Slip Differential.

Selami bagian interior dari Toyota Kijang Innova teranyar tipe G dan V kini hadir membawa jok dengan pilihan warna Noble Brown. Sehingga membawa kesan premium. Pada tipe Venturer terbaru, dibekali jok kelir hitam diimbuhi jahitan merah, serta panel kayu Darker Color. Membuatnya tampil eksklusif dan elegan.

Innova dan Venturer terbaru juga telah diperkuat sistem hiburan mumpuni. Kijang Innova tipe G miliki Head Unit 8 inci dengan fitur USB, Mirroring, Bluetooth dan Radio. Varian V gunakan Head Unit ukuran 9 inci, adopsi teknologi Miracast dan koneksi telepon pintar. Khusus Innova Venturer, memboyong Head Unit 9 inci yang dilengkapi fitur NFC.

Mengenai fitur keamanan, semua varian Kijang Innova dan Venturer anyar mendapat fitur Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), dan Convenient Rear Camera. Khusus tipe Venturer terdapat tambahan fitur Knee, Side, Dual, dan kantong udara Curtain Shield.

Mesin Fortuner vs Innova

Toyota Fortuner membopong mesin bensin 2TR-FE 2.7L Inline dengan 4-silinder berteknologi Dual VVT-i. Kapasitas Silinder 2.694 cc, tenaga maksimal 160 HP, dan torsi maksimal 242 Nm. Selain itu tersedia pula pilihan Fortuner dengan mesin diesel 2GD-FTV 2.4L Inline Common Rail Turbo VNT. Kapasitas silinder 2.393 cc, tenaga maksimal 149 HP, dan torsi maksimal 400 Nm. Beberapa waktu kemudian, model ini memiliki pilihan transmisi otomatis, dengan 4-percepatan. Plus diperkuat body kit TRD Sportivo.

Adapun belakangan ini, Toyota Kijang Innova mengemas mesin diesel 2GD-FTV 2.4L 4-silinder DOHC dengan VNT Intercooler. Kapasitas silinder 2.393 cc, tenaga maksimal 147 dk @ 3.400 rpm dan torsi maksimal 360 Nm @ 1.200 rpm – 2.600 rpm. Serta ada pula mesin 1TR-FE 2.0L yang menggunakan tenaga bensin. Kapasitas silinder 1.998 cc, tenaga maksimal 137 dk @ 5.600 rpm, serta torsi maksimal 190 Nm @ 4.000 rpm.

Kesimpulan

Ragam penyegaran diperoleh oleh Toyota All New Fortuner. Sebut saja penyegaran diantaranya mulai dari sisi desain eksterior dan interior, hingga tambahan beragam fitur terbaru, untuk menjadikan Toyota Fortuner menyesuaikan diri dengan perkembangan selera pasar otomotif belakangan ini.

Jadi pantas saja jika harga, Toyota Fortuner tipe 4x2 2.4 G M/T DSL dibanderol harga Rp 492.950.000, kemudian tipe 4x2 2.4 G A/T DSL Rp 510.950.000.

- tipe 4x2 2.4 VRZ A/T DSL Rp 541.550.000
- varian 4x2 2.4 VRZ A/T DSL TRD Rp 554.850.000
- 4x2 2.7 SRZ A/T BSN Rp 566.950.000,
- 4x2 2.7 SRZ A/T BSN TRD Rp 580.250.00
- tipe 4x4 2.4 G A/T DSL harga Rp 613.450.000
- 4x4 2.4 VRZ A/T DSL Rp 685.050.000

Kemudian, ketika Toyota Avanza dikatakan sebagai mobil ‘Sejuta Umat’ persembahan Toyota, maka Toyota Kijang Innova selalu mencoba menawarkan kesuksesan, dalam kenyamanan selama digunakan berkendara oleh penggunanya.

- Toyota Kijang Innova G M/T Bensin Rp 323.550.000,
- tipe G A/T Bensin Rp 343.750.000,
- Innova G M/T Diesel Rp 353.450.000,
- varian G A/T Diesel Rp 374.950.000 dan
- tipe V M/T Bensin Rp 372.550.000.
- Kijang Innova varian V M/T Diesel Rp 406.250.000,
- tipe V A/T Bensin Rp 392.350.000,
- Q A/T Bensin Rp 425.700.000,
- Q M/T Bensin Rp 405.400.000. 

  • Suka 4
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya