• Home>
  • Review>
  • Honda Beat dan Suzuki Nex Bersaing di Segmen Laris
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Honda Beat dan Suzuki Nex Bersaing di Segmen Laris

Dilihat 194
Guntur Hanggara
26 Jul 2020, 19:50
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Generasi terbaru Honda Beat dan Suzuki Nex secara resmi diluncurkan pada awal 2020. Ia menerima perubahan yang cukup signifikan. Mulai dari mesin, desain, rangka hingga penambahan fitur pendukung kepraktisan. Dengan bentuknya yang sekarang, rasanya pas jika dibandingkan dengan Suzuki Nex II.

Keduanya termasuk dalam kategori skuter termurah dari masing-masing pabrikan. Untuk All New Honda Beat ditawarkan dalam tiga varian, tipe CBS terjual 16,4 juta, CBS-ISS Rp17,7 juta, dan Deluxe Rp17,7 juta dengan status on the road Jakarta.

Sedangkan untuk Suzuki Nex II, juga tersedia dalam tiga varian. Yakni, Suzuki Nex II Fancy Dynamic dan Elegant Premium Nex II. Semua itu dibanderol mulai Rp 16,1 juta OTR Jakarta. Setiap pabrikan sebenarnya memiliki tambahan varian gaya petualangan lainnya, Beat with Street dan ada Cross Cross II.

Bicara soal desain, Otoloka menilai masing-masing menggunakan model sporty. Sama menampilkan tubuh yang sangat ketat dengan garis tegas. Meskipun berbeda dari pendahulunya, Honda Beat masih mempertahankan identitas yang ramping dan dinamis. Sementara Nex II menawarkan konsep tampil sporty dan agresif. Itu diwujudkan dengan bentuk grafik yang tajam dan tubuh yang kompak dan ramping.


Dimensi Honda Beat dan Suzuki Nex

Desainnya lebih rendah dari Nex II, tepatnya 1.877 x 669 x 1.074 mm (PxLxT). Jarak ground dari 147 mm dan jarak kursi dari ground 740mm. Sementara pesaingnya memiliki panjang 1.890 mm, lebar 675 mm, dan tinggi 1.045 mm. Meski sedikit berbeda, keduanya sangat cocok untuk orang Indonesia yang memiliki tubuh kecil.

Pembangunan All New Beat benar-benar baru, karena penggunaan kerangka kerja kerangka Enhanced Smart Architecture Frame (eSAF). Berkat penggunaan bingkai, beratnya dipotong 3 kg dibandingkan dengan versi sebelumnya. Untuk ukuran skuter entry-level, penyusutan beban cukup berpengaruh, menghasilkan kelincahan dalam berkendara dan meningkatkan tingkat kenyamanan.

Sementara Nex II masih mengandalkan kerangka pipa besi. Bobotnya lebih berat dari kompetitornya, yaitu 93 kg. Tapi dia punya lantai dek yang lebih luas.

Pada panel instrumen, Beat menggunakan kombinasi meter bahan bakar analog dan digital. Di bagian atas ada sinyal belok, lampu jarak jauh, dan periksa mesin. Plus, ada indikator Eco yang dapat menyala saat berkendara hemat bahan bakar.

Sementara Nex II masih menggunakan tipe analog pada speedometer, odometer, dan meter bahan bakar. Selain itu, tepat di bagian bawah ada beberapa lampu indikator, yaitu lampu sein, lampu jarak jauh, dan mesin periksa.


Fitur Honda Beat dan Suzuki Nex

Meskipun termasuk skuter termurah dari Honda, ia sudah dilengkapi dengan fitur-fitur canggih. Tentu saja, itu dapat mendukung keselamatan dan kenyamanan bagi pengemudi. Pengereman menggunakan Combi Brake System (CBS).

Untuk varian tertinggi, ditawarkan dengan fitur berupa Idling Stop System (ISS) yang siap mematikan mesin saat motor berhenti. Kemudian kunci rem parkir adalah perangkat standar di semua varian Beat. Ada juga saklar sisi berdiri. Semua varian telah menggunakan teknologi headlamp LED dan memasangkan pengisi daya USB lengkap dengan penutupnya, serta kapasitas bagasi selebar 12 liter.

Sementara fitur-fitur Nex II cukup fungsional. Lampu depan LED dan stoplamp teknologi, pengisi daya USB, dan kemudian memiliki papan lantai atau sandaran kaki yang lebih luas. Ini bisa memberi rasa nyaman saat berkendara. Ini juga memiliki ruang penyimpanan, hanya 3,6 liter. Cukup dengan menaruh koper kecil, semacam kacamata dan sarung tangan.

Skutik Suzuki memiliki teknologi Sistem Mulai Mudah, untuk menghidupkan mesin lebih mudah. Sementara para pesaingnya memiliki keuntungan menggunakan ACG Starter dalam kombinasi dengan ISS. Selain membuatnya lebih tenang saat starter, ia juga mampu menghemat bahan bakar. Bahkan tentang sistem kuncinya, All New Beat menambahkan tombol pembuka kursi. Sementara Nex masih bertahan dengan keamanan magnetik.


Mesin Honda Beat dan Suzuki Nex

Mengenai mesin, All New Beat menggunakan tipe SOHC terbaru dengan AC. Tenaga itu dinaikkan menjadi 8,89 hp pada 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm pada 5.500 rpm. Data, memang ada peningkatan torsi dan tenaga tapi dia harus mengenali kinerja Nex II. Karena total Nex, Nex adalah 113 cc. Tercatat dapat menyemburkan tenaga 9,2 hp pada 8.000 rpm dan torsi 8,5 Nm pada 6.000 rpm.

Harga yang ditawarkan Honda memang jauh lebih mahal, tetapi sebanding dengan fitur yang didapat. Sementara Suzuki memiliki harga yang lebih terjangkau dengan penampilan motor yang sporty.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya