OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Honda BR-V dan Toyota Rush, Mana Lebih Oke?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Honda BR-V dan Toyota Rush, Mana Lebih Oke?

Dilihat 2181
Arief Yuno
15 Feb 2021, 20:55
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

toyota rush

Otoloka.id - Toyota Rush generasi baru kembali menggairahkan segmen low Sport Utility Vehicle (SUV). Setelah sebelumnya konsumen Indonesia dengan berat hati harus menunggu selama lebih dari satu dekade.

Faktanya, generasi terbaru Toyota Rush juga datang memboyong mesin baru, yang secara spesifikasi telah dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i. Spesifikasi mesin tersebut sama dengan yang telah dipakai oleh Toyota Avanza 1.5. Dan seperti biasanya, PT Toyota Astra Motor (TAM) mengklaim salah satu produk line up nya ini lebih irit bahan bakar.

honda brv

Ketika mencoba membandingkan antara Toyota Rush dengan Honda BR-V, awal-awal perbandingan dengan mencoba melirik performa mesinnya. Ternyata BR-V memakai mesin berkapasitas sama dengan Rush, yakni 1.5 liter.

Tetapi, PT Honda Prospect Motor (HPM) mengklaim performa mesin BR-V jauh melebihi Rush. Benarkah demikian? Oke, nanti kita coba cek faktanya. Pertama-tama, sebelum sampai ke ranah performa mesin, lihat dahulu perbandingan Toyota Rush dan Honda BR-V dari sisi lainnya.

Varian Honda BR-V dan Toyota Rush

Awali dengan membandingkan Rush dan BR-V dari pilihan varian. Honda BR-V memiliki empat varian, yakni tipe S 6 M/T, lalu tipe BR-V E M/T, Honda BR-V tipe E CVT dan BR-V varian Prestige. Masing - masing varian ini jelas memiliki perbedaan harga.

Begitu pula dengan Toyota Rush, memiliki empat varian pula, yaitu Rush tipe G M/T, lalu Toyota Rush tipe G A/T, Rush tipe S M/T TRD dan Rush tipe S A/T TRD. Adanya kesamaan empat varian antara rush dan BR-V sedikit banyaknya mempermudah peminat untuk melakukan komparasi satu sama lain.

Dimensi Honda BR-V dan Toyota Rush

Perlu diketahui, secara dimensi Honda BR-V memiliki (P x L x T) yaitu 4.453-4.456 mm x 1.735 mm x 1.666 mm, dengan jarak sumbu roda 2.662 mm. Jarak permukaan ke tanah dari Honda BR-V mencapai tinggi 201 mm.

Sementara dimensi Toyota Rush mempunyai (P x L x T) yakni 4.435 mm x 1.695 mm x 1.705 mm. Memiliki jarak sumbu roda 2.685 mm, dan ground clearance Rush mencapai 220 mm. Kelihatan dari sini kalau ground clearance Toyota Rush lebih tinggi dari Honda BR-V. Walaupun BR-V sedikit lebih panjang dan juga sedikit lebih lebar dibanding Rush.

rush samping

Eksterior Honda BR-V dan Toyota Rush

Toyota Rush yang oleh PT TAM disediakan dalam pilihan warna perak (Silver Mica Metallic), hitam (Black Mica), perunggu (Bronze Mica Metallic), maroon (Bordeaux Mica), merah (Red Mica Metallic), dan putih ini untuk versi paling anyarnya tampak minim aksen chrome.

eksterior rush

Mengapa demikian? Alasannya adalah agar Rush terkesan tampil jauh lebih sporty. Adapun bila konsumen sebagai salah satu penyuka berat stiker TRD Sportivo, jelas tak keliru lagi, varian tertinggi Rush sebagai pilihannya.

Bukan hanya stiker, karena diimbuhi pula ornamen TRD lain, supaya jiwa sporty yang melekat pada tubuh varian tertinggi Rush ini dapat lebih terekspos. Selain itu, desain velg Toyota Rush juga dibuat sedikit lebih dinamis, dimana mencoba untuk mengedepankan gaya miring, dan mengusung konsep two tone.

Tubuh All New Toyota Rush memang dibuat sedikit bertambah panjang, yakni sekitar 230 mm dari generasi sebelumnya. Penambahan panjang body tersebut, walaupun tak banyak, tapi cukup terasa signifikan. Alhasil, pada varian Rush yang sekarang ini tak ada lagi ban serep gelayutan di pintu belakang. Dimensi panjang yang ada tersebut, pada akhirnya dikonversi menjadi ruang kabin di dalamnya.

Menariknya lagi, seperti dikemukakan sebelumnya, kendati Rush sudah memiliki panjang 4.435 mm, tetap saja panjang Rush masih kalah dari panjang BR-V yang 4.453 mm sampai 4.456 mm. Padahal, jarak sumbu roda mobil yang didevelop dari platform Honda Brio tersebut memiliki justru lebih pendek dibanding Rush. Perbandingannya 2.662 mm berbanding 2.685 mm. Kemudian, omongin roda, Rush TRD Sportivo telah dibekali velg ukuran 17 inci. Berbeda dari velg yang disematkan pada BR-V, yang memiliki ukuran 16 inci.

eksterior rush

Secara general, Honda BR-V dikategorikan sebagai model mobil segmen Sport Utility Vehicle (SUV), namun tetap saja memakai arsitektur bangun Multi Purpose Vehicle (MPV), dalam hal ini Honda Mobilio. Sehingga kalau dipandang dari sisi desain serta kepraktisan, BR-V cenderung menyerupai MPV.

Bagian eksterior dari Honda BR-V dirancang lumayan agresif. Namun apabila diperhatikan, desainnya menyerupai Honda Mobilio. Tetapi sedikit perbedaannya, Honda BR-V terasa memiliki desain lebih macho dan atraktif. Honda BR-V membopong konsep bertemakan Active Solid Motion. Artinya menyiratkan kalau Honda BR-V merupakan mobil berkesan mewah nan gagah, sebagai salah satu ciri khas SUV.

Pada sisi depan BR-V menggunakan aksen chrome, salah satunya grille depan. Menyematkan Headlamp LED, Foglamp berhiaskan garnish.

Area atas dipasangkan roof rail dan bertengger antena sirip hiu. Lini buritan diimbuhi lampu belakang yang terang mengusung desain baru. Spoiler dan bumper belakang juga menyematkan desain baru. Ujung pipa gas buang dilapis aksen chrome pula.

Sisi-sisi body BR-V diperkuat pelindung samping aksen chrome. Secara menyeluruh, mulai dari depan hingga belakang disematkan garis - garis tegas, yang mengokohkan kesan sporty.

Interior Honda BR-V dan Toyota Rush

Menyoroti postur, Toyota Rush lebih tinggi dari Honda BR-V. Sehingga mempersembahkan ruang kepala yang juga lebih besar. Honda mengkompensasi konsumen, dengan dimensi BR-V yang lebih lebar. Cukup menambah sedikit ruang kabin. Jarak tapak roda depan BR-V dibandingkan Rush memang juga lebih lebar.

dashboard rush

All New Toyota Rush punya nilai tambah ringan, tapi lumayan bermanfaat. Yaitu sandaran kepala tengah, buat para pengisi kursi baris kedua. Selain kenyamanan penumpang, sandaran kepala tengah ini juga sanggup memberi perlindungan lebih. Khususnya risiko cedera leher, bila terjadi benturan dari arah depan.

Saat masuk ke dalam kabin BR-V, terasa dashboard mirip Honda Mobilio. Tetapi ada beberapa tambahan aksen, yakni karbon dan logam. Mengulas kabin mobil, identik membahas kenyamanan dan keamanan pengguna. Kabin BR-V juga terasa lega, untuk ruang kaki maupun kepala.

dashboard brv

Sayangnya ketinggian kemudi pada Honda BR-V tak bisa diatur. Untuk menyesuaikan dengan postur tubuh pengemudi.

Fitur Honda BR-V dan Toyota Rush

Ada beberapa fitur unggulan pada Toyota Rush. Sebut saja mulai dari fitur Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Hill Start Assist (HSA), dual SRS Airbag, Emergency Brake Signal (EBS), dan Vehicle Stability Control (VSC).

bagasi rush

All New Toyota Rush masih punya poin lebih, yaitu mampu menghadirkan lebih banyak perlindungan tambahan, berupa airbag pada sisi kabin. Total airbag pada Rush mencapai 6 (enam) buah.

Rush juga sediakan indikator pemakaian sabuk pengaman. Bukan cuma buat pengemudi, tetapi juga untuk seluruh penumpang.

bagasi brv

Untuk Honda BR-V, dilengkapi Headunit layar sentuh 6,1 inci yang terkoneksi ke smartphone. Asalkan smartphonenya punya aplikasi SmartAppCar. BR-V andalkan kapasitas 7-penumpang, yang kursi baris kedua dan ketiga gampang diakses. Mobil BR-V memiliki dual SRS airbag di barisan depan, Hill Start Assist (HSA), teknologi ABS dan EBD, juga VSC/VSA.

Mesin Honda BR-V dan Toyota Rush

Pada varian Toyota Rush terbaru tipe TRD Sportivo AT justru harga lebih rendah Rp 3 juta. Membuatnya kian kompetitif di kelasnya. Meskipun demi meraihnya, terpaksa output yang dihasilkannya berkurang. Tenaga turun jadi 104 PS @6.000 rpm, torsi maksimal 141 Nm @4.200 rpm.

mesin rush

Mesin berkode 2NR-VE Dual VVT-i 16-katup DOHC 4 (empat) silinder segaris milik Rush varian lainnya didukung kapasitas mesin 1.500cc. Sanggup menggelontorkan tenaga maksimal 103 PS dan torsi maksimal 136 Nm.

mesin brv

Sedangkan Honda BR-V membenamkan mesin 4-silinder 1.500cc i-VTEC. Menghasilkan tenaga maksimal 120 PS @6.600 rpm dan torsi puncak 145 Nm @4.600 rpm.

Kesimpulan

Membedakan Toyota Rush dan Honda BR-V, selain performa adalah sistem penggerak. Sudah lebih bertenaga, output mesin BR-V langsung mengalir ke kedua roda depan. Sementara tenaga mesin Rush harus terdegradasi dulu oleh batang kopel, untuk disalurkan ke gardan belakang. Memang Toyota Rush memakai Rear Wheel Drive atau sistem penggerak roda belakang.

Sistem penggerak roda belakang ini sebenarnya juga memiliki keunggulan. Contohnya, ketika melibas trek menanjak, bobot yang otomatis terdistribusi ke bagian belakang mobil memberi grip sempurna buat roda bertugas menggerakkan kendaraan.

Satu lagi yang menarik diketahui, transmisi BR-V adalah tipe matic CVT (Continuous Variable Transmission). Karakter penyaluran tenaga dari tipe tersebut cenderung lebih moderat, dibanding transmisi otomatis konvensional yang dimiliki oleh Toyota Rush.

Kendati begitu, mestinya perbedaan performa mesin Rush dan BR-V bertransmisi otomatis tak begitu signifikan. Kecuali dengan model yang menggunakan transmisi manual.

Mengenai harga on the road (OTR) DKI Jakarta yang diberikan, Toyota Rush tipe G M/T Rp 257.700.000, Rush G A/T harganya Rp 267.700.000, Toyota Rush tipe TRD Sportivo M/T dibanderol Rp 269.100.000 dan Rush TRD Sportivo A/T dipatok harga Rp 279.100.000.

Sementara Honda BR-V tipe S 6 M/T dibanderol Rp255.000.000, BR-V E M/T dipasarkan dengan harga Rp271.000.000, lalu BR-V varian E CVT dilego harga Rp281.000.000, dan tipe unggulan BR-V Prestige CVT dijual dengan harga Rp298.000.000.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Honda BRV
    Honda BRV
    Honda BRV
    Angsuran mulai dari:Rp 4,85 Jt/Bln
  • Toyota Rush
    Toyota Rush
    Toyota Rush
    Angsuran mulai dari:Rp 5,00 Jt/Bln
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya