• Home>
  • Review>
  • Honda BR-V dan Toyota Rush: Mana yang Lebih Masuk Akal ?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Honda BR-V dan Toyota Rush: Mana yang Lebih Masuk Akal ?

Dilihat 6945
Arief Yuno
8 Feb 2021, 14:29
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 10

rush otoloka

Otoloka.id - Saat meluncur pertama kali tahun 2016 lalu, Honda BR-V sukses menarik perhatian konsumen Low SUV tanah air dengan desain lebih modern dari Toyota Rush yang saat itu telah berusia satu dekade. Honda BR-V praktis adalah Mobilio yang di-SUV-kan. Toyota Rush saat itu masih berpegang teguh pada gaya SUV konservatif lengkap dengan ban serep di pintu belakang.

Toyota Rush akhirnya berubah total sejak diluncurkan generasi keduanya di akhir tahun 2017. Kali ini Rush berubah menjadi SUV yang ke-MPV-MPV-an dengan platform yang sama dengan Toyota Avanza generasi kedua.

Sayangnya Honda terkesan menganggap remeh dengan hadirnya rival-rival baru dan masih puas dengan penyegaran eksterior ringan tanpa peningkatan signifikan. Apalagi harganya terus bertambah mahal.

honda brv

Secara teknis, BR-V memang masih memiliki beberapa keunggulan yang belum bisa ditandingi Rush. Bukan seberapa sempurna yang menjadi keunggulan Rush saat ini tapi harga dan fitur yang ditawarkan jauh lebih masuk akal.

Eksterior Honda BR-V dan Toyota Rush

brv eksterior

Honda BR-V memiliki panjang 4.456 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.666 mm sementara Rush dengan panjang 4.435 mm, lebar 1.695, tinggi 1.705 mm. Desain eksterior Rush cukup menarik tapi kurang memiliki identitasnya sendiri.

Desain Toyota Rush terkesan main aman dengan mengikuti tren desain rival-rivalnya khususnya Honda. Perhatikan saja siluetnya, permainan garis, desain lampu yang seolah menyatu dengan grille, dan lampu belakang memanjang. Begitu Honda bukan ?

rush samping

Ukuran ban dan velg yang lebih besar, 215/65 R16 (Tipe G) atau 215/60 R17 (TRD Sportivo) juga berpengaruh pada kecepatan putaran roda. Sementara BR-V menggunakan banberukuran (195/60 R16). Toyota sebaiknya meracik ulang rasio gear transmisinya, terutama transmisi otomatisnya, atau mengganti rasio final gear-nya dengan yang lebih rendah agar performanya lebih baik.

Konfigurasi tipe struktur yang berbeda dari kedua crossover ini juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. BR-V dengan sasis monokok memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan chassis ladder frame Rush.

Interior Honda BR-V dan Toyota Rush

interior rush

Beralih ke kabin, Toyota Rush tetap mempertahankan filosofi dashboard SUV klasik yang simpel, tegas, dan fungsional. Pada varian TRD Sportivo bagian dashboard dilapisi kulit untuk memberikan kesan mewah. Honda BR-V tampil dengan dashboard asimetris yang sudah menjadi identitas hampir di semua mobil terbaru Honda.

Tampilan luar Rush memang secara visual terlihat bongsor tapi sebaliknya saat memasuki kabinnya terkesan sempit. Tonjolan AC double blower di atap memberikan kesan menekan ruang kepala penumpang di baris kedua. Penumpang di baris ketiga juga terasa sempit karena pilar D yang pendek.

Urusan kelegaan kabin, Honda memang jagonya. Kabinnya lebih lega dengan dimensi lebih lebar 40 mm dan lebih panjang 18 mm.Rush boleh menyombongkan posturnya yang lebih tinggi. Ketinggian kolongnya mencapai 220 mm, itu setara Toyota Fortuner. Sementar BR-V hanya 201 mm.

interior brv

Posisi duduk pengemudi yang tinggi khas SUV juga memberikan rasa percaya diri dalam memantau kondisi jalan di depan. Sementara BR-V walaupun sedikit tinggi dari saudaranya, Mobilio, posisi duduknya serendah sedan.

Mesin Honda BR-V dan Toyota Rush

mesin rush

Kedua crossover ini sama-sama ditenagai mesin 4 silinder berkapasitas 1,5 liter tetapi apakah performanya seimbang ? Toyota Rush generasi kedua dibekali mesin yang sama dengan Toyota Avanza generasi terakhir.

Keluaran mesinnya juga sama persis dengan MPV sejuta umat andalan Toyota tersebut. Dapur pacu berkode 2NR-VE dengan Dual VVT-i ini menghasilkan tenaga 103 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 141 Nm pada 4.200 rpm. Sementara mesin L15Z1 Honda bertenaga 116 hp pada 6.600 rpm serta torsi 145 Nm pada 4.600 rpm.

Rush banyak dikeluhkan karena tarikannya yang berat apalagi jika dibandingkan dengan Honda BR-V. Pada model bertransmisi manual 5 percepatan masih lebih baik dari yang bertransmisi otomatis 4 percepatan.

Performa Honda BR-V dan Toyota Rush

Mesin harus dipaksa meraung lebih tinggi baru terasa tendangannya. Besarnya torsi lebih banyak menentukan akselerasi pada tarikan bawah. Sementara besarnya tenaga lebih menentukan kecepatan di putaran atas.

Ada beberapa faktor menurut prediksi kami yang menyebabkan hal ini. Rush memiliki berat kotor 1.670 kg atau lebih berat 464 kg dibandingkan Honda BR-V. Lantas mengapa Toyota Avanza dengan mesin yang sama mampu berlari lebih enteng ? Lagi-lagi berat yang berbicara, bobot kotor Avanza hanya 1.070 kg.

Faktor berikutnya adalah Rush menggunakan penggerak roda belang. Tenaga mesin tereduksi setelah melewati transmisi, propeller shaft, gardan, baru ke roda belakang. Tenaga BR-V dengan penggerak depan juga ada penurunan saat sampai ke roda depan tetapi tidak terlalu besar karena “rute” yang dilewati lebih pendek.

Struktur body on frame Toyota Rush di mana bodi dilas di atas chassis membuat bodi bergerak ke arah yang berlawanan dengan chassis saat berbelok. Inilah yang membuat body roll-nya lebih terasa dibandingkan BR-V di mana lantainya juga sekaligus menjadi chassis.

Chassis ladder frame Rush memang lebih kaku namun di saat melintasi jalanan rusak atau lintasan offroad ringan justru lebih baik dalam meredam guncangan. Pada BR-V dengan chassis monokok, getaran yang diterima roda akan langsung dirambatkan ke seluruh bodi. Sementara pada Rush, bantingan suspensi dirambatkan dulu ke chassis baru ke bodi.

Sistem penggerak belakang juga tidak buruk. Komponen dan konstruksi yang digunakan lebih sedikit dan lebih sederhana dibandingkan penggerak roda depan. Ini juga sangat berpengaruh dalam perawatan dan biaya penggantian suku cadang.

Fitur Honda BR-V dan Toyota Rush

fitur brv

Nilai minus Toyota Rush seperti performa mesin yang secukupnya saja dan bobot yang berlebih terbayar dengan fitur-fitur keselamatan yang disematkan. Konsumen Honda BR-V harus memilih varian Prestige seharga Rp296.000.000 untuk mendapatkan fitur keselamatan aktif VSA (Vehicle Stability Assist) dan HSA (Hill Start Assist).

Sepasang kantung udara depan menjadi fitur standar di seluruh Honda BR-V tapi seluruh Toyota Rush dilengkapi dengan enam kantung udara serta tentu saja VSA dan HSA. BR-V telah lulus uji tabrakan ASEAN NCAP dengan nilai 5 bintang di tahun 2016. Sementara Rush generasi kedua ini juga berhasil mendapatkan nilai yang sama di tahun2018 namun dengan standar penilaian sistem 2017 – 2020 yang lebih ketat lagi.

Kesimpulan

fitur rush

Honda BR-V masih unggul dari Toyota Rush dalam kelegaan dan kenyamanan kabin, performa di jalan raya didukung mesin yang lebih bertenaga. Sementara Rush dengan ground clearance lebih tinggi, ban lebih besar, dan chassis lebih kokoh sangat pas untuk diajak keluar dari zona nyaman.

Toyota juga lebih menggoda dengan fitur keselamatan standar berlimpah dan setingan harganya. Varian yang ditawarkan meliputi tipe G M/T (Rp257.700.000), G A/T(267.700.000), TRD Sportivo M/T (Rp269.100.000), TRD Sportivo A/T (Rp279.100.000).

Sedangkan Honda BR-V hadir dalam varian S M/T (Rp235.500.000), E M/T (Rp269.000.000), E CVT (Rp279.000.000), dan Prestige CVT (Rp296.000.000). Ditambah dengan tidak ada penyempurnaan teknis yang berarti sejak dipasarkan lima tahun silam, rasanya hanya konsumen yang benar-benar fanatik dengan Honda yang mau membayar lebih mahal untuk BR-V.

  • Suka 10
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Honda BRV
    Honda BRV
    Honda BRV
    Angsuran mulai dari:Rp 4,85 Jt/Bln
  • Toyota Rush
    Toyota Rush
    Toyota Rush
    Angsuran mulai dari:Rp 5,00 Jt/Bln
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya