• Home>
  • Review>
  • Honda BR-V Prestige CVT vs Daihatsu All New Terios R AT DLX, Siapa yang Menang Banyak ?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Honda BR-V Prestige CVT vs Daihatsu All New Terios R AT DLX, Siapa yang Menang Banyak ?

Dilihat 1939
Arief Yuno
19 Feb 2021, 18:50
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

honda brv otolokaOtoloka.id - Jika dahulu pertarungan di segmen SUV lebih pada adu jangkung, kini kelengkapan  fitur dan kenyamanan menjadi faktor yang tidak kalah penting. Honda BR-V saat diluncurkan tahun 2016 sukses menarik perhatian dengan konsep perkawinan silang SUV dengan MPV.

Daihatsu Terios yang saat itu masih mengandalkan konsep SUV klasik dengan kolong tinggi dan ban serep menggantung di pintu belakang dalam sekejap menjadi terlihat kuno. Apalagi kabinnya lebih sempit dan lebih limbung pada kecepatan tinggi jika dibandingkan dengan BR-V.

daihatsu terios otoloka

Kini justru Daihatsu All New Terios yang berbalik menjadi game changer dengan konsep desain yang berubah total, menawarkan fitur-fitur yang sekelas bahkan lebih dan harga yang lebih murah.

Daihatsu All New Terios R AT DLX sebagai varian termahal dijual dengan harga Rp267.150.000  sementara Honda BR-V Prestige CVT dilabeli harga Rp296.000.000 atau lebih mahal hampir Rp30 juta. Mari kita cermati lebih dalam apa yang ditawarkan kedua low SUV ini.

Eksterior dan Interior

Desain baru Daihatsu Terios kini terlihat semewah SUV di atas Rp300 jutaan. Sementara tampilan Honda BR-V masih belum terlihat usang tapi perlu penyegaran lebih ekstrem jika ingin kembali menjadi primadona di segmen low SUV.

depan honda brv otoloka

Jujur saja menurut kami desain Daihatsu Terios memang keren tapi bermain aman dengan mengikuti gaya desain yang lebih dulu ditorehkan Honda. Perhatikan desain grille yang menyatu dengan lampu depan, tonjolan garis di sepanjang bodi, dan desain lampu belakangnya, sulit untuk tidak teringat dengan Honda CR-V, Mobilio, dan termasuk BR-V.

Lampu depan Terios telah menggunakan LED dan belakang kombinasi LED dan lampu halogen. Sampai saat ini Prestige sebagai varian termahal masih mempertahankan lampu halogen.

daihatsu terios otoloka pesona

Memang LED memiliki keunggulan desain yang lebih modern dan konsumsi listrik yang lebih kecil namun harganya lebih mahal dan jika mati harus mengganti satu set dengan rumah lampunya. Sedangkan bolam halogen jauh lebih murah dan mudah pemasangannya.

Daihatsu All New Terios memiliki panjang 4.435 mm, lebar 1.695, tinggi 1.705 mm, wheelbase 2.685 mm, ground clearance 220 mm. Sementara Honda BR-V memiliki panjang 4.456 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.666 mm, wheelbase 2.662 mm, ground clerance 201 mm.

Dari angka-angka di atas dapat disimpulkan bahwa kabin BR-V masih lebih panjang dan lebih lebar. Sementara Terios lebih siap tempur menghadapi genangan air dan jalanan rusak dengan kolong yang lebih tinggi. Wheelbase Terios yang lebih panjang juga lebih menjauhkan posisi duduk penumpang dari roda dan menambah stabilitas untuk mengimbangi ground clearance-nya yang tinggi.

Meski sedikit lebih sempit dari kabin BR-V, Terios masih cukup lega untuk mengangkut tujuh penumpang bahkan ruang kepalanya masih lebih tinggi. Sayangnya posisi duduk pengemudi Terios masih terasa kaku seperti generasi sebelumnya.

Kedua kendaraan ini memang sama-sama dilengkapi pengaturan tilt steering tapi belum teleskopik alias tidak bisa dimaju-mundurkan. Namun pengemudi BR-V relatif masih lebih mudah menemukan posisi berkendara yang nyaman.

Sedangkan pada Terios saat posisi tangan sudah pas, kaki terasa jauh. Begitu juga ketika setingan kaki sudah nyaman, tangan menjadi terlalu menekuk. Setidaknya Terios dengan posisi duduk yang lebih tinggi memberikan area pandangan ke depan yang lebih luas.

Seluruh tempat duduk Honda BR-V Prestige telah dibalut kulit sementara Terios menggunakan fabrik, kemewahannya terkesan tanggung dibandingkan eksteriornya yang ingin terlihat premium dengan aksen krom.

Untuk desain dashboard, BR-V terasa lebih driver oriented seperti pada mobil-mobil Honda lainnya. Sementara dashboard Terios tampil dengan tata letak yang simetris. Secara tampilan keduanya berimbang, hanya kualitas finishing Honda masih lebih rapi.

Fitur

Dari fitur yang diberikan, Daihatsu All New Terios R memiliki semua fitur yang ada di Honda BR-V Prestige. Mulai dari head unit layar sentuh, AC digital, tombol pengatur audio di setir, hingga tombol start-stop mesin, dan cup holder yang berlimpah. Tapi tunggu dulu, Terios masih menyimpan sejumlah fitur pamungkas yang membuatnya menang banya dari BR-V.

setir honda brv otoloka

Terios varian tertinggi ini telah dilengkapi fitur keyless entry. Tidak hanya sensor parkir di belakang tapi juga di depan. Nah yang paling menarik adalah tambahan kamera 360 derajat yang sangat membantu pengemudi memantau kondisi di sekeliling Terios saat akan parkir.

Untuk fitur keselamatan, keduanya berimbang. Baik BR-V maupun Daihatsu Terios telah dilengkapi sepasang kantung udara depan, sistem pengereman dengan ABS+EBD, Hill Start Assist, dan sistem kontrol stabilitas.

setir daihatsu terios otoloka

Daihatsu sebetulnya menawarkan varian All New Terios R AT Custom yang lebih mahal hampir Rp2 juta dibandingkan varian R Deluxe ini. Fitur yang ditawarkan sama, hanya ada perbedaan pada beberapa detail eksterior.

Performa

Honda BR-V masih dilengkapi mesin L15Z. Mesin 4 silinder 1,5 liter paling bertenaga dibandingkan rival-rivalnya inimampu menghasilkan tenaga 116 hp pada 6.600 rpm serta torsi 145 Nm pada 4.600 rpm.

mesin honda brv otoloka

Sementara Terios menggunakan dapur pacu 2NR-VE dengan Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga 103 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 141 Nm pada 4.200 rpm. Keluaran mesinnya sedikit di bawah mesin lama 3SZ-VE yang bertenaga 107 hp dengan torsi 141 Nm. Satu nilai plus dari mesin Terios ini adalah posisi saluran masuk udaranya yang tinggi, lebih tinggi dari posisi headlamp. Ini membuatnya lebih aman saat terpaksa harus melintasi banjir.

Selain performa mesin yang lebih superior, BR-V didukung transmisi otomatis CVT yang memberikan akselerasi yang cepat namun minim hentakan dan lebih efisien. Sementara Terios masih menggunakan transmisi otomatis konvensional 4 percepatan yang sama dengan generasi sebelumnya untuk meneruskan daya mesin ke roda belakang.

daihatsu terios otoloka

Gaya berakselerasi Terios tidak seagresif lawannya, masih bisa diandalkan saat bermuatan penuh atau melibas tanjakan tapi dengan putaran mesin lebih tinggi. Karakter setirnya juga tidak istimewa, BR-V masih menjadi pilihan menarik jika Anda menuntut pengendalian yang lincah dan komunikatif.

Daihatsu All New Terios mendapatkan peningkatan kualitas suspensi yang signifikan. Bantingannya sedikit lebih keras untuk meningkatkan stabilitas. Dengan ground clearance yang tinggi dan masih menggunakan chassis ladder frame, wajar jika bodyroll-nya lebih besar dari BR-V tapi ini jauh lebih baik jika dibandingkan Terios lawas.

Kesimpulan

Daihatsu Terios memiliki kualitas pengendaraan di jalan raya yang jauh lebih baik dari generasi sebelumnya. Performa on road-nya yang masih di bawah BR-V terbayar dengan kemampuannya beradaptasi dengan kondisi jalan yang tidak bersahabat.

Honda BR-V lebih menyenangkan sebagai kendaraan komuter yang sekali-kali masih bisa diandalkan untuk liburan ke luar kota. Dari segi fitur yang ditawarkan, keduanya berimbang. Yang sangat disayangkan adalah setingan harga Honda yang terlalu tinggi.

Bahkan jika Anda rela memilih Honda BR-V E CVT yang masih menawarkan transmisi otomatis tapi dengan layar sentuh sedikit lebih kecil dan fitur keselamatan tanpa Hill Start Assist dan Vehicle Stability Assist, harganya masih lebih mahal Rp11,8 juta.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya