• Home>
  • Review>
  • Honda BR-V Prestige vs Mitsubishi Xpander Ultimate, Tebar Pesona di Dua Segmen Berbeda
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Honda BR-V Prestige vs Mitsubishi Xpander Ultimate, Tebar Pesona di Dua Segmen Berbeda

Dilihat 2821
Arief Yuno
10 Feb 2021, 20:02
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 2

honda brv otoloka

Otoloka.id - Ada tren unik di segmen Low MPV dan Low SUV Tanah Air dalam lima tahun terakhir. Dengan kategori baru bernama crossover menjadi sah-sah saja ada SUV berbasis MPV maupun sebaliknya MPV mirip SUV. Salah satu contohnya adalah Honda BR-V vs Mitsubishi Xpander.

Mitsubishi Xpander sejak awal masuk kategori MPV. Namun dengan desain eksteriornya yang gagah dan ground clearance yang tinggi juga tidak sepenuhnya salah mengadu Low SUV Honda BR-V yang berbasis Mobilio.

mitsubishi xpander otoloka

Kenapa tidak mengadu BR-V dengan Xpander Cross ? Harga varian terendah Xpander Cross bertransmisi manual hanya sedikit dibawah BR-V Prestige sementara varian teratas Premium Package nyaris bersinggungan dengan Honda HR-V.

Kali ini kami lebih fokus membandingkan Honda BR-V Prestige CVT dengan Mitsubishi Xpander Ultimate A/T sebagai lawan yang seimbang dari segi fitur dan performa yang ditawarkan meskipun selisih harga keduanya lumayan lebar. Honda BR-V Prestige dibandrol Rp296.000.000 sementara Mitsubishi Xpander Ultimate dijual seharga Rp278.900.000.

Eksterior Honda BR-V Prestige vs Mitsubishi Xpander Ultimate

Honda BR-V sempat menghebohkan pasar Low SUV yang saat itu didominasi duet Toyota Rush dan Daihatsu Terios yang masih mengusung gaya SUV klasik. Honda bergerak cepat dengan mengambil basis MPV Mobilio untuk memangkas waktu pengembangan BR-V.

side honda brv otoloka

Kini hampir semua rival di kelasnya mengikuti jejak BR-V dengan gaya desain senada. Tak ketinggalan Mitsubishi mengembangkan Xpander dengan mengadopsi gaya desain Pajero Sport.

Unsur SUV Xpander juga diwakili dengan ground clearancenya yang setinggi 205 mm, sementara BR-V 201 mm. Xpander juga menggunakan ban yang sedikit lebih berukuran 205/55 R16 sementara BR-V dengan ban 195/60 R16.

BR-V memiliki panjang 4.456 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.666 mm sementara dimensi Xpander lebih besar dengan panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.700 mm.

side mitsubishi xpander otoloka

Mitsubishi Xpander medapatkan penyegaran di awal 2020 dengan lampu utama LED, menggantikan lampu halogen yang banyak dikeluhkan karena kurang terang, dan tambahan antena model sirip hiu. Honda BR-V masih mengandalkan lampu halogen sebagai lampu utama dan sejauh ini tidak ada keluhan soal cahayanya.

Interior Honda BR-V Prestige vs Mitsubishi Xpander Ultimate

Kabin Honda BR-V didominasi warna hitam yang memberikan kesan sporty sementara Xpander tampil elegan dengan dominasi warna krem. Kabin Mitsubishi Xpander terlihat lebih mahal dari harganya. Material plastik masih banyak ditemui di bagian dashboard dan panel pintu tapi dengan apik tersamar jika tidak diperhatikan lebih teliti.

interior honda brv otoloka

Xpander juga lebih unggul dalam pengaturan setir karena tidak hanya dapat dinaik-turunkan tetapi juga disetel maju-mundur. Sangat disayangkan, BR-V yang telah beberapa kali mengalami penyegaran masih hanya dilengkapi dengan tilt steering.

Di bagian tengah dashboardnya, BR-V dilengkapi head unit dengan layar sentuh berukuran 8 inci yang dapat terkoneksi dengan ponsel pintar dengan aplikasi Web Link. Xpander menggunakan layar sentuh yang lebih kecil berukuran 7 inci namun kini telah dilengkapi dengan fitur Android Auto dan Apple Car Play.

interior mitsubishi xpander otoloka

Melengkapi kamera mundur yang sudah lama hadir, Xpander kini juga telah dilengkapi dengan sensor parkir.

kabin mitsubishi xpander otoloka

Satu hal lagi yang membuat Xpander terasa lebih mewah adalah kualitas peredaman kabinnya yang jauh lebih baik dari BR-V.

Mesin Honda BR-V Prestige vs Mitsubishi Xpander Ultimate

Urusan akselerasi, Mitsubishi Xpander banyak dikeluhkan terasa kurang spontan dibandingkan Honda BR-V. Ada beberapa hal yang mempengaruhi hal ini.

mesin honda brv otoloka

Xpander memiliki bobot 1.780 kg sementara BR-V hanya 1.206 kg. Selisih setengah ton ! Terbayang bukan betapa beratnya untuk menggelindingkan MPV Mitsubishi ini dari keadaan diam.

Berikutnya mari kita cermati keluaran mesin keduanya yang sama-sama berkonfigurasi 4 silinder 1,5 liter. Mesin 4A91 Mitsubishi menghasilkan tenaga maksimal 105 hp pada 6.000 rpm sementara mesin L15Z1 Honda bertenaga 116 hp pada 6.600 rpm.

engine mitsubishi xpander otoloka

Tapi jangan buru-buru menuding tenaga Xpander yang lebih kecil sebagai tersangka utama. Akselerasi saat start lebih ditentukan oleh besarnya torsi pada putaran awal. Torsi maksimal Xpander sebesar 141 Nm pada 4.000 rpm sedangkan BRV-V sebesar 145 Nm pada 4.600 rpm.

Dari angka di atas, torsi keduanya masih relatif sekelas dan sama-sama berkarakter mesin putaran tinggi. Namun apakah besar torsi yang sampai ke roda juga seimbang ?

Torsi pada roda dapat dihitung dengan rumus torsi mesin dikalikan rasio gear dikalikan rasio final gear. Xpander bertransmisi otomatis memiliki rasio gear pertama 2,875 dan final gear 4,375 sehingga menghasilkan torsi roda sebesar 2.806 Nm.

Performa Honda BR-V Prestige vs Mitsubishi Xpander Ultimate

Sementara transmisi CVT Honda BR-V memiliki rasio setara gear pertama sebesar 3,484 dan final gear 3,941. Dari sini didapatkan torsi pada roda mencapai 3.148 Nm. Mitsubishi tidak harus mendongkrak torsi mesin untuk meningkatkan akselerasi Xpander. Mengganti rasio gear pertama dan final gear dengan yang lebih kasar sudah dapat melipatgandakan torsinya.

back honda brv otoloka

Sebagai pembanding. Mitsubishi Xpander dengan transmisi manual 5 percepatan memiliki rasio roda maksimal mencapai 4.098 Nm dengan rasio gear pertama 3,818 dan final gear 4,812. Sayangnya varian Ultimate hanya ditawarkan dengan transmisi otomatis 4 percepatan.

back side mitsubishi xpander otoloka

BR-V dengan mesin yang lebih bertenaga dan dukungan transmisi CVT mampu mengembangkan kecepatan lebih baik secara linear.Tapi Xpander pun juga tidak bisa dikatakan lambat meski bukan yang tercepat.

Karakter Honda BR-V Prestige vs Mitsubishi Xpander Ultimate

Karakter Mitsubishi Xpander lebih cocok sebagai kendaraan jelajah dengan peningkatan kecepatan secara halus untuk mengejar efisiensi bahan bakar. Perpindahan gearnya terasa panjang dan relatif minim hentakan untuk ukuran transmisi otomatis konvensional.

Untungnya transmisi Xpander masih dilengkapi dengan mode overdrive. Ketika Anda ingin mendahului kendaraan lain dan transmisi sudah mencapai top gear, tekan tombol O/D di samping tuas transmisi.

Otomatis gear akan berpindah ke gear ketiga dan terus ditahan di posisi ini agar mendapatkan torsi mesin maksimal. Hasilnya Xpander langsung melesat lebih kencang. Teknik ini terasa lebih efektif dan lebih halus daripada Anda melakukan kick down yang menghasilkan hentakan kasar dan transmisi kembali berpindah ke gear keempat sementara akselerasi belum optimal.

Honda BR-V dengan karakter pengendalian khas Honda terasa lebih menyenangkan dengan feedback setir yang lebih komunikatif, tidak terlalu enteng pada kecepatan tinggi.

Setir Xpander terasa mengambang karena terasa sama entengnya dengan saat kecepatan rendah. Masih tidak berbahaya tetapi karakternya tidak ada yang istimewa.

Kestabilan kedua kendaraan ini sama bagusnya namun pada Xpander terasa lebih mantap dengan bobotnya yang lebih berat. Apalagi mengingat kolongnya yang lebih tinggi dibandingkan BR-V mestinya Xpander akan terasa lebih limbung.

Harus tetap diingat, kedua kendaraan ini kodratnya adalah mobil keluarga. Apalah artinya jika pengemudi kegirangan menikmati performa kencang sementara anak-istri terserang mabuk darat. Kenyamanan dan keselamatan keluarga tetap nomor satu.

Fitur Honda BR-V Prestige vs Mitsubishi Xpander Ultimate

Pemilik Honda BR-V Prestige boleh iri karena tidak mendapatkan fitur cruise control seperti Mitsubishi Xpander Ultimate. Fitur ini tidak saja membantu kaki kanan beristirahat tetapi juga memudahkan menjaga kecepatan maksimal sesuai regulasi yang berlaku. Apalagi di beberapa ruas jalan tol kini mulai dipantau dengan speed camera.

fitur honda brv otoloka

Sistem kendali jelajah otomatis ini dapat diaktifkan denganmenekan tombol di palang setir sebelah kanan pada kecepatan minimal 40 km/jam. Untuk menambah atau mengurangi kecepatan juga dapat dilakukan melalui setir.

Fitur ini juga dapat bekerja di jalan menanjak namun tidak di jalan menurun karena sistemnya hanya mengatur akselerasi/deselerasi mesin tetapi tidak dapat melakukan pengereman otomatis.

Fitur keselamatan yang diusung Honda BR-V Prestige CVT sekelas dengan Mitsubishi Xpander. Sepasang kantung udara depan, sistem kontrol stabilitas, Hill Start Assist sudah menjadi fitur standar.

Honda BR-V telah lulus uji tabrakan ASEAN NCAP dan mendapatkan peringkat lima bintang pada tahun 2016. Sementara Mitsubishi Xpander mendapatkan peringkat empat bintang pada tahun 2018 dengan standar pengetesan baru yang lebih ketat dibandingkan saat BR-V diuji.

Kesimpulan

Dari segi kenyamanan dan performa berkendara, Honda BR-V Prestige dan Mitsubishi Xpander Ultimate relatif berimbang. Tenaga mesin yang lebih inferior dan bobot Xpander yang lebih berat masih mendapatkan kompensasi dari kualitas kabin yang terasa lebih mahal dari harganya.

Sebaliknya Honda BR-V Prestige semakin terasa mahal dari tahun ke tahun. Tidak hanya karena harganya yang terus merangkak naik tetapi juga karena rival-rivalnya menawarkan value for money yang lebih baik.

  • Suka 2
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya