• Home>
  • Review>
  • Honda BR-V S vs Toyota New Avanza Veloz, Rp250 Jutaan Dapat Apa ?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Honda BR-V S vs Toyota New Avanza Veloz, Rp250 Jutaan Dapat Apa ?

Dilihat 2140
Arief Yuno
18 Feb 2021, 11:36
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

honda brvOtoloka.id - Masih bingung menentukan pilihan mobil penumpang 7 seater dengan harga Rp250 jutaan ? Kali ini kami ingin membandingkan dua model yang mungkin bisa dipertimbangkan yaitu Honda BR-V S MT dan Toyota New Veloz 1.5 AT.

Honda BR-V S MT adalah model entry level dari crossover berplatform Honda Mobilio ini. Dengan harga Rp253.500.000, varian BR-V termurah ini harganya juga tidak murah-murah amat jika mengingat fiturnya yang minim. Konsumen Honda lebih tertarik memilih varian E dan Prestige yang menawarkan fitur lebih lengkap walaupun harganya lebih mahal.

veloz otoloka

Sebaliknya Toyota New Veloz AT ditawarkan dengan harga sedikit lebih murah, Rp251.050.000. Model termahal dari dinasti Toyota Avanza ini menawarkan sejumlah fitur kekinian dan kepraktisan transmisi otomatis.

Mana yang lebih menarik, BR-V yang identik dengan performa berkendara menyenangkan namun tetap irit khas Honda atau Veloz yang kini diklaim lebih nyaman dan lebih mewah dari generasi sebelumnya ?

Honda BR-V S MT

Eksterior Honda BR-V

brv

Dari segi desain eksterior, Honda BR-V tipe S relatif sama denga tipe E maupun Prestige. Dimensinya sama persis dengan panjang 4.456 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.666 mm, dan wheelbase 2.662 mm.

Perbedaannya hanya pada detail kecil antara lain pada bagian bawah bumper depan-belakang berwana hitam sementara varian diatasnya dibubuhi garnish berwarna metal, handel pintu sewarna bodi, tidak ada lampu LED Day Time Running Light, tidak ada kamera mundur, dan tidak ada smart entry system.

Penggunaan aksen krom yang lebih minim menurut pendapat kami malah membuat tampilan Honda BR-V S ini terlihat lebih sporty dengan tidak banyak basa-basi. Ini memang soal selera.

Kesenjangan dengan varian yang lebih mahal baru lebih terasa saat memasuki kabinnya. Head unitnya masih konvensional tanpa layar sentuh, tidak ada tombol pengatur audio di setir, masih perlu memutar kunci kontak untuk menyalakan mesin, seluruh joknya terbungkus material fabrik.

Namun secara keseluruhan kenyamanan kabinnya tidak ada perbedaan. Ruang kaki dan ruang kepala penumpang cukup lega, posisi duduk ergonomis, dan jok tengah di baris kedua sudah dilengkapi sandaran kepala.

Fitur keselamatan yang ditawarkan sama dengan tipe E yang dilengkapi sepasang kantung udara depan dan sistem rem dengan ABS+EBD. Vehicle Stability Assist dan Hill Start Assist hanya ada di varian Prestige.

Mesin Honda BR-V

mesin brv

Seluruh model Honda BR-V menggunakan mesin 4 silinder 1,5 liter i-VTEC. Mesin berkode L15Z1 ini adalah mesin 1,5 liter paling bertenaga yang ada di segmen low MPV/SUV tanah air. Tenaga maksimalnya mencapai 116 hp di 6.000 rpm dan torsinya mencapai 145 Nm yang diraih di 4.500 rpm.

Tidak ada pilihan transmisi otomatis CVT, Honda BR-V S untuk pasar Indonesia hanya dibekali transmisi manual 6 percepatan untuk meneruskan daya mesin ke roda depan. Transmisi CVT memang menawarkan kepraktisan dan akselerasi yang halus tapi transmisi manual ini adalah pilihan yang tepat jika ingin merasakan semburan tenaga mesin secara alami.

Honda BR-V menggunakan suspensi depan Mac Pherson strut dan belakang dengan batang torsi H-Shape. Karakter kekerasan peredaman suspensinya tergolong medium untuk memberikan stabilitas yang baik pada kecepatan tinggi tanpa menghilangkan kenyamanan.

Toyota Avanza New Veloz 1.5 AT

Avanza Veloz pada dasarnya tetap Toyota Avanza dengan mesin 1,5 liter, sementara kini Avanza hanya ditawarkan dengan mesin 1,3 liter. Basisnya masih tetap Avanza generasi kedua yang telah meluncur sejak tahun 2011. 

Hanya seperempat panel depannya yang berubah secara signifikan sebagai respon Toyota-Daihatsu atas kehadiran Mitsubishi Xpander yang menawarkan desain revolusioner di kelas low MPV.

Eksterior Toyota Avanza Veloz

avanza veloz otoloka

Desain lampu bertingkat dengan grille yang terkesan menyatu dan bumpernya terinspirasi Toyota Vellfire dan Voxy. Spakbor depan juga dibuat lebih menonjol mengikuti desain bumper. Selebihnya dari pintu depan hingga ke pintu bagasi masih tidak berubah. 

Di bagian bawah pintu  bagian buritan kini dilengkapi side body molding dan side skirt beraksen krom agar terlihat lebih elegan. Di bagian belakang dilengkapi garnish krom melintang untuk mengimbangi grille depan serta tambahan spoiler belakang dengan high mount stop lamp.

Anda mungkin akan memulai bimbang untuk memilih BR-V S ketika mengetahui Veloz telah dilengkapi lampu depan LED, smart entry (di semua tipe) dan spion auto folding. Kecemburuan sosial bakal semakin meruncing ketika memasuki kabinnya.

Interior Toyota Avanza Veloz

Seluruh joknya juga masih menggunakan bahan fabrik tapi terlihat lebih menarik dengan kombinasi motif dekoratif di bagian tengah. Tidak diperlukan lagi kunci kontak untuk menghidupkan mesin, cukup tekan tombol start-stop.

interior veloz otoloka

Di bagian tengah dashboardnya sudah ditanamkan head unit dengan layar sentuh berukuran 6 inci dan panel AC digital. Sayangnya arah semburannya tidak ada pilihan ke arah kaki seperti BR-V. Setirnya juga sudah dilengkapi tombol pengatur audio.

Penumpang belakang juga dimanjakan dengan layar monitor berukuran 7 inci yang terlipat di bawah plafon. Tidak hanya di dashboard depan, penumpang di baris kedua juga bisa menggunakan power outlet 12 volt, sementara di sisi kiri tempat duduk baris ketiga disediakan power outlet USB. Oh ya, jok tengah di baris kedua dan ketiga juga sudah dilengkapi sandaran kepala.

Veloz juga telah dilengkapi fitur keselamatan standar sepasang kantung udar depan dan sistem rem ABS tanpa EBD. Sistem kontrol stabilitas juga belum ditawarkan.

Toyota Veloz memiliki panjang 4.200 mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1.695 mm, wheelbase 2.655 mm. Jika dibandingkan dengan BR-V, kabin Veloz kalah lebar serta ruang kaki penumpang baris belakang juga sempit. Hanya saja ruang kepalanya sedikit lebih tinggi. Ground clearance-nya setinggi 200 mm atau hanya 1 mm lebih rendah dari BR-V.

Fleksibilitas kabin Veloz juga masih kalah. Jok baris belakangnya tidak dapat dilipat rata seperti BR-V sehingga tidak dapat memuat barang berukuran panjang seperti sepeda gunung. Sangat disayangkan padahal atap kabinnya sudah tinggi.

Mesin Toyota Avanza Veloz

Toyota Veloz masih ditenagai mesin 2NR-VE yang telah terbukti bandel. Mesin 4 silinder 1,5 liter ini di atas kerta lebih inferior dibandingkan BR-V. Tenaga maksimalnya hanya 104 hp dan torsi pucak 136 Nm. 

mesin veloz otoloka

Tapi catat, berat kosongnya hanya 1.070 kg sementara BR-V mencapai 1.206 kg. Itu artinya artinya kedua mobil ini seimbang dengan rasio bobot terhadap tenaga sebesar 10,3 kg untuk setiap tenaga kudanya.

Kualitas kenyamanan berkendara Veloz juga kini sedikit lebih baik dari sebelumnya dengan peredaman kabin yang ditingkatkan dan bantingan suspensi diseting lebih lembut namun juga tidak selimbung pendahulunya.

Sayangnya karakter setir Veloz masih sama, sekedar mampu berbelok dengan enteng tapi tidak sekomunikatif BR-V. Memacu BR-V pada kecepatan tinggi masih terasa jauh lebih aman dan tidak terasa mengapung. Lebar jejak (tread) Veloz kalah lebar dan masih menggunakan chassis ladder frame membuat traksi dan body roll-nya tidak sebaik BR-V.

Kesimpulan

Dari segi harga dan fitur yang ditawarkan, Toyota New Avanza Veloz 1.5 AT jelas menang banyak dibandingkan Honda BR-V S MT. Anda harus memilih Honda BR-V E CVT seharga Rp279.000.000 untuk mendapatkan transmisi otomatis dan fitur yang sekelas dengan Veloz.

Tenaga mesin Veloz yang lebih kecil tidak membuatnya lebih lamban dari BR-V berkat bobot yang lebih enteng. Namun jika Anda mencari sensasi fun to drive yang lebih baik, bukan sekedar kencang, Honda BR-V masih lebih unggul.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya