• Home>
  • Review>
  • Honda BR-V vs Honda Mobilio: Harga Semakin Mahal, Minim Peningkatan
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Honda BR-V vs Honda Mobilio: Harga Semakin Mahal, Minim Peningkatan

Dilihat 2541
Arief Yuno
22 Feb 2021, 18:44
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 4

honda mobilio

Otoloka.id - Honda Prospect Motor pertama kali memasarkan low MPV (Multi Purpose Vehicle) Honda Mobilio pada Januari 2014 untuk mengisi celah di bawah Honda Freed dan bersaing dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Nissan Livina. Varian sporty RS baru diperkenalkan pada Juni 2014 sekaligus menggeser varian E Prestige sebagai model teratas.

Penyegaran pertama diberikan di tahun 2017 meliputi gril dan kap mesin baru, lampu utama dengan LED Light Guide, dan velg baru. Power retractable door mirror mulai diperkenalkan untuk varian atas.

Sandaran yang semula menyatu dengan jok juga dibuat terpisah. Tombol pengatur audio ditambahkan di setir. Kenyamanan penumpang juga ditingkatkan dengan busa yang lebih tebal di jok baris kedua.

Penyegaran berikutnya di tahun 2019 antara lain dengan penambahan LED DRL untuk varian E dan RS, head unit dengan layar sentuh berukuran 6,2 inci dan 8 inci.

honda brv

Sementara crossover Honda BR-V memulai debutnya tahun 2015 dan mulai dipasarkan setahun kemudian. BR-V pada dasarnya adalah Mobilio yang disulap dengan kostum baru untuk mencoba peruntungan di pasar SUV entry level yang saat itu didominasi Toyota Rush/Daihatsu Terios.

BR-V pertama kali mendapatkan penyegaran ringan tahun 2018 dengan door side garnish baru dan layar sentuh 8 inci. Penyegaran berikutnya tahun 2019 dengan tampilan bodi lebih berotot, grille berwarna hitam dan One Push Ignition System untuk menstarter mesin.

Konsumen Malaysia tahun lalu telah mendapatkan BR-V dengan tampilan yang berbeda dengan model di Indonesia yang masih beredar saat ini. Lagi-lagi, tidak ada perubahan secara teknis.

Eksterior

Membandingkan tampilan luar Honda Mobilio dengan BR-V seperti orang sebelum masuk dan setelah keluar dari gym. Ini soal selera, Anda lebih suka tampil bersahaja atau ingin tampil lebih berani (maksud kami lebih berani tampil).

honda mobilio biasa

BR-V terlihat lebih kokoh dibandingkan kakaknya berkat lekukan garis yang lebih bersudut terutama di bagian kap mesin, fender, dan spoiler depan-belakang. Padahal tebal plat bodi keduanya sama saja, tergolong tipis.

Terkadang tampilan Mobilio RS sebagai varian teratas dengan spoiler depan sporty ala Civic bisa mengecoh mata. Kehadiran roof rail dan over fender adalah cara tercepat untuk mengenali BR-V dari kejauhan.

honda brv

Honda BR-V memiliki panjang 4.456 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.666 mm. Itu artinya lebih panjang 58 mm, lebih lebar 52 mm, dan lebih tinggi 63 mm dari Mobilio. Tapi jangan buru-buru menyimpulkan kabin BR-V lebih lega. Penambahan dimensi itu disumbangkan oleh bumper dan fender yang lebih menonjol ke luar.

Penggunaan velg 16 inci dan ban berukuran 195/60 R16 cukup efektif mendongkrak ground clearance-nya menjadi 201 mm. Mobilio dengan ban 185/65 R15 memiliki ketinggian kolong 189 mm.

Lampu depan model proyektor, LED Day Time Running Light, lampu kabut, dan retractable door mirror, dapat ditemui di semua varian BR-V (S, E, dan Prestige), sementara pada Mobilio hanya pada varian E dan RS.

Jangan terkecoh saat melihat atap Mobilio RS. Atapnya dicat hitam glossy yang terlihat seperti panoramic sunroof. Begitu pula dengan garis berwarna perak yang memanjang di sisi kiri-kanan atapnya sepintas mirip roof rail.

Interior

Kabin keduanya bisa dibiang tida ada perbedaan. Hanya saja seluruh kabin BR-V diselubungi warna hitam. Cukup efektif juga untuk mengaburkan kesan murah dari material plastic keras di bagian dashboard. Sementara interior Mobilio dikelilingi panel plastik abu-abu dengan jok fabrik dan plafon berwarna krem. Pada Honda Mobilio RS masih menggunakan jok fabrik dengan warna gelap.

interior honda mobilio

Konfigurasi tempat duduknya juga sama persis. Jok baris ketiganya masih bisa dimuati penumpang dewasa namun dengan paha sedikit menggantung dan ruang kaki secukupnya.
Yang terasa aneh justru saat duduk di kursi pengemudi Honda BR-V. Posisi duduknya rendah ditambah postur crossover ini yang lebih tinggi malah membatasi pandangan untuk memantau kondisi permukaan jalan.

interior brv

Hal ganjil lainnya adalah filter kabin AC ditawarkan sebagai komponen opsional. Padahal filter yang efektif untuk menyaring debu dan bakteri sebelum masuk ke evaporator ini sudah lazim ditemui di mobil-mobil keluaran satu dekade terakhir.

Performa

Kedua mobil ini sama-sama mengusung mesin Honda L15Z1 i-VTEC untuk menggerakkan roda depan. Hanya saja tenaga yang dihasilkan mesin 4 silinder 1,5 liter ini sedikit berbeda. Jika tenaga puncak Honda Mobilio sebesar 116 hp, tenaga BR-V lebih besar 2 hp. Sementara torsi maksimalnya sama sebesar 145 Nm pada putaran 4.600 rpm.

mesin honda mobilio

Bodi BR-V yang lebih berat dan penggunaan ban yang lebih besar membuat tarikan awalnya terasa lebih berat pula. Semestinya setingan mesinnya diracik ulang untuk menghasilkan torsi sedikit lebih besar atau rasio final drive dibuat sedikit lebih kasar untuk memberikan tarikan bawah yang lebih responsive.

Perbedaan performa keduanya tidak terlalu terasa setelah kendaraan mendapatkan momentum. Tambahan sedikit tenaga Honda BR-V cukup memberikan kompensasi di putaran atas.
Mobilio ditawarkan dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis CVT. Sedangkan BR-V didukung transmisi manual 6 percepatan dan CVT.

Setingan suspensi BR-V juga dibuat sedikit lebih keras dibandingkan Mobilio untuk meminimalkan bodi limbung karena dimensinya yang lebih tinggi. BR-V akan terasa lebih empuk ketika mengangkut muatan penuh.

Fitur Keselamatan

Sepasang kantung udara depan telah menjadi fitur keselamatan pasif standar di seluruh model BR-V maupun Mobilio. Sementara fitur Vehicle Stability Assist dan Hill Start Assist hanya ditawarkan pada BR-V Prestige dan Honda Mobilio RS CVT.

airbag honda mobilio

Honda BR-V telah lulus uji tabrakan ASEAN NCAP di tahun 2016 dengan peringkat 5 bintang untuk perlindungan penumpang dewasa dan 4 bintang untuk perlindungan penumpang anak-anak.

setir brv

Kesimpulan

Honda Mobilio dan BR-V awalnya diposisikan Honda untuk bermain di segmen yang berbeda. Namun seiring dengan berjalannya waktu, Mobilio dengan tampilan dan fitur lebih sederhana malah terkesan menjadi varian bawah dari BR-V.

Uniknya penjualan Mobilio di tanah air masih jauh lebih tinggi dari BR-V. Pada bulan November tahun lalu, Mobilio terjual 562 unit sementara BR-V hanya 157 unit. Mobilio di tahun 2019 pernah menduduki peringkat ketiga sebagai model Honda terlaris. Di tahun 2020, posisinya digusur Honda Jazz. Penjualan BR-V bahkan masih jauh di bawah CR-V.

Penyegaran Honda BR-V dan Mobilio selama ini masih berfokus pada tampilan eksterior dan minim penyempurnaan kualitas termasuk penambahan fitur-fitur standar. Sementara harganya terus meningkat. Padahal sederet kompetitor pendatang baru hadir dengan iming-iming harga lebih menggoda dan fitur-fitur standar yang lebih lengkap.

Saat ini Mobilio ditawarkan dalam model S M/T, E M/T, E CVT, RS M/T, dan RS CVT dengan rentang harga Rp207.500.000 hingga Rp263.500.000. Sedangkan BR-V memiliki varian S M/T, E M/T, E CVT, Prestige CVT dengan harga mulai dari Rp235.500.000 hingga Rp296.000.000.

  • Suka 4
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
    Honda Mobilio
    Angsuran mulai dari:Rp 3,58 Jt/Bln
  • Honda BRV
    Honda BRV
    Honda BRV
    Angsuran mulai dari:Rp 4,85 Jt/Bln
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya