• Home>
  • Review>
  • Honda Brio vs Toyota Agya, Mana yang Terbaik?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Honda Brio vs Toyota Agya, Mana yang Terbaik?

Dilihat 28347
Indra Dinata
22 Des 2020, 23:25
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 9

Otoloka.id - Segmen city car cukup sengit di Indonesia, salah satu yang menarik perhatian adalah Honda Brio Vs Toyota Agya. Kedua produk ini menawarkan beragam keunggulan yang bisa dijadikan pertimbangan bagi konsumen.

Layaknya sebuah mobil perkotaan, baik Honda Brio Vs Toyota Agya sejatinya mumpuni untuk menunjang mobilitas sehari-hari. Terlebih Honda Brio kini juga turut bersaing dengan Toyota Agya di segmen low cost green car (LCGC).

Berbekal banderol murah, kedua produk itu tercatat cukup laris di pasar otomotif Tanah Air. Guna dapat bersaing di pasar domestik Toyota Indonesia tahun ini melakukan penyegaran kepada Toyota Agya.

Tampilannya kini lebih sportif, serta dilengkapi dengan sejumlah fitur baru. Tak kalah rasanya dengan sang kompetitor, yakni Honda Brio yang juga punya desain stylish dan sporty.

Kedua mobil itu menyasar sosok konsumen muda dan berjiwa muda. Buat kalian yang tertarik meminang Toyota Agya ataupun Honda Brio, alangkah baiknya simak review ini sampai habis:

1. Komparasi Honda Brio Vs Toyota Agya Dari Sisi Harga

Harga Honda Brio Vs Toyota Agya 

Bicara harga rasanya cukup menarik dibahas terkait Honda Brio Vs Toyota Agya. Pasalnya kedua produk ini dibanderol terjangkau, bahkan nyaris tak jauh berbeda.

Dari hasil penelusuran Otoloka, harga Toyota Agya cenderung lebih murah dibandingkan Honda Brio. Toyota Agya saat ini dipasarkan dengan banderol Rp 143,8 juta sampai dengan Rp 169,2 juta.

Sedangkan sang rival, yakni Brio ditawarkan dengan banderol mulai dari Rp 146 juta hingga Rp 199,6 juta. Urusan varian Honda Brio ditawarkan dalam sejumlah tipe, seperti Satya S, Brio Satya E, dan Brio RS, dengan opsi yang memakai transmisi manual 5-percepatan dan otomatis CVT.

Sementara untuk Toyota Agya hanya tersedia dalam varian G dan TRD. Pun begitu city car LCGC satu ini tersedia dalam dua pilihan mesin, yakni mesin 1.0 liter 3-silinder dan 1.2 liter 4-silinder. Konsumen mendapatkan pilihan lebih, dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan bujet yang dipunya.

2. Komparasi Dimensi Honda Brio Vs Toyota Agya

  

Faktor lainnya yang penting untuk dibahas terkait Honda Brio Vs Toyota Agya, tentunya tak lepas dari dimensi yang ditawarkan. Di atas kertas Honda Brio memiliki dimensi panjang 3.800 mm, lebar 1.680 mm, tinggi 1.480 mm, dan jarak sumbu roda 2.405 mm.

Sedangkan untuk Brio RS lebih panjang 15 mm dari Brio Satya, dengan lebar dan tinggi serta sumbu roda yang masih serupa. Ketika berada di dalam kabin, rasanya mobil ini cukup nyaman untuk ditumpangi oleh 5-penumpang.

Dimensi Toyota Agya memiliki panjang 3.660 mm, lebar 1.600 mm, tinggi 1.520 mm, dan jarak sumbu roda 2.455 mm. Dari angka-angka teknis ini terlihat jika Toyota Agya lebih pendek 140 mm, lebih ramping 80 mm, atapnya lebih tinggi 35 mm.

Namun menariknya ruang kabin 50 mm lebih panjang dibanding Honda Brio. Itu tentu berimbas pada ruang kabin dari Agya yang sedikit lebih lega dibanding ruang kaki Honda Brio.

Dengan ukuran yang kompak, Honda Brio Vs Toyota Agya rasanya masih cukup menyenangkan untuk diajak membelah jalan perkotaan. Dengan dimensinya yang mungil juga nyaman untuk diajak belusukan ke jalan sempit sekalipun.

Pemilik mobil pun tidak membutuhkan ruang bagasi yang besar, hanya untuk sekadar memarkirkan kendaraan dirumah.

3. Mesin Honda Brio Jauh Lebih Bertenaga

  

Menyoal dapur pacu Honda Brio Vs Toyota Agya, rasanya penting untuk dibahas. Khususnya bagi kalian yang tertarik dengan kedua produk city car ini.

Urusan performa memang layak untuk jadi pertimbangan. Meski dari hasil pengujian redaksi Otoloka, kedua produk ini sama-sama memiliki konsumsi BBM yang efisien.

Jadi tak salah jika digunakan untuk mengakomodir kebutuhan moda transportasi harian. Sebagai gambaran, untuk seluruh varian Honda Brio dibekali dengan mesin berkubikasi 1.200 cc 4-silinder SOHC 16 valve dengan teknologi i-VTEC dan Drive By Wire.

Honda Brio bisa dikatakan sebagai city car paling bertenaga dikelasnya. Tenaga yang dihasilkan tembus 90 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 110 Nm di 4.800 rpm. Handling yang ditawarkan pun cekatan, dengan akselerasi yang sangat baik.

Mesin itu rasanya sangat nyaman ketika diajak melahap jalanan perkotaan yang padat. Efisiensi bahan bakarnya pun sangat baik.

  
Terkait kompetitor, Toyota Agya menawarkan performa yang sedikit dibawah Honda Brio. Meskipun Agya tersedia dalam dua pilihan mesin, 1.0 liter dan 1.2 liter.

Untuk mesin 1.000 cc memiliki 3 silinder berteknologi DOHC VVT-i yang mampu menghasilkan daya maksimum 67 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 89 Nm pada 4.400 rpm. Sedangkan mesin kedua berkapasitas 1.200 cc 4 silinder DOHC 16 valve dengan teknologi Dual VVT-i bertenaga 88 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 107 Nm di 4.200 rpm.

4. Fitur Mending yang Mana?

Adu fitur Honda Brio Vs Toyota Agya

Adu fitur antara Honda Brio Vs Toyota Agya, kira-kira mana yang lebih baik? Menyandang label sebagai mobil LCGC, namun urusan fitur kedua produk ini tak boleh di pandang sebelah mata.

Contohnya Honda Brio, saat ini sudah dibekali fog lamp, spion elektrik, serta sudah dibekali dengan pelek alloy di semua varian. Tak hanya itu, sebagai peranti standarnya sudah disematkan fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Distribution (EBD).

Ketika berada didalam kabin, pengemudi dan penumpang dimanjakan dengan head unit modern yang terkoneksi dengan iPod, bluetooth, Aux In, Radio dan lainnya. Tersedia juga pengaturan AC digital, serta sudah dilengkapi Auto Door Lock dan fitur keyless entry, demi memudahkan akses membuka pintu dari luar.

Baca Juga: Toyota All New Fortuner vs Mitsubishi All New Pajero Sport, Pilihan SUV 7 Seater Kelas Menengah

Tak kalah dengan rivalnya, Toyota Agya juga sudah dibekali dengan lampu utama model projector dan lampu belakang LED. Spion luar juga bisa dilipat elektrik lengkap dengan lampu sein.

Beralih ke interior, tersedia head unit layar sentuh yang terintegrasi dengan bluetooth, Aux-in, SD Card, hingga mirroring system. Pengaturan audio juga bisa melalui Audio Steering Switch.

Pengaturan AC Digital untuk versi facelift 2020. Menariknya mobil ini juga sudah dilengkapi dengan tombol start/stop enjin. Fitur yang justru tidak tersedia di Honda Brio.

Perangkat keselamatan pada Toyota Agya juga sudah cukup lengkap. Mulai dari seatbelt untuk pengemudi dan seluruh penumpang, Dual SRS Airbags di bagian depan, Isofix, rem depan pakai disk brake, dan sistem kemudi pakai Electric Power Steering, tapi belum tersedia ABS dan EBD seperti Brio.

5. Kesimpulan

Honda Brio Vs Toyota Agya

Masing-masing produk, sejatinya menawarkan sejumlah keunggulan. Antara Honda Brio Vs Toyota Agya, sejatinya bisa jadi pertimbangan untuk Anda.

Kesimpulan kami, jika Anda membutuhkan sebuah city car dengan desain yang stylish dan sporty, mesin bertenaga, dan fitur keselamatan lengkap. Mungkin bisa memilih Honda Brio.

Baca Juga: Rush dan Xpander Cross, Mana Lebih Oke?    

Sementara sang kompetitor, yakni Toyota Agya. Versi facelift saat ini punya desain tak kalah agresif, ruang kabin juga lebih lega dari Brio. 

Tak kalah penting, fitur hiburannya kini semakin lengkap. Urusan harga Toyota Agya cenderung lebih murah ketimbang sang rival. Well.. keputusan kami kembalikan ke Anda!

  • Suka 9
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Honda Brio
    Honda Brio
    Honda Brio
    Angsuran mulai dari:Rp 2,74 Jt/Bln
  • Toyota Agya
    Toyota Agya
    Toyota Agya
    Angsuran mulai dari:Rp 2,63 Jt/Bln
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya