• Home>
  • Review>
  • Honda CR-V vs Mitsubishi Pajero Sport: Dua Genre yang Berbeda
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Honda CR-V vs Mitsubishi Pajero Sport: Dua Genre yang Berbeda

Dilihat 3356
Arief Yuno
9 Feb 2021, 16:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 3

honda crv 2021

Otoloka.id - Sepintas ketika kita menyandingkan Honda CR-V vs Mitsubishi Pajero Sport, kedua SUV (Sport Utility Vehicle) ini berada di arena yang sama karena keduanya bermain di kisaran harga Rp500 jutaan (+/-) dan menyediakan tiga baris tempat duduk. Namun ketika dicermati lebih mendalam, karakter yang ditawarkan sama sekali berbeda.

pajero sport

Eksterior Honda CR-V vs Mitsubishi Pajero Sport

Honda CR-V generasi kelima memulai debutnya di Indonesia pada tahun 2017. Dengan panjang 4.584 mm, lebar 1.855 mm, dan tinggi 1.679, dimensi Honda CR-V semakin membuntuti Mitsubishi Pajero Sport (4.785 x 1.815 x 1.805 mm).  Posturnya mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dibandingkan CR-V generasi keempat yang lebih pendek 55 mm, lebih ramping 36 mm, dan lebih rendah 25 mm.

belakang crv

Mitsubishi Pajero Sport generasi kedua (generasi ketiga jika dirunut dari silsilah Mitsubishi Challenger) pertama kali dipasarkan di Indonesia pada tahun 2016. Desainnya berubah drastis dibandingkan model sebelumnya yang memulai debutnya di tanah air pada tahun 2009. Dari yang semula terlihat membulat dan simpel mulai tampil lebih genit dengan permainan garis bersudut tajam dan lampu belakang dengan “lava panas” yang mengalir hingga ke bumper.

belakang pajero

Postur Pajero Sport juga lebih panjang 50 mm dan lebih rendah 35 mm dibandingkan pendahulunya. Meski selisihnya terkesan tidak terlalu besar, hal ini mampu memberikan ruang kaki yang lebih lega dan titik berat kendaraan yang lebih rendah.

Pajero Sport untuk pasar Indonesia akan mendapatkan penyegaran desain dalam waktu dekat. Tampilan barunya akan terlihat lebih maskulin dengan bagian depan mirip Mitsubishi Triton dan lampu utama bergaya Xpander.

Interior Honda CR-V vs Mitsubishi Pajero Sport

Kemewahan kabin keduanya cukup berimbang. Honda CR-V tidak bisa lepas dara aura sporty khas kokpit Civic dan Accord. Sayangnya setirnya terkesan produk generik dengan desain yang sama seperti pada mobil-mobil Honda lainnya.

interior crv

Tampilan kabin Pajero Sport masih menarik tapi sudah mulai muncul gejala penuaan dan terkesan bermain aman setelah kita melirik kabin CR-V yang lebih segar. Ini hanya soal selera saja.

interior crv 2

CR-V dengan platform berpenggerak roda depan membuat lantai kabinnya lebih rata dibandingkan Pajero Sport yang sedikit terganggu gundukan transmission tunnel khas mobil berpenggerak roda belakang.

pajero interior

Ruang penumpang di baris ketiga Pajero Sport lebih lega untuk menampung penumpang dewasa. Ruang kepala dan kaki penumpang belakang CR-V sedikit dikorbankan karena desain pilar D yang merunduk dan dimensinya yang lebih pendek. Untungnya Honda memberikan kompensasi kabin yang lebih lebar 40 mm dibandingkan Pajero Sport.

interior mitsubishi pajero sport

Jika Anda menginginkan Honda CR-V berkapasitas tujuh penumpang, bersiaplah untuk merogoh kantung lebih dalam. Jok baris ketiga hanya ditawarkan pada varian atas, 1.5 L Turbo dan 1.5 L Turbo Prestige. Mitsubishi pantas membusungkan dada untuk urusan tempat duduk belakang karena jok favorit keluarga Indonesia ini sudah menjadi perlengkapan standar pada varian termurah sekalipun.

Performa Honda CR-V vs Mitsubishi Pajero Sport

Perbedaan karakter keduanya semakin tajam ketika kita cermati struktur dan setingan suspensinya. Honda CR-V dibangun di atas platform Civic generasi terakhir. Chassis monokoknya  membuat body roll lebih minim apalagi didukung suspensi independen di keempat kakinya.

honda crv

Karakter pengendaraan dan pengendaliannya “sangat sedan” yang unggul dalam stabilitas dan kenyamanan di atas aspal mulus. Kolongnya yang lebih rendah juga membuat CR-V lebih menapak pada kecepatan tinggi.

Sedangkan Mitsubishi Pajero Sport masih mengusung DNA “kuda beban” dengan bodi yang ditempelkan di atas chassis ladder frame. Struktur platform yang sama dengan pickup segala medan Mitsubishi Triton ini memberikan karakter yang rigid sesuai kodratnya sebagai kendaraan heavy duty.

pajero sport

Pajero Sport menggunakan suspensi double wishbone di depan sementara belakang didukung gardan rigid dengan per keong. Kekerasan suspensinya tergolong medium-hard untuk menjaga stabilitasnya di atas aspal.

Namun ketika beralih ke lintasan non aspal dengan kontur tanah tidak rata, Pajero Sport adalah pilihan yang lebih sesuai. Travel suspensinya yang lebih panjang dibandingkan CR-V menjadi nilai plus. Roda belakang yang mendapatkan aliran tenaga dari mesin tidak gampang menggantung sehingga tidak mudah kehilangan traksi.

CR-V dengan penggerak depan juga memiliki keunggulan di lintasan offroad ringan. Saat roda depan selip dapat dikoreksi dengan memutar-mutar setir untuk kembali mendapatkan traksi. Trik ini tidak dapat dilakukan Pajero Sport kecuali varian 4x4 tentunya.

Secara umum karakter kendaraan berpenggerak roda depan lebih condong understeer saat menikung pada kecepatan tinggi (kendaraan cenderung bergerak lurus walaupun setir sudah dibelokkan).

Sementara mobil berpenggerak belakang cenderung oversteer (bagian kendaraan cenderung membuang menjauhi arah berbelok).

Kedua SUV ini telah dilengkapi sistem keselamatan standar kontrol traksielektronik yang sampai batas tertentu dapat meminimalkan kedua gejala tersebut

Mesin Honda CR-V vs Mitsubishi Pajero Sport

Honda CR-V untuk pasar Indonesia hanya dipasarkan dengan dua pilihan mesin bensin. Varian standar menggunakan mesin bensin 4 silinder 2,0 liter naturally aspirated. Tenaga maksimal 152 hp dan momen puntir mencapai 189 Nm.

mesin crv

Pilihan paling “pedas” adalah mesin 4 silinder 1,5 liter turbo dengan tenaga mencapai 187 hp pada dan torsi 240 Nm yang. Honda hanya menawarkan CR-V dengan transmisi otomatis CVT saja.

Satu hal yang menurut kami ganjil adalah mengapa varian turbo yang lebih cocok untuk pecandu kecepatan harus dibebani dengan tambahan penumpang di baris ketiga. Sementara varian 2.0L yang semestinya lebih sesuai untuk mobil keluarga “baik-baik” malah tidak diberikan opsi tempat duduk ini.

mesin pajero

Sementara Mitsubishi Pajero Sport hanya diperkuat dua tipe mesin diesel. Varian Exceed dan GLX didukung mesin yang serupa dengan generasi sebelumnya. Mesin 2,5 liter turbo ini bertenaga 134 hp dan torsi 324 Nm. Sementara keluarga Dakar ditenagai mesin 2,4 liter turbo bertenaga 178 hp dan torsi 430 Nm.

Varian Exceed MT dan GLX menggunakan transmisi manual 5 percepatan, varian Exceed AT bertransmisi otomatis 5 percepatan, dan Dakar dibekali transmisi otomatis 8 percepatan racikan Aisin yang juga digunakan Lexus LX 570.

Kesimpulan

Mana yang lebih menarik ? Jika Anda lebih menyukai SUV berkarakter sedan sport dan alergi dengan bau gas buang diesel, Honda CR-V adalah pilihan tepat.Sementara jika Anda lebih membutuhkan kendaraan keluarga yang pantang putar balik saat jalanan tidak bersahabat, Mitsubishi Pajero Sport lebih bisa diandalkan.

Honda CR-V ditawarkan dalam tiga varian yaitu 2.0 L, 1.5 L Turbo, dan 1.5 Turbo Prestige dengan harga Rp470.000.000 hingga Rp545.000.000.

Sedangkan Mitsubishi Pajero Sport 4x2 ditawarkan dalam varian Exceed MT, Exceed AT, Dakar AT, dan Dakar Ultimate dengan harga Rp497.900.000 hingga Rp600.200.000. Model 4x4 diwakili GLX (Rp555.000.000) dan Dakar 4x4 (Rp708.900.000).

 

  • Suka 3
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya