OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Honda Mobilio VS Honda BR-V: MPV VS SUV Honda, Mana Yang Lebih Unggul?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Honda Mobilio VS Honda BR-V: MPV VS SUV Honda, Mana Yang Lebih Unggul?

Dilihat 2398
Arief Yuno
11 Feb 2021, 14:34
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

brv otoloka

Otoloka.id - Seperti yang kita tahu, Honda Mobilio merupakan salah satu produk mobil Honda yang masuk ke dalam segmen Multi Purpose Vehicle atau MPV. Mobil ini pertama kali hadir pada tahun 2014 lalu.

Selain Honda Mobilio, salah satu produk mobil Honda yang juga cukup populer di Indonesia adalah Honda BR-V. Berbeda dengan Honda Mobilio, Honda BR-V merupakan mobil pabrikan Honda yang mengisi segmen Sport Utility Vehicle atau SUV. Dari kedua mobil ini, mana yang kira-kira lebih unggul?

mobilio otoloka

Segmentasi Honda Mobilio dan Honda BR-V

Honda Mobilio merupakan produk mobil Honda yang bersaing dalam segmen MPV alias Multi Purpose Vehicle. Mobil yang satu ini pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2014 dan sejak saat itu, pihak Honda sudah memberikan dua kali pembaruan atau facelift pada mobil MPV ini. Pembaruan pertama dilakukan pada tahun 2017 dan pembaruan yang kedua dilakukan pada tahun 2019.

putih mobilio otoloka

Melihat desainnya yang sporty dan agresif, Honda Mobilio ini menyasar kalangan konsumen muda di Indonesia. Harganya yang tergolong relatif terjangkau untuk ukuran mobil MPV dan desainnya yang atraktif membuat mobil ini lebih populer di kalangan konsumen muda.

Sementara itu, Honda BR-V bertarung dalam segmen yang berbeda dengan Honda Mobilio. Honda BR-V ini mengisi segmen mobil SUV atau Sport Utility Vehicle di pasar otomotif Tanah Air. Honda BR-V sendiri pertama kali diluncurkan di Indonesia pada tahun 2015 lalu dan langsung menjadi populer di kalangan pecinta otomotif di Indonesia. Banyak yang berpendapat bahwa Honda BR-V ini memiliki kemiripan dengan Honda Mobilio.

eksterior brv otoloka

Memang, kedua mobil ini memiliki kemiripan, karena Honda BR-V sendiri disebut-sebut sebagai perpaduan dari Honda Mobilio dan Honda Jazz, tetapi Honda BR-V hadir dengan bodi yang lebih besar dan ground clearance yang lebih tinggi.

Eksterior Honda Mobilio vs Honda BR-V

Honda Mobilio hadir di Indonesia dengan mengusung konsep mobil MPV berdesain sporty. Kesan sporty yang ditampilkan Honda Mobilio ini memang cukup tegas, melihat dari bahasa desainnya yang atraktif. Mobil ini memiliki panjang 4.386 mm, lebar 1.683 mm, tinggi 1.603 mm, serta wheelbase 2.650 mm. Ground clearance-nya sendiri adalah 189 mm.

depan mobilio rs otoloka

Bagian wajah Honda Mobilio tampak agresif berkat desain head lamp yang menyipit. Head lamp ini tergolong canggih karena menggunakan proyektor LED yang dilengkapi dengan Daytime Running Lights untuk mengoptimalkan pencahayaan pada malam hari. Di bagian bawahnya juga terdapat under spoiler dengan lampu kabut.

back mobilio otoloka

Beralih ke Honda BR-V, mobil ini memiliki bahasa desain yang gagah, mirip dengan bahasa desain yang diusung oleh mobil SUV pada umumnya. Honda BR-V ini menghadirkan perpaduan antara Honda Mobilio dan Honda Jazz, serta memiliki bodi yang terkesan lebih ramping.

front brv otoloka

Honda BR-V memiliki panjang 4.453 mm, lebar 1.753 mm, dan tinggi 1.666 mm. Jarak sumbu rodanya adalah 2.662 mm, dan ground clearance-nya 201 mm. Jika kita melihat dari dimensinya, Honda BR-V bisa dibilang lebih unggul karena memiliki ukuran bodi dan wheelbase yang lebih besar dibandingkan dengan Honda Mobilio. Hal ini tentu akan menjamin kenyamanan penumpang dengan menawarkan head room dan leg room yang lebih leluasa.

fitur brv otoloka

Interior Honda Mobilio vs Honda BR-V

Bukan hanya bagian eksterior Honda Mobilio yang memiliki bahasa desain sporty, tetapi bagian interiornya juga menggunakan bahasa desain yang sama. Dashboard-nya sendiri menawarkan tiga pilihan warna untuk masing-masing tipenya. Standard Black untuk Tipe S, Black Ivory untuk Tipe E, dan Black with Orange Stitch Line untuk Tipe RS.

kabin mobilio otoloka

Lalu bagaimana dengan fitur hiburannya? Honda Mobilio ini juga dibekali dengan fitur hiburan yang cukup canggih oleh Honda. Masing-masing variannya memiliki head unit yang berbeda, tetapi semuanya memiliki fitur CD atau DVD Player, AM/FM Radio, AUX-IN, Bluetooth, USB Port, Handsfree Telephone serta bisa terkoneksi dengan Smartphone.

Honda BR-V memang sebuah mobil SUV, tetapi bagian kabinnya memiliki model kabin MPV. Mobil ini memiliki konfigurasi 7 penumpang seperti kebanyakan mobil MPV. Berbeda dengan Honda Mobilio, interior Honda BR-V memiliki konsep desain yang lebih menekankan kesan elegan dengan penataan yang rapi dan didominasi dengan warna hitam.

kursi brv otoloka

Untuk fitur hiburan, Honda BR-V mengandalkan head unit Double DIN layar sentuh berukuran 6,1 inci yang dapat digunakan untuk memutar audio. Sayangnya, fitur hiburan yang dimiliki oleh Honda BR-V ini masih kalah jika kita bandingkan dengan Honda Mobilio.

Mesin Honda Mobilio vs Honda BR-V

Honda Mobilio menggunakan mesin L15Z 1.5L 4 Silinder Segaris, 16 Katup yang dilengkapi dengan teknologi Drive By Wire. Mesin berkapasitas 1.496 cc ini dikawinkan dengan dua jenis sistem transmisi, yakni sistem transmisi manual 5 percepatan dan sistem transmisi otomatis CVT dengan Earth Dreams Technology.

mesin mobilio otoloka

Di atas kertas, mesin yang digendong oleh Honda Mobilio ini diketahui bisa mengeluarkan tenaga 118 PS pada putaran mesin 6.600 rpm. Sedangkan torsi yang dikeluarkannya sendiri sebesar 145 Nm pada putaran mesin 4.600 rpm.

Honda BR-V menggunakan mesin dengan kapasitas yang kurang lebih sama dengan Honda Mobilio. Mobil ini mengandalkan mesin L15 1.5 L SOHC 4 Silinder Segaris, 16 Katup i-VTEC berteknologi Drive By Wire. Sama seperti Honda Mobilio, mobil Honda BR-V ini juga menawarkan dua pilihan transmisi, yakni transmisi manual 6 percepatan dan transmisi otomatis CVT with Earth Dreams Technology.

engine brv otoloka

Bicara soal tenaganya, mesin Honda BR-V ini bisa menghasilkan tenaga yang sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan Honda Mobilio. Mesin Honda BR-V diketahui bisa menghasilkan tenaga keluaran sebesar 120 PS pada putaran mesin 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada putaran mesin 4.600 rpm.

Kesimpulan

Honda memasarkan Honda Mobilio dengan kisaran harga Rp207,5 juta hingga Rp263,5 jutaan di Indonesia. Sedangkan Honda BR-V dibanderol dengan kisaran harga yang lebih mahal, yaituRp253,5 jutaan hingga Rp296jutaan.

Jika dibandingkan secara keseluruhan, Honda BR-V memang memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan dengan Honda Mobilio. Mobil ini memiliki kabin yang lebih leluasa, serta tenaga yang lebih besar. Tetapi jika kita bicara soal fitur, sayangnya Honda BR-V masih kalah dari Honda Mobilio. Dengan banderol harga yang lebih tinggi, tentu para konsumen mengharapkan fitur yang lebih dari Honda BR-V.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Honda Mobilio
    Honda Mobilio
    Honda Mobilio
    Angsuran mulai dari:Rp 3,58 Jt/Bln
  • Honda BRV
    Honda BRV
    Honda BRV
    Angsuran mulai dari:Rp 4,85 Jt/Bln
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya