• Home>
  • Review>
  • Honda Mobilio VS Mitsubishi Xpander: Apa Harga Jadi Jaminan Xpander Lebih Oke?
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Honda Mobilio VS Mitsubishi Xpander: Apa Harga Jadi Jaminan Xpander Lebih Oke?

Dilihat 4677
Arief Yuno
9 Feb 2021, 19:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 6

honda mobilio otoloka

Otoloka.id - Nama Honda Mobilio pasti sudah tidak asing di telinga para pecinta otomotif di Tanah Air. Mobil MPV pabrikan Honda ini cukup banyak menarik perhatian ketika diperkenalkan pada tahun 2014 silam. Tetapi di Indonesia sendiri, Honda Mobilio bersaing dengan banyak mobil MPV lain. Salah satunya adalah Mitsubishi Xpander.

xpander otoloka

Bicara soal harga, Mitsubishi Xpander memang dibanderol dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan Honda Mobilio. Tetapi apakah harganya sebanding dengan kualitasnya? Kita akan cari tahu di sini.

Segmentasi Honda Mobilio dan Mitsubishi Xpander

Baik Honda Mobilio maupun Mitsubishi Xpander, keduanya sama-sama mengisi segmen MPV atau Multi Purpose Vehicle di pasar otomotif Tanah Air. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Honda Mobilio sendiri pertama kali hadir pada tahun 2014 lalu dan sudah mengalami dua kali facelift. Facelift pertama dilakukan pada tahun 2017, dan facelift kedua dilakukan pada tahun 2019 lalu.

eksterior mobilio rs

Honda Mobilio ini menyasar konsumen muda di Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari desain eksterior yang diusungnya. Honda Mobilio memiliki desain eksterior yang terkesan sporty, sesuai dengan selera konsumen muda di Indonesia.

Sementara itu, Mitsubishi Xpander yang merupakan MPV andalan Mitsubishi pertama kali hadir dalam ajang Gaikindo International Auto Show (GIIAS) yang digelar pada tahun 2017 lalu. Kesan tangguh, gagah, dan dinamis terlihat jelas dari bahasa desain eksteriornya yang memiliki konsep "Dynamic Shield".

eksterior xpander

Mitsubishi Xpander ini menyasar konsumen muda dewasa yang berusia 30-40 tahun. Mobil ini memang memiliki kabin yang leluasa dan nyaman, sehingga cocok untuk digunakan sebagai mobil keluarga. Selain itu, bagasinya yang juga luas bisa memuat barang bawaan yang cukup banyak.

Eksterior Honda Mobilio vs Mitsubishi Xpander

Honda Mobilio memiliki panjang bodi 4.386 mm, lebar 1.683 mm, dan tinggi 1.603 mm. Mobil ini memiliki ukuran wheelbase atau jarak sumbu roda 2.650 mm dan ground clearance yang cukup tinggi, yakni 189 mm.

depan mobilio rs

Untuk generasi terbaru Honda Mobilio di Indonesia, Honda sudah memperbarui konsep desain dengan ubahan yang cukup signifikan. Honda Mobilio hadir dengan desain yang lebih atraktif berkat head lamp alias lampu utamanya yang menggunakan proyektor LED dengan desain menyipit.

samping mobilio rs

Beralih ke bagian sampingnya, Honda Mobilio terlihat sporty berkat adanya beberapa garis tegas yang memanjang, dipadukan dengan door handle atau pegangan pintu bermaterial chrome. Velg Alloy Wheel berukuran 15 inci yang disematkan Honda pada mobil ini juga membuatnya terlihat semakin maskulin.

depan xpander

Mitsubishi Xpander memiliki ukuran bodi yang lebih besar dibandingkan dengan Honda Mobilio. Mobil ini memiliki panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.695 mm. Sementara itu, wheelbase atau jarak sumbu rodanya sendiri ialah 2.775 mm dan ground clearance-nya 200 mm.

xpander samping

Karena memiliki bodi yang lebih panjang dan lebar dibandingkan dengan Honda Mobilio, serta wheelbase yang juga lebih panjang, maka Mitsubishi Xpander bisa menawarkan kabin yang lebih besar, serta leg room yang lebih leluasa. Selain itu, Mitsubishi Xpander juga lebih tinggi dibandingkan dengan Honda Mobilio, sehingga mobil ini bisa memberikan head room yang juga lebih luas.

Interior Honda Mobilio vs Mitsubishi Xpander

Bagian interior Honda Mobilio juga tidak luput dari pembaruan. Pembaruan ini bisa kita lihat pada bagian dashboard-nya yang menawarkan warna Standard Black, Black Ivory, dan Black with Orange Stitch Line.

mobilio interior

Bicara soal fitur hiburannya, Honda Mobilio memang memiliki fitur hiburan yang cukup canggih dan berbeda-beda pada setiap variannya. Honda Mobilio Tipe E dilengkapi dengan head unit layar sentuh 6,2 inci dengan teknologi resistive, sedangkan Honda Mobilio tipe S dibekali dengan head unit 2DIN Audio.

Sementara itu, Honda Mobilio Tipe RS sebagai tipe tertingginya dibekali dengan head unit Capacitive Touchscreen Display berukuran 8 inci. Semua head unit Honda Mobilio bisa digunakan untuk memutar audio, radio, dan dilengkapi dengan fitur konektivitas seperti Bluetooth, USB Port, dan Smartphone Connectivity.

interior xpander

Soal fitur hiburannya, Mitsubishi Xpander harus kalah dari Honda Mobilio. Mobil ini sendiri memiliki dua jenis head unit, yaitu head unit 2DIN layar sentuh berukuran 6,2 inci untuk tipe Ultimate, dan 2DIN tanpa layar sentuh untuk tipe Sport, GLS, serta Exceed.

fitur xpander

Kendati demikian, Mitsubishi Xpander memang unggul dalam hal ruang kabinnya. Selain memiliki ruang kabin dan bagasi yang leluasa, mobil ini juga diklaim memiliki tingkat kebisingan yang rendah sehingga bisa menambah kenyamanan para penumpangnya.

Mesin Honda Mobilio vs Mitsubishi Xpander

Sekarang mari kita bahas soal mesin. Honda Mobilio menggendong mesin L15Z 4 silinder segaris, 16 valve dengan teknologi Drive By Wire (DBW). Mesinnya ini berkapasitas 1.496 cc atau setara dengan sekitar 1,5 liter dan dikawinkan dengan dua pilihan sistem transmisi, yakni transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis CVT with Earth Dreams Technology. 

mesin mobilio

Mesin ini diketahui bisa mengeluarkan tenaga 118 PS pada putaran mesin 6.600 rpm dan torsi sebesar 145 Nm pada putaran mesin 4.600 rpm.

Sama seperti Honda Mobilio, mesin Mitsubishi Xpander ini memiliki kapasitas 1,5 liter. Mitsubishi Xpander menggunakan mesin 4A91 1.5L MIVEC DOHC 16-Valve yang dipadukan dengan sistem transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

mesin xpander

Mesin Mitsubishi Xpander ini diketahui bisa menghasilkan tenaga sebesar 104 PS pada putaran mesin 6.000 rpm. Sementara itu, torsinya sendiri bisa mencapai 141 Nm pada putaran mesin 4.000 rpm.

Kesimpulan

Honda Mobilio saat ini dipasarkan dengan harga Rp207,5 juta hingga Rp263,5 jutaan di Indonesia. Sedangkan Mitsubishi Xpander sendiri dibanderol dengan harga yang lebih mahal, yakni Rp220,8 jutaan hingga Rp278,1 jutaan.

Setelah membandingkan Honda Mobilio dan Mitsubishi Xpander, bisa kita lihat bahwa Honda Mobilio memang lebih unggul. Dari segi desain, fitur, serta tenaga, Honda Mobilio menawarkan kualitas yang lebih dibanding Mitsubishi Xpander, dan dengan harga yang lebih murah. Tetapi perlu diakui bahwa dari segi dimensi dan keleluasaan kabinnya, Mitsubishi Xpander memang lebih unggul.

  • Suka 6
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya