• Home>
  • Review>
  • Honda Monkey 125, Monyet Mungil Nan Legendaris
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Honda Monkey 125, Monyet Mungil Nan Legendaris

Dilihat 5603
Adit
27 Des 2020, 11:30
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Honda Monkey 125

Otoloka.id - Pertama kali muncul di pameran Intermot di Jerman, Honda Monkey reborn langsung membuat banyak orang kepincut. Tidaklah mengherankan, karena memang Monkey lawas sudah populer di segenap penjuru bumi. 

Hebatnya lagi, bukan cuma di benua Asia, Eropa dan Amerika juga telah akrab dengan motor mungil dan kompak bernama Monkey. Kelahiran kembali Monkey membawa sejumlah penyempurnaan. Menjadikannya sebagai motor jalan raya yang sangat tepat dikendarai di kawasan urban.

Honda Monkey 125

Pada akhirnya tanpa disangka, PT Astra Honda Motor (AHM) ikut memasarkan Honda Monkey di Indonesia. Awalnya motor Monkey dimasukkan ke Indonesia oleh IU (Importir Umum), dengan memboyong harga fantastis. Dengan ikutnya AHM menjual Honda Monkey, maka harga jual pun berhasil tereduksi.

Overview Honda Monkey

Diperhatikan dari bobotnya, motor mungil ini memiliki berat sekitar 107 kg dan mempunyai jarak sumbu roda 1.181 mm. Tinggi Honda Monkey 777 mm, joknya yang juga tinggi menggunakan material tebal dan empuk. 

Honda Monkey 125

Karena itulah, membuat posisi berkendara motor tidaklah terlalu menyulitkan. Artinya, buat tinggi rata-rata orang dewasa di Indonesia, tentu masih bisa menikmatinya. Setang pun diposisikan agak tinggi, membuat handling lebih nyaman dan luwes. 

Velg Honda Monkey berukuran 12 inci, dengan desain 10 palang berbalut ban relatif tebal berukuran 120/80 di depan, dan 130/80 ban belakang. Ban tersebut lebih cocok untuk pemakaian di jalan mulus. Tampilan itu meningkatkan aura retro, sekaligus nilai fungsional dalam mengendarai dan mengendalikannya.

Honda Monkey 125

Bila diperhatikan, elemen menarik dari tampilan luar motor Monkey adalah adanya lengan ayun, dan suspensi depan memakai warna senada warna bodi. Jadi meski dimensi terbatas, warna bisa terlihat lebih penuh. 

Warna putih yang membalur tangki bagian bawah, seolah menguatkan aura klasik. Elemen klasik lain juga terdeteksi, pada komponen lampu depan, spion dan lampu belakang yang membawa desain bulat. Desain lampu dan sein belakang menyatu, ciptakan aroma sangat retro. Lapisan chrome juga dapat dijumpai pada sejumlah bagian motor Monkey.

Honda Monkey 125

Mungkin ada yang sedikit berbeda dari Monkey baru dengan pendahulunya. Apakah itu? Tampaknya Monkey baru kurang cocok kalau disebut mini trail. Honda Monkey baru lebih cocok dijuluki mini ADV, dengan utama penggunaan di kawasan urban, sesekali ke wilayah sub-urban. Sebab tak tersedia pelat pelindung, yang memproteksi bagian bawah mesin. 

Varian Honda Monkey

Sejauh ini Honda Monkey baru tersedia dalam satu varian, Standard. Karena kendati Monkey baru sarat dengan nilai modern, namun tak dapat dipungkiri, kalau Monkey baru tetaplah menjual dengan penampilan retronya. Ditinjau berbagai aspek, Monkey baru tetap dominan bentuk bundar dan minim sudut.

Honda Monkey 125

Warnanya dipermanis kelir putih dan membawa desain retro pada tangki. Meskipun secara warna, terdapat tiga warna utama pada Honda Monkey. Yaitu Banana Yellow, Pearl Glittering Blue dan Pearl Nebula Red. Walaupun bisa dikatakan warna merah sangat ikonik, dan kelir kuning tampil sangatlah menarik.

Fitur Honda Monkey

Terdapat beberapa fitur modern yang disematkan pada Honda Monkey yang sudah menyesuaikan dengan kebutuhan terkini. Daftar fitur keselamatan Monkey mencakup Street Riding Modes, dan Pass Switch. Untuk lebih menjamin keselamatan, ada fitur pengereman dengan antilock brake system (ABS) ABS, dan Engine Check Warning.

Honda Monkey 125

Sementara fitur pendukung sasis, suspensi dan rem motor ini meliputi Twin Shock Rear Suspension, Telescopic Fork Front Suspension, Backbone Body Frame Type, Single Seat Seat Type, Disc Front Brake dan Disc Rear Brake, Steel Body Frame Material.

Fitur di kokpit, memiliki panel meter yang sudah digital, dengan bodi bulat. Meliputi Odometer digital, dua Tripmeter, Digital Fuel Gauge, spidometer digital dan layar display. Selain itu, Honda juga telah melengkapi Monkey baru dengan lampu LED. Bukan cuma lampu depan, lampu belakang dan stoplamp sudah full LED hemat daya.

Honda Monkey 125Motor yang sudah bisa distarter elektrik ini menggunakan rem cakram 220 mm di depan dan 190 mm di belakang, yang sudah terkoneksi dengan sistem ABS. Suspensi depan Monkey upside down dan suspensi belakang mengunakan suspensi ganda 104 mm, terbilang cukup untuk peredaman motor berukuran mini.

Mesin & Konsumsi BBM 

Dapur pacu Honda Monkey yang berkapasitas 125 cc berkode MSX125, sama persis dengan kapasitas mesin milik Super Cub yang telah lebih dulu muncul. Racikan tenaga yang dimuntahkan sebesar 9,6 hp/7.000 rpm, dan torsi 10,5 Nm/5.500 rpm. Lontaran tenaga sebesar ini tergolong lumayan buat motor seukurannya. 

Honda Monkey 125

Dengan adanya pendingin udara yang sudah disematkan, tak lupa sistem suplai bahan bakar motor ini sudah menerapkan teknologi injeksi (PGM-FI) mesin 125 cc 1 cylinder. Menyesuaikan dengan produk lain yang juga sudah menerapkan teknologi injeksi. 

Lucunya, penyalur tenaga motor ini tetap mengandalkan gearbox manual 4-speed dengan tuas kopling. Dan sepertinya transmisi manual tersebut lumayan bakal merepotkan sejumlah pengguna yang ingin berkendara santai dengan Monkey. Sebab Honda Super Cub C125 saja tidak menggunakan tuas kopling. Kendati begitu, itu menjadi daya tarik tersendiri bagi yang mencari sensasi nostalgia.

Honda Monkey 125

Tangki bahan bakar Honda Monkey bisa diisi penuh sampai kapasitas 5,6 liter. Kabar menarik dari tunggangan ini, klaim konsumsi bahan bakar Honda Monkey di benua Eropa, tercatat bisa menempuh jarak 67 km, dengan asupan satu liter bensin. Berarti, apabila mengacu dari data tersebut, jarak lebih dari 350 km bisa ditempuh oleh Monkey, dengan tangki terisi penuh.

Harga Honda Monkey

Sebagai produk CBU juga, Harga Honda Monkey di Indonesia banderolnya tak jauh berbeda dari Honda Super Cub. Harga Honda Monkey Rp77,85 juta On The Road (OTR) Jakarta untuk harga terbaru. 

Honda Monkey 125

Wajar saja angka tersebut terasa mahal bagi orang kebanyakan. Namun untuk pehobi motor kecil dan kolektor, harga tersebut sangatlah menggugah. Nilai jual semakin bertambah, ketika tampilan retro yang melekat begitu dipertahankan. Tetapi Honda Monkey sudah mengadopsi ragam teknologi modern yang dibutuhkan saat ini.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya