• Home>
  • Review>
  • Honda Vario 150 Skutik Tangguh Untuk Harian, Ini Kelebihannya!
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Honda Vario 150 Skutik Tangguh Untuk Harian, Ini Kelebihannya!

Dilihat 1967
Ismet
14 Feb 2021, 15:46
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Honda Vario 150 merupakan skutik Honda pertama yang mengusung mesin 150cc di Indonesia. Awal kemunculannya di awal tahun 2015 sempat menyita perhatian publik meski sebagian masyarakat kurang antusias, karena secara fisik wujudnya sama dengan Vario 125.

Kehadiran Honda Vario 150 cc merupakan bagian dari strategi khas Honda yakni dengan menghadirkan produk satu platform yang diproduksi dengan beberapa model. Hasilnya pun selama ini strategi itu cukup tokcer.

Sebut saja seperti Honda Vario 125 sebagai turunan dari PCX 125, Honda CB150R (naked) dengan Honda CBR150R (full fairing).

Honda Vario 150 Merupakan Produk Turunan dari PCX150

Perlu diketahui juga, Honda Vario 150 menjadi skutik berkapasitas mesin 150cc pertama yang diproduksi di Indonesia. Kala itu, Honda Vario 150 otomatis menjadi produk skutik premium dari Honda sebelum akhirnya tergantikan oleh PCX150 yang produksinya akhirnya dilokalkan untuk bisa bersaing dengan Yamaha Nmax.

Baca juga: Lebih Dekat Dengan Honda Scoopy 2021, Ini Kelebihannya

Honda Vario 150 mempunyai desain sporti dengan cover stang yang lebih ramping dengan panel berkarakter sport, rear fender yang memiliki lampu sein terpisah dengan lampu belakang, serta diperkaya warna bodi monotone yang berkelas.

Teknologi Honda Vario 150

Model ini hadir semakin canggih melalui fitur baru full digital panel meter dengan multi informasi dan penyematan fitur baru seperti New Honda Smart Key System yang terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm. Kesan eksklusif pun hadir dengan lampu LED di semua sistem pencahayaan serta cover muffler dan pilion step yang dilapisi dengan alumunium.

Secara segmentasi, Honda Vario 150 berhadapan langsung dengan kompetitor sekelasnya, yakni Yamaha Aerox. Fitur Idling Stop System (ISS) yang dimiliki Vario 150 tak dimiliki oleh Aerox. Teknologi ISS ini membuat Vario 150 menghasilkan konsumsi BBM teririt di kelasnya sebesar 46,9 km/liter (metode ECE R40 Euro 3) dengan hasil emisi gas buang yang lebih baik dari standar emisi EURO 3.

Fitur ISS ini sangat penting untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Cara kerjanya dengan memadamkan mesin secara otomatis saat motor berhenti di lampu merah atau kemacetan. Fitur ini juga akan menghidupkan mesin secara otomatis sesaat tuas gas diputar saat pengendara hendak melanjutkan perjalanan.

Sementara pada Yamaha Aerox terdapat fitur SSS (istilah penyebutan Yamaha) yang tak lain adalah fitur serupa. Namun fitur SSS ini tidak ada pada varian Aerox standar dan R Version. Fitur ini hanya ada pada varian Aerox S Version yang harganya lebih paling mahal.

Dimensi dan Desain Honda Vario 150

Bicara mengenai dimensi Honda Vario 150 yang ringkas juga jadi salah satu kelebihan. Skutik Honda lebih mudah diajak bermanuver di jalanan padat. Dengan panjang 1.919 mm, lebar 679 mm, dan tinggi 1.062 mm, Honda vario 150 akan menjadi kendaraan yang bersahabat untuk menemani mobilitas sehari-hari.

Berbeda dengan Yamaha Aerox yang memiliki dimensi panjang 1.990 mm, lebar 700 mm, dan tinggi 1.125 mm. Itu berarti Honda Vario 150 dimensinya lebih ringkas dibanding Aerox.

Ukuran bodi yang pas ditopang dengan ban yang besar, depan 90/80 dan belakang 100/80 memberikan kemudahan. Velg pun kini tampil baru dengan desain sporti. Sistem pengereman lebih nyaman dengan disematkan Wavy Disc Brake berukuran 190 mm dan semakin optimal dengan kehadiran teknologi Combi Brake System (CBS) membantu menyeimbangkan pengereman roda belakang dan depan secara lebih optimal.

Honda Smart Technology pun tetap dipertahankan pada All New Honda Vario 150 dari generasi sebelumnya, teknologi eSP pada mesin 150cc berhasil membuktikan pembakaran yang efisien dan minim gesekan untuk mengurangi resiko terbuang percuma serta mampu menghasilkan performa berkendara yang optimal.

ACG Starter yang terintergrasi pada teknologi eSP mampu menghidupkan mesin dengan suara yang lebih halus saat pertama dinyalakan. Teknologi ini menjadi dasar pengaplikasian fitur canggih Idling Stop System (ISS) yang secara otomatis mematikan mesian saat mesin berhenti bekerja lebih dari 3 detik dan hanya perlu menarik tuas gas untuk dapat menghidupkan mesin kembali.

Baca juga: Suka Berpetualang? Intip Dulu Kelebihan Honda CRF150L

Selain itu, All New Honda Vario 150 juga dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan yang canggih lainnya yaitu standar otomatis (Side Stand Switch) yang mana mesin tidak dapat dinyalakan apabila posisi standar dalam kondisi turun.

Brake Lock System mencegah motor loncat saat dinyalakan atau motor tetap dalam keadaan diam saat pengendara berhenti di jalanan menanjak.

Kelebihan Honda Vario 150

Untuk menunjang aktivitas sehari-hari, All New Honda Vario 150 memiliki kapasitas bagasi terbesar yaitu 18 liter yang dapat menyimpan helm standar.

Kelebihan lain dari Honda Vario 150, mudah ditunggangi oleh siapa saja. Hal ini dikarenakan tinggi jok yang cuma 769 mm. Memang sedikit lebih tinggi dibanding jok Honda Beat yang hanya 740 mm. Namun dengan ukuran tinggi jok tersebut Honda Vario 150 dirasa masih wajar dan nyaman untuk ditunggangi.

Pihak AHM mengklaim bahwa Honda Vario 150 eSP ini memiliki performa tinggi jauh di atas motor skutik lainnya. Pada jarak 0-200 m, All New Honda Vario 150 eSP mampu mencatat waktu 11,9 detik dengan top speed 102 km/jam.

Kelebihan terakhir dari Honda Vario 150 adalah harganya lebih terjangkau dibanding kompetitor. Honda Vario 150 dijual Rp24,150 juta (OTR Jakarta) dan cuma ada satu varian. Honda pun menghadirkan 6 pilihan warna, yakni Sporty Black Red, Sporty White Red, Exclusive Matte Black, Exclusive Matte Silver, Exclusive Matte Brown dan Exclusive Matte Red.

Coba bandingkan dengan Yamaha Aerox yang harganya mulai Rp 24,795 juta (OTR Jakarta). Sekilas tidak beda jauh, tapi jangan lupa bahwa Aerox standar atau termurah tak banyak memiliki fitur.

Untuk mendapatkan fitur keyless, SSS, answer back system, dan lain-lain pada Aerox, Anda harus menebus Aerox S Version yang dibanderol mencapai Rp 28,565 juta (OTR Jakarta).

[DeF]

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya