• Home>
  • Review>
  • Hyundai Santa Fe Mesin Bensin Ketika Diajak Jauh Menjelajah
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Hyundai Santa Fe Mesin Bensin Ketika Diajak Jauh Menjelajah

Ismet
2022-05-18 16:17:45
loading...

Otoloka.id- Kehadiran Hyundai Santa Fe di Indonesia memang memberikan warna tersendiri di kelas Sport Utility Vehicle (SUV). Apalagi, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) juga memberikan dua pilihan mesin, yakni mesin bensin Theta II berkapasitas 2.497cc dan mesin diesel berkapasitas 2.151cc berteknologi CRDi.

HMID menawarkan Hyundai Santa Fe ini pada tahun 2021 lalu. Kala itu, tim Otoloka berkesempatan menjajal Santa Fe bermesin diesel. Sementara pada libur Lebaran beberapa waktu, tim Otoloka berkesempatan merasakan mobil bongsor bermesin bensin untuk menikmati perjalanan mudik ke kampung halaman.

Keseruan perjalanan mudik kami dimulai dari Jakarta menuju Bandung, berlanjut ke daerah Indramayu dan Cirebon untuk bersilaturahmi dengan keluarga besar. Menariknya, kami pun bisa ikut menjajal jalur tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

Jalur tol Cisumdawu ini dibuka sebagai jalur fungsional mudik Lebaran 2022 dari Bandung arah Cirebon meski beroperasi dengan ketentuan khusus. Meski belum diaktifkan hingga gerbang tol Dawuan, tim Otoloka bisa menikmati jalur tol ini hingga gerbang tol Cimalaka di wilayah Sumedang-Jawa Barat.

Bagaimana pengalaman seru kami mudik dengan Hyundai Santa Fe? Berikut ulasannya.

Eksterior

Jika dibandingkan dengan model sebelumnya, SUV ini mengalami ubahan yang cukup signifikan. Untuk sekadar julukan all-new, SUV 7 seater ini memiliki penyegaran yang luar biasa.

Ubahan minimalis terjadi di tampilan grille lebar dan menyatu dengan lampu depan yang khas, Hyundai Santa Fe berhasil memberikan nuansa baru di bagian depan yang sangat tegas dan juga sporty.

Bagian samping mobil ini juga dirancang dengan konsep proporsional yang sangat dinamis. Meski secara bentuk masih sangat mudah dikenali bahwa mobil ini adalah Hyundai Santa Fe, namun penyegaran pada tarikan garis bodi terasa lebih menarik.

Interior

Hyundai menata SUV ini agar memiliki kenyamanan di dalam kabin mumpuni. Hal ini berkat desain dan material interior yang mewah.

Tak hanya itu, terdapat konsol tengah juga dengan konsep bridge-type high console, disempurnakan dengan tombol transmisi shift-by-wire semakin mendefinisikan citra sebagai sebuah SUV yang stylish dan mewah.

Mobil ini telah dibekali sejumlah fitur keamanan untuk melindungi pengendara dan penumpangnya. Salah satu teknologi keamanan yang menjadi keunggulan yaitu adanya fitur Forward Collision-Avoidance Assist (FCA), yaitu sebuah sistem yang secara otomatis memberikan peringatan akan adanya potensi risiko tabrakan dari arah depan dan jika diperlukan, akan secara otomatis mengaktifkan rem apabila sistem tersebut menilai benturan akan terjadi dengan kendaraan dan juga pejalan kaki yang ada di area depan mobil.

Fitur Unggulan

Hyundai mempersenjatai mobil ini dengan beragam fitur-fitur modern, seperti Blind-spot Collision-Avoidance Assist, Blind-spot Monitor, Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist, Lane Keeping Assist, Lane Following Assist.

Selain itu ada juga Safe Exit Assist, Rear Occupant Alert, High Beam Assist, Surround View Monitor, Drive Attention Warning, Tire Pressure Monitoring System, Downhill Brake Control, dan Hill Start Assist.

Performa Mesin

Hyundai Santa Fe yang digunakan tim Otoloka adalah tipe mesin bensin. Secara spesifikasi, ruang bakarnya berkapasitas 2.497cc, 4 silinder segaris. Seluruh performa disalurkan melalui sistem transmisi otomatis 6-percepatan.

Data menyebutkan bahwa mesin bensin tersebut memiliki tenaga 180 dk dan torsi 232 Nm. Sebenarnya masih terasa kurang jika dibandingkan dengan versi diesel yang mempunyai tenaga 202 dk serta torsi 440 Nm.

Apalagi saat melewati rute tol Cisumdawu, kontur jalanan yang banyak tanjakan, tenaga mesin dirasakan kurang galak dibanding mesin diesel. Namun secara kenyamanan, teknologi mesin Multi-Point Injection (MPI) yang diterapkan pada Santa Fe mesin bensin ini sangat memengaruhi. Mesin sama sekali tidak ada getaran dan suaranya pun sangat halus.

Selain itu, power yang dihasilkan juga masih cukup natural jika dibandingkan SUV kompetitor. Pasalnya, Santa Fe bensin ini mengandalkan mesin yang tidak dibantu dengan turbo, sehingga putaran mesin yang dihasilkan memberikan sensasi berkendara lebih fun to drive.

Performa mesinnya ini juga didukung teknologi Drive Mode yang membantu pengendalian lebih mantap. Pilihan drive mode terdiri dari Comfort, Eco, Sport dan Smart.

Kesimpulan

Dari pengalaman kami, Hyundai Santa Fe mesin bensin ini lebih cocok untuk berkendara santai dan tidak banyak melalui medan yang sulit agar tidak membutuhkan tenaga yang besar. Jika anda sering melewati jalur cukup berat dan lebih senang dengan tenaga yang lebih melimpah, bila mesin diesel rasanya lebih pas.

Meski begitu, mesin bensin masih terbilang sangat nyaman untuk dibawa perjalanan jauh. Tenaga mesin yang disalurkan pada roda dari mesinnya ini terasa linear dari injakan pedal gas.

Sedangkan untuk hasil pengetesan konsumsi bahan bakar, Hyundai Santa Fe mesin bensin ini berhasil mencatatkan angka rata-rata 10 km per liter untuk jalur padat atau perkotaan. Melihat kondisi lalu lintas sepanjang Jakarta-Bandung-Cirebon di masa libur lebaran kemarin, cukup sulit rasanya untuk meraih capaian konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi.

Daftar Harga Hyundai Santa Fe:

• Gasoline 2.5 6AT Style: Rp 569 juta (OTR Jakarta)
• Gasoline 2.5 6AT Prime: Rp 599 juta(OTR Jakarta)
• Gasoline 2.5 6AT Signature: Rp 678 juta(OTR Jakarta)
• Diesel 2.2 8AT Style: Rp 629 juta(OTR Jakarta)
• Diesel 2.2 8AT Prime: Rp 659 juta(OTR Jakarta)
• Diesel 2.2 8AT Signature: Rp 729 juta(OTR Jakarta)


Ikuti media sosial kita:
  • loading...
  • Suka 2
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Simulasi KreditSimulasi Asuransi
    *Tipe mobil
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan(Tahun)
    Silahkan pilih masa cicilan
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Hitung
    Reset