• Home>
  • Review>
  • Ingin Meminang Mobil Bekas Taksi, Cek Dahulu Kelebihan dan Kekurangannya

Ingin Meminang Mobil Bekas Taksi, Cek Dahulu Kelebihan dan Kekurangannya

  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins
EKO
30 Nov 2021, 17:42
  • Suka 0

Otoloka.id- Jika punya keinginan memiliki mobil, namun dana yang dimiliki terbatas, salah satu yang jadi pertimbangan konsumen adalah mencari mobil yang bekas pakai.

Meski berstatus sebagai mobil bekas, nyatanya beberapa model dari suatu produk memiliki harga jual yang tetap tinggi. Nah, salah satu alternatifnya adalah dengan mencari mobil bekas armada taksi.

Setiap perusahaan taksi, biasanya memberi jangka waktu pada setiap armadanya dengan waktu lima tahun pemakaian. Lalu, ketika sudah mencapai kurun waktu lima tahun pemakaian, armada tersebut akan dijual.

Untuk menjual mobil bekas armadanya, perusahaan taksi akan mengubah tampilan sesuai standar dengan melepas setiap atribut taksi, melakukan servis secara menyeluruh, dan mengganti kelir dari tiap unit yang sebelumnya dicat senada dengan warna khas perusahaan.

Plat nomor yang berwarna kuning pun, telah diurus oleh perusahaan taksi menjadi berwarna hitam. Hal itu berarti, armada yang tadinya sebagai kendaraan penumpang umum, berubah menjadi kendaraan pribadi.

Dengan segala perbaikan yang dilakukan perusahaan taksi terhadap unit yang akan dijual, tentu saja menjadi sesuatu yang menggiurkan untuk dibeli. Apalagi, harga jualnya cukup terjangkau.

Baca juga: Ada 12 Varian Tipe Daihatsu Ayla, Pilih Mana?

Namun, ada beberapa kekurangan juga yang pastinya menghantui apabila kita akan meminang mobil bekas taksi ini. Apa saja itu? Mari kita kulik lebih dalam mengenai kelebihan dan kekurangan mobil bekas taksi.

Kelebihan Mobil Bekas Taksi

1. Harga Murah

Harga yang murah, menjadi salah satu yang mencuri perhatian dalam meminang mobil bekas. Khusus untuk mobil bekas taksi, harga yang ditawarkan biasanya lebih murah dibanding mobil sejenis yang dijual secara pribadi.

Toyota Alphard tipe X, di situs jual beli eks taksi Blue Bird dijual dengan harga mulai dari Rp210 juta. Sementara untuk penjualan bekas pribadi, Alphard varian yang sama, dijual mulai dari Rp290 jutaan.

Apabila konsumen telah menetapkan suatu dana untuk membeli mobil bekas, dan membeli mobil bekas taksi yang lebih murah. Tentu saja, uang sisanya dapat digunakan untuk keperluan lain, modifikasi misalnya.

2. Bisa Langsung Pakai

Sebagai kendaraan yang setiap hari berkelana di jalanan, tentu saja perawatan dan servis rutin selalu dilakukan oleh perusahaan taksi. Jadi memang performa dari komponen mesin dan bagian penunjangnya selalu diperiksa.

Baca juga: Fitur Toyota Raize 1.0 Turbo Hingga Raize GR Sport

Pun dengan menjual mobil bekasnya, perusahaan taksi pasti akan mengecek setiap bagian dan komponen unit bekas tersebut sebelum dijual. Jadi, pembeli bisa langsung memakainya. Dan yang menjadi nilai plus adalah, tiap perusahaan bisanya memberikan garansi terkait unit bekas yang dijual.

Kekurangan Mobil Bekas Taksi

1. Mobil Capek

Mobil taksi setiap hari selalu saja berkeliling jalanan, dalam durasi yang lama. Oleh karena itu, mobil taksi dikenal dengan mobil capek.

Untuk mengetahuinya, mudah sekali yaitu tinggal melihat dari jarak tempuhnya. Selain melihat jarak tempuh, bisa juga untuk melihat service record dari mobil bekas taksi tersebut.

2. Minim Fitur

Karena hanya berfungsi untuk mengantar penumpang, biasanya mobil taksi yang dipakai menggunakan varian tipe yang terendah. Jelas dengan varian terendah sudah pasti fiturnya minim.

Contohnya seperti Toyota Vios yang menjadi armada taksi dengan nama Limo, yang tak memiliki power window, masih menggunakan velg kaleng, dan head unit standar.

Toyota Alphard yang menjadi armada taksi mewah Blue Bird Group, juga menggunakan varian terendah yaitu tipe X.

Baca juga: Kelebihan Toyota Kijang Krista, Pernah Jadi Salah Satu yang Termewah

3. Butuh Modifikasi

Ini lebih ke selera pribadi sih, karena mobil bekas taksi biasanya menggunakan varian tipe terendah yang minim fitur, tentu saja kita perlu melakukan sedikit modifikasi. Tapi, kalau sudah puas dengan fitur bawaan dari mobil bekas taksi yang dijual, itu juga tak apa.

Kesimpulan

Untuk meminang mobil bekas armada taksi memang ngeri-ngeri sedap. Pasalnya, sewaktu masih menjadi armada taksi, kita tak tahu bagaimana cara supir membawa mobil tersebut apakah kalem atau agresif.

Belum lagi, karena fitur yang minim, kita perlu merogoh kocek untuk melakukan modifikasi yang sesuai dengan personal kita. 

Untungnya, harga jual dari mobil bekas taksi yang di bawah rata-rata. Jadi jika membelinya, masih menyisakan uang untuk keperluan modifikasi atau kebutuhan lain.

Karena memang dijadikan mobil capek, otomatis bnyak komponen mesin atau komponen lain yang sering diganti. Hal ini bisa menjadi keuntungan juga karena kondisi mobil sering diperiksa. 

Belum tentu juga mobil bekas yang dijual secara pribadi akan rutin diperiksa.

Jadi, memang untuk membeli mobil bekas taksi harus lihat unitnya terlebih dahulu, lalu mengecek bagian-bagian yang penting seperti mesin dan kaki-kaki. Setelah itu dites jalan untuk mengetahui kondisinya saat dipakai. 

Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan