• Home>
  • Review>
  • Ini Dia Lima Generasi Honda CR-V, Salah Satu SUV Terlaris di Indonesia
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Ini Dia Lima Generasi Honda CR-V, Salah Satu SUV Terlaris di Indonesia

Tri Gusti
2022-03-06 13:49:30
Tri Gusti
loading...

Otoloka.id - Tepat di tahun 2020 lalu, Honda merayakan 25 tahun eksistensi dari produk SUV mereka yakni Honda CR-V. Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 1995, CR-V masih tetap eksis dan telah mengalami beragam perubahan dan penyempurnaan pada setiap generasinya.

Hingga penggunaan mesin hybrid pada Honda CR-V yang baru saja diperkenalkan di Cina tahun lalu. Perjalanan CR-V dimulai pada tahun 1995, kala itu SUV ini diluncurkan untuk pasar Jepang yang kemudian merambah pasar Amerika Utara dan sejumlah negara lainnya.

Perjalanan CR-V terus berlanjut, dan menjadi salah satu model SUV yang laris di Indonesia. Honda CR-V memiliki kepanjangan dari “Comfortable Runabout Vehicle” yang berarti kendaraan yang praktis dan juga nyaman.

Buat kalian yang belum mengetahui perjalanan Honda CR-V, simak ulasan ini sampai habis:

1. Generasi Pertama Honda CR-V

Generasi pertama dari CR-V rilis pada tahun 1995. SUV ini merupakan karya Hiroyuki Kawase yang berada dibalik desain CR-V. Mobil ini diluncurkan secara ekslusif di dealer Honda Verno yang berlokasi di Jepang.

Setahun kemudian, Honda CR-V meluncur di ajang Chicago Auto Show 1996 sampai akhirnya diproduksi massal pada Februari 1997 di Amerika Serikat.

Baca juga: Fortuner vs Innova, Antara Medium SUV dan MPV Kompak Toyota

Saat pertama kali meluncur, Honda CR-V hanya memiliki satu varian yakni tipe LX yang didukung mesin berkapasitas 2.0L dengan tenaga 126 hp pada 5.400 rpm dan torsi 180 Nm pada 4.800 rpm.

2. Generasi Kedua Honda CR-V Rilis di 2001

Lalu, generasi kedua dari Honda CR-V diperkenalkan pada tahun 2001 dengan mengusung berbagai perubahan. Namun pabrikan tetap mempertahankan efisiensi bahan bakar dari model sebelumnya berkat dukungan mesin Honda i-VTEC.

3. Generasi Honda CR-V Ke-3

Perjalanan Honda CR-V generasi ketiga berlanjut, rilis di tahun 2006 lalu di Amerika Serikat. Pada generasi ketiga ini sudah didukung oleh mesin berkapasitas 2.4L dengan tenaga 166 hp pada 5.800 rpm, dan torsi 218 Nm pada 4.200 rpm.

Untuk pertama kalinya di tahun 2006, Honda CR-V memiliki varian mesin diesel yang kemudian dijual di pasar Eropa.

4. Generasi Honda CR-V Ke-4 Meluncur di 2011

Pada tahun 2011, generasi keempat dari Honda CR-V ditampilkan sebagai mobil konsep pada Orange County International Auto Show. Masih didukung dengan mesin yang sama dengan generasi sebelumnya, tetapi dengan tenaga yang lebih besar hingga mencapai 185 hp.

5. Honda CR-V Generasi Kelima Mengaspal di 2016 

Beralih ke Honda CR-V generasi kelima, Honda mulai meluncurkan produknya itu pada tahun 2016 lalu untuk pertama kalinya menawarkan kabin dengan kapasitas 7-penumpang.

Didukung dengan mesin 2.4L dengan Earth Dreams Technology yang melahirkan tenaga sebesar 184 hp. Lalu terdapat pula varian mesin lainnya yakni VTEC Turbo 1.5L dengan tenaga 190 hp sehingga mampu mencapai torsi 2.000 – 5.000 rpm. 

Baca juga: Toyota Camry Vs Honda Accord: Rival Abadi di Segmen Mid-Size Sedan

Di ajang Beijing International Automotive Exhibition 2020, Honda juga menampilkan Honda CR-V PHEV yang dilengkapi dengan sistem Plug-in Hybrid yang menggunakan 2-mesin Hybrid asli Honda yakni Sporty Hybrid i-MMD. 

Honda CR-V PHEV akan direncanakan untuk dijual di pasar otomotif Cina pada Januari 2021. Hingga saat ini, penjualan Honda CR-V di Indonesia telah mencapai 217.099 unit sejak pertama kali diluncurkan pada September tahun 2000.

Penjualan Honda secara total pada bulan September 2020 pun kembali naik sebesar 20% dari pada bulan sebelumnya.

Ikuti media sosial kita:
  • FollowFavorite
  • LIKESuka 1
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

  • Honda CRV
    Honda CRV
    Honda CRV
    DP Mulai Dari:Rp 10,39 Jt/Bln

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Simulasi KreditSimulasi Asuransi
    *Tipe mobil
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan(Tahun)
    Silahkan pilih masa cicilan
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Hitung
    Reset