• Home>
  • Review>
  • Inilah 5 Mobil MPV yang Cocok untuk Dibawa Liburan
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Inilah 5 Mobil MPV yang Cocok untuk Dibawa Liburan

Dilihat 7433
Alun Segoro
30 Des 2020, 22:46
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 1

Otoloka.id - Liburan akhir tahun sudah tiba. Banyak orang yang sudah mulai bepergian menggunakan mobil untuk menikmatinya. Dalam mengisi liburan, sejauh ini mobil pribadi dipandang lebih nyaman dibanding menggunakan kendaraan umum. Baik itu untuk liburan bersama keluarga, maupun bareng teman-teman. 

Komentari mengenai tipe mobil apa yang dianggap tepat untuk digunakan sebagai mobil pilihan keluarga. Maka mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) acapkali menjadi pilihan banyak orang. Lantaran mobil tipe MPV telah ditunjang dengan ruang kabin yang lapang untuk menampung penumpang, dan barang-barang. Pasalnya mobil MPV diseting mempunyai konfigurasi 7 (tujuh) penumpang. 

Baca juga : Toyota Land Cruiser Akan Disuntik Mati Setelah 2021

Selain itu, mesin mobil MPV juga terbilang cukup bertenaga, dengan konsumsi bahan bakar yang hemat. Sehingga menjadi pertimbangan yang lumayan penting, buat para konsumen dalam memilih kendaraan roda empat. 

Nah, bagi yang berniat untuk membeli mobil dalam waktu dekat atau ingin menyewa kendaraan untuk digunakan pada saat liburan, berikut ini rekomendasi mobil MPV yang cocok untuk liburan. Dimana di antaranya adalah: 

1. Toyota Avanza

Toyota Avanza

Mungkin sempat mendengar julukan mobil sejuta umat? Itulah Toyota Avanza. Memang sejauh ini mobil Avanza menjadi pilihan kendaraan yang tepat, untuk digunakan keluarga Indonesia dalam menikmati perjalanan berlibur ke luar kota. 

Toyota Avanza dibekali dua macam pilihan mesin, yaitu mesin berkapasitas 1.300cc dan berkapasitas 1.500cc. Mobil Toyota Avanza juga dinilai mempunyai jarak dari dasar mobil ke permukaan tanah yang relatif tinggi, yakni mencapai 200mm. 

Kondisi ground clearance yang tinggi tersebut, membuat Toyota Avanza bisa mengurangi potensi berbenturan dengan permukaan jalan. Adapun keunggulan lain pada mobil yang berada di segmen Low MPV ini adalah konsumsi bahan bakarnya yang cenderung irit, dibanding rival-rival sekelasnya.

Toyota Avanza

Masuki akhir tahun, Auto2000 sebagai jaringan penjualan mobil Toyota terbesar di Indonesia menggelar promo menarik. Dikutip dari situs resmi Auto2000, harga Toyota Avanza 1.3 STD MT sebagai tipe terendah, yang semula dipatok Rp197,7 juta, kini dilepas hanya Rp179,7 juta On The Road (OTR) Jakarta. Berarti, mobil MPV terlaris di Indonesia ini membuka diskon hingga Rp18 juta.

Menariknya, diskon tersebut bukan hanya berlaku untuk Toyota Avanza 1.3 STD MT, tapi untuk seluruh varian Toyota. Untuk Toyota Avanza Veloz, ikut mendapat potongan harga sebesar Rp18 juta. Tipe tertingginya, Toyota Avanza Veloz 1.5 AT ditawarkan dengan harga baru Rp230,55 juta. Sedangkan tipe 1.3 AT saat ini dibanderol Rp218,55 juta dari sebelumnya Rp236,55 juta.

Selain itu, promo juga tak hanya berlaku untuk wilayah tertentu, melainkan mencakup seluruh jaringan dealer Toyota Auto2000. Serta berlaku pula untuk yang melakukan pembelian secara online, lewat auto2000.co.id sebagai situs resmi Toyota Auto2000.

2. Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga

Selain Avanza, maka All New Ertiga yang notabene sebagai salah satu mobil andalan Suzuki ini bisa menjadi pilihan untuk diajak liburan. Suzuki All New Ertiga yang belum lama ini diekspor ke negara Brunei Darussalam, juga termasuk kendaraan di segmen Low MPV yang tepat untuk dipakai berlibur ke luar kota. 

Pada Suzuki Ertiga ini telah dibenamkan mesin tipe K14B DOHC 4-silinder segaris 16-katup, dengan kapasitas jantung mekanis sebesar 1.400cc. Sedangkan untuk ground clearance nya, Suzuki Ertiga mempunyai ketinggian 185mm. Lima mili lebih rendah dibanding Toyota Avanza.

Posisi bagian kabin, di bangku tengah dan belakang Suzuki Ertiga dapat di-split, dengan komposisi rasio 50:50. Oleh karena itu, mobil yang sempat menggebrak para kompetitornya ini, juga cocok untuk dipakai berlibur bersama keluarga. Pemilik Ertiga yang ingin liburan dapat membawa banyak barang, cukup dengan melipat kursi di bagian belakang. 

Suzuki Ertiga

Terkait liburan akhir tahun, Suzuki Kalimalang, Jakarta Timur juga menggelar program promo spesial tutup tahun, yakni Suzuki XL7 uang muka Rp15 juta, angsuran Rp4,271 juta. Lalu All New Ertiga uang muka Rp16 juta, angsuran Rp3,963 juta. 

Kemudian Suzuki New Ignis uang muka Rp13 juta, angsuran Rp3,230 juta. Suzuki Karimun Wagon uang muka Rp11,756 jutaan, angsuran Rp2,496 juta. Dan Suzuki New Baleno uang muka Rp26,006 jutaan, angsuran Rp4,048 juta. Serta Suzuki New Carry Pick Up, dengan uang muka Rp5,450 juta, angsuran Rp3,6 juta.

3. Honda Mobilio

Honda Mobilio

Mobil Low MPV lain yang enak diajak pergi berlibur adalah produk besutan PT Honda Prospect Motor, yakni Honda Mobilio. Mobil MPV ini telah dibekali asupan mesin berkapasitas 1.500cc, i-VTEC SOHC 4-silinder segaris dengan 16-katup. 

Melalui bekal mesin tadi, mobil Honda Mobilio sanggup menghasilkan daya sebesar 116 Hp, ditambah torsi maksimal 145 Nm. Meski memiliki daya dan torsi yang terbilang gede, nyatanya tidak berpengaruh pada pola konsumsi bahan bakar Mobilio. Artinya mobil ini tetap mempunyai konsumsi bahan bakar yang irit. 

Honda Mobilio

Bila dilongok dari segi dimensi, Honda Mobilio dibuat dengan memiliki ukuran panjang 4.386mm, lebar 1.683mm, dan tinggi 1.603mm (P x L x T). Jelas dimensi tersebut cukup luas, sehingga para penumpang mobil ini bisa merasakan kenyamanan selama dalam perjalanan liburan. Terlebih lagi saat melakukan perjalanan jauh ke luar kota.

4. Mitsubishi Xpander

Mitsubishi Xpander Cross
Produk penyumbang kenyamanan ketika dipakai liburan dari Mitsubishi adalah varian Mitsubishi Xpander. Tak dapat dipungkiri, Mitsubishi Xpander saat ini menjadi salah satu model mobil paling disukai oleh konsumen di tanah air.

Mengapa demikian? Karena Low MPV ini bukan sekadar memiliki sejumlah fitur kekinian, namun juga dikenal sebagai mobil yang tangguh. Mitsubishi Xpander telah dibekali kapasitas mesin sebesar 1.500cc, dan sudah diimbuhi teknologi MIVEC DOHC. Mobil Mitsubishi Xpander tersedia dengan dua pilihan transmisi, yakni manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan. 

Produk idola ini memiliki Jangkauan ke permukaan tanah hingga mencapai 205mm. Artinya 5 mili lebih tinggi dibanding Toyota Avanza. Untuk pilihan tipenya, Mitsubishi Xpander tersedia dalam tipe Ultimate, Sport dan Exceed. 

Mitsubishi Xpander

Karena sejumlah keunggulannya itulah, maka banyak orang menobatkan Mitsubishi Xpander sebagai mobil MPV, yang cocok untuk dibawa berkendara ke luar kota. Sekaligus tangguh diajak melibas medan jalan medium offroad, seperti tanah dan bebatuan.

Mitsubishi juga obral potongan harga untuk Mitsubishi Xpander, dimana varian tersebut mendapat diskon harga hingga Rp 10 juta. Diskon ini hanya berlaku sampai akhir tahun 2020. Mulai tahun baru, potongan harga tak lagi berlaku meski stok lama belum terjual. Harga pun ke depannya seiring penyesuaian pajak progresif, sehingga diprediksi akan mengalami kenaikan pula.

Baca juga : Ford Kembangkan Mustang Mach-E Terbaru, Tenaganya Buas Sob!

Pemesanan bulan Januari 2021, walau stok lama namun harga akan naik Rp3 juta, mengikuti harga baru. Mengacu informasi dari situs resmi dealermitsubishimotors.co.id, terdapat sejumlah pilihan diskon untuk model mobil Mitsubishi lainnya. Di dalam laman itu juga ditegaskan harga tahun 2021 dipastikan naik, dan belum ada promo untuk tahun depan.

5. Toyota Kijang Innova

Toyota Kijang Innova

Traveler dan pelaku liburan, pilihan MPV terbaik lain untuk diajak pelesiran jatuh kepada Toyota Kijang Innova. Mobil ini telah mendapat bekal 2 (dua) tipe dapur pacu, yakni berkapasitas 2.000cc 1TR-FE, menggunakan bahan bakar bensin. Dan satu lagi adalah berkapasitas 2.500cc 2KD-FTV, memanfaatkan asupan bahan bakar diesel. 

Kemampuan mesin yang dihasilkan, untuk Toyota Kijang Innova bermesin bensin mampu melaju hingga 136 Hp, dengan torsi mencapai 182 Nm. Sementara Toyota Kijang Innova tipe diesel, sanggup melesat hingga 102 Hp, dengan torsi 200 Nm. 

Toyota Kijang Innova

Dilihat dari sisi keselamatan, Toyota All New Kijang Innova telah diperkuat rangka Global Outstanding Assesment (GOA), sebuah teknologi rangka mobil yang memungkinkan memberi perlindungan optimal pada para penumpangnya. 

Tetapi sayangnya, jika dibandingkan deretan mobil-mobil MPV di atas, maka Toyota Kijang Innova terbilang sebagai mobil yang cukup boros. Itu terjadi lantaran Sang Kijang ini memiliki kapasitas mesin yang tergolong besar. Bagaimana, siap menikmati liburan dengan salah satu dari 5 (lima) mobil MPV pilihan tersebut?

  • Suka 1
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya