• Home>
  • Review>
  • Inilah Kia Grand Sedona MPV Premium Terbaik di Kelasnya
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Inilah Kia Grand Sedona MPV Premium Terbaik di Kelasnya

Dilihat 257
Guntur Hanggara
23 Sep 2020, 13:35
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Setelah cukup lama hanya bergelut di kelas SUV dan city car, Kia Motors akhirnya ikut meramaikan pasar otomotif dengan bermain di segmen MPV. Hal ini ditunjukkan dengan diluncurkannya Kia Grand Sedona. Mobil yang masuk kategori MPV premium ini hadir dengan fitur berlimpah dan desain gagah nan elegan.

Pertama kali diperkenalkan ke Tanah Air, hanya ada satu varian Kia Grand Sedona dengan mesin V6 3,3 liter bensin. APM Indonesia awalnya ragu membawa versi diesel karena terbentur harga. Akan tetapi keraguan itu berhasil ditepis hingga kemudian Kia Grand Sedona bermesin turbodiesel diboyong masuk ke tanah air dengan sedikit perubahan di bagian eksterior.

Saat ini Kia Grand Sedona hadir dalam 4 varian dengan pilihan mesin 2 Petrol dan 2 Diesel. Ada sembilan warna yang ditawarkan yaitu black berry, bright silver, snow white pearl, aurora black pearl, clear white, platinium graphite, formal deep blue, silky beige dan titanium brown. 

Produk yang menyasar kelas menengah ke atas ini dibanderol mulai dari 656,7 juta sampai 692,4 juta. Harga yang cukup masuk akal mengingat kelengkapan fitur, desain menarik dan juga jaminan garansi yang diberikan oleh KIA.

Eksterior dan Dimensi Kia Grand Sedona

Sekilas tampilan Kia Grand Sedona terlihat sangat menarik dan berkelas. Tiap sisi eksterior yang dimiliki MPV premium ini mencerminkan ketangguhan. Desain tiger nose yang diterapkan pada semua model Kia tampil gagah di sini. 

Lihat saja bentuk grille dengan aksen cukup besar yang terlihat semakin menarik karena berpadu headlamp yang didesain menyipit. Untuk urusan lampu, Kia sudah membekali Grand Sedona dengan proyektor LED dan DRL. Sepasang lampu sein dipasang berkelas menyempurnakan foglamp yang berbentuk bulat dan berlapis krom.

Ukuran besar kendaraan ini seolah makin ditegaskan dengan bagian samping yang mulus nyaris tanpa ornamen. Hanya ada garis krom di tepi kaca mobil dan garis halus tegas memanjang dari depan hingga bagian belakang. Lekukan manis di sisi mobil bersamaan dengan handle pintu geser yang terletak bersebelahan mempertegas kesan sporty MPV mewah ini. 

Melirik bagian belakang mobil ini, ada bumper besar dengan warna hitam dop serta handle belakang dilapisi krom. Selain itu tersemat pula stoplamp cantik berbentuk persegi panjang yang berisi lampu tanda berhenti, belok dan mundur yang dilengkapi teknologi high mounth stop lamp. Teknologi ini berfungsi memberi peringatan pengemudi di belakang Grand Sedona jika akan mengerem.

Pintu bagasi Grand Sedona berhiaskan list krom di atas dudukan plat nomor yang dilengkapi tulisan GRAND SEDONA di bagian kiri dan lambang KIA di tengah, sangat elegan dan dominatif. Kaki-kaki Kia Grand Sedona diperkuat velg alloy besar berukuran 18 inci yang berkolaborasi dengan ban tebal berukuran 235/60. Hal ini tentu akan memberikan kenyamanan berlebih saat berkendara. 

Dimensi Kia Grand Sedona terbilang lapang, panjangnya mencapai 5.115 mm, lebar 1.985 mm, tinggi 1.755 mm dan jarak sumbu roda mencapai 3.060 mm. Dengan ukuran yang demikian besar, wajar rasanya jika mobil ini mampu memuat tujuh sampai delapan penumpang. Secara keseluruhan, bentuk khas Kia yang dipadukan desain minimalis mobil ini memang menimbulkan kesan dinamis.

Kendaraan ini juga memiliki ground clearance cukup tinggi yakni 171 mm yang membuatnya tetap nyaman digunakan berkendara di berbagai medan. Kia juga telah membekali Grand Sedona dengan suspensi berteknologi high performance damper yang kokoh untuk menunjang kenyamanan pengemudi dan penumpang.

Interior dan Fitur KIA Grand Sedona

Seperti eksteriornya yang luar biasa, interior dan fitur-fitur Kia Grand Sedona pun tak kalah modern karena menggunakan teknologi terkini. Seperti ECM Rear View Mirror dimana spion tengah mobil ini bisa beradaptasi menjadi lebih gelap ketika menerima cahaya lebih terang dari mobil di belakangnya. Ada juga dual panoramic sunroof yang tersemat di bagian atas pengemudi dan baris kedua kursi penumpang yang memberikan kenyamanan dan sensasi tersendiri dalam berkendara.

Melirik dashboard, Kia Grand Sedona sudah dilengkapi teknologi audio dan multi information display yang sangat keren. Ada banyak tombol panel pada setir kemudi yang terhubung pada head unit tujuh inchi berteknologi layar sentuh dimana pengemudi bisa mengakses menu multimedia dengan sangat mudah. 

Head unit ini sudah bisa terhubung apple carplay dan android auto support. Tidak hanya itu, Kia juga membekali Grand Sedona dengan MID digital dan analog yang memiliki tingkat akurasi tinggi dan sangat user friendly.

Beralih ke bagian kursi penumpang, kendaraan ini dilengkapi jok kualitas premium yang bisa diubah konfigurasinya sesuai keinginan pengguna hanya dengan satu tombol. Istimewanya, jok ini menggunakan anti-pollution dimana tempat duduk bisa terjaga kebersihannya karena hanya perlu dilap saat terkena tumpahan air.

Tak lupa, Kia juga membekali Grand Sedona dengan fitur-fitur andalan. Contohnya saja dari sisi keselamatan ada airbag, anti-lock braking system, brake assist, electronic brake distribution, sensor parkir, rearview camera, uphill & downhill assist control, vehicle stability control system.

Mesin dan Performa Kia Grand Sedona

Kia Grand Sedona menawarkan dua jenis mesin berbeda yaitu diesel dan bensin. Untuk mesin berbahan bakar bensin, Grand Sedona menggunakan tipe mesin V6 dan 6 silinder 24 katup DOHC yang memiliki kapasitas 3342 cc. Mesin ini mengeluarkan tenaga maksimum hingga 270 Ps di putaran 6400 rpm serta mencapai torsi hingga 32,4 Kgm pada putaran 5200 rpm. 

Varian mesin bensin ini juga mengandalkan sistem pembakaran multipoint injection yang bisa menempuh jarak 100 km/jam hanya dalam waktu 8,6 detik. Tak berlebihan rasanya jika menilai MPV mewah ini cocok sebagai mobil balap.

Senjata kedua Kia Grand Sedona adalah mesin diesel yang menggunakan tipe mesin in-line 4 silinder 16 katup HLA berkapasitas 2199 cc. mesin ini mengeluarkan tenaga maksimum 200 Ps pada putaran 3800 rpm dan torsi mencapai 45 Ps di putaran 1750 rpm hingga 2750 rpm. 

Sama halnya dengan varian mesin bensin, sistem pembakaran pada Grand Sedona mesin diesel juga mengandalkan sistem multiple injection. Akan tetapi kubikasinya lebih kecil sehingga waktu tempuhnya tak secepat varian bensin, hanya 13,6 detik untuk jarak yang sama.

Kedua varian mesin Kia Grand Sedona ini sudah menggunakan transmisi 6 percepatan otomatis dengan sistem hydraulic power steering yang akan membuat pengemudi merasakan kenyamanan dan kemudahan dalam berkendara. 

Sistem pengereman pada Kia Grand Sedona menggunakan EBD yang menggantikan ABS dimana pengemudi bisa mengendalikan laju kendaraan jika melakukan pengereman mendadak. 

Isi silinder 3342 cc

tenaga 266 hp
Jenis bahan bakar bensin
torsi 317 Nm
Sistem suplai bahan bakar MPFI
Jumlah silinder 6
Jenis transmisi otomatis
mesin 3.2L Petrol Engine, 6 Cylinder 24 Valve DOHC

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya