OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Intip Kemewahan Lain dari Suzuki Baleno
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Intip Kemewahan Lain dari Suzuki Baleno

Dilihat 170
Guntur Hanggara
12 Ags 2020, 10:46
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id- Suzuki Baleno Hatchback merupakan mobil yang mengusung gaya baru dari salah satu model mobil legendaris di Indonesia. Pasalnya, Suzuki Baleno sebenarnya muncul pertama kali pada 1995 dengan gaya sedan. Saat itu, penggunaan nama Baleno hanya ada di Indonesia karena mobil ini lahir dengan nama Suzuki Cultus Crescent di negara asalnya, Jepang.

Singkat cerita, pada tahun 2015 ini Suzuki memperkenalkan generasi terbaru Baleno berupa bodi hatchback. Bisa disimpulkan, sejak pertama kali muncul di Indonesia, Baleno Hatchback ini merupakan generasi keempat dan satu-satunya model bergaya hatchback. Dua tahun kemudian, tepatnya tahun 2017, hatchback Suzuki Baleno diboyong ke Indonesia untuk dijual resmi oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Bagi para pembaca yang penasaran dengan detail spesifikasi Suzuki Baleno Hatchback, yuk simak ulasan Otoloka berikut ini.

Eksterior Suzuki Baleno Hatchback


Dari hasil review Otoloka, Suzuki Baleno Hatchback punya gaya yang agak aneh tapi unik. Hal tersebut terlihat pada gril yang cenderung kecil, desain pelek yang tidak biasa, dan desain buritan yang besar dan berujung. Jadi bisa dibilang desain Baleno Hatchback tidak seperti mobil lain dari Suzuki.

Bicara soal desain, Suzuki Baleno Hatchback memang didatangkan langsung dari India, tapi desainnya tidak eksklusif dibuat di India. Baleno Hatchback juga dijual secara global, seperti ke Jepang dan Eropa. Baleno ini dibangun dari basis Baleno RS yang sudah ada di India.

Dari segi ukuran, Baleno Hatchback masih tergolong kompak karena panjangnya masih kurang dari 4 meter. Jika dibandingkan, mungkin saja dimensi Honda Jazz sebelumnya mirip dengan facelift dan lebih pendek dari generasi Baleno sebelumnya.

Lebih detail, mulai dari depan, gril yang digunakan tergolong kecil dan memiliki corak sarang lebah berwarna silver. Kerennya lagi, di gril ini terdapat trim krom di bagian bawah yang menyambung ke lampu. Sementara itu, bumper bawah memiliki gril radiator yang memanjang hingga ke rumah fog lamp, dengan tambahan lis di bawahnya.

Di bagian samping, Suzuki Baleno Hatchback terlihat memiliki profil yang cenderung sedikit membuncit karena bentuk spatbor depan dan belakang. Uniknya, pilar A dibalut warna hitam matte. Untuk pelek, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, desainnya menggunakan multi jari-jari cembung dengan warna abu-abu tua. Pelek standar yang ia gunakan berukuran 16 inci dan dibalut ban 195/55 R16.

Menuju buritan, bagian belakang benar-benar bergerigi. Mungkin kesan tungging ini didapat karena dimensinya yang memang naik ke belakang dan pintu bagasi yang super mungil. Hmm… cukup provokatif untuk menanyakan "suka" atau "benci"?

Di sektor penerangan, sudah ada LED DRL. Lampu ini tidak meredup saat kita menyalakan lampu kecil, tetapi meredup saat kita menyalakan lampu besar. Lampu depannya sendiri memiliki spesifikasi Xenon Projector alias HID, dengan spesifikasi remote lamp dari proyektor yang sama yaitu Bi-Xenon. Ya, ini sangat cerah. Lampu kabut adalah halogen dan lampu sein adalah halogen.

Bagaimana? Seperti eksteriornya, bukan?

Bagian dalam Suzuki Baleno Hatchback


Memasuki kabin, interior Suzuki Baleno Hatchback memiliki kesan yang cukup baik. Namun jika melihat desain dashboard, kesan pertama pasti biasa saja. Desainnya yang seperti mengepakkan sayap cenderung tidak ada yang istimewa jika dibandingkan dengan mobil modern lainnya. Materialnya juga didominasi plastik, mulai dari seluruh dashboard, konsol tengah tanpa piano black, hingga pintu.

Duduk di belakang kemudi, Suzuki Baleno Hatchback dinilai memiliki ketinggian di atas rata-rata mobil hatchback. Dengan posisi default alias paling rendah, jok Baleno Hatchback justru terasa seperti MPV atau crossover. Selain itu, dengan status sebagai mobil hatchback harga menengah, Baleno Hatchback dilengkapi dengan tilt dan telescopic steering. Kemudinya juga dibalut kulit.

Posisi duduk di jok baris belakang terasa cukup lega. Selain itu, tingkat visibilitasnya juga cukup baik. Hal itu diduga karena jok baris belakang memang lebih tinggi dari pada yang di depan. Dampaknya belum berakhir. Ruang kaki medium hatchback Suzuki Baleno juga dinilai sangat lega sehingga penumpang belakang benar-benar nyaman.

Sayangnya penumpang belakang tidak mendapatkan tambahan fitur AC dan hanya disediakan colokan listrik di bagian tengah.

Fitur Suzuki Baleno Hatchback


Fitur Suzuki Baleno Hatchback terbilang cukup lengkap. Mulai dari luar, sistem passive keyless entry sudah dibenamkan. Seperti kebanyakan mobil modern, tombol start stop mesin juga ada di Baleno Hatchback. Sedikit keluar lagi, lampu depan juga sudah di beri leveling manual untuk mengatur ketinggian balok, cahayanya bisa diatur manual.

Untuk menunjang kenyamanan penumpang dan pengemudi, Suzuki Baleno Hatchback dilengkapi dengan model AC digital dengan pengatur suhu otomatis. Suhu terdingin 17,5 derajat Celcius, terpanas 32,5 derajat Celcius. Ya, ada pemanasnya. Bagus!

Langsung ke Head Unit, kini semua Suzuki Baleno sudah langsung mendapat Head Unit layar sentuh. Meski konsolnya masih aftermarket dari JVC dengan frame yang belum dibuat untuk piano black, tetap bisa diandalkan. Head Unit ini tidak memiliki tombol fisik sama sekali, semuanya kapasitif di bagian samping dan pada malam hari, backlight hanya berupa titik, sehingga sulit untuk mengetahui tombol apa itu.

Tidak banyak fitur di dalamnya. Misalnya untuk membuat layar menjadi redup saat kita menyalakan lampu, Anda harus mengklik teks DIM secara manual. Opsi pengaturan suara adalah standar, sedangkan yang dapat diputar termasuk media dari port USB, iPhone, AUX dan Bluetooth. Saran dari Otoloka, upgrade saja head unitnya biar lebih kekinian biar fiturnya lebih lengkap. Tapi bagusnya dia sudah punya tweeter di depan jadi total ada 6 speaker.

Performa Suzuki Baleno Hatchback


Soal mesin, Suzuki Baleno Hatchback mengusung mesin 1.373 cc, 4 silinder dengan sistem pembakaran injeksi multipoint. Mesin berjenis K14B ini diklaim mampu menghasilkan tenaga hingga 91 hp dengan torsi 130 Nm. Di Indonesia mobil ini ditawarkan dengan dua pilihan transmisi. Yakni manual dan otomatis. Untuk transmisi manual dibekali dengan 5 percepatan, sedangkan transmisi otomatis hanya 4 percepatan.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya