• Home>
  • Review>
  • Jajal Kehebatan Mazda CX-30 Dibandingkan Honda HR-V
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Jajal Kehebatan Mazda CX-30 Dibandingkan Honda HR-V

Dilihat 118
Guntur Hanggara
30 Jun 2020, 15:28
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Mazda CX-30 bedanya apa dengan Honda HR-V? Apa perbedaan Mazda CX-30 dari pabrikan mobil Jepang lainnya? Pabrikan yang berbasis di Hiroshima, Jepang, ini sangat sibuk ingin disandingkan dengan merek-merek Eropa. Pengembangan desain dan teknologi berorientasi pada mobil yang dibuat di sana.

Otolokoa menilai kualitas model Mazda sekarang praktis mendekati atau bahkan dekat dengan mobil Eropa. Hebatnya, itu bisa dijual dengan harga lebih murah. Misalnya Mazda CX-30. Itu sebabnya mobil ini disebut mobil ekonomis.

Namun masalahnya adalah, di Indonesia harga Mazda CX-30 tidak ekonomis sama sekali. Harga Mazda CX-30  dijual Rp479.9- 549.9 juta. Bayangkan, Anda harus menghabiskan lebih dari setengah miliar Rupiah untuk memiliki crossover kompak buatan Jepang. Sebagai gambaran, crossover kompak lain, Honda HR-V dijual mulai dari Rp297-415.7juta.

Menyangkut masalah nilai uang, hampir semua kebutuhan yang dicari oleh konsumen di Mazda CX-30, masih bisa lebih atau kurang dipenuhi oleh crossover kompak Honda. Misalnya, fitur cruise control, digital ac otomatis, paddle shift, jok kulit, kunci pintar, tombol start-stop hingga 6 airbag untuk keselamatan. Bahkan HR-V memiliki sunroof panoramic. Sedangkan Mazda CX-30 hanya menggunakan satu sunroof di depan.

Eksterior & Interior Mazda CX-30


Lihatlah desainnya. Eksterior hatchback seksi, Mazda3, diukir kembali agar terlihat lebih maskulin. Ornamen plastik hitam di tubuh bagian bawah, menandai identitasnya sebagai SUV (Sport Utility Vehicle). Ada orang-orang yang berpikir bahwa cladding terlalu besar, tetapi bagi saya itu tepat.

Wajah Mazda CX-30 juga terlihat jauh lebih modern daripada Mazda CX-3, crossover kompak Mazda lainnya. Atap coupe siluet atap miring memberikan kesan sporty yang kental. Lagi pula, Anda juga setuju jika saya mengatakan desainnya tidak buruk.

Interior Mazda CX-30 juga baik. Dasbor sederhana dan rapi. Semua tombol ditempatkan secara strategis. Sistem multimedia 8,8 inci dengan resolusi layar lebar BMW lengkap dengan pengontrol iDrive. Speedometer digital 7 inci di belakang kemudi cukup menakjubkan.

Ada juga Tampilan Head-Up (HUD) yang memproyeksikan informasi mengemudi dalam pandangan pengemudi. Posisi kursi pengemudi dapat diatur secara elektris. Pelapis dan beberapa bagian interiornya dibungkus kulit. Intinya, interior CX-30 dirancang agar enak dipandang, nyaman dan paling penting, sehingga memudahkan pengemudi saat berkendara.

Performa Mengemudi Mazda CX-30


Setir Mazda CX-30 tenang dan tidak sulit untuk koreksi arah kecepatan kendaraan. Jangan ragu untuk menjinakkan mesin 4-silinder, 2.0-liter 155 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak 200 Nm pada 4000 rpm ini.

Ketika mode Sport, jarum kecepatan engine melompat secara instan dan respons engine menjadi solid. Wow, ini luar biasa! Geser semua tuas transmisi ke posisi Manual.  Kemudahan dengan mode manual ini adalah bahwa mesin lebih responsif, transmisi tidak bergerak sendiri. Jadi saya bisa memegang mesin dengan kecepatan tinggi ketika saya ingin bermanuver tanpa harus menunggu dengan sabar untuk momentum.

Bagaimana dengan kemudi? Memang benar bahwa filosofi 'Jinba Ittai' telah diprediksi oleh Mazda selama ini. Kualitas mengemudi Mazda yang menyatukan pengemudi dengan kendaraan, menjadi jiwa CX-30.

Fitur Mazda CX-30


Kesempurnaan mengemudi pesaing Mitsubishi Eclipse Cross ini ada pada  sejumlah fitur bantuan. Radar kendali jelajah misalnya. Bahkan fitur keselamatan mobil ini jempolan. Rem ABS, EBD dan BA, Kontrol Stabilitas Dinamis, Kontrol Traksi, Hill Start Assist, dan rem parkir listrik tersedia.

Tidak berhenti sampai di situ, mobil ini juga dilengkapi dengan Lane Departure Warning dan Lane Keep Assist. Artinya, setir bergetar dan dikoreksi secara otomatis ketika mobil melewati garis. Ingat! Jika Anda ingin mengganti jalur, Anda harus terlebih dahulu menyalakan sinyal belok.

Lalu ada juga fitur rem otomatis yang mencegah tabrakan dengan kendaraan di depan (Smart Brake Support). Sistem Pemantauan Blind Spot dan Peringatan Lintas Lintas Belakang menambah kelengkapan Mazda CX-30.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
  • Mazda CX-30
    Mazda CX-30
    Mazda CX-30
    Angsuran mulai dari:Rp 9,26 Jt/Bln
  • Mazda CX-30
    Mazda CX-30
    Mazda CX-30
    Angsuran mulai dari:Rp 9,26 Jt/Bln
  • Honda HRV
    Honda HRV
    Honda HRV
    Angsuran mulai dari:Rp 5,68 Jt/Bln
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya