• Home>
  • Review>
  • Jangan Salah Pilih, Ini Oli yang Cocok untuk Toyota Avanza
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Jangan Salah Pilih, Ini Oli yang Cocok untuk Toyota Avanza

Dilihat 10120
EKO
23 Okt 2021, 14:14
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 14

oli toyota avanza

Otoloka.id- Setiap mobil pasti memerlukan oli untuk melumasi tiap-tiap bagian dalam mesin. Tujuannya supaya bagian dalam mesin tidak mengalami gesekan parah, yang menyebabkan aus dan akhirnya harus turun mesin.

Oleh karena itu, penggantian oli merupakan salah satu yang wajib dilakukan pemilik secara rutin.

Begitu juga dengan mobil sejuta umat seperti Toyota Avanza yang tentunya perlu ganti oli biar kondisi selalu prima.

Nah, supaya kondisi mesin Avanza tetap terjaga sebaiknya Anda ketahui dulu oli yang cocok untuk Avanza. Sebelum kami membahas oli apa yang cocok untuk Toyota Avanza, mari kita berkenalan lebih jauh dulu yuk dengan mobil Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) ini yang merajai jalanan di Indonesia ini.

Sekilas mengenai Toyota Avanza

Toyota Avanza hadir pada tahun 2004 silam, dan merupakan hasil kerja sama antara Toyota dengan Daihatsu untuk membuat mobil keluarga yang murah, namun dapat diandalkan.

Sejak kehadirannya di Indonesia, Toyota Avanza merupakan mobil keluarga yang laris di pasaran, terbukti dari penjualan yang mencapai 1,7 juta unit. Saat ini Toyota Avanza yang hadir merupakan model generasi kedua, yang sudah mengalami dua kali facelift.

Nah sebentar lagi bakal muncul Avanza generasi ketiganya nih, setelah bertahun-tahun hanya mengandalkan facelift saja.

Avanza yang terakhir mendapat penyegaran, juga diikuti dengan pebaharuan fitur. Toyota Avanza saat ini sudah dibekali fitur keselamatan yang mumpuni, contohnya seperti side impact beam, dual SRS airbags, dan sabuk pengaman tiga titik dengan sensor pengingat.

Fitur keselamatan tersebut sudah dibenamkan pada Toyota Avanza varian tipe terendah, yaitu tipe E. Sementara untuk tipe tertinggi, yaitu tipe G fitur dan aksesoris penunjangnya ditambah agar terlihat lebih mewah.

Beberapa fitur yang tersedia pada tipe G adalah, spion dengan lampu sein yang dapat diatur secara elektrik, spoiler belakang, antenna shark fin, dan pengaplikasian pelek aluminium 15 inci.

Tak hanya itu, terdapat juga fitur penyematan sensor parkir, head unit layar sentuh, pengaturan audio melalui setir yang juga menjadi pembeda tipe E dengan G.

Baca juga: Menakar Biaya Servis dan Perawatan Daihatsu Xenia, Benar Terjangkau?

Toyota Avanza juga memiliki banyak pilihan warna yang tersedia, Saat ini, terdapat tujuh pilihan warna pada Toyota Avanza, yaitu Bronze, Gray Metallic, Silver Metallic, White, Dark Blue, Dark Red Mica Metallic, dan Black Metallic.

oli toyota avanza

Mesin Toyota Avanza

Karena berhubungan dengan oli mesin yang tepat, maka kita harus mengetahui mesin yang dibenamkan pada Toyota Avanza terlebih dahulu.

Saat ini, Toyota Avanza dibenamkan mesin DOHC 1.329cc dual VVT-i empat silinder segaris. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin tersebut sebesar 95 daya kuda, dengan torsi sebesar 120 Nm.

Dengan mesin tersebut, terbilang konsumsi bahan bakarnya irit. Karena mobil keluarga tersebut mampu menjelajah sejauh 13,5 kilometer dengan satu liter bensin saja, tentu berdasarkan gaya mengemudi kombinasi.

Toyota Avanza juga memberikan dua pilihan transmisi, yaitu manual lima percepatan dan otomatis empat percepatan. Nantinya, tenaga yang disalurkan oleh mesin akan diteruskan pada penggerak roda belakang.

Kapan Harus Ganti Oli Mesin Toyota Avanza?

 Toyota Avanza dianjurkan servis rutin ketika jarak mobil tersebut mencapai kelipatan 10 ribu km.

Servis rutin ini tak hanya mengganti oli mesin saja, tetapi juga perlu mengganti gasket, dan balancing roda. Untuk servis di kelipatan 10 ribu, 30 ribu, dan 50 ribu km, pemilik tidak dibebankan biaya jasa mekanik alias gratis.

Ketika Toyota Avanza sudah menunjukkan jarak 40 ribu km, servis yang dilakukan tidak hanya penggantian oli, gasket, dan balancing roda saja. Tetapi juga meliputi pengantian filter oli, busi, minyak rem, dan oli transmisi.

Khusus untuk jarak yang diawali dengan angka genap, maka penggantian suku cadang dan pemeriksaan akan lebih banyak dilakukan. Seperti di 40 ribu, 60 ribu, dan 80 ribu kilometer hingga seterusnya.

Baca juga: 10 Mobil Keluarga Termurah di Indonesia, Mau Beli yang Mana?

Dalam lima tahun pemakaian, atau ketika kilometer Toyota Avanza sudah mencapai 100.000 km, biaya yang keluar untuk melakukan servis dan perawatan sekitar Rp11 juta. Ini berarti setiap 10.000 kilometer hanya menelan biaya Rp678 ribu saja.

Tentunya, biaya servis tersebut akan berbeda ketika pemilik ingin menggunakan suku cadang yang berbeda. Contohnya seperti oli mesin yang tersedia dalam beberapa merek.

Bahkan pabrikan pun menyediakan beberapa varian oli mesin yang juga kompatibel dengan mesin Toyota Avanza. Berikut beberapa pilihan oli yang sesuai dengan spesifikasi mesin Toyota Avanza.

Oli Yang Cocok Untuk Toyota Avanza

Karena hadir pada tahun 2004 silam, dan sudah mencapai dua generasi, sudah pasti banyak pemilik yang mempunyai mobil sejuta umat ini dari generasi awal sampai generasi yang paling terkini.

Karena hadir pada rentang waktu yang berbeda, pemilihan oli pada Toyota Avanza juga berbeda, lho. Untuk generasi lama Toyota Avanza, oli yang digunakan tidak boleh sama dengan yang digunakan oleh Toyota Avanza generasi terkini, begitupun sebaliknya.

Untuk Toyota Avanza yang sudah berumur tiga tahun lebih, disarankan untuk memakai oli dengan viskositas lebih kental. Sementara di bawah tiga tahun, yang tepat untuk Toyota Avanza adalah oli dengan viskositas lebih encer.

1. Oli TMO 10W-40

Oli TMO 10W-40 ini merupakan produk keluaran dari Toyota, dan lebih cocok untuk dipakai pada Toyota Avanza dengan usia lebih dari tiga tahun, karena viskositasnya lebih kental.

Oli dengan viskositas lebih kental sangat dianjurkan pada mobil yang sudah berumur karena komponen dalam mesinnya sudah banyak yang renggang.

TMO 10W-40 ini dijual dengan harga sekitar Rp260 ribu untuk kemasan 4 liter.

Baca juga: Review Toyota Avanza Type E 2013, Interior Biasa Saja, Daya Tampung Luar Biasa

2. Oli TMO 0W-20

Pada Toyota Avanza yang masih berumur di bawah tiga tahun, TMO 0W-20 merupakan oli yang cocok.

Pasalnya, oli tersebut punya kelebihan untuk mengisi di celah yang sempit, di mana kondisi mesin pada Toyota Avanza muda komponennya masih rapat.

Karena memiliki viskositas lebih encer, oli ini lebih stabil dalam kondisi suhu lingkungan yang dingin. Selain itu, oli tersebut tidak mudah menguap yang menjadikan masa pakai oli lebih panjang.

Oli TMO 0W-20 harganya dibanderol sekitar Rp360 ribu untuk kemasan empat liter.

3. Oli TMO Eco Power 0W-20 Full Synthetic

Sementara oli ini merupakan oli dari TMO yang cocok untuk Toyota Avanza dengan usia di bawah tiga tahun dengan spesifikasi full sintetis.

Oli TMO Eco Power 0W-20 Full Synthetic sangat cocok karena sudah dibenamkan aditif lain yang membuat mesin Toyota Avanza menjadi lebih bersih dari kerak, dan membuat akselerasi mobil lebih responsif.

Untuk menebus oli TMO Eco Power 0W-20 Full Synthetic, uang yang diperlukan sebesar Rp390 ribu untuk kemasan empat liter.

4. TMO 5W-30 Full Synthetic

Sama seperti oli sebelumnya, oli TMO 5W-30 juga cocok untuk diaplikasikan pada mesin Toyota Avanza. Namun pada oli ini Avanza yang usianya lebih dari tiga tahun juga dapat memakainya.

Pada oli tersebut, juga dibenamkan aditif lain yang fungsinya untuk melindungi mesin, sekaligus menghasilkan gas buang yang lebih ramah lingkungan.

Oli TMO 5W-30 dibanderol seharga kisaran Rp375 ribu. 

Jangan sampai salah pilih oli ya, sesuaikan dengan usia kendaraan Anda!

Baca juga: 

10 Mobil Keluarga Terbaik

10 Mobil SUV TerbaikKelebihan dan Kekurangan Suzuki Ertiga

  • Suka 14
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya