OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Jeep Wrangler, Sang Penerus Willys

Dilihat 429
Guntur Hanggara
23 Sep 2020, 15:32
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Dikenal sebagai mobil legendaris dengan kemampuan off road yang unggul Jeep Wrangler akhirnya muncul di Indonesia. Kembali hadir dengan beberapa pembaharuan, tapi tidak jauh berbeda spesifikasinya dengan Wrangler yang dijual di Amerika Serikat. 

Jeep Wrangler yang produksi sebelumnya dipegang oleh Fiat Chrysler Automobiles (FCA), saat ini berada di bawah naungan PT Hascar Motor International sebagai agen tunggal pemegang merek (ATPM) Jeep di Indonesia yang menggantikan Garansindo. Jeep Wrangler memiliki klaim memberikan kebanggaan dan nilai historis bagi para penggunanya.

Jeep Wrangler sendiri menjadi penerus Willys MB di masa perang dunia II yang diproduksi oleh Willys di tahun 1940 hingga sekitaran tahun 1980. Kemudian dilanjutkan dengan Kaiser Jeep dan American Motor (AMC). 

Jeep Wrangler juga memiliki peminat yang sangat besar di negara Eropa, Amerika bahkan Asia khususnya Indonesia. Awalnya yang merupakan sebuah mobil perang yang disukai dan diidolakan karena kekuatannya yang besar saat melewati medan perang yang tidak selalu mulus, berlumpur hingga penuh bebatuan. 

Eksterior Jeep Wrangler

Melihat tampilan mobilnya yang tinggi, kokoh serta kuat, tangguh dan memiliki tenaga besar, membuat Jeep Wrangler dinilai menjadi kendaraan yang mampu melewati medan jalan berat. Terdapat gril dengan 7 lubang, juga lampu berbentuk bulat, dimulai dari lampu utama, hingga lampu kabut atau fog lamps di sisi depan Jeep Wrangler. 

Lekukan yang kaku dan tegas menghiasi sis samping mobil yang menegaskan mobil ini mampu mengatasi semua medan. Sesuai slogan Jeep Wrangler, “Apapun medannya, Jeep Wrangler menjadi jawabannya.”

Pegangan pintu yang senada dengan fendernya dan cover kaca spion, berwarna hitam, membuat tampilan Jeep Wrangler menjadi lebih garang. Begitu juga shockbreaker besar dan hitam yang sengaja dilihat mudah terlihat semakin menampilkan kesan maskulin pada Jeep Wrangler.

Sedangkan untuk mengatasi medan dan juga jalanan yang berat maupun tidak rata, pelek dan ban khusus sudah disematkan di mobil ini. Berukuran BSW LT255 / 75R17, ban dari Jeep Wrangler JL menjadi tangguh untuk segala medan. Begitu juga dengan pintunya yang dapat dilepas engselnya yang membuatnya dapat dibuka sesuai kebutuhan pemilik mobil. 

Dengan bentuk yang cenderung boxy dengan warna hitam di sisi kaca belakangnya dan wiper dengan sapuan dari atas. Lampu stop lamp (lampu rem) berbentuk kotak vertikel terlihat sangat irit seperti bentuk dari sebuah domp-et. Sementara itu, ban cadangan tertempel di bagian tengah, di sisi luar bagasi. 

Ditambah lagi dengan kemampuan derek yang mengagumkan dari Jeep Wrangler dengan pengait baja berkekuatan besar yang disematkan di sisi kanan dan kiri bawah. Bahkan pemilik Jeep Wrangler dapat memilih mulai dari atap permanen, tanpa atap, hingga soft top. Bahkan Wrangler sudah memiliki modul dua atap permanen freedom top. 

Pemilik Jeep Wrangler dapat memadupadankan warna kendaraan dengan corak atap permanen tersebut. Termasuk memilih soft top sunrider yang bisa disimpan secara praktis dan mudah dibuka.

Interior Jeep Wrangler

Interior Jeep Wrangler sendiri selalu menampilkan kesan mewah serta sporty. Tapi diluar sisi garang yang ditampilkan eksteriornya, interiornya ternyata jauh lebih lembut. Mulai dari ruang kabin yang jauh lebih nyaman dibandingkan dengan model sebelumnya. 

Kabinnya terlihat seperti mobil Sport Utility Vehicle (SUV) modern yang mengutamakan kecanggihan fitur dan juga kenyamanan, tetapi sayangnya spek daya jelajah yang nanggung. Kabin ergonomis dan juga daya redam yang mumpuni pada getaran yang minim. Tidak lagi memakai jok mobil off road yang terasa kasar, saat ini Jeep Wrangler sudah memakai jok premium. 

Joknya berlapis kulit yang premium atau trim kulit McKinley dengan jahitan bordir. Dasbornya juga menambah kesan modern dengan lekukan berotot dari bagian atas hingga bawah dashbor.
Hitam doff menjadi warna yang mendominasi Jeep Wrangler JL. Tapi terdapat juga beberapa list silver seperti cover AC yang mencerahkan dasbornya. 

Fitur kenyamanan juga dilengkapi dengan sistem audio uconnect 130. Sebuah sistem yang memberikan support untuk pemutar CD, MP3, soket input audio dan radio AM/FM. Fitur ini juga didukung dengan fitur audionya, dimana terdapat 7 speaker Alpine dengan Subwoofer segala cuaca.

Bagasinya juga cukup luas dengan jok kursi yang dapat dilipat 60/40. Begitu juga dengan konsol tengah dan kotak penyimpanan dengan penutup dua tingkat yang dapat dikunci sehingga barang bawaan tetap aman selama perjalanan. Terdapat juga ruang untuk peralatan dengan kotak penyimpanan di bawah area kargo belakang, Bahkan masih ada tambahan jaring penyimpanan di semua pintu untuk menyimpan barang yang mudah dijangkau.

Jeep Wrangler juga dilengkapi fitur-fitur canggih seperti passive keyless entry Keyless Go, setir telescopic, MID full color seluas 7 inci, tombol start/stop engine, juga head unit berukuran 8,4 inci dengan layar sentuh dan juga sistem UConnect yang telah mengadopsi Apple CarPlay dan Android Auto. 

Terdapat juga USB port berukuran standar di depan dan USB-C. Begitu juga bagian belakangnya. Yang membedakan yaitu adanya tambahan power outlet berdaya AC 230 V dan 150 W untuk mengisi ulang baterai laptop atau barang lainnya. Juga ada fitur lain, yaitu cruise control, idling stop start, auto headlights, auto wiper, dual zone auto climate control, electrochromatic mirror, spion lipat elektrik, sound system premium dari Alpine dengan 9 speaker, subwoofer tahan air, serta amplifier 12-channel 552 W.

Dari segi daya dan konektivitas, terdapat satu Berkaitan dengan fitur keselamatan, Wrangler JL telah mengalami pembaruan. Mobil tersebut sudah dilengkapi berbagai fitur keselamatan seperti empat rem cakram, ABS, EBD, ESC (Electronic Stability Control), dan ERM (Electronic Roll Mitigation). Tidak hanya itu saja, mobil andalan Jeep ini juga sudah dibekali Hill Descent Control dan Hill Start Assist, serta sensor parkir dan kamera mundur yang dinamis, serta sudah terintegrasi langsung di ujung kunci ban serep belakang.

Mesin dan Performa Jeep Wrangler

Dengan mesin tipe 3.0 Pentastar V6, Jeep Wrangler diklaim dapat mengeluarkan tenaga sebesar 230 tenaga kuda dan torsi 285 nm. Ditopang dengan mesin berkapasitas 3.0 liter, membuat Jeep Wrangler memiliki tenaga yang mumpuni. Tenaga ini nantinya disalurkan melalui transmisi otomatis 5 percepatan dengan sistem penggerak All wheel drive.

Isi silinder (cc) 1995
Tipe drive Wheel drive
Konfigurasi mesin 2.0 litre Turbo 1-4
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 70
Jenis bahan bakar Bensin
Jumlah silinder 4

Konfigurasi Transmisi 8 Speed Automatic (Adaptive electronic control or Electronic Range Select(ERS) driver interactive manual control and electroniccally modulated torque converter clutch)
Tenaga 270hp at 5,250 rpm
Torsi 400 N.m at 3.000 rpm
Rem Depan Disc Brake
Suspensi depan Solid axle,link coil,leading arms,track bar,coil springs,stabilizer bar
Rem Belakang Disc Brake
Suspensi belakang Solid axle,link coil,trailing arms,track bar,coil springs,stabilizer bar
Ukuran ban 245/75 17 inch
Material velg Aluminum Wheels

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya