Kawasaki Berencana Menghadirkan Sepeda Motor Listrik dan Hybrid di 2022

Otoloka.id- Saat bulan Oktober lalu, Kawasaki mengumumkan akan merubah strategi bisnisnya ke produk yang lebih ramah lingkungan. Lini produknya akan dimulai dengan menggunakan powertrain listrik dan hybrid pada tahun 2035 nanti.

Selain itu, perusahaan asal Jepang tersebut juga berencana untuk meluncurkan sebanyak 10 model bertenaga listrik dan hybrid di tahun 2025 mendatang.

Nah, di ajang EICMA (Milan Motorcycle Shows) 2021, Presiden Kawasaki Motors Hiroshi Ito mengumumkan bahwa sebelum akhir tahun 2022, setidaknya Kawasaki akan meluncurkan sebanyak tiga model bertenaga listrik dan hybrid.

Sebelumnya, pabrikan tersebut di tahun 2020 silam sudah memberikan gambaran motor konsep, yaitu Kawasaki EV Endeavor. Sepuluh bulan berselang, Tim Hijau mengajukan paten mengenai pengembangan mesin listrik dan hybrid yang dikembangkan.

Baca juga: Usai Jajal Sirkuit Mandalika, Motor Custom Jokowi Mejeng di GIIAS 2021

Seperti yang dikutip dari rideapart.com, meski berita yang santer dari Kawasaki adalah soal pengembangan motor listrik dan hybridnya, mereka ternyata sedang mengembangkan proyek lain yang bertenaga hidrogen.

Pada Maret 2020 lalu, Kawasaki mengajukan paten untuk mesin Kawasaki H2 dengan injeksi ganda. Pengembangan pada motor tersebut, rencananya akan menjadi dasar pembangkit listrik bertenaga hidrogen di masa depan.

Mesin injeksi ganda H2 yang sedang dikembangkan, akan menggunakan bahan bakar hidrogen yang langsung dipasangkan ke supercharger motor tersebut. 

Injeksi yang langsung diarahkan ke supercharger H2, membuat mesin tersebut menghasilkan nol emisi dan punya tenaga yang lebih besar. Ya, setidaknya itu yang diklaim Kawasaki.

Baca juga: Ini Dia Penampakan Sepeda Motor Hybrid Kawasaki

Namun, proyek pengembangan motor dengan bahan bakar hidrogen tersebut akan memakan waktu yang lama. Model listrik dan hybrid yang dalam waktu dekat akan muncul, bisa menjadi perkenalan model-model yang termasuk dalam ramah lingkungan.

Dalam gelaran EICMA 2021, selain memberikan gambaran mengenai strategi bisnis, dan rencana peluncuran tiga model baru bertenaga listrik dan hybrid di tahun 2022, pabrikan tersebut juga meluncurkan beberapa lini produk baru, seperti Versys 650, Ninja H2 SX SE, dan KLX 230 edisi khusus. 

  • 0
  • Share
EKOSejak tahun 2012, Eko bekerja sebagai jurnalis di media remaja. Karena menggemari otomotif, Eko dipercaya untuk mengisi rubrik otomotif di media remaja tersebut. Dan hal itu berlanjut saat ia bekerja di media otomotif lain, sampai ia sekarang bergabung di Otoloka.id
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!