• Home>
  • Review>
  • Kelebihan dan Kekurangan BMW 320i, Mesin Tangguh Tapi Perawatan Mahal
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kelebihan dan Kekurangan BMW 320i, Mesin Tangguh Tapi Perawatan Mahal

Dilihat 3214
Arief Yuno
12 Des 2020, 11:00
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 2

family bmw 320i otoloka

Otoloka.id - BMW 320i masuk dalam keluarga Seri 3 telah hadir selama lima generasi. Seri Generasi 3 Dimulai dengan E21 yang dihadirkan hanya dalam bentuk 2 pintu, kemudian Seri E30 yang sukses mendunia, diikuti oleh E36, E46 dan E90 yang semuanya sukses.

Selama 4 dekade terakhir, sekitar 14 juta unit BMW Seri 3 telah terjual hingga saat ini. Diluncurkan pertama kali pada ajang Frankfurt Motor Show 1975 dengan kode E21, BMW Seri 3 terus diproduksi hingga kini dan telah mencapai generasi keenam yang diberi nama sandi F30.

Overview BMW 320i

tua bmw 320i otoloka

Mulai dari sektor mesin, BMW 320i menggunakan mesin 2.0 liter yang dipadukan dengan konfigurasi silinder inline-6 (sebelum E90) dan inline-4 (setelah E90). Mesin ini juga dilengkapi dengan teknologi VANOS (E36), Valvetronic dan Double VANOS (E46), serta BMW TwinPower Turbo (E90 & F30).

Selain memperkuat performa mesin, BMW juga lebih memperhatikan sektor efisiensi dan ramah lingkungan pada varian BMW 320i. Terbukti dengan hadirnya inovasi BMW EfficientDynamics (F30), kini BMW 320i mampu memadukan efisiensi bahan bakar dan emisi gas buang, dengan tetap mempertahankan gaya berkendara BMW yang aktif dan dinamis.

Harapan besar akhirnya dibebankan pada F30 untuk membawa Seri 3 kembali ke trek aslinya, karena BMW E90 sudah terlalu lama beredar dan mulai bisa disaingi oleh para rival seperti Mercedes-Benz C-class atau Audi. A4.

Spesifikasi dan Performa Mesin BMW 320i

mesin bmw 320i otoloka

BMW 320i generasi terbaru atau dengan nama sandi F30 mengusung mesin EfficientDynamics, 4 silinder, 1.998 cc, DOHC, twinscroll turbocharger. Rasio kompresinya 11.0: 1, dan mampu menghasilkan tenaga sebesar 184 hp pada 5.000 rpm, dengan torsi puncak mencapai 270 Nm pada 1.250 - 4.500 rpm.

Untuk sistem transmisinya, F30 menggunakan model penggerak roda belakang dan gearbox otomatis 8-percepatan. Akselerasi 0-100 km / jam bisa dicapai dalam 7,3 detik, dengan kecepatan maksimal hingga 250 km / jam.

Kelebihan BMW 320i

bmw 320i otoloka eksterior

Kuat

BMW E36 menjadi 3-Series pertama yang menerima lencana 320i di Indonesia. Sebab pada generasi sebelumnya, E30 hanya dijual lewat tipe 318i. 320i juga merupakan tipe tertinggi pada generasi E36 saat itu. Dibanding 318i E36, 320i E36 lebih menarik karena telah mengadopsi mesin 6 silinder serta mesin 6 silinder dengan kapasitas terkecil yang pernah diproduksi BMW untuk pasar Indonesia.

Awalnya BMW 320i E36 menggunakan mesin M50 yang cukup tangguh dan juga perawatan yang cukup mudah. Mesin ini digunakan dari 93 hingga pertengahan 95. Selanjutnya digantikan oleh mesin M52 dengan kapasitas yang sama.

Anggun

Dilihat dari eksteriornya, desain khas Seri 3 yang menganut pemisahan tegas antara area mesin, kabin, dan bagasi (desain 3 kotak), masih terlihat jelas dari samping. Garis tubuh yang disebut “garis gesekan ganda” juga menonjol di samping. Kedua garis ini menciptakan kesan yang kuat, dinamis dan menarik. Gril ginjal khas BMW dengan delapan slot, untuk model Luxury memiliki 11 slot, yang lebih besar dari sebelumnya. Pada bagian bemper terdapat sirip vertikal yang merupakan perangkat aerodinamis yang akan mengurangi pusaran pada sepatbor saat mobil melaju.

Secara keseluruhan, tampilan depan BMW Seri 3 membuat tampilan mobil ini lebih lebar dan gagah dibanding generasi sebelumnya. Sementara di area belakang, Seri-3 terlihat semakin sulit dibedakan dengan Seri-5 yang berada satu tingkat di atasnya. Hal tersebut tak lain karena lampu belakang memiliki desain yang mirip dengan Seri 5, bahkan Seri 7.

Kekurangan BMW 320i

Fitur Melimpah Tapi Harus Bayar Lebih

BMW 320i memiliki fitur hiburan dan kenyamanan yang semakin melimpah sekaligus membantu mengemudikan mobil di berbagai medan. Sebut saja, iDrive touch, sistem navigasi, sandaran tangan geser depan dengan kompartemen penyimpanan, AC 2 zona otomatis dengan ventilasi udara belakang, sandaran tangan tengah di belakang dengan 2 cupholder.

Lalu ada, paddle shift, sandaran tangan geser depan dengan kompartemen penyimpanan, sunroof kaca, elektrik, display instrumen resolusi tinggi, spion interior dengan fungsi anti-silau otomatis, paket lampu dengan pencahayaan ambient dan roda kemudi kulit multifungsi Sport.

Perbaikan Mahal

Penyakit kedua adalah mekatronika yaitu transmisi lanjutan BMW dimana transmisi diatur oleh sistem elektronik. Gejala mekatronika yang rusak terlihat dari transmisi yang kasar dan biasanya menyerang semua tipe BMW yang mengadopsi transmisi ZF 6 percepatan.

Kegagalan mekatonik umumnya terjadi karena oli transmisi kurang mendapat perhatian dari pemilik BMW. Biaya perbaikannya cukup fantastis, bisa mencapai lebih dari Rp25 juta.

Kesimpulan

interior bmw 320i otoloka

Ketika BMW Seri 3 generasi pertama diluncurkan pada tahun 1975, secara bersamaan menghidupkan segmen kendaraan baru, dengan konsep sedan sport, dan memberikan momentum BMW Seri 3 untuk menjadi model BMW yang paling sukses - status yang dipertahankannya hingga saat ini.

Hadir dengan desain dinamis, handling terbaik, efisiensi luar biasa, dan fitur-fitur inovatif, mempertahankan ciri khas BMW Seri 3, bahkan ditingkatkan ke level yang lebih tinggi.

BMW 320i (E36) menempati sedan entry level dari BMW dan merupakan salah satu model tersukses dari pabrikan Bavaria. Seri 3 adalah sedan kompak dengan harga lebih rendah yang unggul dalam kesenangan berkendara. Dengan keunggulan tersebut, BMW Seri 3 menjadi standar baru bagi sebuah sedan kompak, yang membuat pabrikan lain bersaing dengan performa BMW Seri 3.

Tak hanya itu, mobil ini bisa disebut sebagai 3 seri pertama yang benar-benar nyaman bagi penumpangnya. Dengan area kaki belakang yang cukup dan bagasi yang besar membuatnya sangat praktis. Guna memberikan performa yang menjanjikan, BMW terus menghadirkan teknologi terbaik yang semakin memperkuat kesan sporty yang diusung BMW 320i.

  • Suka 2
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Orang Lain Juga Melihat

      Otoloka menyediakan Isuzu Traga informasi model Mobil Indonesia terbaru, termasuk pemotretan fotografer profesional, banyak adegan latar belakang dari berbagai sudut, membantu Anda memahami berbagai informasi tentang mobil ini secara visual. Tidak hanya itu, masih ada layanan pemilihan mobil yang mendukung, konten yang bagus, harga spesial yang membantu Anda untuk membeli mobil impian.

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya