• Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kelebihan dan kekurangan Calya

Dilihat 620
Guntur Hanggara
28 Ags 2020, 11:54
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 1


Otoloka.id - Pada tahun 2009, Pemerintah Indonesia bersama Kementerian Perindustrian mengeluarkan ketentuan perihal kebijakan mobil murah dan ramah lingkungan, dan kelanjutannya keluarlah apa yang disebut Low Cost Green Car atau yang kerap disebut LCGC. 

Ketentuan ini dikeluarkan di dalam menghadapi dampak international warming dan semakin padatnya jalan di negara ini karena banyaknya kendaraan bermotor. LCGC ini ditujukan sehingga para pengguna sepeda motor yang notabene satu keluarga bisa punyai lebih dari tiga sepeda motor, sehingga sudi untuk berubah ke mobil yang dirasa lebih efisien di dalam mengangkut lebih banyak penumpang daripada sepeda motor yang paling banyak hanya 2 orang saja, dan dengan mobil bisa menempuh jarak lebih jauh. 

Oleh karena keputusan ini, Toyota Indonesia dengan Daihatsu Indonesia bekerjasama lagi di dalam memproduksi sebuah mobil dimana dengan harga yang murah, namun mesin wajib mempunyai kapabilitas yang mumpuni dan gampang perawatannya. Lalu pada akhirnya, di tahun 2012, di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS), Calya dan Sigra diperkenalkan ke masyarakat tanah air, dan di tahun 2013 permulaan dipasarkan di pasar otomotif Indonesia.

Nah, dengan sejarah yang panjang di atas tentunya kini Otoloka ingin mengetahui lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan dari Toyota Calya ini yang notabennya adalah mobil dengan produksi di bawah peraturan pemerintah harus murah namun berkualitas. 

Kelebihan Toyota Calya


1. Memiliki Ruang Kabin yang Lega

Kelebihan Toyota Calya yang pertama yaitu terdapat pada ruang kabinnya. Di mana, mobil LCGC tipe MPV ini membawa kapasitas ruang kabin yang lumayan luas agar sanggup menampung 7 penumpang sekaligus. 

Bahkan, apabila kalian bandingkan bersama pesaingnya, Datsun Go+ Panca, Toyota Calya mempunyai kabin yang lebih luas di kelasnya maka dari itu bisa menambah ruang gerak yang lebih leluasa kepada seluruh penumpang. Maka, bersama kelebihan Toyota Calya tersebut, tentunya bakal menyebabkan para penumpang jadi lebih nyaman. 

2. Mobil Murah Namun Dilengkapi Fitur Entertainment

Meski harganya terbilang untuk kalangan menengah tapi mobil LCGC ini dilengkapi dengan fitur-fitur lengkap sebagai keunggulan Toyota Calya. Beberapa fitur selanjutnya lebih tertuju pada dashboard di sektor interior dari mobil LCGC buatan Toyota ini. 

Hal itu tak luput dari dibenamkannya beragam fitur menarik, seperti audio video system, electric mirror, head unit 4 speaker dengan USB, AUX dan Bluetooth connectivity, MID, dan Eco Mode. Sementara itu, keunggulan mobil Toyota Calya termasuk terletak pada power window di keempat pintunya yang mana mampu dikendalikan melalui pintu pengemudi. Nah, dengan segala kecanggihan itu maka toyota Calya mampu bersaing dengan mobil-mobil lain di kelasnya.

3. Harganya Terjangkau

Kelebihan lain dari Toyota Calya adalah di masalah harganya yang terbilang cukup terjangkau. Pasalnya, dengan banderol 130 jutaan sampai 149 jutaan saja, para pembeli sudah bisa membawa pulang sebuah mobil dengan fitur-fitur dan spesifikasi yang tak kalah dengan MPV Series, layaknya Avanza atau Xenia. 

Dengan begitu maka harga Toyota Calya yang terlalu bersahabat tersebut menjadikannya sebagai salah satu kelebihan Toyota Calya mengingat dapat jadi incaran para konsumen, lebih-lebih yang mengincar dan mencari mobil berfitur lengkap namun dibanderol dengan harga murah.

4. Dilengkapi Fitur Keselamatan Canggih

Nah, di samping mempunyai begitu banyak ragam fitur entertainment, kelebihan Toyota Calya ini terletak dalam fitur keselamatannya. Pasalnya, mobil MPV LCGC ini telah dibekali dua buah airbags, rem ABS, rem depan cakram, kursi ISOFIX, side impact beam, immobilizer dan 7 buah seatbelt. Kalian tahu, ternyata cuma kalah 1 buah airbags saja dibanding Fortuner yang harganya lebih mahal bekali-kali lipat.

5. Memiliki Ruang Bagasi Luas

Meski dimensinya tak sebesar saudaranya Avanza Cs, namun mobil LCGC ini memiliki ruang bagasi yang lumayan luas. Tentu saja hal berikut jadi salah satu kelebihan Toyota Calya yang sangat menarik. Bahkan, ruang bagasi yang dibawanya itu diklaim sanggup menampung 3 buah galon dan 1 tas kecil sekaligus. Apalagi jika kursi dilipat, dipastikan bakal sanggup menjadi tempat tiduran. Di sisi lain, yang paling menarik yakni terhadap door handle pintu belakang yang biasanya tidak disematkan terhadap mobil-mobil murah. 

Kekurangan Toyota Calya


1. Bahan Bakarnya Mahal

Pertama, kelemahan mobil LCGC ini yakni terdapat terhadap jenis BBM yang digunakan. Perlu diketahui bahwa mesin yang diusung Toyota Calya wajib mematuhi standar yang ditetapkan oleh pemerintah. Di mana, di dalam perihal ini tiap-tiap mobil LCGC wajib dirancang untuk gunakan BBM bersama nilai oktan di atas RON 92, seperti Pertamax ke atas yang harganya mahal. Tentu saja hal ini menjadi pertimbangan bagi costumer yang bakal membelinya. 

2. Posisi Duduk Kurang Nyaman

Selain itu, kekurangan Toyota Calya terdapat pada joknya. Di mana, jok di ruang kabin pada Calya ini diklaim tidak cukup nyaman dan memicu pengemudi cepat pegal dan capek, apalagi saat mengemudi untuk perjalanan jauh. Pasalnya, secara cermat diketahui bahwa jok atau daerah duduknya tidak cukup suportif, head restnya masih menyambung dan terlampau rendah. Bahkan, posisi duduk tidak bisa ditinggikan begitu pula posisi stir dan seatbeltnya. 

3. Interior Minimalis dan Kurang Berkualitas

Meski mempunyai segudang fitur interior canggih, namun jika diliihat lebih lanjut tampaknya terdapat kekurangan Toyota Calya yang terdapat di sektor interior. Pasalnya, interior mobil LCGC ini didesain dengan material bahan yang masih standar, lebih-lebih dinilai kurang berkualitas. Pasalnya, area interior Toyota Calya ini dipenuhi dengan bahan plastik tidak mahal dan tipis, desain seadanya, door trim yang gampang sobek jika tergores serta sebagian komponen yang goyang saat ditekan.

4. Tenaga Mesin Kecil

Berharap mempunyai tenaga maksimal, tampaknya perihal itu merupakan suatu harapan semu mengingat mobil MPV LCGC yang merupakan adik dari Avanza ini cuma dibekali bersama dengan mesin kecil. Tentu saja, perihal tersebut menjadi kekurangan Toyota Calya yang sangat kelihatan. Perlu untuk diketahui bahwa Toyota Calya dibekali bersama dengan mesin 1.200 cc 4 silinder bersama dengan tenaga 88 PS di rpm 6.000 dan torsi 109 NM di rpm 4.800. 

5. Bodi Tipis dan Bobotnya Minimalis

Nah, kekurangan Toyota Calya yang terakhir, yaitu pada bodinya yang terlalu tipis dan bobotnya yang sangat ringan untuk mobil sekelasnya. Awas saja jika diajak ngebut bisa oleng nih mobil diterpa angin dari kendaraan besar lainnya.
Itulah sekelumit review kelebihan dan kekurangan Toyota Calya, untuk selanjutnya silahkan kalian nikmati dahulu mobil kalian dan berikan komentar di kolom bawah ya.


  • Suka 1
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya