• Home>
  • Review>
  • Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ayla, Jangan Terkecoh Tampilan yang Sporty
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ayla, Jangan Terkecoh Tampilan yang Sporty

Dilihat 1023
Arief Yuno
12 Nov 2020, 12:03
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Daihatsu patut mendapat apresiasi lebih atas usahanya mendandani salah satu LCGC (Low Cost Green Car) mereka, yaitu Daihatsu Ayla. Pada generasi awalnya, city car 5-seater ini punya penampilan yang biasa-biasa saja bahkan cenderung membosankan. Tapi semua itu sudah berubah setelah beberapa kali facelift dilakukan.

Daihatsu Ayla pertama kali muncul ke hadapan publik dalam pameran IIMS (Indonesia International Motor Show) 2012 berbarengan dengan kembarannya, yaitu Toyota Agya. Saat itu Ayla hadir sebagai mobil compact dengan desain terkesan membulat. Kalau hanya melihat penampilannya saja mungkin butuh waktu untuk jatuh hati pada generasi pertama mobil ini.

Sejarah Daihatsu Ayla

Apalagi dalam jangka waktu berdekatan konsumen juga disuguhkan kehadiran beberapa city car non-LCGC, seperti KIA Rio atau Mitsubishi Mirage yang keduanya punya visual lebih keren. Bahkan di kelas LCGC itu sendiri hadir pula Honda Brio Satya yang bentuknya sangat sporty. 

Seiring berjalannya waktu Daihatsu akhirnya memberi beberapa penyegaran sehingga Ayla menjadi lebih memikat. Bagi konsumen tentunya hal ini dapat menjadi daya tarik lebih untuk membelinya. Namun sebelum Anda menjatuhkan pilihan, simak dulu ulasan kelebihan dan kekurangan Daihatsu Ayla berikut ini.

Kelebihan Daihatsu Ayla


Eksterior Daihatsu Ayla Sporty

Dengan penampilan yang dimilikinya saat ini rasanya cukup pantas menyebut Daihatsu Ayla sebagai city car yang punya desain sporty dan modern. Terutama untuk tipe tertingginya, yaitu Daihatsu Ayla R Deluxe AT yang ditawarkan seharga Rp159.900.000. 

Di bagian depan mobil kita bisa melihat gril hitam dilengkapi aksen krom dengan bentuk yang sebenarnya cukup sederhana. Namun berkat tambahan semacam kisi-kisi udara cukup besar di bagian bawahnya tampilan mobil jadi terlihat lebih gagah. Tak kalah menarik adalah bentuk rumah fog lamp yang dibuat meruncing dan ukurannya besar.

Pelek 14 inci berbahan aluminium dua warna yang menempel desainnya terasa pas untuk menunjang penampilan mobil secara keseluruhan. Dan jika melihat ke bagian belakang mobil, terlihat kesan yang tak kalah sporty berkat adanya spoiler dan aerokit menyatu dengan bumper.

Handling Mudah

Kelebihan lain yang bisa Anda dapat dari Daihatsu Ayla adalah handling atau pengendalian lincah dari body dan wheelbase-nya yang pendek. Di atas kertas Daihatsu Ayla bermesin 1.200 cc memiliki wheelbase 2.450 mm. Menariknya, untuk tipe bermesin 1.000 cc justru punya jarak sumbu roda lebih panjang, yaitu 2.455 mm.

Kemudahan handling akan sangat menguntungkan ketika Daihatsu Ayla diajak membelah jalanan perkotaan yang padat karena mobil akan lebih mudah bermanuver.

Sedangkan untuk dimensi kendaraan, Daihatsu Ayla bermesin 1.200 cc memiliki panjang 3.660 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 1.520 mm. Tipe mesin 1.000 cc sedikit lebih pendek dengan dimensi panjang panjang 3.640 mm, lebar 1.600 mm, dan tinggi 1.520 mm.

Daihatsu Ayla Irit Bensin

Masuk ke dalam kategori LCGC berarti Daihatsu Ayla harus memenuhi syarat-syarat mengenai mobil murah dan ramah lingkungan yang dikeluarkan oleh pemerintah melalui Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Dalam Peraturan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013 disebutkan salah satu syarat yang mesti dipenuhi oleh mobil LCGC adalah tingkat konsumsi bahan bakar setidaknya 20 km/liter. Ketentuan ini rasanya bisa dijadikan gambaran seberapa irit Daihatsu Ayla.

Meski kenyataan di lapangan tingkat konsumsi bahan bakar sebuah kendaraan juga tergantung dari banyak aspek. Mulai dari gaya mengemudi pengendaranya, perawatan mobil itu sendiri, hingga kondisi lalu lintas yang dilalui.

Sebagai informasi, sampai tahun 2020 ini Daihatsu Ayla memiliki dua pilihan mesin. Pertama, mesin 1.200 cc 4-silinder dengan tenaga tertinggi 88 [email protected] rpm dan torsi 108 [email protected] rpm. Kedua, mesin 1.000 cc 3-silinder bertenaga 65 [email protected] rpm dan torsi 86 [email protected] rpm. Masing-masing mesin tersedia dalam pilihan transmisi manual 5-kecepatan atau otomatis 4-kecepatan.

Harga Daihatsu Ayla Murah dan Banyak Pilihan Tipe

Daihatsu menghadirkan sangat banyak pilihan untuk Ayla. Tak tanggung-tanggung, totalnya ada dua belas tipe yang saat ini tersedia. Tipe terendahnya adalah Daihatsu Ayla 1.0 D MT yang punya banderol Rp102.150.000. Sedangkan untuk tipe paling mahal adalah Daihatsu Ayla 1.2 R Deluxe AT seharga Rp159.900.00.

Sebagai perbandingan, Toyota Agya yang masih satu platform dengan Ayla hanya tersedia dalam enam tipe. Dengan harga paling murah Rp143.800.000 untuk tipe Toyota New Agya 1.0 G MT. Lalu tipe termahalnya ada di harga Rp169.290.000 untuk tipe Toyota New Agya 1.2 G AT TRD.

Fitur Tergolong Lengkap

Pada tipe tertingginya, Daihatsu Ayla memiliki fitur yang tergolong lengkap. Untuk keselamatan berkendara, mobil ini sudah dilengkapi dual SRS Airbag. Terdapat pula sistem pengerem yang dilengkapi ABS (Anti-lock Brake System) dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution).

Beranjak ke dalam kabin, sudah ada head unit layar sentuh 7 inci hingga sensor parkir dan kamera belakang. Kedua fitur ini bahkan tidak dimiliki Honda Brio Satya tipe tertinggi yang harganya selisih sekitar sepuluh juta rupiah lebih mahal.

Kekurangan Daihatsu Ayla

Tenaga Mesin Pas-pasan

Daihatsu Ayla bukan mobil yang dirancang untuk kebut-kebutan mengingat tenaga yang dihasilkan mesinnya pun pas-pasan. Kita coba bandingkan tenaga dan torsi dari Daihatsu Ayla 1.200 cc, Toyota Agya 1.200 cc, dan Honda Brio Satya yang juga bermesin 1.200 cc.

Di atas kertas, untuk urusan tenaga Honda Brio Satya juaranya dengan output maksimum 90 PS di putaran mesin 6.000 rpm. Sedangkan Ayla dan Agya sama-sama punya tenaga tertinggi 88 PS.

Kemudian untuk torsi, Daihatsu Agya menjadi yang paling bontot dengan output 108 Nm di putaran mesin 4.200 rpm. Sedangkan rivalnya dari Toyota dan Honda sama-sama punya torsi tertinggi 110 Nm di putaran mesin 4.800 rpm. 

Desain Interior Biasa Saja

Konsep sporty yang bisa kita lihat pada penampilan eksterior rupanya tidak ikut dibawa masuk ke dalam kabin. Desain interior Daihatsu Ayla terkesan biasa saja. Mayoritas material yang digunakan untuk dashboard dan bagian dalam pintu tentunya berbahan plastik. Hal ini bisa dimaklumi mengingat statusnya sebagai mobil harga terjangkau.

Tapi kalau saja desain interior dibuat lebih menarik maka kekurangan itu bisa ditutupi. Contohnya seperti yang bisa ditemui pada dashboard Honda Brio Satya. Walau material yang digunakan juga mayoritas plastik, namun desainnya lebih dinamis dengan adanya variasi tekstur dan perbedaan warna.

Harga Jual Kembali Daihatsu Ayla Kurang Bagus

Harga jual kembali Daihatsu Ayla bukanlah yang terbaik. Kecenderungannya konsumen lebih memilih Toyota Agya atau Honda Brio Satya. Jika Anda memang berminat membeli mobil ini dalam kondisi baru maka pastikan menjaga kondisinya sebaik mungkin sehingga bisa mendapatkan harga jual kembali terbaik nantinya.

Kesimpulan Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Ayla

Dari segi harga untuk unit barunya, Daihatsu Ayla cukup kompetitif di pasaran. Mobil ini sangat cocok sebagai pilihan bagi mereka yang baru pertama kali memiliki kendaraan roda empat.

Harganya terjangkau, perawatan murah dan mudah, suku cadang gampang didapat, serta dealer resmi tersebar di banyak daerah. Untuk pemakaian pribadi sebaiknya Anda memilih tipe tertinggi.

Harapannya Anda bisa merasakan kepuasan maksimal dari mobil pertama yang dibeli dan tidak lekas merasa bosan.

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya