• Home>
  • Review>
  • Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Gran Max Minibus
  • twitter
  • facebook
  • whatsapp
  • ins

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Gran Max Minibus

Yunita Efendi
3 Des 2021, 13:19
  • Dilihat 4963
  • Suka 0

Otoloka.idDaihatsu Gran Max minibus atau dengan nama pabrikannya diberi nama Daihatsu Gran Max MB adalah mobil dengan banyak fungsi. Sebelum membahas kelebihan dan kekurangan Daihatsu Gran Max MB ada baiknya kita mengenal sedikit lebih dalam tentang mobil pabrikan Daihatsu ini. 

Awal produksi mobil ini di tahun 2007 bertujuan untuk menggantikan tipe mobil sebelumnya yaitu Daihatsu Hijet dan Daihatsu Zebra Master. 

Daihatsu Gran Max MB diproduksi untuk pengembangan dari dua produk mobil Daihatsu sebelumnya. Di Indonesia Daihatsu Hijet dan zebra cukup melegenda hampir di seluruh daerah karena peruntukannya sebagai alat transportasi umum. 

Daihatsu Gran Max MB mulai dirilis di pasaran pada tahun 2011 di Tokyo sebagai jawaban permintaan pasar. Pada saat itu publik banyak meminta agar ada sebuah MPV yang nyaman dengan ruang yang besar dan pastinya cukup bertenaga.

Dengan dirilisnya Daihatsu Gran Max MB cukup membuat permintaan pasar terpenuhi. Terlebih banderol harga dari Daihatsu Gran Max MB bisa dibilang sangat terjangkau yaitu di bawah Rp 200 jutaan. 

Dengan spesifikasi yang ditawarkan Daihatsu Gran Max MB cukup memuaskan kebutuhan akan kendaraan yang bisa digunakan sehari-hari dan juga bisa digunakan untuk berbagai macam tujuan.

Baca juga: 3 Referensi Mobil Bekas Rp 20 Jutaan yang Bisa Jadi Pilihan

Kelebihan Daihatsu Gran Max MB

Salah satu kelebihan Daihatsu Gran Max MB yang paling menjawab kebutuhan pasar adalah ruang dalam mobil yang luas. Ruang-ruang kabin yang luas membuat pengemudi dan penumpang nyaman saat berada di dalamnya.

Jika pada MPV lain daya tampung maksimal adalah 8 orang, maka untuk Daihatsu Gran Max MB ini bisa menampung sampai dengan 11 orang.

Tak hanya itu, performa mesin yang cukup tangguh juga kelebihan lain dari Daihatsu Gran Max MB. Tenaga yang dihasilkan dari mobil ini tidak bisa dibilang lemah karena dua tipe mesinnya 1,3L dan 1,5L mampu menghadirkan daya maksimum 88 ps dan 97 ps dengan torsi maksimal 114 Nm dan 134 Nm.

Kelebihan lainnya dari Daihatsu Gran Max MB adalah sistem bahan bakar yang sudah menggunakan Electronic Fuel Injection (EFI). Dengan balutan sistem seperti itu sudah bisa dipastikan kalau mobil ini akan sangat irit dalam mengkonsumsi bahan bakar. 

Kelebihan berikutnya adalah sistem pengereman yang menggunakan disk brake atau cakram. Dengan adanya spesifikasi ini pengguna pastinya akan dibuat untuk merasa aman dan nyaman. 

Baca juga: 5 Pilihan Pelumas Mobil Terbaik, Mana yang Kalian Gunakan?

Selain itu kelebihan eksteriornya yang menawan dan menyesuaikan dengan zaman agar selalu terlihat modern. Yang juga tak bisa dilupakan adalah kelebihan pintu gesernya yang membuat Daihatsu Gran Max MB ini semakin terlihat elegan dan eksklusif.

Kekurangan Daihatsu Gran Max MB

Di mana ada kelebihan pasti ada juga kekurangan. Setelah cukup puas dimanjakan kelebihan Daihatsu Gran Max MB baiknya kita juga mengulas beberapa kekurangannya. 

Yang pertama adalah sistem handlingnya yang sangat kurang sempurna. Hal ini disebabkan dan juga terkoneksi dengan suspensi yang kurang maksimal untuk menopang bodi Gran Max MB yang besar. 

Kekurangan yang lain pada Gran Max MB adalah kurang stabil terutama saat kecepatan tinggi. Usut punya usut ternyata ini disebabkan oleh penggunaan material bodi yang terlalu ringan. 

Bahkan saat jalan menanjak sering mengalami kendala walaupun Gran Max MB ini bermesin 1500 cc tapi terbilang cukup lemah.

Posisi mesin yang berada di bawah barisan depan kabin juga ternyata menjadi kekurangan juga karena saat mesin semakin panas akan membuat pengemudi dan penumpang di barisan tersebut tidak nyaman.

Baca juga: 2 Tahun Pakai Honda Freed, Ini Curhatan Penggunanya

Kekurangan terakhir pada Gran Max MB adalah fitur-fitur yang masih standar atau bahkan bisa dibilang belum lengkap. Di antara kekurangan tersebut adalah pada bagian kabin depan yang polos. 

Pada bagian interior pun material yang digunakan sangat biasa dan belum memenuhi ekspektasi pengalaman berkendara yang nyaman.

Belum disematkannya sistem power window dan fitur keselamatan seperti airbags juga jadi bagian lain dari kekurangan Daihatsu Gran Max MB. 

Yang tak kalah penting juga dari segi kekurangannya adalah harga jual kembali yang cukup jauh jika dibandingkan dengan pesaingnya yang setipe.

Kelebihan Daihatsu Gran Max MB

Kekurangan Daihatsu Gran Max MB

Performa mesinnya tergolong cukup handal

Kurangnya tenaga saat tanjakan

Konsumsi bahan bakarnya sudah cukup irit

Belum dilengkapi dengan fitur – fitur yang lengkap

Ukuran kabin tergolong luas di kelasnya

Desain interior biasa – biasa saja

Dilengkapi dengan sistem rem cakram

Kurang stabil saat kecepatan tinggi

Desain eksterior yang modern

Harga jual kembalinya turun drastis


Itulah beberapa ulasan tentang kelebihan dan kekurangan Daihatsu Gran Max MB. Semoga bisa jadi bahan pertimbangan sekaligus referensi jika tertarik pada Daihatsu Gran Max MB. 

Untuk mengenal lebih dekat lagi berikut spesifikasi dan harga dari beberapa tipe Daihatsu Gran Max.

Spesifikasi Lengkap Daihatsu Gran Max

Dimensi


Panjang

4.405 mm

Lebar

1.665 mm

Tinggi

1.900 mm

Ground Clearance

165 mm

Tangki bahan bakar

43 Liter

Sasis


Suspensi Belakang

5 link, rigid-axle dengan per keong

Suspensi Depan

MacPherson strut, dengan per keong

Sistem Rem Belakang

Drum Brake

Sistem Rem Depan

Ventilated Disc

Ukuran ban/Velg

165/R14 Steel Full Cover 14″x5JJ

Mesin


Jenis Mesin

3SZ – VE, DOCH VVTi

Isi Silinder

1.495cc

Bahan Bakar

-

Sistem Bahan Bakar

Electronic Fuel Injection

Diameter Langkah  

72.0 x 91.8 mm

Konsumsi bahan bakar

-

Transmisi

5-speed manual

Torsi Maksimum

134 Nm/4.400 rpm

Daya Maksimum

97 PS/6.000 rpm

Harga Daihatsu Gran Max

Type

Harga 

Harga Gran Max MB 1.5 D PS FH

Rp.155.075.000

Harga Gran Max MB 1.3 D FF AMBULANCE FH

Rp.174.475.000

Harga Gran Max MB 1.3 D FF FH

Rp.145.475.000

Harga Gran Max MB 1.3 D FH

Rp.139.075.000

Harga Gran Max BV 1.3 AC FH

Rp.125.775.000

Harga Gran Max BV 1.3 FH

Rp.121.675.000

Kesimpulan

Kesimpulan dari ulasan tentang Daihatsu Gran Max MB serta kelebihan dan kekurangannya adalah jika membutuhkan mobil berukuran besar untuk kebutuhan yang bermacam-macam seperti memiliki anggota keluarga lebih dari 8 orang atau untuk kebutuhan penyewaan. 

Bahkan untuk difungsikan sebagai mobil pengangkut barang maka, Daihatsu Gran max MB adalah mobil yang cocok untuk dimiliki. 

Dan jika tidak ada niat untuk menjual kembali mobil ini cukup layak untuk dimiliki karena bonus yang lumayan membantu adalah sparepart Daihatsu Gran Max sangat mudah untuk didapatkan.


Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!

Kendaraan Terkait

Rekomendasi

Komentar

Kirimkan

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    Rekomendasi Populer

    Rekomendasi Mobil

    OTOLOKA Toolkit

    Memberikan Anda layanan kalkukasi kredit, perawatan, konsumsi bahan bakar dan asuransi kendaraan