OTOLOKALogo
Cari
Tips: CTRL+D Bookmark website
twitter
facebook
instagram
Masuk
  • Home>
  • Review>
  • Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu TAFT, Sang Kebo Nan Legendaris
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu TAFT, Sang Kebo Nan Legendaris

Dilihat 1774
Arief Yuno
5 Nov 2020, 14:17
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 3

Otoloka.id - Daihatsu TAFT adalah satu dari sekian pilihan mobil second yang kerap dilirik sebagai mobil harian. Model serba mengotak dan berotot membuat sosoknya ganteng, dan dikenal tangguh karena terbukti hingga kini masih digunakan di area pelosok Indonesia termasuk area pertambangan dan perkebunan.

TAFT sendiri adalah merek jip yang di Indonesia hadir di bawah bendera Daihatsu. Tiap hurufnya ditulis besar karena memang sebuah singkatan, yakni Tough & Almighty Four-wheel Touring.

Sejarah Daihatsu TAFT

Di Indonesia, umumnya orang mengenal dua model. Yang versi lawas sering disebut "Kebo" dan yang versi modern. Namun sebenarnya dia sudah hadir sejak 1974 hingga akhirnya stop produksi oleh Daihatsu Indonesia di kisaran tahun 2007.

"Kebo" sendiri bukan TAFT pertama. Sebab, model generasi I-nya adalah "Kancil" karena merupakan model kecil dengan kode bodi F10. Barulah generasi kedua beredar di tahun 1979 dengan nama "Kebo" menggunakan mesin 2.530 cc dan kode bodi F50.

Namun untuk pemakaian harian, versi modernnyalah yang sering dilirik. Model ini sendiri mulai dipasarkan di tahun 1980-an, tepatnya mulai sekitar tahun 1986 dengan kode F70. Saat itu, pasar Indonesia punya pilihan bodi panjang selain tentu yang pendek, alias short wheelbase dan long wheelbase. Bahkan ada pula versi pick-up-nya yang tergolong sebagai tipe langka.

Sebutan-sebutan seperti TAFT Hiline, GT, Rocky, Independen, hingga Rocky Independen mengalir seiring pembaruan dari generasi ke generasi, seperti perubahan desain, tambahan bodi atap beraksen terpisah seperti Rocky, hingga peralihan penggunaan suspensi depan dari per daun menjadi independen.

Sebagai mobil yang tangguh di segala medan, sebenarnya fokus TAFT adalah torsi melimpah. Sebagai contoh, salah satu tipenya yang beredar di pertengahan 1990-an menggunakan mesin 2.800 cc empat silinder segaris dengan torsi besar 245 Nm cukup pada putaran puncak 2.200 rpm tetapi hanya punya power 76 HP pada putaran 3.600 rpm. Jadi, jago di tanjakan, tetapi bukan untuk gaspol di tol.

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu TAFT

Kelebihan dan kekurangannya? Sejak awal hingga masa akhir produksi, Daihatsu TAFT terkenal dengan sisi minimalitasnya. Interiornya minim fitur dan sebagai jip tentu saja dia kaku kalau bicara suspensi, walau sedikit lebih baik saat sudah berstatus "independen" yang artinya menggunakan suspensi depan independen.

Koplingnya juga dikenal keras, walaupun bisa diganti. Sementara urusan untuk spare part banyak yang mengatakan cukup melimpah di pasaran.

Faktor bodi, mesin, dan transmisi penting untuk menjadi perhatian. Seperti kebanyakan tradisi produksi sebuah mobil, beberapa part seperti transmisi di model awal justru lebih bandel alias awet.

Namun karena terus menerus diandalkan bahkan mungkin selama lebih dari 20 tahun, maka sejumlah hal pun sudah masuk tahap keausan. Bodi, misalnya, bisa jadi sudah mulai keropos. 

Demikian halnya dengan mesin, terutama jika sering diajak kerja keras. Seperti lazimnya mesin mobil yang sudah perlu perbaikan besar, kepulan asap pembuangan bisa menjadi acuan. Versi standar Rocky sebagai contoh punya ruang duduk baris kedua yang terbilang sempit.

Sementara versi short-wheelbase mengandalkan kursi belakang berhadapan layaknya angkot. Makanya tidak jarang yang memodifikasinya dengan mengganti jok.

Satu lagi adalah bodi miring. Ini terutama TAFT-TAFT pekerja keras. Problemnya bertumpu mulai dari suspensi per daun yang mesti dirol ulang atau bahkan memang sasis yang sudah termakan usia.
Suara mesinnya pun, yakni yang diesel, akan terdengar ke kabin. Namun sebagai mobil offroad yang basisnya 4x4, bisa jadi itu merupakan keunikan tersendiri.


  • Suka 3
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya