• Home>
  • Review>
  • Kelebihan dan Kekurangan Datsun Go, Wajib Pahami Sebelum Beli
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kelebihan dan Kekurangan Datsun Go, Wajib Pahami Sebelum Beli

Dilihat 4767
Amanda
6 Nov 2021, 13:34
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 2

Otoloka.id - Kelebihan dan kekurangan Datsun Go merupakan hal yang menarik untuk dibahas di kalangan pecinta otomotif Tanah Air. Mobil yang mengisi segmen kelas Low Cost Green Car (LCGC) ini memang cukup populer.

Datsun Go hadir dengan tampilan sporty dan harga terjangkau. Mobil yang masuk ke dalam golongan city car ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 2014 di Indonesia.

kelebihan dan kekurangan datsun go

Di segmen kelas yang sama, Datsun Go ini harus bersaing ketat dengan Toyota AgyaDaihatsu AylaHonda Brio, dan Suzuki Wagon R

Persaingan yang ketat pun tidak bisa terhindarkan karena seperti yang kita tahu, mobil LCGC ini merupakan jenis mobil yang banyak diincar oleh masyarakat di Indonesia.

Sayangnya, Datsun Go pun harus tutup usia lantaran tidak lagi unit barunya alias berhenti produksi pada tahun 2020 lalu.

Tetapi seperti mobil pada umumnya, tentu kita bisa menemukan kelebihan dan kekurangan tersendiri dari Datsun Go. Daripada penasaran, mari langsung kita simak informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari Datsun Go berikut ini!

Kelebihan Datsun Go

1. Kabin dan Bagasi Luas

Meskipun tidak sebesar mobil MPV maupun SUV, ruang kabin yang dimiliki Datsun Go ini cukup leluasa. Tidak heran jika kemudian mobil ini menjadi incaran untuk dijadikan mobil keluarga.

Bukan itu saja, Datsun Go ini juga memiliki kapasitas bagasi yang besar, yaitu 265 liter. Konsumen pun tidak perlu khawatir jika harus bepergian dengan membawa banyak barang.

2. Mesin Bertenaga dan Irit BBM

Datsun Go diketahui menggendong mesin 3 silinder berkode HR12DE. Mesin ini memiliki bobot yang cukup ringan dan memiliki karakter overstroke, dimana mesin ini sangat efektif untuk mengangkat torsi pada putaran rendah.

Bicara soal tenaganya, mesin Datsun Go ini bisa menghasilkan tenaga sebesar 66,5 HP pada putaran 5.000 rpm untuk varian manual. Sementara untuk varian CVT, mesinnya bisa menghasilkan tenaga sekitar 76,5 HP pada putaran 6.000 rpm.

Bukan itu saja, mesin yang digendong Datsun Go ini juga diklaim irit BBM. Untuk penggunaan dalam kota, tingkat konsumsinya adalah 13 km/liter, sementara di rute luar kota, tingkat konsumsinya bisa mencapai 20,6 km/liter.

3. Transmisi CVT Halus

Selain menawarkan pilihan transmisi manual 5 percepatan, Datsun Go juga ditawarkan dalam pilihan transmisi CVT. Transmisi CVT ini menjadi salah satu keunggulan tersendiri dari Datsun Go.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Mobil Datsun di Era Milenium

Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, Datsun Go dengan mesin bertransmisi CVT ini bisa menghasilkan tenaga yang lebih besar. Tetapi bukan itu saja, transmisi CVT ini juga diklaim mampu memberikan karakter berkendara dan perpindahan gigi yang lebih halus.

4. Harga Terjangkau

Bicara soal harga, sudah menjadi rahasia umum bahwa Datsun Go banyak menjadi incaran berkat harganya yang terjangkau. Di Indonesia sendiri, Datsun Go dipasarkan dengan kisaran harga mulai dari Rp112.090.000 untuk varian terendahnya hingga Rp160.490.000 untuk varian tertingginya.

5. Biaya Servis Murah

Selain dibanderol dengan harga yang terjangkau, Datsun Go ini juga diketahui memiliki biaya servis berkala yang cukup murah. Total biaya servis dari tahap 10.000 km hingga 50.000 km untuk Datsun Go ini hanya menghabiskan sekitar Rp2.188.450, harga yang jauh di bawah biaya servis mobil lain sekelasnya.

6. Dilengkapi Fitur Follow Me Home Headlamp

Fitur Follow Me Home Headlamp ini merupakan salah satu fitur unggulan dari Datsun Go. Fitur yang satu ini berfungsi untuk menyalakan lampu utama beberapa detik setelah mesin mobil dimatikan, sehingga bisa memudahkan pengemudi ketika hendak masuk ataupun keluar rumah.

Baca juga: 10 Mobil Keluarga Termurah di Indonesia, Mau Beli yang Mana?

Kekurangan Datsun Go

1. Jok Kurang nyaman

Sekarang kita masuk ke pembahasan mengenai kekurangan dari Datsun Go. Kekurangan yang paling terasa dari mobil ini adalah joknya yang kurang nyaman.

Jok yang disematkan pada Datsun Go ini memiliki busa yang dinilai terlalu tipis. Ketika pengemudi maupun penumpang bersandar pada jok ini, lama  kelamaan busanya akan menjadi semakin tipis, sehingga mengurangi kenyamanan berkendara.

2. Fitur Standar

Melihat harga jualnya yang sangat terjangkau, tentu kita tidak bisa berharap banyak pada aspek fitur dari Datsun Go ini. Kendati demikian, harus diakui bahwa mobil ini memiliki fitur yang terlalu standar, seperti AC, radio, dan beberapa kompartemen di bagian kabin.

3. Penutup Bagasi Terlalu Tinggi

Untuk menghadirkan bagasi yang luas, ternyata Datsun Go menyiasatinya dengan menghadirkan pintu bagasi yang juga besar. Sayangnya, ketika dibuka, pintu bagasi yang berat ini menjadi terlalu tinggi, sehingga akan sulit ditutup.

4. Suara Bising Dari Luar Kabin Terdengar Keras

Satu lagi kekurangan dari Datsun Go yang mengurangi kenyamanan penumpangnya. Mobil LCGC yang satu ini dinilai kurang kedap suara karena suara bising dari luar kabin masih terdengar cukup keras meskipun pintu dan jendela mobil sudah tertutup rapat.

Memang, hal ini tidak akan menjadi masalah ketika kita berkendara di jalanan yang sepi. Tetapi jika kita berkendara di jalanan yang macet, tentu hal ini bisa jadi sangat mengganggu para penumpangnya.

5. Fitur Keselamatan Minim

Selain fiturnya secara keseluruhan yang standar, fitur keselamatan yang dimiliki Datsun Go ini juga sangat minim. Mobil ini hanya dilengkapi dengan sabuk pengaman dan airbag yang tersedia pada mobil ini pun hanya satu, yakni untuk pengemudi.

Baca juga: 10 Mobil Sedan Terbaik di Indonesia, Pilih Mana? 

Selain itu, mobil ini juga belum dilengkapi dengan teknologi pengereman ABS (Anti-lock Braking System). Padahal, saat ini sudah banyak pabrikan mobil yang menyematkan fitur ini pada mobil-mobil mereka.

Kesimpulan

Setelah membahas kelebihan dan kekurangan Datsun Go tersebut, bisa kita lihat bahwa mobil pabrikan Jepang ini memiliki cukup banyak kelebihan. Mobil ini dilengkapi dengan ruang kabin dan bagasi yang cukup luas.

Selain itu, mesin yang digendongnya pun cukup bertenaga dan yang pasti hemat BBM. Bukan itu saja, transmisi CVT yang disematkan pabrikan juga membuat perpindahan giginya lebih halus.

Kelebihan utama dari Datsun Go ini terletak pada segi harga di mana harga jualnya terjangkau dan biaya servisnya pun cukup murah. Tidak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi dengan fitur lampu depan Follow Me Home yang canggih.

Tetapi sayangnya, pada mobil ini juga masih kita temukan beberapa kekurangan. Dari aspek kenyamanan, mobil ini kurang nyaman karena joknya yang agak tipis, suara bising dari luar kabin yang bocor masuk ke dalam kabin, dan penutup bagasi yang terlalu tinggi.

Selain itu, mobil ini juga minim fitur keselamatan, padahal fitur keselamatan menjadi fitur yang sangat penting untuk disematkan pada mobil. Fitur lainnya pun cukup standar, sehingga bisa dibilang tidak ada yang istimewa dari Datsun Go dari segi fiturnya.

Demikian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh Datsun Go. Dengan mengetahui informasi ini, kita akan dapat melakukan pertimbangan dengan lebih baik sesuai selera dan kebutuhan masing-masing sebelum membeli mobil ini.

  • Suka 2
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya