• Home>
  • Review>
  • Kelebihan dan Kekurangan Honda City, Hatchback Pengganti Honda Jazz
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kelebihan dan Kekurangan Honda City, Hatchback Pengganti Honda Jazz

Dilihat 2751
Amanda
17 Nov 2021, 13:54
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Otoloka.id - Kelebihan dan kekurangan Honda City Hatchback menjadi salah satu topik yang menarik untuk dibahas di kalangan pecinta mobil. Pasalnya, pada awal bulan Maret 2021, generasi terbaru mobil ini baru saja diluncurkan.

Keberadaan Honda City Hatchback di Indonesia ini disebut untuk menggantikan posisi Honda Jazz yang sudah berhenti diproduksi. Bukan itu saja, mobil ini juga kabarnya dibekali dengan performa yang lebih baik dibandingkan dengan Jazz.

Tetapi seperti mobil pada umumnya, tentu Honda City Hatchback ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk tahu lebih dalam, mari kita simak informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Honda City Hatchback berikut ini!

Kelebihan Honda City Hatchback

1. Desain interior dan eksterior mewah

Pada ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan Honda City Hatchback kali ini, kita akan membahas mengenai kelebihannya terlebih dahulu. Dan kelebihan yang paling terlihat dari mobil ini terletak pada segi desainnya.

Honda City Hatchback memiliki desain eksterior yang menawan. Dari segi dimensi, mobil ini memiliki panjang 4.349 mm, lebar 1.748 mm, tinggi 1.488 mm, dan wheelbase 2.600 mm.

Honda membekali City Hatchback dengan desain eksterior yang sporty dan elegan. Tidak heran jika mobil ini banyak diincar oleh konsumen muda.

Bukan hanya memiliki eksterior yang atraktif, bagian interior dari mobil ini juga ternyata tidak kalah menarik. Saat memasuki kabin dari City Hatchback ini, kita akan langsung merasakan kesan mewah yang lebih dibandingkan dengan Honda Jazz.

Baca juga: Minat Beli? Simak Dulu Kelebihan dan Kekurangan Honda Civic Hatchback Ini

Mobil yang satu ini sudah menggunakan balutan kulit berkualitas dengan jahitan merah di pintu samping, shift knob, dan setir kemudi. Sedangkan untuk joknya, mobil ini menggunakan kombinasi material kain, kulit, dan suede, membuat kursinya semakin nyaman diduduki.

Ketiga bahan tersebut juga dipadukan dengan warna hitam dan mewah. Selain itu, kursinya juga dibekali dengan fitur ultra seat.

Adanya fitur ultra seat ini membuat pemilik mobil bisa memilih 4 mode pengaturan untuk kursinya. Ada tall mode, refresh mode, utility mode, serta long mode.

2. Struktur kerangka mobil kokoh

Selain memiliki desain yang menarik, ternyata bodi mobil Honda City Hatchback ini juga diklaim kokoh. Mobil ini dibekali dengan teknologi G-CON + ACE.

Bagi yang masih awam, G-CON merupakan teknologi yang berfungsi untuk mendistribusikan energi yang diterima ketika tabrakan secara merata ke semua bagian mobil sehingga dampak benturan bisa diminimalisir. 

Sedangkan ACE merupakan teknologi pelindung kabin yang menjaga agar kabin tetap aman meskipun bertabrakan dengan kendaraan yang berbeda ukurannya.

Baca juga: Mengenal Teknologi VVT-i yang Bikin Mobil Irit BBM

3. Performa mesin andal

Honda diketahui telah membekali City Hatchback dengan mesin baru yang andal. Mesin ini diklaim memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan model sebelumnya.

Honda City Hatchback mengandalkan mesin 4 silinder DOHC berkode L15ZF dengan kapasitas 1.498 cc sebagai jantung mekanisnya. Mesin ini dipadukan dengan dua jenis transmisi, yakni manual 6 percepatan dan CVT.

Di atas kertas, mesin ini disebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 119 HP pada putaran mesin 6.600 rpm. Sementara torsi puncaknya bisa mencapai 145 Nm pada 4.300 rpm.

4. Konsumsi bahan bakar irit

Bukan hanya memiliki mesin yang andal, Honda City Hatchback ini juga diklaim memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang efisien. Hal ini tentu akan menjadi salah satu kelebihan yang menarik bagi para calon konsumennya.

Untuk penggunaan di rute dalam kota, Honda City Hatchback ini memiliki tingkat konsumsi 13,6 km/liter. Sedangkan pada penggunaan di luar kota atau jalan tol, mobil ini memiliki tingkat konsumsi yang mengagumkan, yakni mencapai angka 24,8 km/liter.

Baca juga: Deretan Mobil yang Mendapat Kelonggaran PPnBM DTP di Gelaran GIIAS 2021

5. Fitur mumpuni

Satu lagi kelebihan dari Honda City Hatchback yang tidak boleh sampai terlewat adalah adanya berbagai fitur canggih yang mumpuni pada mobil ini. Berbagai fitur ini tentu akan meningkatkan kenyamanan dan keselamatan penumpang ketika berkendara.

Untuk fitur hiburannya, mobil ini mengandalkan head unit layar sentuh berukuran 8 inci. Pada head unit ini sudah ada fungsi Bluetooth, USB Port, Radio, serta Android Auto dan Apple CarPlay.

Untuk memudahkan proses parkir, mobil ini juga dilengkapi fitur multi angle camera dan rearview camera yang akan menampilkan mobil dari mode normal, wide, dan top view. 

Selain itu, pada mobil ini pun turut disematkan fitur cruise control, smart key, engine start/stop button, audio steering switch, dan handsfree telephone with voice recognition.

Sebagai pelengkap fitur keselamatan, mobil ini dibekali 6 buah airbags, sabuk pengaman, Anti-lock Braking System, Electronic Brake Distribution, Brake Assist, serta Brake Override System. Untuk menjamin keselamatan konsumen saat mobil berbelok, mobil ini juga dilengkapi Vehicle Stability Assist.

Bukan itu saja, ada pula beberapa fitur keselamatan tambahan lainnya. Sebut saja Parking Sensor, Seatbelt Reminder, Hill Start Assist, hingga Emergency Stop Signal.

Kekurangan Honda City Hatchback

1. Suara ban mengganggu

Meski memiliki begitu banyak kelebihan, sayangnya masih kita temukan pula kekurangan pada Honda City Hatchback ini. Salah satunya adalah suara bannya yang mengganggu.

Baca juga: Honda Perkenalkan SUV RS Concept, World Premiere di GIIAS 2021

Honda City Hatchback memiliki kekedapan ruang yang sebenarnya sudah cukup baik. Tetapi suara ban dari luar masih terdengar hingga ke dalam kabin.

Suara ini cukup terdengar ketika mobil dipacu dalam kecepatan tinggi. Hal ini tentu dapat mengurangi kenyamanan penumpang ketika berkendara.

2. Hanya Menawarkan Satu Varian

Di Indonesia, hanya ada satu varian Honda City Hatchback yang dipasarkan, yakni varian RS. Varian RS ini ditawarkan dalam dua pilihan transmisi, manual dan CVT.

Hal ini cukup disayangkan, karena pilihan konsumen menjadi terbatas. Jika kita bandingkan dengan salah satu pesaingnya, yaitu Toyota Yaris, mobil ini menawarkan 8 varian berbeda.

Kesimpulan Kelebihan dan Kekurangan Honda City Hatchback

Demikian pembahasan tentang kelebihan dan kekurangan Honda City Hatchback. Mobil ini diketahui memiliki desain interior dan eksterior yang mewah serta struktur kerangka mobil yang kokoh.

Baca juga: Toyota Avanza dan Veloz Terbaru Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Rp 200 Jutaan

Bukan itu saja, mesin yang digendongnya pun memiliki performa yang andal dan konsumsi bahan bakar yang cukup efisien. Dan yang paling menarik, mobil ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur mumpuni.

Sayangnya, tentu seperti mobil pada umumnya, Honda City Hatchback ini memiliki kekurangannya sendiri. Salah satu kekurangan utamanya adalah adanya suara ban yang mengganggu kenyamanan ketika berkendara.

Selain itu, Honda City Hatchback ini hanya ditawarkan dalam satu varian saja. Hal ini membuat pilihan konsumen menjadi terbatas.

Kelebihan dan kekurangan dari Honda City Hatchback ini hendaknya dipertimbangkan sebelum membeli mobil tersebut. Konsumen harus bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan selera masing-masing.

Spesifikasi Honda City Hatchback RS

Mesin


Tipe

L15ZF 1,5L DOHC 16 katup i-VTEC

Isi Silinder

1.498 cc

Tenaga Maksimum

119 hp @ 6.600 rpm

Torsi Maksimum

145 Nm @ 4.300 rpm

Transmisi

CVT atau manual 6 percepatan

Sistem Penggerak

FWD

Dimensi

P x L x T

4.349mm x 1.748mm x 1.488 mm

Jarak Poros Roda

2.600 mm

Jarak Terendah

165 mm

Rem Depan/Belakang

Cakram berventilasi / tromol

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

H-Shape Torsion Beam

Velg/Ban

Sporty Alloy Wheel 16" / 185/55 R16

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
Komentar
Kirimkan

    Kendaraan Terbaru

    • Mobil
    • Motor
    Berita Terpopuler
    kredit
    Kalkulator Kredit
    *Tipe
    Mobil Baru
    Mobil Bekas
    *Harga Kendaraan
    *Jumlah Deposit
    *Suku Bunga(%)
    *Masa Cicilan
    Pilih
    • 1 Tahun
    • 2 Tahun
    • 3 Tahun
    • 4 Tahun
    • 5 Tahun
    • 6 Tahun
    Tips:
      Selanjutnya
      kredit
      Kalkulator Asuransi
      *Kode Plat Nomor Kendaraan
      Pilih
      *Jaminan Pokok
      Comprehensive
      Total Loss Only
      *Tahun Kendaraan
      Pilih
        *Nilai Pasar
        Jaminan Perluasan
        • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
        • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
        • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
        • Terorisme dan Sabotase
        • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
        Tips:
          Selanjutnya