• Home>
  • Review>
  • Kelebihan dan Kekurangan Honda Scoopy, Skutik Idola Bergaya Retro
  • Konten
  • Kendaraan Terkait
  • Rekomendasi
  • Komentar

Kelebihan dan Kekurangan Honda Scoopy, Skutik Idola Bergaya Retro

Dilihat 461
Yogi Pratama
29 Sep 2020, 09:48
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
  • Suka 0

Honda Scoopy

Otoloka.id - Perjalanan Honda Scoopy di Indonesia ternyata sudah cukup panjang, 10 tahun sudah Honda Scoopy beredar di jalan-jalan tak hanya di kota-kota besar tapi juga di pedesaan. Pertama kali diluncurkan pada tahun 2010 Scoopy memang sudah mengusung gaya retro untuk desainnya. Ciri khas yang paling terlihat adalah terpisahnya lampu sein pada body.

Generasi pertama Scoopy masih menggunakan karburator dengan mesin bertenaga 110cc. Di generasi pertama ini bagasi Scoopy juga masih kecil karena tidak bisa memuat helm half face. Tiga tahun setelahnya tepatnya pada tahun 2013 generasi kedua Scoopy dirilis dengan desain yang lebih anyar.

Walaupun masih bertenaga 110cc mesin yang tadinya menggunakan karburator sudah digantikan dengan teknologi yang lebih baru menggunakan sistem injeksi. Sistem ini karena sistem yang terkenal karena dapat menghemat bahan bakar.

Baca Juga: Kelebihan Honda Sonic 150 R, Pesaing Suzuki Satria

Desain terbaru lainnya adalah sudah menempelnya lampu sein pada body tapi masih terpisah dengan lampu depan utama. Ini lebih baik karena pada desain lampu sebelumnya kurang bisa menerangi dengan maksimal. Kelebihan lainnya juga ada pada bagasi yang sudah bisa membuat helm.

Dari segi harga, pada generasi pertama dan kedua perbedaannya tidak terlalu jauh yaitu dari 13,5 juta menjadi di 13,9 juta. Generasi selanjutnya lahir pada tahun 2015 dengan inovasi-inovasi yang lebih baik daripada sebelumnya. Walaupun dari segi desain tidak banyak perubahan tapi dari segi fitur dan teknologi sudah menggunakan enhanced Smart Power (ESP). 

Baca Juga: Yamaha Fino FI 2020 Motor Matik Masa Kini dengan Desain Klasik

Fungsi dari ESP sendiri adalah memaksimalkan pembakaran dan meminimalisir gesekan agar energi tidak terbuang percuma. Generasi ketiga Scoopy ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi Idling stop system (ISS) untuk menonaktifkan mesin secara otomatis bila berhenti lebih dari tiga detik. Cukup memutar tuas gasnya maka motor akan menyala kembali. Dengan teknologi ISS ini, konsumsi bahan bakar menjadi lebih baik dari model sebelumnya

Teknologi lainnya yang sudah tertanam pada generasi ketiga adalah teknologi answer back system. Dengan ini ini Anda tak perlu lagi repot-repot mencari keberadaan motor Anda ketika memarkirnya. Ban yang digunakan pada generasi ketiga ini juga sudah menggunakan ban tubeless, dan harga yang ditawarkan untuk generasi ketiga Scoopy ini adalah Rp16,5 jutaan.

Honda Scoopy generasi ke-4 memiliki desain yang lebih dan stylish daripada sebelumnya. Lampu sen yang sebelumnya terpisah sekarang sudah terintegrasi dengan lampu depan. Selain itu panel meter yang ada pada Scoopy sudah mengadopsi kombinasi analog digital.

Fitur terbaru pada All New Scoopy adalah anti-theft system yang gunanya adalah meminimalisir terjadinya curanmor. Selain itu All New Scoopy juga dilengkapi dengan velg 12 inchi yang dibalut oleh ban tubeless dengan profil lebar. DC Outlet alias Port USB Charger 12V 1A juga sudah dipasangkan untuk melakukan cas HP maupun Power Bank.

Kelebihan dan Kekurangan Honda Scoopy

Honda Scoopy

Setelah pemaparan diatas rasanya kurang lengkap jika kita tidak membahas kelebihan dan kekurangan pada Honda Scoopy. 

Kelebihan pertama yang ada pada Honda Scoopy tentu saja pada desainnya yang menarik. Gaya retro yang diusung pada Honda Scoopy mulai dari desain grafis sampai dengan aspek-aspek eksteriornya semakin memperkuat aksen bergaya retro. 

Pada Honda Scoopy stylish balutan jok berwarna coklat membuat penampilan Scoopy menjadi lebih klasik sedangkan pada Scoopy yang lebih sporty ada pilihan yang lebih agresif. Tujuh pilihan warna Honda Scoopy juga menjadi salah satu kelebihan yang ada. Sedangkan pada pesaingnya Yamaha Fino pilihan warna hanya ada dua. 

Kelebihan lainnya yang ada pada Honda Scoopy adalah di lampu depan pada ada All New Scoopy terbaru. Pemilihan lampu LED All New Scoopy ini lebih baik karena dapat menyinari jalan lebih maksimal.

Fitur baru seperti pengisi daya smartphone dan idling stop juga sudah dijadikan standar pada Honda Scoopy. Panel instrumen kombinasi digital-analog, alarm, hingga combi brake system adalah fitur yang belum bisa disaingi oleh kompetitor. 

Bagasi berukuran 15,4 liter yang cukup luas untuk menyimpan helm half face dan jas hujan juga termasuk kelebihan yang ada pada Scoopy. Kelebihan paling pamungkas adalah harga yang lebih terjangkau. Seluruh varian Scoopy dibandrol 18,5 jutaan, sekitar Rp700.000 lebih murah daripada pesaingnya yaitu Yamaha Fino.

Kekurangan yang ada pada Honda Scoopy tak terlalu banyak tapi yang paling jelas adalah mesin 110 cc-nya yang konstan sejak generasi pertama. Ini dinilai sebagai kekurangan karena pesaing Honda Scoopy sudah memiliki mesin 125 cc. Apalagi dengan body scoopy yang cukup besar mesin 110 cc dirasa kurang bisa mengimbangi.

Spesifikasi Honda Scoopy 

Honda Scoopy

Berikut ini adalah spesifikasi All New Scoopy sebagai panduan anda yang akan membeli produk besutan Honda ini kedepannya. 

DIMENSI

  • Panjang x lebar x tinggi 1.847 x 686 x 1.061 mm

  • Tinggi tempat duduk 744 mm

  • Jarak sumbu roda 1.257 mm

  • Jarak terendah ke tanah 143 mm

  • Curb weight 99 kg

RANGKA

  • Tipe rangka: Double Cradle, Tulang Punggung

  • Tipe suspensi depan: Teleskopik

  • Tipe suspensi belakang: Lengan Ayun dengan Peredam Kejut Tunggal

  • Ukuran ban depan: 100/90 – 12 59J (Tubeless)

  • Ukuran ban belakang: 110/90 – 12 64J (Tubeless)

  • Rem depan: Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal

  • Rem belakang: Tromol

  • Sistem pengereman: Combi Brake System

KAPASITAS

  • Kapasitas tangki bahan bakar: 4 Liter

  • Kapasitas minyak pelumas: 0,7 Liter pada Penggantian Periodik

MESIN

  • Tipe mesin: 4 – Langkah, SOHC dengan Pendingin Udara, eSP

  • Sistem suplai bahan bakar: Injeksi (PGM-FI)

  • Diameter x langkah: 50 x 55,1 mm

  • Tipe transmisi: Otomatis, V-Matic

  • Rasio kompresi: 9,5 : 1

  • Daya maksimum: 6,7 KW (9,1 PS / 7.500 rpm)

  • Torsi maksimum: 9,4 Nm (0,96 kgf.m) / 6.000 rpm

  • Tipe starter: Pedal dan Elektrik

  • Tipe kopling: Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering

KELISTRIKAN

  • Tipe baterai (aki): MF Battery 12V – 5Ah

  • Sistem pengapian: Full Transistorized, Battery

  • Tipe busi: NGK MR9C-9N / DENSO U27EPR-N9

  • Lampu depan: LED 2,67 W x 2 (Low); 2,67 W x 3 (High)

  • Suka 0
  • Laporkan
    • twitter
    • facebook
    • whatsapp
    • ins
Jika Anda menyukai situs Otoloka, jangan lupa ke Menu Browser dan Klik “Akses Cepat” ya. Akses kami lebih nyaman dan mudah!
Kendaraan Terkait
Rekomendasi
    Komentar
    Kirimkan

      Kendaraan Terbaru

      • Mobil
      • Motor
      Berita Terpopuler
      kredit
      Kalkulator Kredit
      *Tipe
      Mobil Baru
      Mobil Bekas
      *Harga Kendaraan
      *Jumlah Deposit
      *Suku Bunga(%)
      *Masa Cicilan
      Pilih
      • 1 Tahun
      • 2 Tahun
      • 3 Tahun
      • 4 Tahun
      • 5 Tahun
      • 6 Tahun
      Tips:
        Selanjutnya
        kredit
        Kalkulator Asuransi
        *Kode Plat Nomor Kendaraan
        Pilih
        *Jaminan Pokok
        Comprehensive
        Total Loss Only
        *Tahun Kendaraan
        Pilih
          *Nilai Pasar
          Jaminan Perluasan
          • Angin Topan, Badai, Hujan Es, Banjir, dan atau Tanah Longsor
          • Gempa Bumi, Letusan Gunung Berapi dan Tsunami
          • Pemogokan, Kerusuhan & Huru Hara
          • Terorisme dan Sabotase
          • Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
          Tips:
            Selanjutnya